Tutorial Jalan Kaki

Sudah sejauh mana kaki ini melangkah? Apa saja yang sudah kita perbuat bersamanya? Kemana saja kita melangkahkan kaki ini? Ke tempat yang baik, kah? Atau ke tempat yang buruk? Dipakaikan yang haram atau halal, kah, kaki ini? Kuat, kah, kaki ini melangkah ke gerbang kebajikan hingga akhir hayat?

tutorial jalan kaki
BWAHAHAHAHAHAHAH!

Ajegileeee....

Ga ngerti prolog macam apa yang udah gue tulis di atas. Mendadak religius. Pasti karna liat jilbab mba-nya yang bikin cantik mukanya itu. Coba sekekali pake yang terang,deh, biar lebih keluar cantiknya.

Lah ga nyambung.

Anyway! Karena banyaknya blogger yang sering nulis tentang tutorial sesuatu, gue juga pengen ikutan. Sebenernya gue udah punya beberapa tulisan tutorial di blog ini. Kalo mau nonton bisa kalian baca, bahkan ada part 2-nya lagi. Atau mau tidur? Juga ada, kok. Kalo belum ngerti gimana caranya bikin tutorial bisa dibaca tulisannya Uda Irfan aja.

Karna meraka udah banyak nulis tutorial yang mainstream, gue coba mengakomodir tutorial yang belum kepikiran sama mereka. Kurang baik apa gue? Rela nulis tutorial kaya gini buat kalian. Para pembaca blognya Bernard Batoegana.

Oke, kali ini gue coba nulisin tutorial jalan kaki. Mungkin buat kalian yang udah pro buat jalan kaki, ga asing lagi sama langkah-langkah ini. Tapi belum tentu buat mereka yang masih belum stabil kakinya buat jalan. Misalnya bayi yang baru lahir. Gimana coba dia bisa jalan? Ngomong aja belum bisa.

Makdarit gue ngebantu mereka untuk berjalan secara baik dan benar. Siapa tau ada yang dummies mengaku pro, kan? Dunia ini bukankah penuh dengan kepura-puraan? Itu lo yang ada di Dunia Fantasi perahu yang diayun-ayun.

tutorial jalan kaki
via ancol.com

Mari disimak langkah-langkah melangkah yang baik dan benar berikut ini. Semoga gue ga salah.


1. Berdiri Dengan Benar

Sebelum memulai langkah pertama, ada baiknya sadari posisi lu saat ini. Kalo cuman friend-zoned mending segera pindah haluan. Jika sudah merasa tegak dan lurus selayaknya jalan kebaikan, lu bisa memulai langkah pertama. Tapi perlu diperhatikan berdiri lah di lantai yang memang diperuntukkan untuk berdiri. Kalo berdiri di lantai dansa, lu bisa ditempeleng sama dancernya.


2. Tentukan Arah Tujuan

Setelah memastikan sudah berdiri dengan baik dan benar, langsung ke tahap berikutnya: tentukan arah tujuan. Tiap orang punya cita-cita dan menurut gue cita-cita paling sederhana adalah melangkah ke tempat pasti. Sederhana tapi bermakna. Kaya gombalan lu yang sering dibaca sama dia.

Cukup mudah sebenernya kalo nentuin arah tujuan. Yang sulit itu nentuin arah terbang kecoak. Gimana mau nentuin? Dia aja ga tau mau terbang kemana. Janganlah hidup seperti kecoak, yang terbang saja tak tau arah tujuan. Arahkan badan lu ke tempat yang ingin lu tuju. Setelah mantap nentuin pilihan dan yakin sama tujuannya, NIKAHIN!

3. Mulai Dengan Kaki Kanan

Biasakan setiap memulai sesuatu dengan kebaikan. Belajar dengan doa, solat dengan niat, pacaran dengan mu. Begitu pula dengan melangkah. Awali langkah dengan sebuah kebaikan. Ujar Nabi mulailah sesuatu dari sebelah kanan. Jadi mulai langkah dari kaki kanan terlebih dulu.

