Mobil Ramah Lingkungan

Iseng-iseng surfing internet malam ini, dapat 1 artikel berita menarik dari website berita lokal berita satu. Berikut saya tampilkan artikel berita tersebut

Las Vegas - Elio Motors, sebuah perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, memperkenalkan kendaraan roda tiga yang fenomenal di ajang Consumer Electronic Show 2014 di Las Vegas, AS. Meski penciptanya mengaku tidak ada teknologi baru dalam mobil itu, mobil itu tetap menarik karena sangat irit bahan bakar dan dihargai sangat murah.
mobil ramah lingkungan


Mobil yang rencananya akan dijual luas pada 2015 dengan harga 6.800 dolar AS (sekitar Rp 83 juta) itu, diklaim akan bisa menempuh jarak 134 kilometer dengan konsumsi bensin hanya 3,8 liter ketika berkendara di jalan tol. Di perkotaan mobil itu bisa menempuh hampir 80 km dengan hanya 4 liter bensin.
Tidak berbeda dengan mobil lain, mobil tiga roda itu, bisa mencapai kecepatan 100 mil per jam hanya dalam waktu 9,6 detik.
Paul Elio, pencipta mobil itu sekaligus pendiri Elio Motors, mengatakan ia menemukan ide itu karena kesal banyak uang di AS dihabiskan untuk mengimpor minyak bumi dari negara lain.
Elio, yang belajar tentang otomotif tanpa lewat pendidikan resmi, mulai membangun perusahaannya pada 2008 dan baru-baru ini dia membeli pabrik General Motors yang tidak terpakai di Lousiana, AS. Tadinya pabrik itu memproduksi Hummer.
Mobil yang diciptakan Elio hanya punya tiga roda - dua di depan dan satu di belakang. Kursi di dalamnya pun hanya muat untuk dua orang: satu di bangku kemudi dan satu lagi di bangku penumpang.
Dengan itu, kata Elio, secara prinsip mobil itu merupaka solusi tepat bagi orang yang gemar bepergian sendiri.
Ia mengakui tidak ada teknologi baru dalam mobilnya yang menggunakan mesin tiga selinder berpembakaran dalam, yang dilengkapi dengan power window, pendingin suhu, dan rem anti-block.
"Desain ini benar-benar mengikuti rancangan yang ada sebelumnya," kata juru bicara perusahaan, Jim Andrews.
Mobil itu mendapat penilaian tertinggi dalam hal keamanan ketika terjadi tabrakan dari dewan keamanan transportasi jalan raya AS (NHTSA).
Sudah ada lebih dari 6000 pemesanan yang masuk ke Elio dan diharapkan mulai kuartal pertama 2015 mobil itu sudah bisa dikirim ke pemesan.
Penulis: Liberty Jemadu/BER
Sumber:AFP

Sangat menarik. Yah, walaupun sebenarnya mobil ini muat untuk 2 orang, tapi buat jomblo mobil yang satu ini ga bakal bikin terlalu keliatan sendirian :D

Yang saya tekankan di sini adalah ramah lingkungannya. Zaman sekarang energi alternatif harus bisa jadi sumber energi terbarukan. Untuk menggantikan energi yang tidak terbarukan. Karena manusia sendirilah yang bisa membuat suatu keadaan bisa menjadi lebih baik, atau malah semakin buruk di masa depan. Kita memerlukan orang-orang yang perhatian di bidangnya masing-masing, agar dapat menjaga Bumi ini dari tangan-tangan jahil yang hanya ingin mendapat keuntungan dari berlimpahnya kekayaan di Bumi tetapi tidak mau melestarikannya. Semoga semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya merawat dan menjaga Bumi ini.

Artikel Terkait

Mobil Ramah Lingkungan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

26 Juni 2014 19.32 delete

aseeek niy mobil...
kayaknya bisa dicoba untk travelig :D

Reply
avatar
26 Juni 2014 20.02 delete

bisa tuh.. tapi ga asik juga kayanya traveling sendirian haha

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.