Nonton Di Bioskop For Dummies (1)



Di zaman yang sudah semakin maju ini, nonton di bioskop bukan menjadi hal eksklusif lagi. Karena semua orang bisa nonton, ga cuma kalangan elit aja. Nonton di bioskop sekarang sudah dijadikan sebagai bagian dari gaya hidup manusia modern. Nonton di bioskop jadi alternatif melepas penat setelah seharian bekerja atau kuliah. Nonton di bioskop adalah sarana relaksasi bagi mereka yang "kurang piknik". Yah, walaupun harga tiket nonton di bioskop sini ga semurah di kota lain, tapi karena ini satu-satunya yang ada di kota ya mau ga mau nonton di sini.

Buat saya sendiri, nonton itu jadi "pelarian" saya karena hiburan di tv udah mulai absurd. Selain ngeblog, nonton bisa bikin mood saya jadi bagus. Nonton di bioskop sendirian buat saya adalah quality me time. Ya meskipun nonton di studionya sama orang banyak, tapi kan beli tiketnya buat sendiri. 

Kadang saya males ngajak orang buat nonton, pertama belum tentu yang diajakin ga bawel pas nonton film. Saya paling ga suka samping-sampingan sama orang yang bawel banget sama adegan filmnya, apa-apa dikomentarin. Bikin kekhusyukan menonton jadi berkurang. Kedua, kalo saya yang ngajakin pasti deh minta ditraktir. Buset deh harus banget diajakin nonton tuh dibayarin? Iya saya bokek, kenapa? Masalah? Hahahaha. Kalo jadi pengangguran gini ya bokeklah, kalo kerja mana pernah saya protes kalo ada yang minta ditraktir.

Balik lagi ke masalah nonton tadi. Karena seringnya saya nonton di bioskop saya jadi suka merhatiin kelakuan-kelakuan penontonnya kalo lagi di studio. Sejauh ini sih ga ada yang terlalu ekstrem keanehannya. Saya pengen banget liat penonton bioskopnya tiba-tiba salto ke depan layar terus nari-nari ga jelas gitu. Dan penonton yang lain liat-liatan heran nontonin kelakuan orang itu, hahaha. Well kayanya itu cuman bisa kejadian di kepala saya aja, deh.

Nah, biar kalian ga jadi orang yang pertama ngelakuin hal aneh di bioskop saya bakal ngasih tau tutorial buat nonton di bioskop. Siapin buku catatan biar ga lupa. Sudah? Oke let's go!

Kota Kamu Punya Bioskop

Hal pertama yang mesti kamu perhatikan sebelum nonton adalah kota kamu udah ada bioskopnya. Ini penting karena bioskop adalah KOENTJI utama untuk menonton film. 

Cara mastiinnya gimana?

Bisa lewat google kalo kamu punya hp yang terkoneksi internet. Asal kuotanya ada kamu bisa googling apakah ada bioskop kota di kamu. 

Cara kedua, misalnya kamu ga punya hp yang terkoneksi internet, karna hape kamu masih Nokia 2300 yang polyphonic itu, kamu bisa tanya temen-temen atau pacar kamu. Bisa temen tetangga, atau temen sepermainan dimana ada dia selalu ada aku (you sing you lose) atau temen sekolah di PAUD kamu, asal mereka ngerti pas kamu tanyain ya gapapa.

Ga punya temen? Coba tanya rumput yang bergoyang. Mungkin di sana ada jawabnya.

Bioskopnya Buka

Setelah mastiin di kota kamu ada bioskopnya, langkah berikutnya adalah ngeliat jam operasionalnya. Pastikan kalo kamu mau nonton di bioskop, bioskopnya udah buka. Jangan sampai pas kamu ke sana bioskopnya udah tutup atau cuman ada tulisan coming soon. Tapi ga perlu lebay juga kalo bioskopnya udah tutup terus minta bukain segala. Manja banget! Buka sendiri aja napah? Udah gede gitu.

Tau Harga Tiketnya

Kalo udah tau jam operasional bioskopnya, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah survei harga tiket nontonnya. Kalo kamu bokek bisa cari hari tertentu yang harga tiketnya lebih murah. Yang penting uang di dompet kamu bisa dipake buat beli tiket nonton.
Perlu kamu ketahui bioskop ga nyediain fitur ngutang dalam transaksi mereka. Pastikan di dompet kamu punya cukup uang. Bukan cuma sekadar struk belanja, kartu atm yang rekeningnya kosong ataupun foto mantan.

