Puasa Tahun ini

Gimana puasa kalian, gaes? Masih full atau udah bolong-bolong? Semoga kuat dan bisa sampe tunai 1 bulan, ya. Ngomongin puasa, gue rasa kalian pasti punya cerita-cerita seru, kan? Banyak pengalaman yang bisa dibagi sewaktu ngejalanin puasa. Termasuk gue, tahun ini pertama kalinya gue ngejalanin puasa sambil kerja. Kalo kalian pikir puasa sambil kerja itu keren, gue kasih tau ya, ga sekeren yang kalian kira. Apalagi habis baca tulisan ini.

bulan puasa tahun ini, puasa ramadhan, puasa
Seperti biasa, kalo hari biasa gue tetep ngelakuin kegiatan gue sehari-hari. Pagi pergi ngantor sorenya pulang. Bedanya pas bulan puasa, gue harus lebih ketat sama jadwal gue sendiri. Soalnya ada kegiatan tambahan sahur sama terawih. 2 kegiatan utama pas puasa ini lumayan menyita waktu gue apalagi sekarang udah kerja. Bulan puasa tahun lalu, gue masih pengangguran jadi walaupun ada sahur sama sola terawih masih bisa santai dikit.

Sekarang, gue udah ga bisa terlalu sering begadang lagi. Bisa-bisa gue kurang tidur dan yang harusnya gue kerja di kantor, malah tidur. Jadi ga produktif. Gue pun sering melewatkan jadwal nulis gue beberapa malam karena masih kagok nyesuaikan jadwal. Gue harusnya bisa produktif pas bulan puasa, sekarang jadi agak tersendat. Tapi gapapalah gue menikmati ini semua.

Puasa kali ini menarik banget buat gue. Karna selain pertama kali dilalui sambil kerja, puasa tahun ini blog gue udah punya domain sendiri. Harus makin semangat ngeblog karna udah bukan domain gratisan lagi, hahaha. Makanya kadang sedih harus melewatkan jadwal nulis karna kesibukan yang lain.

Sekarang udah masuk hari ke 21 pas gue nulis tulisan ini. Selama 21 hari berpuasa, banyak pengalaman baru yang gue rasain. 

Salah satu yang paling berkesan adalah waktu gue harus pergi ke kantor dinas di daerah buat urusan kantor, pakai sepeda motor. Dan itu di siang bolong dalam keadaan ga sempet sahur karna telat bangun, hahaha.

Emang pada awalnya pengen pakai mobil kantor, tapi setelah gue pikir-pikir kayanya lebih efisien dan efektif kalo gue naik motor sendiri aja. Lagian team leader gue ga ikut ke sana juga. Jadi amanlah buat naik motor sendirian. Berangkatlah gue, pake motor. Team leader gue udah bilang pake mobil aja, tapi gue nolak. 

Kaya uji nyali juga sebenernya ngelakuin hal "bodoh" ini. Bulan puasa yang panasnya kadang sering ga kira-kira, gue malah berangkat naik motor selama 1,5 jam dalam keadaan puasa, ga pake sahur pula. Kurang ekstrem apalagi coba?

Perjalanan pergi ke tempat tujuan itu buat gue jadi perjalan terpanjang yang gue tempuh selama bulan puasa ini. Gue mesti beberapa kali stop buat ngusep-ngusep mata yang mengantuk. Biasa kalo ga puasa gue langsung beli air mineral diminum biar ga ngantuk. Ada sih warung yang buka, tapi kan gue gengsi mampir, hahaha. Gengsi menyelamatkan puasa gue.

Sesampainya di kantor yang dituju, bukannya langsung ketemu sama orangnya, gue mesti nunggu lagi karna beliau lagi rapat. Ga tanggung-tanggung gue harus nunggu 2 jam. Setelah nafsu gue diuji, sekarang kesabaran gue yang dilatih. Yah lumayan lah punya waktu buat memejamkan mata sambil duduk. Sekalian latian siapa tau kalo udah punya pacar nemenin dia ke salon trus ngantuk ga bisa rebahan. Efektif dan efisien.

FYI, kalo berurusan sama orang dinas itu kadang-kadang suka lebih lama nungguinnya daripada urusannya sendiri. Kaya gue, nungguin 2 jam tapi tatap mukanya ga nyampe setengah jam udah kelar. Ya kurang lebih kaya PDKT, jadi gebetan 2 minggu, jadiannya 2 hari. Begitulah.

bulan puasa tahun ini, puasa ramadhan, puasaPerjalanan pulang ke rumah adalah godaan lain yang mesti gue lawan. Bukan cuma cape dan ngantuk aja yang nyerang gue. Sekarang ditambah tenggorokan kering. 

Udah niat pengen buka tuh sebelum pulang. Karna ngerasa udah ga sanggup lagi nahan haus. Kering banget, men! Keringnya tuh udah kaya ga minum 3 hari. Level kekeringannya udah nyampe ke "Bensin dikasih es kayanya enak, ya"

Rencana gue di jalan pulang nanti gue beli air dingin yang ada di kulkas orang jualan itu. Gue udah ngebayangin sensasi dingin yang bakal menjalar dari mulut ke tenggorokan gue. Membasahi sudut-sudut keringnya. Begitu melegakan.

Semenjak keluar dari kantor itu, gue langsung ngincar warung yang ada di pinggir jalan. Tapi begitu ngeliat warung, kok gue rasanya aneh gitu. Pengen mampir tapi takut, ga mampir tapi haus. Kaya pengen nembak tapi takut ditolak gitu. Dilema.

Dan itu terjadi sepanjang jalan. Yang menyebabkan gue harus membaca ayat kursi. Karena ada setan yang bernama "lemari pendingin" bertengger di pinggir jalan menggoda gue buat mampir. Tiap lewat warung yang ada lemari pendinginnya gue langsung ngucap "Audzubillah himinasyaitonirrajim" sambil ngeliatin minuman di dalam lemari yang berembun itu.

Untungnya sampe rumah gue ga jadi mampir ke warung. Puasa gue tunai sehari penuh waktu itu. Ternyata punya gengsi yang gede dan keseringan dilema itu membawa berkah buat gue. 

Tapi 1 hal yang mesti kalian ingat, kalo buka puasa usahakan makan nasi ya, biar jaga-jaga siapa tau ga sempet sahur. Jadi badan kalian masih nyimpen tenaga buat hari berikutnya.

Artikel Terkait

Puasa Tahun ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 comments

July 1, 2016 at 8:21 PM delete

Bensin dikasih es kalo pas puasa jd extraj*ss kan??

Reply
avatar
July 1, 2016 at 10:53 PM delete

Lah iya bener juga.. Baru kepikiran hahaha..
Kemaren sih ngebayanginnya jadi teh es aja hahaha

Reply
avatar
Ran
July 3, 2016 at 7:55 AM delete

Puasa gue bolong 7 hari :-/
Gue mah libur :P selama puasa, baru masuk lagi ntar abis tanggal 18 juli kali.. lupa...
Gengsi itu kadang ada gunanya juga yah... hmm... untuk situasi tertentu seperti ceritalo. Bagus nih bagus, untung gak sampe pingsan di jalan yah... bisa berabeh..

Reply
avatar
July 3, 2016 at 11:38 AM delete

emang kerja apaan kok bisa libur selama puasa?
Haha iya, alhamdulillah sih ga pernah pingsan kalo puasa. Secape capenya paling gue bawa tidur aja...

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.