Kalo punya kasus ga bisa ngebedain mana yang kiri atau kanan, caranya gampang. Di stang sepeda motor, kalo tangan lu yang megang gas, itu artinya tangan kanan. Kalo tangan kiri itu buat cebok. Nah gampang, kan? Begitu pula kaki. Kalo di sepeda motor, kaki yang dipake buat nginjek rem itu kaki kanan. Kaki kiri itu ngebantuin tangan kiri cebok.

4. Lanjutkan Dengan Kaki Sebelahnya

Mungkin bagi yang belum sadar kalo punya 2 kaki gue kasih tau. Kalo yang bisa digerakin itu ga cuman kaki kanan, kaki sebelahnya pun bisa. Jadi jangan berpikir kalo cuman kaki kanan aja yang bisa digerakin. Buat apa Tuhan nyiptain kaki sepasang kalo dipake cuman 1? Buat apa manusia diciptakan berpasang-pasangan kalo lu masih juga jomblo, mblo?

5. Fokus

tutorial jalan kaki
Seperti websitenya komunitas gue Pena Blogger Banua yang fokus menyajikan hal-hal berkaitan dengan trend anak muda zaman sekarang, jalan kaki pun harus fokus. Jalan kaki perlu konsentrasi tinggi biar ga nabrak sesama pejalan kaki. Kalo jalan kaki ga perlu megang gadget sambil liat facebook, twitter, youtube gitu. Ngebahayain diri sendiri, orang lain juga ikut-ikutan kebawa karna kelakuan lu yang matanya meleng.

Semoga tutorial jalan kaki ini bisa menambah khazanah kalian di dunia per-tutorial-an. Dan di masa akan datang, ga ada lagi manusia yang salah dalam melangkahkan kakinya. Karna sekali saja salah melangkah, maka artinya kita udah salah 1 kali. Trims.

Usia (Setengah) Matang

Semakin ke sini semakin sadar umur gue terus bertambah. Dan temen-temen gue beberapa udah pada nikah. Entah itu temen SD, SMA, Kuliah. Bahkan sekarang ada yang punya anak. Meskipun artinya umur yang kaya gue udah harus menikah, tapi masih memilih untuk bertahan dulu karna masih banyak mimpi yang belum diwujudkan. Karna menikah itu buat gue mikirinnya ga gampang dan perlu berkali-kali diulang sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukannya.

manfaat minum susu hamil lactamil

Walaupun bisa dibilang usia gue cukup matang untuk menikah, jujur aja gue sendiri belum yakin. Kelakuan gue masih banyak yang perlu diubah. Belum lagi dari sisi finansial yang masih terbatas. Gue masih harus nyari kerjaan yang bener-bener mantap dan bikin yakin kalo itu emang bisa ngejamin hidup gue sama keluarga baru nanti. Zaman sekarang kalo modal cinta doang, mah, dapet apa? Dapet cibiran doang palingan.

Usia gue adalah usia setengah matang untuk menikah. Meskipun begitu, gue udah coba memikirkan hal-hal apa saja yang penting di masa depan. Salah satunya adalah untuk calon istri gue. Atau lebih tepatnya calon ibu dari anak-anak gue. Sebisa mungkin gue akan menyiapkan yang terbaik untuk dia, terutama kalo dia lagi hamil. 

Gue pengen ibu dan calon anak gue nanti bisa sama-sama normal dan sehat. Dan yang paling penting, sih, ga ngidam yang aneh-aneh. Kaya misalnya dicariin Mangga hasil nyuri dari pohon tetangga. Atau disuruh nyari atraksi topeng monyet tapi tanggal lahir monyetnya harus sama kaya hari ulang tahun dia. Lu nikah aje sono sama pawangnye biar tau kapan tu monyet ultah!

Kamu kalo ngidam gausah kaya gitu, ya. Yang normal aja. Kelakuan kamu biarin aja aneh, ngidam ga usah.

manfaat minum susu hamil lactamil
via lactagen.co.id

Karna pengen calon ibu dan anak sehat, gue ga mau setengah-setengah. Gue akan berusaha nyari produk-produk yang bener-bener bisa ngebantuin istri gue hamil secara sehat dan aman. Tapi ga perlu lebay dijagain ga boleh kemana-mana gitu. Ntar dia makin stress, malah ga sehat jadinya. Yang penting dia bisa nyaman dan kehadiran gue bisa ngurangin beban dia, walaupun cuman sedikit. 

