Review Film: My Stupid Boss

Coba bayangin gimana perasaan kalian kalo kerja di perusahaan yang dipimpin sama bos geblek cenderung gila? Pasti kesal dan menyebalkan berada di bawah perintahnya. Itulah yang terjadi pada Diana (Bunga Citra Lestari) saat dipimpin oleh Bossman (Reza Rahadian) di film My Stupid Boss.

bunga citra lestari, reza rahadian. upi avianto
Film My Stupid Boss sendiri merupakan kumpulan cerita karya penulis anonim Indonesia, Chaos@work, tentang berbagai pengalamannya bekerja untuk seorang bos yang berkelakuan ajaib. Dan menurut gue judulnya agak kurang pas ya, mestinya kata stupid itu ganti sama crazy aja, hahaha. Ya meskipun agak kasar, tapi di film emang kelakuan bosnya gila.

Unsur komedi sudah diperlihatkan dari awal film dimana perpaduan warna yang cerah, bikin mata penonton langsung melotot. Dan gue rasa Reza Rahadian mencoba keluar dari zona nyamannya dengan memerankan tokoh Bossman di My Stupid Boss. Film My Stupid Boss tuh bukan Reza Rahadian banget. Tapi aktingnya bagus menurut gue. 

Walaupun bukan film komedi ala-ala standup comedian yang ngambil lucunya di kata-kata, My Stupid Boss justru lucu pada konfliknya. Perseteruan antara Bossman dengan karyawannya membuat semuanya jadi lucu. Mungkin buat yang belum kerja masih ga terlalu nangkap kelucuannya. Tapi kalo yang udah kerja, hal-hal di My Stupid Boss lumrah terjadi.

Yang Keren di My Stupid Boss

Sebenernya gue agak bingung juga apa yang keren dari film My Stupid Boss ini. Tapi kesabaran suaminya si Diana, Dika (Alex Abbad, awalnya gue sempet ngira yang main ini si Vikri Rasta) yang diuji ketika Diana stress dengan kelakuan bos barunya di kantor itu patut dicontoh buat para suami-suami di luar sana. Kesabaran seorang suami saat ngehadepin istrinya yang hampir gila gara-gara bos baru di kantor ini romantis menurut temen gue. Sabar banget katanya.
bunga citra lestari, reza rahadian, alex abbad Walaupun peran suami Diana ini keliatannya sepele dan ga terlalu banyak ambil bagian di film, tapi keberadaan dia cukup penting. Dika jadi semacam penyeimbang dalam kehidupannya Diana. Kalo ga ada Dika, gue yakin Diana pasti bakal jadi psikopat. Dan gue hampir ngira jalan ceritanya kaya gitu, hahaha.

Dalam kepala gue Diana jadi gila dan hilang akal lalu ngerencanain suatu pembunuhan. Abis ngebunuh bosnya dengan cara mutilasi, dia resign terus masuk lagi ke kantor lain yang dipimpin sama bos absurd macam Bossman. Dan ngebunuh lagi dengan cara yang berbeda. Gitu terus sampai akhirnya kedoknya terbongkar dan DIana ketangkep polisi. Kapan lagi liat Unge bisa meranin psikopat coba? Hahahaha.

Untungnya itu cuman ada di kepala gue doang. Tapi gue serius pengen liat Unge meranin tokoh psikopat haha.

Yang Aneh di My Stupid Boss

Buat gue hampir semua yang ada di My Stupid Boss itu aneh. Dan karena emang ceritanya dibikin absurd, keanehan itu wajar menurut gue. Yang paling kentara suasana tempat kerjanya di Diana. Masa ada karyawan yang ke kantor ga pernah make seragam kantor? Makenya baju takwa mulu, kan aneh ya?

Bossman juga aneh menurut gue. Masa udah 10 taun di Malaysia ga ngerti-ngerti nak cakap ape di sana. Konflik budaya ini terlalu mengada- ada sih kalo buat gue. 10 tahun itu cukup banget buat ngerti bahasa Malaysia, harusnya udah ngerti bahasa bakunya. Bossman juga males banget pake bahasa Inggris. Padahal cuman itu bahasa yang bisa bikin Bossman sama karyawannya nyambung.
bunga citra lestari. reza rahadian, upi avianto Karna film ini cuman sekadar fragmen-fragmen cerita, jadi alurnya ga terlalu jelas. Apalagi pas bagian Diana sama Bossman berkonsolidasi dan bikin Diana ga jadi buat resign. Menurut gue terlalu dipaksain. Keliatan banget pengen diakhiri. Mungkin buat ngelengkapin part dramanya yang kurang menonjol di film My Stupid Boss.

Setting tempatnya yang di Malaysia juga buat agak kurang believeable sama filmnya. Bukannya gue sok nasionalis, tapi kalo target penontonnya buat orang Indonesia, kenapa mesti di Malaysia segala? Kecuali emang pengen ke tempat yang lebih 'netral' biar ga terkesan menyinggung pihak tertentu yang ngerasa mirip sama perilaku tokohnya.

*  *  *
Gue ga terlalu ngerekomendasiin film ini buat ditonton. Tapi kalo mau cari sekadar lucu ya silahkan. Atau kalian seorang die hard fansnya Bunga Citra Lestari dan Reza Rahadian silahkan menonton.

Pesan yang bisa diambil dari film ini menurut gue adalah, segila-gilanya bos yang lu punya, hormatilah dia sebagai atasan. Karna gimana pun juga elu yang perlu dia, bukan sebaliknya. Harapan gue kalo lu punya bos yang punya kelakuan kaya Bossman ini: lu punya sabar yang banyak hehehe.

Kata Bossman "Imposible we do! Miracle we try!"

Kalo kata gue "Imposible we do! Miracle is you!" Ahay!

sumber gambar : official LINE Bunga Citra Lestari, sumber 1, sumber 2

Artikel Terkait

Review Film: My Stupid Boss
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

8 komentar

3 Juni 2016 16.07 delete

Yan, itu .. miracle is what? haha

Aku lagi dalam mode berhemat, kada boleh nonton banyak hal dalam sebulan. Kemarin mau nonton ini juga. Tapi, yasudah lah. Gak jadi.

Reply
avatar
3 Juni 2016 17.02 delete

"you" nya buat cewe mz kada usah kege-eran hhahaha
wiihh kejar target gasan menambahi jujuran kah mz? Mantaappp!! hahay

Reply
avatar
3 Juni 2016 18.55 delete

Miracle is i**a?

Kebetulan nih, lagi nonton bareng emak 😂

Reply
avatar
4 Juni 2016 06.30 delete

Mas, sesekali dong bikin review film Warkop.

Reply
avatar
4 Juni 2016 09.09 delete

Ica Miracle kah maksudnya? Hahaha lain wooyyy Ica nya gin belum tentu kenal lawan aku..

Selamat menonton, mestinya jangan dibaca dulu sebelum nonton haha

Reply
avatar
4 Juni 2016 09.10 delete

Itu mah ga direview juga udah banyak penontonnya, Mas.

Reply
avatar
4 Juni 2016 14.33 delete

nuka gila! Bahahahahaha :v
Asli baru ngeh aku ini kah yg dibahas di grub semalam

Reply
avatar
4 Juni 2016 23.45 delete

Bhahahah bisa lalu mengonekakan ke situ Nuka ni
Padahal sasaranku lain itu..

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.