Menonton Standup Comedy

Mungkin banyak yang sudah membahas tentang pertunjukkan standup comedy, namun jarang yang membahasnya dari sisi penonton. Saya akan coba bahas di sini.


Sumber : halakrantaumanagement.com


Menjadi penonton dalam sebuah show standup comedy, apalagi itu adalah show berbayar, itu bisa jadi 2 perannya, pertama adalah dia memang penikmat standup comedy dan berniat nonton ingin ketawa, dan yang ke-2 adalah dia ingin mengapresiasi si comic dan menghargai jerih payah panitia yang bekerja di balik show tersebut. Kalo menurut saya, jika anda termasuk kegolongan yang pertama, mungkin anda orang yang pertama kali menonton show SUC, tidak masalah. Namun, anda akan kecewa ketika si comic yang naik panggung tidak selucu yang anda harapkan. Wajar memang, ekspektasi anda pasti mengharapkan comic yang tampil harus lucu, dan ketika anda melihat perform si comic tidak seperti yang diharapkan, anda akan kecewa.

Jika anda termasuk ke dalam golongan yang ke-2, selamat ! anda telah masuk ke dalam penonton SUC pada level yang lebih tinggi ! pada golongan ke 2 ini, anda tidak akan mempermasalahkan apakah perform si comic ini lucu atau tidak, yang terpenting mereka datang dan menonton apa yang disuguhkan di panggung.

Mereka mengapresiasi usaha si comic untuk bisa mencapai panggung show besar si comic itu sendiri.
Mau anda masuk golongan pertama atau kedua tidak masalah, perannya sama-sama penting untuk perkembangan SUC. Karena tanpa penonton, comic tidak bisa berkembang dengan baik.

Oke sekarang mari membahas bagaimana menonton sebuah standup comedy show yang adil dan beradab. hehehe.
Penonton saat SUC Festival Pertama. Credit to yang punya foto.

Beberapa peraturan yang umum berlaku dalam setiap SUC Show berbayar antara lain adalah : 

Dilarang merekam, Jelaslah dilarang, kalian bayar untuk menonton sebuah show, bukan merekamnya. Buat diri kalian menjadi bagian eksklusif dari acara SUC show yang berbayar tersebut. Kalian sudah mahal-mahal bayar, biarkan kalian simpan kenangan bagaimana menonton SUC Show secara langsung tanpa sensor di tv dalam memori otak kalian saja.

Dilarang memoto dengan menggunakan blitz kamera. Dilarang membuang sampah sembarangan. Dilarang membawa senjata tajam. Dilarang nyimeng. Dilarang berbuat mesum. dan lain-lain.

Yang menurut saya paling penting adalah, penonton harus tenang. Jika tidak boleh dikatakan diam. Maksudnya adalah, penonton berlaku sewajarnya, saat harus ketawa, tertawalah, saat harus menjawab pertanyaan dari si comic, jawablah. Namun ketika si comic lagi menyampaikan materinya, penonton jangan mengganggu dengan teriakan-teriakan yang tidak penting. Saya sering sekali menjumpai penonton yang tidak sopan saat comic tampil. Mereka meneriaki si comic yang sedang menyampaikan materinya. Seakrab apapun kalian dengan si comic yang ada di panggung, kalian tidak berhak menyela mereka dengan teriakan yang tidak penting.

Pertama, itu mengganggu penonton yang lain. Kedua itu bisa juga mengganggu si comic. Teriakan tidak penting seperti itu bisa jadi bencana, bisa jadi hadiah buat si comic. Bisa jadi bencana ketika comic malah hilang konsentrasinya saat diteriaki penonton. Bisa jadi hadiah ketika si comic bisa membalikkan teriakkan tersebut menjadi sebuah joke, dan mendiamkan si penonton tersebut. Oiya, dalam SUC orang yang mengganggu saat comic perform itu dinamakan hackler, dan yang dilakukan hackler disebut dengan hackling.

Menurut beberapa comic, hackler halal untuk didiamkan ketika dia sudah benar-benar mengganggu konsentrasi comic. Comic bisa saja menegurnya dengan membalas hackling tersebut dengan sebuah joke, atau bisa juga menegurnya secara langsung. Penonton harus tau diri, ketika sudah ditegur seperti itu, lebih baik diam dan dengarkan. Biarkan comic memiliki panggungnya saat show itu. Sebenarnya tidak perlu ditegur, anda pikirkan saja baik-baik, jika anda berdiri sendiri di atas panggung dan ditatap langsung oleh ratusan orang gugupnya seperti apa. Jangan ditambah gugup dengan hackling an anda yang mengganggu.

Tidak gampang untuk melakukan perform seperti itu.

Anda boleh melakukan hackling ketika anda disuruh oleh comicnya, namun kita jarang menemui comic yang seperti ini karena pasti sulit melakukannya.


Terakhir, kalo nonton SUC show, apalagi kamu sudah bayar mahal-mahal buat beli tiketnya, jangan ngelakuin kaya mba yang ini ya hehehe

sumber : pandji.com

Artikel Terkait

Menonton Standup Comedy
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

8 komentar

13 Maret 2014 16.22 delete

Jadilah penonton yang baik, jgn memberikan hackling kl tidak mau malu :|

Reply
avatar
13 Maret 2014 16.26 delete

yang ga jadi hackler aja belum tentu ga malu. apalagi kalo duduk paling depan. sasaran empuk biasanya hahaha

Reply
avatar
14 Maret 2014 02.05 delete

tapi kebanyakan comic comic baru kalo standup suka ngecengin penonton

gue sih termasuk penonton yang baik :D

Reply
avatar
14 Maret 2014 02.38 delete

comic baru suka gitu? wah pede betul hahaha gue aja dulu ga berani :))))

Reply
avatar
14 Maret 2014 08.37 delete

Eh, di youtube kan banyak rekaman-rekaman acara SUC, itu memang legal kan ya? Soalnya gambarnya jelas.

Reply
avatar
14 Maret 2014 11.06 delete

gue malah belom pernah ntn stand up comedy secara langsung. -____- kurang pengalaman nih..

Reply
avatar
14 Maret 2014 15.35 delete

acara SUC yang mana dulu nih,mba? kalo di tv emang legal, soalnya banyak yang ngerekam terus diupload lg. nah yang ilegal itu acara special show, kalo mba pernah nonton SUC special show comicnya macam @pandji atau @notaslimboy di kota tertentu, mereka ngelarang penontonnya buat ngerekam, kecuali panitia penyelenggara acara. setau saya sih gitu

Reply
avatar
14 Maret 2014 15.42 delete

wah lu harus coba bro ! paling ga nonton comicnya latian (openmic) aja dulu.

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.