Mengonsumsi buah-buahan dan makanan yang bergizi tinggi gue rasa cukup untuk bikin dia sama calon bayinya sehat. Minum susu ibu hamil juga penting buat nambah gizi yang belum lengkap. Karna zaman sekarang walaupun keliatannya yang dimakan udah sehat, bisa jadi kita masih kekurangan asupan gizi yang baik. Apalagi buat ibu hamil.

Gue yakin manfaat susu hamil lactamil pasti bisa menambah baik kualitas kehamilan istri dan perkembangan calon anak gue nanti. Semua orang pasti mau jadi orang tua yang terbaik buat anaknya. Makanya dari dalam kandungan pun harus dikasih yang terbaik supaya selalu sehat.

Kebayang gimana susahnya nanti ngejagain calon istri gue yang hamil, hahaha. Pasti ada stressnya, ada ketawanya, ada sedihnya. Tapi emang itulah yang harus gue lalui kalo menikah nanti. Ga ada kehidupan setelah menikah yang akan berakhir bahagia selamanya sampe maut memisahkan. Itu di film-film doang! Realitanya ga gitu.

Balada Anak Tunggal : Cerita Waktu SD

Kalo cerita zaman SD dulu selalu aja keinget yang jelek-jelek, ancur-ancur. Pengalaman paling ga enak pasti paling diinget, kata orang sih gitu. Padahal SD merupakan masa paling menyenangkan buat main. PR masih sedikit, banyak temen, gadget masih awam. Waktu SD main di dalam rumah adalah hal langka buat kami. 


anak tunggal

Gue dulu sekolah disalah satu SD swasta di Banjarmasin. Memang swasta, tapi sekolahnya ga elit-elit banget, bahkan cendrung keliatan tua. Kelas-kelas kami pintunya terbuat dari kayu yang sangat tinggi dengan cat yang mengelupas di sana sini. Bahkan pintu itu terlalu tinggi untuk ukuran kami. Badan kami kecil-kecil, apalagi gue, seperempat tinggi pintunya aja belum nyampe.

Dindingnya udah kusam dan bahkan sebagian ada yang udah lumutan. Walaupun udah sering  dipugar, tetap aja keliatan jadul. Maklum, katanya SD gue itu dulunya bangunan bekas tentara perang zaman Belanda. SD gue letaknya di tengah kota di pinggir jalan raya protokol jadi kalo udah jam pulang sekolah suka macet di sana.

Semoga guru-guru yang pernah ngajarin gue waktu SD selalu diberikan kesehatan dan bagi yang sudah meninggal dunia semoga dilapangkan kuburnya karena sudah banyak melahirkan murid-murid yang pintar. Aamiin.

SD adalah zaman gue mengenal guru-guru killer dari kelas 1. Gue ingat banget guru kelas 1 namanya bapak Hasan -semoga rahmat dan kesehatan selalu dilimpahkan kepada beliau dan keluarga- wali kelas yang mengajar beberapa mata pelajaran sekaligus. 

Kalo sudah pelajaran matematika, wah abis dah semua. Yang ga bisa jawab dihukum. Dari jeweran, dipukul pake pekat (batang rotan yang keras), sampai paling ekstrem dipukul di pantat pake penggaris kayu yang gede itu. Bahkan ada yang sampai patah penggarisnya saking kerasnya beliau mukul hahaha.
Ini bedanya sekolah zaman gue sama sekarang. Dulu kami dicubit, dijewer, dipukul, bahkan sampai penggarisnya patahpun ortu kami tak pernah marah pada guru. Bahkan ortu gue sendiri bilang, "kalo anak saya salah, pukul aja, pak" Kejam. Tapi emang mumpuni, kami jadi murid yang hormat sama guru. Ga kaya sekarang. Anak muridnya cemen, ortunya kampret. 

