Post Top Ad

Post Top Ad

01 January 2023

Ini Yang Saya Dapatkan Selama Tahun 2022

Udah ga terasa bentar lagi 2022 mau abis. Menurut saya, tahun ini benar-benar life changing ngejalaninnya. Banyak banget hal, kejadian, keputusan yang mengubah hidup saya selama 1 tahun ke belakang ini. Sebagian akan saya ceritakan di sini, untuk jadi self reminder juga buat saya.

Sebagai disclaimer tulisan ini dibuat bukan untuk menggurui siapapun. Saya menuliskan ini hanya sebagai sarana untuk berbagi apa yang saya alami dan mengeluarkan isi kepala saja. Ga dibaca gapapa, dibaca boleh banget. Syukur-syukur bisa terinspirasi juga untuk bisa jadi pribadi yang lebih baik dari bacaan ini.

Ini Yang Saya Dapatkan Selama Tahun 2022

- Tidak Ada Usaha Yang Mengkhianati Hasil


Setiap usaha yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan dengan niat yang baik, pasti akan selalu punya hasil yang baik juga. Dari penghujung 2021 saya bertekad untuk bisa dapat pekerjaan baru. Untuk bisa dapatin perkejaan baru itu, saya meluangkan waktu setiap hari minimal apply ke 2 lowker. Tentunya lowker yang sesuai sama spesifikasi pendidikan dan keahlian yang saya miliki, ya.

Kalo ga ada lowker yang sesuai, minimal saya apply ke lowker yang sesuai sama minat yang sedang saya jalani. Pokoknya harus ada apply tiap harinya, mau itu weekend juga saya sikat. Sekitar 3 bulanan ngerjain begitu, akhirnya keterima kerja juga. Dari sinilah saya percaya sebuah usaha tidak ada yang mengkhianati hasil.

Asalkan usahanya dari awal udah maksimal, terstrategi dan juga niatnya lurus. Ingat, usaha itu ga asal aksi aja, tapi juga ada perencanaan di dalamnya biar makin efisien eksekusinya. Kata-kata "usaha tidak mengkhianati hasil" itu ga sekadar "usaha" tanpa ada upaya agar usaha itu bisa efektif dijalankan.

Jadi kalo mau hasilnya bagus, usahanya juga harus bagus dan ga setengah-setengah. 

- Punya Penghasilan Tambahan Itu Wajib

Setelah punya kerjaan dan ngerasa kayaknya penghasilan bulanan saya belum cukup, saya memikirkan cara agar bisa dapatin penghasilan tambahan. Syarat saya mencari penghasilan tambahan agak rumit dan hanya punya sedikit pilihan. Jadi saya betul-betul selektif menentukan pekerjaan apa yang cocok untuk itu.

Akhirnya pilihan saya jatuh kepada jualan online (lagi). Persis seperti saat saya punya pekerjaan sebelum pandemi, saya kepikiran untuk punya penghasilan tambahan dan penghasilan tetap meskipun ga bekerja lagi. Nah ini kondisinya berbalik, saya memikirkannya di saat pekerjaan baru saja saya dapatkan. 

Berbekal ilmu, pengalaman menjalankan kegiatan make money online selama lebih dari 2 tahun terakhir, saya mencobanya. Dengan bekal itu saya cukup PD bisa menghasilkan lebih konsisten. Ternyata, alhamdulillah bisa! Sampai tulisan ini dibuat, saya masih menjalankan kegiatan ini. Meskipun hasilnya belum bisa mencapai penghasilan di bulan-bulan sebelumnya yang bisa nyampe 3x lipat gaji, gapapa yang penting ada.

Buat kamu yang baca tulisan ini dan kepengen juga punya penghasilan tambahan, mungkin kamu bisa menonton video-video di channel youtube yang membahas make money online  di sini. 

- Gaya Hidupmu Menentukan Kelanjutan Hidupmu

Ketika kerja dan merasakan (sekali lagi) hidup menjadi anak kost, saya jadi banyak belajar daripada sebelumnya. Ketika waktu kuliah ngekost, benar-benar tidak bisa mengambil pelajaran hidup. Ga tau yang namanya berhemat, disiplin dan gaya hidup sederhana lainnya.

Nah ketika dikasih kesempatan kedua ini, saya ga akan menyia-nyiakannya lagi. Saya benar-benar menerapkan gaya hidup sederhana dan ga perlu neko-neko ketika ngekost. Bahkan saya lebih banyak memasak nasi di kost daripada nongkrong di cafe gitu.

Pokoknya ditekan seminimal mungkin untuk gaya hidup. Makan cuman di kost aja pake sistem bungkus. Sekali beli lauk itu wajib bisa dimakan 2 kali. Makan berat itu 2 kali sehari udah cukup (pagi & malam/ sore & malam). Lauknya ga perlu yang mahal-mahal, yang penting 1 kali beli itu bisa untuk 2 kali makan.

Dengan menekan gaya hidup seminimal mungkin, saya bisa menjamin masa depan saya lebih terjamin. Karena tabungan bisa menghidupi saya jika saya belum ada pekerjaan lagi. Tapi bukan berarti saya mau berhenti bekerja, ya!


- Setiap Pilihan Hidup Ada Konsekuensinya

Hidup ini adalah pilihan, apapun yang kamu jalani hari ini, itu adalah hasil dari keputusanmu memilih jalan itu di masa lalu. Jadi ketika dihadapkan pada 2 pilihan atau lebih, cobalah pilih yang konsekuensinya paling menantang. Kenapa? Karena di sanalah tempat kita akan banyak belajar. Kalo kita memilih sesuatu yang sudah kita tau, ya kita akan menjalani hari-hari yang begitu gitu aja terus.

Cobalah sedikit lebih berani mengambil keputusan. Hidup cuma sekali, kalo cuman belajar hal yang sama sampai mati, hidup kita jadi kurang berwarna. Ga ada pengalaman yang bisa dibagi. Ga ada cerita yang bisa dituliskan.

- Waktu Lebih Berharga Daripada Uang

Saya dulu ga ngerti apa artinya "waktu adalah uang". Setelah nonton film "In Time" yang dibintangi Justin Timberlake, saya baru tau arti peribahasa ini apa, tapi tetap ga nemu korelasinya di kehidupan sehari-hari. Sampai akhirnya setelah beberapa tahun terakhir (jadi ga cuman di 2022 aja), saya menyadari bahwa ternyata waktu yang saya miliki ini kalo dipake untuk hal yang lebih produktif bisa menghasilkan sesuatu yang menguntungkan.

Waktu adalah uang itu nyata adanya, kawan-kawan! Terlebih ketika kamu menggunakan waktumu untuk hal yang tidak dibayar. Wah itu sih rasanya kayak buang-buang waktu banget! Sebisa mungkin, lakukan sesuatu yang bisa menghasilkan untukmu, ya. Ga cuman dalam konteks uang aja, tapi juga produktif, entah itu bisa jadi ilmu buatmu ataupun memperluas koneksimu.

Intinya, manfaatkan waktu berhargamu semaksimal mungkin untuk mengembangkan diri, karir ataupun rekeningmu. 


* * *
Saya juga menyediakan versi audio dari tulisan ini. Kamu bisa menikmati versi audionya gratis di channel spotify saya.

Semoga tulisan kali ini bisa jadi inspirasi buat kamu yang membacanya, ya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Kalo ada kritik saran ataupun respon terhadap tulisan kali ini, silakan tuliskan di kolom komentar ya! Sampai ketemu di tuisan berikutnya!


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.