RAMADHAN 2023 REVIEW

Ramadhan tahun ini menjadi pembeda daripada ramadhan tahun tahun sebelumnya. Tahun ini, aturan pembatasan interaksi udah ga seketat dulu lagi. Kegiatan khas ramadhan kayak Solat Terawih jadi lebih nyaman dilaksanakan di mesjid/musolla. Lu pasti ngerasa gitu juga kan?

Ramadhan Review Tahun 2023

Vibes ramadhannya lebih berasa daripada tahun kemaren yang solat terawihnya masih dibatasin. Meskipun tahun lalu juga udah dilonggarin, tapi masih berasa beda di gue. Padahal taun lalu bulan puasa lebih banyak dihabiskan di kota lain.

Tahun ini bulan puasanya disuguhi dengan cuaca yang variatif. Tahun lalu lebih banyak cerah berawannya daripada hujan. Tahun ini, meskipun menurut gue curah hujannya lebih tinggi daripada tahun lalu, tapi ketika panas tu jadinya puanas banget! Tidur di atas kasur siang hari tu berasa di panggang. Gue sampe harus tidur di lantai saking panasnya.

Suhu panas akhir-akhir ini ga cuman terjadi di Banjarmasin aja, tapi juga hampir di seluruh wilayah Indonesia. BMKG menilai ini masih batas wajar, karena posisi semu matahari berada di sekitar ekuator. Hal ini menyebabkan penyinaran matahari jadi optimum ke wilayah Indonesia. Hasilnya peningkatan suhu yang cukup signifikan di beberapa wilayah Indonesia. Termasuk di Banjarmasin, suhunya lebih panas daripada hari normal lainnya.

Baru jelang akhir-akhir puasa dapet lagi hujannya. Udah gitu lama banget lagi, lebih dari 3 jam-an. Biasanya paling lama sejam doang. Untungnya ga ada kegiatan yang berarti selama bulan puasa, jadi ga terlalu pengaruh banget ke puasanya. Kayaknya emang udah diatur sama Si Paling Terencana juga, jadi ya seneng-seneng aja.

Tahun ini juga bisa mempertahankan WR puasa 100% dan sahur 100%. Biasanya ada aja sehari 2 hari yang sahurnya sempet skip. Entah itu kecapean atau keenakan tidur hehe. Tapi kalo kita bisa ngatur jam tidur yang pas, bangun sahur tuh justru seger ga ngantuk sama sekali.

Sahur bikin males tu karena kita bangunnya ngantuk banget faktor kurang tidur. Kalo gue maksimal harus tidur jam 12. Apapun yang dikerjain stop dulu, tidur biar bangun sahurnya ga ngantuk dan bisa nikmatin sahurnya dengan nyaman. Untuk lu yang kerja besoknya, gue saranin maksimal jam 11 udah harus tidur. 

Karna ga boleh lagi tidur habis subuh, untuk lu yang kerja, coba berangkat kerja pake angkutan umum/pakai angkutan khusus kantor lu kalo ada. Biar di perjalanan lu bisa coba istirahat bentar, jadi nyampe kantor bisa lebih seger dan ga gampang ngantuk. Ga ada alasan ga bisa produktif karna lu puasa.

Untuk lu yang ga kerja, lu bisa tidur paginya sekitar jam 9-10 sampai sekitar sebelum Dzuhur jam 12 atau jam 1-an. Untuk "ngebayar" jam tidur yang kemaren kurang karna kepotong waktu sahur sampe subuh. Kalo lu ga bisa tidur di jam segitu, bisa coba tidur setelah Dzuhur sekitar jam 1-an. Bangun sekitar jam 3 untuk siap-siap waktu berbuka puasa.

Kalo lagi hoki, gue bisa tidur 2 sesi. Pagi jam 9 sampai jam 12-an. Trus lanjut tidur lagi jam 3-an kalo misalnya dirasa masih kurang. Bangunnya deket-deket buka, seger banget untuk lanjut solat tarawih. Tapi kadang masih aja berasa ngantuknya, mungkin karena tidurnya ga di jam normal kali, ya?

Kalo ada yang bilang puasa itu menghancurkan pola tidur, barti emang dia nya aja ga bisa ngatur waktu tidurnya. Puasa mestinya bikin hidup jadi lebih sehat, bukan bikin lu jadi makin sakit. Kalo puasa justru bikin lu sakit, artinya lu puasanya ada yang ga bener.

Nah puasa kali ini, gue manfaatkan momen mengurangi asupan nasi berlebih. Kalo biasanya makan nasi 2 sampai 3 kali sehari, di bulan puasa gue cuman makan nasi sekali, di waktu sahur. Jadi berbukanya pake kurma dan air putih doang. Trus sebelum tarawih biasanya beli cemilan pentol atau gorengan.

Habis terawih makan kue atau minum es buah. Kalo bulan puasa yang dulu-dulu, es buah itu minuman wajib berbuka, sekarang mah udah jadi pelengkap doang. Alhamdulillah kalo gorengan tu sangat-sangat jarang ada di bulan puasa. Terlebih lagi sekarang gue sangat mengurangi konsumsi gorengan. Meskipun masih tetap makan, tapi porsinya berkurang drastis.

Untuk lu yang puasa, mungkin pernah ngerasain momen "hadiah" pas lagi puasa. Hadiah di sini maksudnya ga sengaja makan/minum karna lupa kalo lagi puasa. Ini beneran ga sengaja, ya. Bukan yang pura-pura lupa terus dilanjut makan/minumnya.

Nah gue dapet hadiah itu tahun ini. Ceritanya pas masih pagi, sekitar jam 7 an, lagi asik nonton film, saking konsennya sampe lupa kalo lagi puasa. Tau-tau tangan ini ngambil botol minum. Anehnya, gue lama baru nyadarnya kalo tadi minum. Bener-bener kayak dihipnotis gitu. Setelah memproses beberapa lama, baru inget "lah tadi gue minum ya?" gitu. 

Jarang-jarang bisa dapet hadiah begini. Menurut gue, orang yang sering dapet "hadiah" di bulan puasa tu pasti orang yang terpilih. Jadi ga pernah berharap hadiah kalo lagi puasa. Tapi kalo mimpi makan/minum gitu lumayan sering. Paling itu doang, belum pernah yang praktik langsung. Jadi lumayan kaget pas ngalamin sendiri.

Kalo puasa lu sendiri gimana? Pengalaman menarik apa yang bisa lu bagi ke gue? Tulis di kolom komentar ya!

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.