Kalo ada mata pelajaran yang nilanya 0 itu hal paling menakutkan buat kami, terutama gue. Gue harus mencari akal gimana caranya ngasih tau ke orang tua kalo di sekolah dapat nilai 0. Soalnya udah jadi hukum tak tertulis kalo ada anak yang dapat 0 dia pasti bego. Jadi mesti nyari momen yang pas. 


Gue biasa laporannya ke Ibu kalo ada apa-apa. Mungkin karena udah dari kecil dibiasain begini, sampe gedepun masih tetep laporan. Semacam misi bunuh diri sih ngelaporin kalo gue dapat nilai 0, soalnya Ibu orang paling galak di dunia rumah. Kalo misinya gagal bakal diomelin abis-abisan, kalo "berhasil" paling cuman dinasehatin.

Biasanya kalo dapat nilai 0 gue ga langsung ngasih tau hari itu juga, diemin dulu sambil nunggu momen yang pas. Harus pintar-pintar baca situasi ibu gimana. Kalo hawa-hawanya ga enak atau lagi ga mood mending nanti dulu. Ternyata dari kecil gue udah pintar berstrategi hahaha 

Yang paling aman, sih, waktu dia sibuk banget lagi ngelakuin sesuatu. 


Misalnya pas lagi ada acara pengajian di rumah. Dulu waktu SD ayah ikut arisan pengajian nah kalo giliran pengajian di rumah itu kesempatan paling pas ngasih tau ke ibu hahahah. Sebenernya sih bisa-bisa aja ga ngasih tau nilai itu tapi ibu kadang suka meriksa buku-buku pelajaran. Daripada dia ngeliat duluan dan ketauan boong mending dikasih tau aja tapi pas dia lagi sibuk hihihi.


Ga usah ditiru, ya. Ga baik.


Waktu SD juga masa dimana gue harus belajar menunggu pertama kalinya. Karena jarak rumah yang cukup jauh dari sekolah dan alat transportasi keluarga cuman ada 1. Melelahkan dan membosankan. Namun mungkin karena masih kecil, jadi ga terlalu peduli apa arti menunggu.

anak tunggal

Menunggu ga cuma dijemput dari sekolah. Tapi juga diantar ke sekolah. Jadi ada 1 kejadian yang ga akan pernah gue lupain. 


Ceritanya waktu gue Ujian, gue lupa apakah itu Ujian Nasonal atau ujian kenaikan kelas. Dan jadwalnya agak longgar, sekitar jam 9-an mulainya. Karena cuma ada 1 sepeda motor maka yang pergi duluan adalah ayah gue. Tentunya ibu ikut dibonceng karena harus make sepeda motor itu lagi buat nganterin gue.


Dari situlah semua bermula. Jarak dari rumah ke kantor ayah itu sekitar 30 menit. Berangkat dari rumah jam setengah 8 hitung-hitungannya 60 menit sudah balik lagi ke rumah. Tapi ditunggu di rumah sampai jam 9 belum datang juga. 


Gue gelisah. 


Tiap ada suara motor lewat gue langsung lari ke pintu, berharap itu adalah suara motor Ibu gue.

Mana handphone belum ada waktu itu. Jadilah hanya bisa nunggu.


Jam 10 belum datang juga. 


Gue stress. 


Ga bisa ngapa-ngapain selain nunggu. Jarak rumah ke sekolah itu sekitar 45 menit. Makin telat Ibu pulang ke rumah, makin telat gue ke sekolah. Lagian ujian kan ga ada toleransi keterlambatan waktu. 


Di puncak stress itu gue melampiaskannya ke barang-barang yang ada di rumah. Gue hamburkan semua barang-barang. Dari dapur sampai kamar. Gue lemparkan benda apapun yang diliat dan bisa dilempar. 


Pokoknya waktu itu rasanya ingin sekali melampiaskan semuanya. Tapi entah kenapa gue ga berani ngejatohin tv, mungkin waktu itu masih sempet mikir kalo tv itu benda penting, hahaha.


