Post Top Ad

Post Top Ad

February 27, 2022

Cara Membuat Dalgona Coffee Tanpa Menggunakan Mixer

Dalam beberapa bulan terakhir di tahun 2021 dalgona coffee sempat viral. Dalgona coffe berasal dari Korea Selatan, kemudian viral di media sosial sampai akhirnya mendunia. Pada waktu itu dengan tanggap warga Indonesia pun mengetahui apa itu dalgona coffee, serta dengan gencarnya warga Indonesia pun mencari bagaimana cara membuat dalgona coffee tersebut. 

kopi dalgona, Dalgona coffee, Cara Membuat Dalgona Coffee, devina hermawan,

 

Dalgona coffee adalah semacam minuman olahan yang dipadukan dengan bahan kopi espresso kemudian diolah dengan sedemikian rupa hingga menjadi minuman yang viral serta teknik dicona unutk menghasilkan kopi dalgona yang mengembang sempurna. Hingga akhirnya diketahui cara membuat dalgona coffee yang enak dengan cara teknik yang tidak memakai mixer.

Cara membuat dalgona coffee yang ditunjukan oleh seorang ahli kuliner Devina Hermawan dengan mengolah sedikit penyesuaian hingga hasil kopi dalgonanya mendekati sempurna. Berikut ini adalah hasil paktek teknik resep minuman dalgona coffee yang enak.

Cara Membuat Dalgona Coffee


Bahan yang diperlukan:

· 2 sendok makan kopi instan murni tanpa ampas

· 2 sendok makan gula pasir

· 2 sendok makan air panas

· 100 mililiter susu fullcream

Alat yang harus disediakan:

· Sendok takar atau sendok makan

· Menyediakan piring plastic atau piring steiless

· Sediakan saringan stainless dengan ukuran kecil

· Gelas transparan

Cara membuat dalgona coffee dengan tidak menggunakan mixer

1. Kalian harus menyiapkan piring plastic, lalu masukan kopi instan dan gula pasir serts air panas. Setelah itu kalian bisa mengaduknya secara bersamaan memutar dengan menggunakan saringan. Akan tetapi kalian harus mengetahui dengan memastikan saringan mengenai dasar piring plastic agar supaya dalam membuat bahan dalgona coffee nya jadi lebih mudah untuk mengaduknya, dan foam kopi yang ada terbentuk dengan sempurna.

2. Bahan bahan yang sudah di campur diaduk terus hingga mengembang dan foam yang sudah berbentuk harus kelihatan padat, proses mengaduknya dapat mengambil waktu sampai 6 menit, dan itu juga tergantung bagaimana cara kalian mengaduknya. 

Semakin cepat mengaduk dan semakin lama mengaduknya maka hasilnya pun pasti akan memuaskan. Sehingga akhirnya kalian bisa mengetahui tekstur foam atau busa nya sudah padat.

3. Setekah itu kalian bisa menyiapkan sebuah gelas, dan jangan lupa tuangkan susu full cream, dan untuk menuangkannya jangan terlalu penuh. Kalian cukup mengisi airnya ¾ gelas, dan ketika gelas sudah siap, masukan kopi ke atas susu. 

Perlu diingat kalian harus hati-hati untuk menuangkannya agar hasilnya bisa sempurna. Jangan sampai foamnya tenggelam kedalam larutan kopi dan susu tersebut, andai foamnya sampai tenggelam berarti tekstur foam yang dihasilkan jurang padat.

4. Sajikan dalgona coffee dengan kue pancake manis agar terlihat menarik dan sebagai garnis juga.

Dengan mengetahui cara membuat dalgona coffee kalian juga bisa merasakan resep yang kalian buat, kalau resep yang di atas rasanya sedikit pahit, kalian bisa mencampurnya dengan susu. Namun kalau kalian ingin rasanya sedikit manis maka kalian bisa menakarnya sesuai dengan keinginan kalian. 

Kalian tidak boleh menggunakan kopi instan yang sudah tercampur gula atau krimmer olahan ini dibutuhkan kopi instan murni supaya tebentuk foam kopi dengan sempurna. Menurut pemilik dari coffee shop yang ada di kota bandung , kopi yang lebih menyerap air jadi intinya kalian bisa memastikan bisa terbentuk foam hingga busa bisa terbentuk sempurna.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.