Makin Ngerti Setelah Ketemu Diri Sendiri

Selain merenung di toilet/wc, ketika di perjalanan dari rumah ke kantor itu kayaknya emang jadi salah satu alternatif untuk mikirin hidup yang kita jalanin. Setidaknya itu yang gue rasain belakangan ini. Jalanan jadi tempat untuk merenungkan hidup, karna bisa ngeliat beragam kelakuan manusia di sana.

Akhir-akhir ini gue kepikiran banget "kenapa ketika gue kepengen banget sesuatu, biasanya hampir pasti ga kesampaian? Malah justru hal-hal yang ga terpikirkan yang kejadian"

Contohnya udah ada sejak gue kecil. Kayaknya gue udah pernah cerita di sini juga deh, gue tuh pengen banget masuk sekolah sepak bola. Tapi dilarang sama ortu karna dianggap ga menjanjikan masa depannya.

Contoh lainnya, gue kepengen banget masuk dunia broadcasting, sampe bela-belain ikut test di salah satu stasiun tv nasional 3 kali ga pernah lolos! Temen gue, sekalinya ikutan tes itu, dia lolos anjir! Ga adil memang dunia ini.


Dari beberapa kejadian itu, akhir-akhir ini gue makin mikir, apa jangan-jangan niat gue yang salah ya? Tapi waktu mikir pengen masuk sekolah bola, mikirnya cuman "karna suka sama dunianya" aja, ga ada yang lain aneh-aneh gitu.

Karna kejadian-kejadian tadi, bikin gue mikir, apa memang bukan itu yang gue butuh, ya? Itu cuman keinginan gue doang. Sering banget ketemu quote "Tuhan akan ngasih kamu apa yang kamu butuhkan, bukan apa yang kamu inginkan". Awalnya, gue mikir itu cuman teori doang. 

Semakin gue ketemu sama diri sendiri, kutipan tadi semakin terbukti kebenarannya. Setidaknya ini terjadi di diri sendiri, ya. Ga tau deh kalo lu gimana.. Pada intinya, ternyata selama ini gue ga tau apa yang gue butuhin.

Butuh waktu 30 tahun lebih untuk menyadari hal ini. Gue ga tau ini terlambat atau ga, tapi buat gue ini pembaruan yang cukup signifikan. Target gue tiap tahun ada yang "baru" dari diri ini, baik itu dari sikap, sifat, kelakuan ataupun hal lainnya. Nah tahun ini gue udah mulai nemu diri sendiri.

Ketemu diri sendiri ini bikin gue mengubah pola pikir yang selama ini dijalanin. Bayangin 30 tahun lebih gue mikirnya cuman apa yang diinginkan doang, bukan yang gue butuhkan. Sekarang setiap hari gue melatih mental state diri untuk selalu "membedah" apa yang gue inginkan, menjadi hal-hal yang gue butuhkan untuk mencapai keinginan itu.

Contoh simpel, gue pengen kursi, gue mikirnya ga cuman punya kursinya aja. Tapi juga mikir apa yang dibutuhkan untuk bisa punya itu kursi. Dari situ ketemu alurnya: nabung dulu, cari-cari penjual kursi yang bisa dipercaya, sampe baca/nonton review orang-orang yang beli kursinya. Bagus/ga-nya itu kursi, gampang/ga masang kursi itu sendiri, gitu-gitu lah pokoknya.

Teori membedah keinginan ini masih belum terbukti, ya. Gue masih melakukan uji coba. Gue punya 1 misi yang gue jadikan bahan eksperimen untuk teori ini. Kalo misalnya udah kebukti berhasil, akan gue ceritain ke lu di tulisan yang lain.

Meskipun teori ini belum terbukti benar, kalo lu mau nyobain silakan. Siapa tau lu pengen nyoba cara baru untuk bisa mencapai sesuatu dalam hidup.

Selain membedah keinginan tadi, niat kita juga mesti positif. Menurut gue kita ga bisa memikirkan sesuatu yang negatif sebagai tujuannya. Jadi kita mesti meluruskan niat dulu, untuk apa sih sebenarnya keinginan itu?

Kalo lu sendiri gimana? Apakah lu selalu bisa mendapatkan apa yang lu inginkan, atau malah sesuatu yang lu butuhkan yang lu dapat selama ini? Ceritain dong pengalaman lu itu di komentar!

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.