Itu pertama kalinya gue ngamuk karena sudah kepalang stress gara-gara menunggu. Gue sempet ga pengen berangkat waktu itu. Udah telat banget soalnya. Tapi gue ga tega ngeliat Ibu, jadilah gue berangkat ke sekolah dengan sisa waktu seadanya buat ngejawab soal ujian.


Dan menunggu ga akan sesulit ini kalo lu tau apa yang akan lu liat di depan nanti.


Setelah beranjak dewasa gue akhirnya sadar satu hal, kalo ga semua yang kita mau itu akan datang saat itu juga. Adakalanya kita harus nunggu, biar tau gimana bahagianya saat penantian itu berakhir. Entah itu menanti kepastian kapan jemputan gue datang atau menunggu kepastian sama seseorang.


Pakai Ini Kemungkinan Nyari Jodoh Makin Luas!

Sebagai makhluk yang masih menyandang status single bermartabat, koneksi internet jadi salah satu senjata andalan. Selain penampilan tentu saja, bahahah. Kalo ga ada pacar/gebetan, gue masih bisa chat sama temen-temen grup gue. Atau bisa nulis di blog buat mengusir kesepian. Hiks.

Pakai ini kemungkinan nyari jodoh lebih luas
Dari internet gue bisa dapat banyak info. Mulai dari tutorial pdkt, tutorial biar blog kita nongol di halaman persembahan skripsi mantan, sampe tutorial mutusin pacar tanpa nyakitin dia juga ada. Dari internetlah gue bisa ketemu temen-temen sekarang. Contohnya anak-anak Pena Blogger Banua. Dari mereka gue banyak dapat hal baru. Terutama dalam hal blogging ataupun soal tulis menulis.

Semenjak ada internet, gue jadi jarang nonton tv. Karna info yang gue dapet di internet lebih cepet daripada di tv. Lagian di tv sekarang banyak acara yang ga menarik buat ditonton, sih. Jadi ya gue males nonton. Kecuali ada acara tertentu yang gue suka.

Mengenal dunia internet buat gue bisa nyalurin bakat menulis. Bukan bakat sih kayanya. Tapi emang ga punya cara lain untuk berkesenian hahaha. Gue coba bikin blog dari SMP. Dan akhirnya waktu di perkuliahan gue seriusin buat ngeblog. Gabung komunitas, update rutin walaupun ga tiap minggu, ikut acara offline kalo ada kegiatan dari blogger sini. Biar bisa nyuri ilmu dari para senior.

Pakai ini kemungkinan nyari jodoh lebih luas
Termasuk ke acara undangan dari mantan brand tertentu. Walaupun di sini jarang ada brand yang sadar akan kehadiran komunitas blogger, namun sudah ada beberapa yang pernah mengundang kami (Pena Blogger Banua) untuk hadir. Lumayan la, hitung-hitung promosi gratis buat kami. Terkadang yang diundang ada juga dari media cetak, siapa tau nama kami bisa nongol di koran mereka hehe. Bikin jaringan makin luas.

Pena Blogger Banua lumayan sering ikutan undangan acara dari beberapa brand. Entah itu hp, jasa pengiriman barang, sampai provider telekomunikasi. Salah satu "langganan" yang sering ngundang PBB adalah provider XL. Yang paling baru adalah acara peluncuran jaringan terbaru mereka yang lebih kuat di 3G.

Dengan peluncuran jaringan ini, jomblo low budget yang ga bisa merasakan koneksi 4G bisa terakomodir rasa penasarannya. Lewat jaringan baru ini jomblo yang cuman punya hp non 4G bisa ngerasain kecepatan 4G melalui jaringan 3G. 

Jomblo-jomblo yang di pelosok sana bisa tetep internetan pake XL dengan hp koneksi 3G. Karna jaringan XL yang 6x lebih luas. Jadi kemungkinan buat dapetin jodoh makin besar, mblo! Mana paketannya murah-murah lagi. Paling murah ini. Kalo yang lain kaga. Hahahaha.

Eh tapi serius murah loh. Gue aja beli yang 16gb. Udah dapet bonus nelpon 300 menit ke operator non XL, dan UNLIMITED nelpon ke sesama XL. Kapan lagi bisa telponan sama gebetan sepuasnya gratis, Mblo!?

