Ramadhanku Tahun Ini

Saya sudah kuliah sekitar 5 tahun. Dan saya ingin sekali mengakhiri kuliah saya pada semester ini, dengan kata lain LULUS (iya sengaja dipakein capslock biar jadi sugesti dan cepet lulus. aamiin). Itu artinya sudah kurang lebih 5 kali saya melewati ramadhan dalam suasana kuliah. Saya ingat betul awal masuk kuliah itu bulan ramadhan juga. Soalnya waktu itu teman saya kuliah (teman saya waktu di SMA) yang juga 1 kos sama saya pernah batal sekali saat pulang kuliah katanya ga sanggup nahan lagi gara-gara sebelumnya ga makan sahur.

Well selama 4 kali bulan ramadhan puasa saya menyenangkan. Dan hampir tak terasa karena ada teman-teman saya di kos. Saya bisa bercanda dengan mereka menunggu waktu buka, saya bisa buka puasa bareng mereka di warung sama-sama, dan bahkan saya yang sering bangunkan mereka untuk sahur sama-sama di warung.

Tapi tahun ini sudah berbeda. Ramadhan saya kali ini saya habiskan kebanyakan sendiri. Karena mereka semua sudah tidak tinggal di kos lagi. Ya mereka semua sudah lulus, tinggal saya sendiri yang belum. Menyedihkan memang. Tapi itu konsekuensi saya yang awal kuliah malas-malasan masuknya. Mungkin ini 'hukuman' yang diberikan oleh Tuhan karena saya sering malas-malasan. Teman-teman sudah jarang ada, bahkan pacarpun ikut-ikutan meninggalkan saya.

Ramadhan kali ini saya harus mengubah kebiasaan saya. Yang dulunya saya buka puasa sehabis solat magrib baru pergi ke warung bareng teman-teman saya, sekarang saya harus bungkus makanan berbuka dan makan di kamar kos. Sebenarnya ada 2 alasan kenapa saya ga makan langsung di warungnya : 1. Karena males makan sendiri 2. Karena males ngedenger suara petasan di jalan, saya kagetan orangnya (soal petasan ini silahkan baca tulisan saya yang kemaren).

Cuman sahur yang memaksa saya harus makan sendiri di warung, karena takut ga sempet lagi kalo mesti nunggu di bungkus dulu.

Yah pada kenyataannya kita memang harus berjuang sendiri nantinya. Orang lain hanya sekadar membantu. Yang menentukan hasil akhir dari perjuangan kita adalah kita sendiri. Puasa kali ini mengajarkan saya tentang pentingnya arti kesendirian. Saat sendiri kita tau diri kita seperti apa sebenarnya. Karena terkadang orang hanya mengatakan apa yang ingin kita dengar, bukan apa yang ingin mereka katakan.

Dengan menyendiri kita bisa introspeksi diri. Apa yang salah dari diri kita selama ini. Kenapa kita bisa seperti ini. Bagaimana cara mengubah yang salah itu menjadi sesuatu yang baik.
Dengan menyendiri kita bisa mengkritik diri kita sendiri. Mengapa saat ada orang lain yang membantu kita malah santai-santai saja. Mengapa saat orang lain berjuang untuk masa depan kita malah menjadi penonton, bukan ikut termotivasi.

Saya ingin ini menjadi ramadhan terakhir saya menjadi mahasiswa. Saya ingin segera lulus ! Saya sudah lelah kuliah. Saya ingin semesta membantu saya untuk berada di jalan yang benar agar bisa keluar dari hal ini. Aamiin. 

Artikel Terkait

Ramadhanku Tahun Ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

6 komentar

20 Juli 2014 05.55 delete

ohoho.. semngat yak biar cepet lulus. sya jg kebelet lulus ini, msh ada 5 smester -_-

Reply
avatar
20 Juli 2014 11.24 delete

lah masih 5 semester udah kebelet lulus? hahaha..
kalo masih 2,5 tahun nikmatin aja dulu kuliahnya. ikut organisasi atau kegiatan kampus yg lain. mesti punya banyak bekal juga biar lulus punya soft skill :)

Reply
avatar
21 Juli 2014 00.18 delete

iya nih, pngen cpet2. niatnya sih biar cpet kuliah s2 d u.. klo ad takdir d sana. Amiin. haha
iya ikut ko, malah kayaknya kbnyakan organisasi drpd d rmh -.- smpe2 d mrahin abang sya. #curcol :D haha

Reply
avatar
21 Juli 2014 00.52 delete

hahahah mesti pinter bagi waktu. jangan sampe kegiatan di luar kuliah nge ganggu perkuliahan. semoga bisa nerusin kuliah s2 nya ya

Reply
avatar
23 Juli 2014 23.44 delete

Wah, semangat. Semoga cepat lulus dengan IPK yang memuaskan :)
Cepat dapet kerja juga, bang :)

Reply
avatar
24 Juli 2014 11.05 delete

wokehh terimakasih yaa doanya :D

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.