5 Drummer Cantik Ini Skillnya Ga Diragukan Lagi

Jadi drummer itu bukan hal yang mudah. Perlu konsentrasi tingkat tinggi dan stamina yang prima. Karna bukan cuma tangan dan kaki yang harus gerak, tapi kita juga mesti sinkron memainkan tempo ketukannya. Sedikit saja hilang konsentrasi temponya buyar. Makanya posisi drummer identik ke laki-laki. Karna laki-laki punya fisik yang lebih prima dan konsentrasi yang lebih baik. Tapi 5 drummer yang akan gue sebutkan ini, bakal bikin kalian kagum sekaligus terpesona. Selain karena drummer ini cantik-cantik, skill mereka juga ga kalah keren daripada drummer laki.

Cewe kan biasanya ga jauh-jauh dengan kelembutan dan kerapian. Kamar berantakan dikit, dirapihin. Dapur banyak noda bekas masakan, dibersihin. Tapi bukan berarti mereka cuman bisa menata dapur atau ngerapihin kamar doang. Nah karena itu, ketika semakin anti-mainstream kegiatannya, semakin menarik pesona seorang cewe. Dan cewe yang bisa main drum itu kecantikannya bisa nambah 100% dari biasanya.

Gue coba buat 5 daftar drummer cantik yang mungkin kalian belum banyak tau. Perlu diperhatikan kalo gue buat daftar drummer cantik ini bukan berdasarkan ranking atau apapun. Jadi kalo ada fans salah satu drummer cantik yang gue tulis disini ngeliat, ga usah baper idolanya ditaro dibawah atau di atas lainnya. Itupun juga kalo ada yang baca, hahahaha.

1. Titi Radjo Bintang

5 drumeer cantik
Siapa yang ga kenal artis cantik yang satu ini? Mukanya udah familiar di mata penonton televisi. Mulai jadi juri acara pencarian bakat sampai juri ajang musik kekinian. Gue awalnya ga tau kalo Titi ini jago banget main drumnya. Sampe ketika dia duet sama salah satu peserta pencarian bakat buat main drum. Dari situ langsung kepincut ngeliat dia main drum. Ceritanya dulu Titi pengen dimasukin kuliah jurusan Ekonomi, tapi dia ga mau dan maksa dimasukin kuliah musik. Ternyata berhasil dan sekarang jadi guru musik di almameternya.

2. Rany Ramadhani

5 drummer cantik, daftar drummer cantik
Rany terkenal karna dia sering upload video cover drumnya ke Youtube. Mahasiswi jurusan Performing Arts Communications STIKOM London School of Public Relation Jakarta ini punya channel youtube sendiri. Kalian bisa cari "Raaneey" di youtube. Dia sekarang lagi keranjingan bikin vlog jadi harap maklum coveran drumnya masih belum nambah. Drummer cantik ini ternyata multi talenta, gaes. Selain jago gebuk drum, dia juga jago jalan di atas catwalk. Dia pernah jadi finalis Asia's Next Top Model 3! Keren ga tuh?

3. Jeane Phialsa

5 drummer cantik, daftar drummer cantik
Dari namanya terdengar kurang familiar ya. Apalagi gue sekarang jarang banget nonton tv. Ternyata dia ini personil dari SETIA Band sekarang. Dulu sewaktu masih belia dia udah sering berkolaburasi bareng Erwin Gutawa, Rosa, bahkan diva sekelas Anggun C Sasmi. Drummer cantik yang satu ini sampe dapat julukan "Indonesian Angel of Drumming".

4. JP Millenix

5 drummer cantik, daftar drummer cantik
Nama aslinya Jaanita Priyanka Millenix jago banget main drumnya. Dikenal dengan nama JP Millenix, drummer cantik yang satu ini berhasil mencuri perhatian jutaan pasang mata yang menonton acara pencarian bakat di salah satu tv swasta beberapa tahun yang lalu. Menariknya JP dulu diikutkan les piano sama ortunya. Tapi waktu les, dia malah sering nongkrong di kelas drum. Jadilah ortunya masukin JP ke les kursus Drum.