Pakai ini kemungkinan nyari jodoh lebih luas Menurut Pa Haris selaku Sales Manager XL di Banjarmasin, jaringan XL udah tersebar hampir di semua kota Kalimantan dan Sulawesi. Udah sekitar 90% jaringan XL disebar untuk menghentaskan kejombloan di pulau Kalimantan dan Sulawesi, tapi kamu masih belum dapat jodoh juga, Mblo?

Keunggulan lain dari XL ini karena kuota yang mereka sediakan ga dibagi perjaringan (3G atau 4G). Jadi misalnya kalian beli 16 GB kaya gue, itu bisa dipake disemua jaringan dari 2G 3G sampai 4G.

Keluarga Sering Gila

AHIHIHIHI mungkin tak ada artinya untuk kalian yang membacanya. Tapi kalo tau lebih dalam, mungkin kalian akan tertawa terbadak-badak seperti kami. Iya, kami. Sebuah grup yang orang-orangnya dikumpulkan karena rasa penasaran pengen maen game Serigala jejadian alias Werewolf di Telegram. Lalu kemudian menjadi keluarga yang serigala sering gila karna ulah anggotanya.

Sebenernya gue udah lama banget download Telegram, tapi ga kepake. Biasanya, aplikasi yang kepake di hp langsung gue hapus. Tapi entah kenapa untuk Telegram gue rada males buat ngehapus. Jadi gue biarin aja, mungkin suatu saat nanti bakal ketemu jodoh berguna.

Sampai akhirnya, si Jungjawa ngajakin untuk ikutan di grup Werewolf. Awalnya, gue males ikutan. Tapi tetep join juga. Cuma ngecek sekali-sekali. Malah si Nuka dan Adi yang rajin banget main. Waktu itu mereka join ke grup pas masa libur kuliah. Jadi mereka banyak waktu buat ikutan. Sementara gue, masih hectic sama kerjaan kantor + ngurusin blog sendiri. Gue malah nyuruh si Adi sama Nuka lebih ngurusin blognya daripada main game Werewolf waktu itu. Iya gue jahat.
Dicapture dari hapenya Benaaa


TAPI SEKARANG semua sudah berbeda. Gue ga tau gimana awalnya, tapi gue sekarang bisa akrab banget sama mereka. Dari nama grup yang standar dan ala kadarnya, Werewolfindo. Sampai kemudian berganti Chaos Village. Dan akhirnya resmi berganti menjadi WWF. Ini bukan nama perusahaan nirlaba dari PBB. Bukan juga sebuah perserikatan gulat ala-ala itu. Kalo itu isinya mah Debra, Tori, Xena, X-Pac sama Stone Cold Steve Austin. WWF adalah singkatan dari World Werewolf Federation. Grup ini ga berafiliasi dengan federasi apapun .Tapi kami mencoba menyebar proposal ke Karang Taruna komplek kami masing-masing biar bisa diakui keberadaannya. Semoga dikabulkan.

Dari WWF gue kenal banyak manusia-manusia berotak separo sampe yang ga ada otaknya. Ada Benaaa yang awalnya gue tau di grup whatsapp tapi malu untuk sekadar menyapa. Ternyata Benaaa terkenal banget sama udel dan tawa ngakaknya itu. Ada Haris yang ternyata udah nulis buku banyak tapi gue belum punya satupun.


Plesetan Nama Film dari hp nya Hana

Ada Icha yang di blognya doyan ngereview film tapi mesum kalo udah di grup. Ada Ilham temennya Hana si chantique kesayangan anak-anak WWF. Ada Jaimbum yang ga punya blog tapi doyan mampir dan ngomenin blognya anak WWF. Ada Mia yang siapa sangka dibalik kegilaannya sama budaya Korea Utara ternyata dia punya cerita horror juga. Ada Justina, udah kenal lama sih sama dia di twitter. Jadi makin kenal gara-gara masuk grup. Ada Uda yang gue ga tau nama aslinya siapa. Yang jelas kalo pengen tau konten anti-mainstream (males nulis sampah, ehe) di internet dialah orang yang pantas untuk ditanyai. Ga jauh beda kaya temen gue si Ayub.