Dan kalo duit kamu ga cukup tapi masih pengen nonton juga, ga usah protes sama mba yang jaga. Apalagi pake acara ngamuk sambil gebrak-gebrak meja trus bilang "Ini, kan gaya kamu!?" Ga penting. Mba nya juga males ngeladenin. Inget umur kalo mau ngamuk.

Lihat Jadwal

Kalo udah tau harga tiketnya, sekarang kamu mesti pilih film yang mau kamu tonton. Perlu saya ingetin sekali lagi, ini bukan rental DVD jadi ga usah request film yang  ga ada jadwalnya. Emang bioskop ini punya buapak lu apa?

Pilih rating film yang sesuai sama umur kamu. Tapi kadang ada juga yang ga sadar, tau-tau bawa anaknya buat nonton film Deadpool yang jelas-jelas ratingnya dewasa. Logo rating di poster film itu jangan dianggap remeh, itu demi kebaikan kamu juga. Kalo belum cukup umur ya ga usah maksa buat nonton. Bijaklah dalam memilih tontonan. 

Beli Tiket Nonton

Langkah selanjutnya kalo udah siap uang dan tau mau nonton film apa adalah beli tiket nonton. YAIYALAH! Kamu kira bikin film itu pake daun? 

Belinya di konter penjualan tiket nonton film, ya. Bukan konter jualan token listrik. Ga usah bermimpi pengen jadi calo tiket nonton di bioskop. Belum sempet kamu jualan tiket, kamu keburu ditangkap mas-mas security di sana. Jadi calo itu pekerjaan ga baik. Lebih baik ngajarin anak-anak kecil ngaji di musolla. Subhanallah religius banget gue. 
Kalo lagi antri, antri aja yang bener ga usah sok nyerobot pake ngaku dari aparat segala. Semua orang juga buru-buru kale ga cuman kamu aja. Ga enak, kan, kalo pasangan kamu diserobot orang yang ngaku aparat karna buru-buru pengen nikah? So budayakan antri.

Begitu nyampe giliran kamu buat beli tiket tolong banget ga usah pake acara nawar harganya. Itu udah harga pas. Trus ngasih uang sama mba nya ga usah pake pertanyaan "Siapa penemu bola lampu?" atau "Menurut kamu aku punya mantan berapa?" Ga perlu, ini bukan Kena Deh!-nya Bang Pandji.

Bawa anak nonton juga harus dibeliin tiketnya, ya. Kalo kamu mikir dia bisa masuk gratis kamu salah. Anak diatas usia 2 tahun dihitung 1 tiket. Jangan dikira kalo dia kamu pangku bisa bayar lebih murah. Tolong dipahami ini studio bioskop bukan angkot.

*  *  *
Artikel ini masih ada kelanjutannya. Kalo ga mau ketinggalan bookmark aja blog ini. Thanks!

Artikel Terkait

Nonton Di Bioskop For Dummies (1)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

6 comments

March 10, 2016 at 10:31 AM delete

Tiketnya cuma 1 robekan. Jombs detected.

Reply
avatar
March 10, 2016 at 10:50 AM delete

Gue sih single ya.. Tau deh yang baca tulisan ini hehe

Reply
avatar
March 10, 2016 at 11:36 AM delete

Gile cuma 40 rb? di jakarta sini 50 rb weekdays bang. kl weekend 60. Murah amat di sana.

Reply
avatar
March 10, 2016 at 11:50 AM delete

Itu hari biasa 40ribu neng..
Kalo weekdays 50ribu.
Kalo weekend 60ribu.
Masa sih itu murah? Temen gue bisa dapet 25ribu-an tuh di kota lain...

Reply
avatar
April 14, 2016 at 2:38 PM delete

Nah kalo gue sebel banget kalo nonton sama orang yang baweeel! Terus gak fokus, kemudian ditengah" adegan dia nanya-nanya ya Alloh pengen gue sumpel pake selotip mulutnya hhehe

Reply
avatar
April 14, 2016 at 3:30 PM delete

Jiahaha penonton bawel tu emang nyebelin sih
Gue juga males sebelahan sama orang begitu. Ganggu konsentrasi.

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.