5. Adisty

5 drummer cantik, daftar drummer cantik
Namanya bukan nama panggung. Jadi kurang terkenal. Tapi bandnya pasti banyak yang tau, SHE. Ya mba Adisty ini drummernya SHE. Dia punya channel Youtube tapi jarang diupdate. Kalo mau subscribe bisa search aja "Adisty Zulkarnen" di youtube. 


sumber 1 2 3 4 5

(SPOILER) Suicide Squad dan Segala Keanehannya

Gue harap kalian udah nonton Suicide Squad sebelum ngelanjutin baca postingan ini. Karena bakal banyak spoiler yang bertebaran. Kalo kalian yang udah nonton filmnya silakan lanjutkan membaca sampai habis. Buat yang belum nonton tapi masih pengen ngelanjutin, you've been warned, do with your own risk.

suicide squad, harley quiin, joker, enchantress
Suicide Squad merupakan film pertama yang gue tonton pas premiere penayangannya di seluruh bioskop Indonesia. Sebelumnya gue kalo nonton film selalu diakhir-akhir pas udah mau turun layar, hahaha. Gue nunggu antriannya ga membludak. Males ngantrinya. Maklum, di Banjarmasin bioskop cuman ada satu. Kebetulan pas Suicide Squad tayang ada temen-temen yang lain pengen nonton juga, jadilah gue "nebeng" mereka buat nonton.

Ternyata, walaupun premiere kursinya masih banyak yang kosong loh. Padahal reaksi di social media banyak yang positif. Bahkan di Banjarmasin tike pre-sale pun ga ada. Mungkin karena karakter DC Comics di Banjarmasin kurang familiar kali ya. Padahal DC sama Marvel itu punya karakter dengan keunikannya masing-masing. 

Setelah gue nonton sampe abis ternyata ada banyak adegan yang menurut gue terlalu aneh. Bahkan cenderung dipaksain untuk terjadi. Sebenernya sih ad banyak, tapi gue sebutin beberapa di antaranya aja ya.

Asal mula Enchantress

suicide squad, harley quiin, joker, enchantress

Dikisahkan awal mula kemunculan Enchantress ini karena kecerobohan seorang arkeolog bernama June Moone yang menemukan makam kuno di suatu tempat. Dan dengan cerobohnya dia ngebuka gitu aja sebuah patung kecil yang ternyata adalah tempat Enchantress dikurung. Patung itu rusak dan Enchantress masuk ke dalam tubuh June Moone sehingga ada 2 jiwa dalam 1 tubuh.

Gue tau arkeolog itu selalu penasaran sama benda-benda bersejarah yang baru dia liat. Tapi setau gue ga sembarangan juga main comot patung yang kita ga tau apa itu. Tau-tau dipatahin gitu pula patungnya. Ada ya arkeolog yang kaya gitu? Arkeolog beneran malu kali liat June Moone ini.

Katana dan bom di leher

suicide squad, harley quiin, joker, enchantress
Katana secara khusus didatangkan oleh A.R.G.U.S. untuk melindungi Flag agar ga dibunuh oleh kawanan Suicide Squad. Dan sebagai pengaman, kawanan Suicide Squad disuntik semacam bom kecil ke dalam leher mereka. Katanya bom leher ini mencegah mereka buat kabur, karena mereka masih tahanan. Dari sekawanan Suicide Squad cuma Katana yang ga dipasangin bom leher. Kalo dia sebenernya penjahat juga, kenapa dia ga di penjara?

Enchantress

suicide squad, harley quiin, joker, enchantress
Saking anehnya Enchantress sampe gue bikin poin sendiri.

Dewa yang membangun mesin

Sampai akhir film, nasib mesin Enchantress yang hancur itu ga tau wujud aslinya kaya gimana. Dan kenapa Dewa sehebat dia mesti perlu MESIN buat nguasain umat manusia? Dia dewa loh padahal. Mungkin Enchantress ini keburu merantau duluan sebelum pembekalan jadi Dewa yang seutuhnya kali, ya makanya perlu mesin. Poor Enchantress. Dewa kok ngebuat mesin.

Joget dangdut

Kalo udah liat filmnya bakal tau joget mana yang gue maksud. Iya, jogetan dia waktu ngebangun mesin itu. Satu aja pertanyaan gue: KENAPA MESTI JOGET!?
Ga ada gerakan yang lebih masuk akal selain joget gitu? Dia kan punya anak buah, trus kenapa ga dimanfaatin aja jadi karyawan buat ngebangun mesin? Jogetnya ga banget pula... bagusan juga Brandon kalo joget.