Ada Bella yang udah keluar dari grup. Bel, WWF selalu welcome sama kamu kalo kamu mau balik lagi. Si Son Agia aja balik, Bel. Ada Dharma, Erina, Trulyn yang ga tau juga nama aslinya siapa. Masih banyak lagi ada Bang Beta yang pernah gue omongin di sini, ada Zima juga. Sorry yang ga kesebut ya karna banyak membernya.

Mereka semua keluarga baru gue. Berawal dari serigala, kini jadi keluarga sering gila. Kelakuan mereka ga pernah berhenti bikin gue heran, kaget, ketawa sekaligus. Ada aja yang mereka kerjain di grup. Mulai dari ganti nama yang sama bareng-bareng. Sampe pake nama yang ada temanya.
Namanya Jaimbum Semua dari hp nya Benaaa


Karna mayoritas yang join adalah para content maker entah itu yucub atau blog, jadi tiap hari ada aja yang dibahas. Tapi yang ga pernah absen dibahas sih ga jauh-jauh dari selangkangan. Emang mesum otaknya mereka ini. Ya termasuk gue juga. Bakat terpendam gue tersalurkan gara-gara mereka. Dasar velg racing becak kalian semua!

Dan gilanya gue belum pernah ketemu sama mereka. Kecuali beberapa orang yang emang tinggal sekota sama gue. Sisanya cuman tau pas di grup. Tapi akrab banget. Dan yang gue senengnya mereka ga baperan, hahaha. Gue kan rada-rada baperan orangnya. Tapi dari mereka gue belajar kalo hidup itu ga harus serius-serius amat. Cape.

Sumpah serapah dengan gampangnya mengalir di chat. Emang gila sih mereka ini. Orang lain dikatain bajingan, bangsat, bedebah pasti marah. Yang ini malah ketawa-ketawa. Ya begitulah. Keseringan gila.

Dari grup WWF gue dapet nama baru. Mamad Karburator. Gue lupa gimana asal muasal nama ini. Dulu pertama kali ikutan main masih pake nama artis kesayangan, Dzuhurna Saravsati. Karna seringnya berganti nama, tau-tau nama Mamad Karburator yang paling mereka inget. Yodah deh, sampe sekarang username Telegram gue @MamadKarburator.
Plesetan Nama film, dari hpnya Hana


Grup WWF adalah moodbooster no 1 gue kalo lagi bete (karna belum ketemu kamu). Gue sampe nyimpen vn-vn mereka di cloud telegram sendiri. Kebanyakan sih isinya vn ketawa. Dengerin berulang-ulang tetep aja bisa bikin mood naik. Aku sayang kalian!

Oh kalian pengen gabung juga di grup ini? Syaratnya gampang. Ga boleh baperan. Tapi walaupun aturannya ga ketat, tetep jaga kesopanan dan ketentraman sesama anggota ya. Satu lagi. Terkadang grup kalo lagi rame mendadak berubah jadi FGD (Focus Gay Group Disocussion) gitu. Dan ga bisa diganggu gugat pake /starchaos, bisa-bisa di /smite sama adminnya. Bhahahaha. Adminnya jahat.

Kadang grup WWF lebih banyak ngobrolnya daripada mainnya. Dan biasanya yang diobrolin ga jauh-jauh dari 3 mantra ini: mesum, bully-an, cerita misteri. Udah. Selebihnya mah sumpah serapah korban bully anak-anak grup. Kalo lu kuat mental, silahkan bergabung bersama kami. Niscaya habis keluar dari grup kamu bisa dapetin kapal pesiar sama nguasain ilmu Lucid Dream.

Tapi terlepas dari itu semua kita selalu welcome sama orang baru. Dan ga perlu jadi blogger atau yucuber buat gabung ke grup. Bebas semua bisa asal pake pengaman.

