6 CARA GAMPANG MENANG LOMBA BLOG!

Sepanjang sejarah gue ngeblog di blog favoritmu ini, rasanya ikutsertaan gue dalam lomba menulis blog bisa dihitung sama jari, deh. Keliatan kok dari jumlah postingan yang pake label "lomba" di blog ini yang ga terlalu banyak.

menang lomba

Tapi bukan berarti gue ga pernah menang lomba. Gue pernah menang sekali! Hahaha. Waktu itu disuruh nulis tentang mantan dan ternyata yang bikin lomba ikutan baper. Yaudah deh dapet 1 kaos sama gantungan kunci. Thanks, Adittya Regas! Hahay!


Sebenernya gue ga jago-jago amat dalam hal perlombaan. Waktu lomba 17-an aja gue jarang menang. Karna itu gue males ikutan lomba kalo peluang menangnya kecil. Emang males berkompetisi anaknya.


Tapi setidaknya gue sempet nanya-nanya sama beberapa temen yang pernah menang lomba. Apa aja kiat-kiat khususnya biar bisa menang. Dan siapa tau kalian juga bakal terinspirasi sama tips-tips dari mereka. Biar ga ribet gue udah ngerangkum beberapa tips menang lomba ini.

Sesuaikan Jenis Lomba Dengan Keahlian Kalian

Pertama harus tau dulu jenis lombanya kaya gimana. Ada yang lombanya tentang SEO (Search Engine Optimation) blog. Biasanya kalo SEO itu tulisan yang paling cepet nongol di halaman pertama google. Kalo kalian ga bisa nulis dengan teknik SEO, gue saranin ga usah ikutan. Kecuali mau nyari pengalaman buat nulis kaya gini ya silakan. 

Soalnya kata beberapa mastah blogger, SEO Competition ini saingannya berat-berat. Mereka ga jarang pake tools yang premium biar bisa cepet nongol di page one. Dan tentu aja kalian yang pemula pasti bakal sulit bersaing karna pasti males make tools premium kaya gitu kan? Hehe.

Peluang Menangin Lombanya Lebih Gede

Gue kalo mau ikutan lomba biasanya ngeliat banyaknya hadiah dulu. Kalo banyak barti kemungkinan menangnya lebih gede hahaha. Meskipun belum tentu menang, setidaknya banyaknya hadiah memotivasi buat bikin tulisan yang bagus.

Gue males ikutan lomba kalo misalnya panitia cuman nyediain 1 hadiah aja. Bayangin blogger lomba yang ada di Indonesia itu berapa ratus ribu jumlahnya? Mau ngerebutin 1 hadiah doang? Gue ga mau sih. Kecuali emang super pede buat berkompetisi sama mereka.

Baca Ketentuan Lomba Dengan Teliti

Poin-poin lomba yang banyak kadang bikin kalian suka males bacanya ya? Padahal harus dibaca semua. Biar tau teknis ketentuan lomba yang mau kalian ikuti. Bisa aja kalian nulis yang harusnya ga dibolehin buat ditulis. Misalnya dilombanya ga boleh nulis tentang mantan, tau-tau di tulisan kalian topiknya tentang mantan semua. Jadi kalah karna mantan dong? Hahahah.

Gunanya baca ketentuan lomba itu biar kita ga salah sasaran lombanya. Siapa tau dari teknis lomba itu ada penilaian penting yang bisa kalian manfaatin. Kadang juri-juri lomba suka nyelipin 1 atau 2 poin yang jadi kunci kemenangan lomba blog.

Liat Saingan Kalian

Terkadang sehabis ngebikin 1 postingan langsung ngerasa udah paling bagus se Indonesia Raya. Padahal di luar sana bukan cuman lu aja yang ikut lombanya. Hati-hati, terlalu jumawa ga baik buat kesehatan jiwa. Apalagi kalo ngerasa kenal sama panitia lombanya, seolah bisa menang gitu aja tanpa harus keluar usaha esktra.

Yang perlu kalian liat juga postingan pesaing kalian, Mereka yang udah posting duluan bisa kalian pantau tulisannya kaya gimana. Dengan ngeliat tulisan mereka, kalian bisa tau kekurangan tulisan mereka dimana. Nah kalian bisa ambil celah di situ untuk bisa jadi salah 1 calon pemenangnya. Tapi perlu diingat kalo pesaing kalian juga bisa nge-edit tulisan mereka setelah menyadari ada kekurangan itu tadi.

Tips mudah buat nyari tulisan pesaing kalian cek aja hashtag lombanya. Tiap lomba pasti ada hashtag yang dilibatkan buat promo postingannya. Kalian bisa cek tuh berapa banyak pesaing kalian yang udah ngepost tulisannya. 

Pos Tulisan Di Ujung Deadline Lomba

Biasanya strategi para juara tuh gitu. Mereka ngeliat saingan mereka dulu kaya gimana. Kalo udah cukup bahan untuk melengkapi kekurangan dari saingan-saingan dia, baru deh dia keluar. Kaya cerita-cerita superhero  gitu, keliatan kalah dulu di awal baru nanti di akhir dia nongol dan langsung menang.

Tapi pakai trik kaya gini untung-untungan juga, sih. Kadang bisa berhasil kadang juga gak. Ada ketentuan lomba yang memprioritaskan peserta yang bisa posting duluan bakal punya peluang lebih gede buat menang. Jadi harus pintar-pintar berstrategi.

Yang Paling Niat Tulisannya Biasanya Berpeluang Menang

Dari beberapa pemenang lomba yang sering gue liat adalah niat mereka buat ikutan. Bisa keliatan kok dari tulisannya kaya gimana. Minimal desain yang mereka bikin itu menarik perhatian orang untuk baca tulisannya.

Ada yang bikin karikatur sendiri untuk nambahin visual tulisan mereka jadi lebih menarik. Ada yang nulisnya sampe harus ngeriset ke tempatnya langsung, atau minumal minjem punya temen yang make produk yang dilombakan. Bahkan sampe bikin video yang sebetulnya di dalam ketentuan itu ga diharusin buat ngebikin.

Pokoknya macam-macam lah! Tergantung kreativitas kalian segimana. Semakin kreatif dan ga melenceng dari aturan lomba, semakin berpeluang menang.

*  *  *
Terkadang bukan soal menang atau kalah, tapi gimana kita ngebikin sesuatu yang lebih dari apa yang kita pikirkan. Ga jarang orang yang udah mati-matian bikin sesuatu tapi akhirnya ga menang. Tapi yang santai banget bikinnya malah menang. Ingat itu, Malih!

Saya Zayn Malik undur diri.

Artikel Terkait

6 CARA GAMPANG MENANG LOMBA BLOG!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.