Salam hangat.
Mamad Karburator

6 Tips Membeli AC Murah Berkualitas

Banyak yang ngira kalo AC itu barang mahal. Termasuk gue. Padahal ga juga kalo lu tau gimana cara beli AC yang murah tapi tetap terjamin kualitasnya. Mau tau bagaimana caranya? Simak tips beli AC ala gue berikut ini.

tips membeli ac murah
1. Cari diskon AC online. Kalau nyari di kota lu sendiri gue rasa sih bakal ribet. Lu kan mesti pergi dari satu toko ke toko lainnya. Makanya mending nyari di toko online aja.


Karena lebih gampang nemuin AC diskon di internet. Cukup buka Google trus ketik aja "diskon AC" misalnya. Pasti nongol tu infonya di sana. Atau bisa juga ngunjungin situs yang jual AC murah berkualitas kaya MatahariMall.com. Bisa langsung liat daftar produk AC sama besar diskonnya. Pake cara ini bisa bikin lu lebih cepet dapetin jodoh AC yang lu mau.
tips membeli ac murah

2. Gabung di situs ecommerce yang jual AC. Daftar jadi anggota situsnya, biar lebih cepet dapetin info soal barang yang diskon. Contohnya, bikin akun di MatahariMall.com. Jadi, setiap kali ada penawaran khusus, pasti deh ntar dikasih tau di email. Jadi lu bisa dapetin penawaran khusus ataupun disko menarik dari Mataharimall.com secara cepat.

Daftarnya gratis kok. Ga perlu bayar. Cuman perlu email lu untuk mendaftar atau bisa juga daftar pake akun sosial media kaya Facebook dan Google+ yang lu punya.

3. Cari diskon AC di facebook. Kalau lu masih main facebook kaya emak gue, like aja fanpage Mataharimall.com. Dengan begitu lu akan terus terhubung sama info-info menarik dari sana. Siapa tau nemu barang bagus dengan harga terjangkau. Kan mayan.

Atau misalnya lu lagi cari harga spesial buat AC, tinggal nanya aja ke akun fanpagenya. Tanya aja begini: "Ada diskon untuk pembelian AC di MatahariMall.com?"
Pasti bakal dijawab. Miminnya baik kok. Asal ga nanya alamat jodoh atau dosen pembimbing skripsi lu aje.

4. Bisa Dapat AC gratis. WAINI! Caranya ckup ikutan kontes yang ada hadiah ACnya. Ikutin persyaratan ikut kontes ini. Setelah ikutan, minta doain sama ortu, sahabat, pacar, mantan, selingkuhan biar menang. Kalau menang, lumayan kan bisa dapat AC gratis, mblo.

Selain ikutan kontes, ikutan undian berhadiah AC juga bisa. Ga jauh beda kaya kontes, yang perlu dilakuin pun sama. Cukup ngikutin tata cara serta persyaratan undiannya doang. Kalau menang, ya dapat AC gratis deh. Ya masa dapat jodoh? Ga segampang itu, mblo.

5. Beli saat ada diskon gede. Kalo misalnya lu penyabar kaya gue (iya ini narsis, apa lo!?), tunggu aja ntar ada sale gede-gedean di MatahariMall.com. Biasanya sih pas Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) bulan Desember nanti.

Atau bisa juga nunggu momen-momen spesial, kaya pas mau Natalan atau Tahun Baruan. Biasanya nih sering ada sales atau diskon gede-gedean. Pas yang kaya gitu waktu paling tepat buat beli AC murah berkualitas.
Mending dari sekarang tabung dulu deh uangnya. Terus dibelanjain di momen-momen kaya tadi.

6. Beli AC dengan cara mencicil. Opsi lain adalah beli pake cara dicicil dan hitung-hitungannya lebih murah. Logikanya gini. AC-nya bisa dimanfaatin dulu, sementara bayarnya bisa diangsur. Jadi ga akan terasa berat.

Beda halnya kalau beli cash dan harus bayar langsung dengan nominal yang gede, dengan cara mencicil pembelian AC ini ga akan berasa. Sebab tiap bulannya lu cuman perlu nyisihin sedikit uang untuk bayar cicilannya.

Gitu caranya kalau mau membeli AC dengan harga murah. Yuk cobain!