Pasukannya

Sejauh gue nontonin film selama ini, baru di Suicide Squad ada karakter yang ngerekrut pasukannya pake ciuman. Seabsurd absurdnya dewa ya Enchantress ini. Sehebat itu ngejadiin pasukannya pake ciuman. Mungkin Enchantress mencoba menjadi Dewa anti-mainstream dari yang lain. Atau bisa jadi dia justru ngeledekin dewa-dewa mainstream yang masih pake tongkat atau mantra buat ngeluarin sihir? Heheheh.

Harley Quinn

suicide squad, harley quiin, joker, enchantress
Dari sekian banyak kostum kenapa kostumnya dia begitu sih? Ga ada yang lebih kece lagi? Dan kenapa cuman dia yang boleh colourfull? Temen-temennya yang lain cuman 2 warna paling banyak. Dia ada merah, biru, ijo, ungu, putih, semuanya ada. Maruk amat dah. Yang paling nyebelin si Harley Quinn ini berlagak seolah-olah dia pemimpin komplotan Suicide Squad. Ga pantes sih gue rasa. Mending Deadshot atau Flag aja sekalian.

Tapi harus gue akuin kalo Harley justru jadi "penyelamat" film ini dari sekian banyak keanehannya. Kenapa dia jadi penyelamat? Ya karna dia beda daripada yang lain. 

Joker

suicide squad, harley quiin, joker, enchantress
Gue paling ga nyangka ya si Joker ini. Gembar-gembornya sebelum film rilis heboh banget. Gue kira dia bakal jadi pemimpin Suicide Squad, taunya cuman jadi cameo doang. Iya cameo karna emang ga sesuai ekpesktasi gue selama ini. Emang sih bukan jadi cameo beneran, tapi peran Joker di sini tuh emang ga penting-penting banget. Cuma jadi "pengganggu" A.R.G.U.S. dan ga diapa-apain juga sama mereka. 

Joker di Suicide Squad ini seolah-olah dibiarin ngacak-ngacak kerjaan A.R.G.U.S. Pokoknya ga sesuai deh sama apa yang kalian pikirin. Harapan gue udah tinggi banget sama Joker di film ini. Eh taunya jadi solo player doang. Udah berharap adegan keren dari Joker taunya cuman sekadar liwat. Kalo kata anak zaman sekarang, drop shay!

Kalian sependapat sama gue ga? Kasih tau di kolom komen ya!

sumber gambar 1 2 3 4 5 6

Balada Anak Tunggal: Udah Kerja

Buat yang belum tau, sekarang gue udah kerja. Pas tulisan ini dibikin udah hampir setahun gue kerja. Tapi walaupun kerja, gue kadang suka bingung ngejelasin kerjaan gue kaya gimana. Karna kerjaan gue ini cuman segelintir orang yang ngerti. Jadi cukup sulit buat ngejelasin ke orang awam jobdesk gue.

konsultan perencana, teknik
Gue kerja diperusahaan yang bergerak di jasa konsultan perencana. Dari nama pekerjaannya aja orang udah pasti salah tangkap maksudnya. Ya emang mirip sih tapi ga sesederhana itu pemahaman dan kerjaannya. Dari kata "konsultan" aja orang udah pasti salah ngartiinnya. Bahkan di keluarga gue, banyak yang ga ngerti.

Kalo orang yang kerja di bank mah enak. Gampang tinggal sebut kerja di bank juga orang udah pada tau. Kalo di bank udah jelas mau nabung, mentok-mentok paling ngajuin kredit. Ga jauh-jauh lah penafsirannya. Kalo misalnya kerja di pabrik misalnya di industri tekstil gitu enak tinggal bilang kerja di pabrik baju atau pakaian. Orang udah tau pasti kerjaannya bikin baju atau celana.

Gue cukup kesulitan buat ngejelasin ke orang-orang kaya gimana. Soalnya gue udah berusaha nyari bahasa paling sederhana tetep ga nemu. Kata "konsultan perencana" itu sedikit banget yang ngerti konsepnya. Jadi gue berusaha untuk ngejelasin sepahamnya bahasa orang yang nanya aja.

Di sini ada pekerjaan yang namanya "pemborong". Kalo orang awam dikasih tau kerja di kontraktor, pasti banyak yang bingung. Tapi kalo dibilang "pemborong" pasti tau. Padahal itu maknanya kurang lebih sama. Nah gue masih kebingungan buat nyari padanan kata yang sama biar bisa langsung dimengerti sama orang buat kerjaan konsultan ini.

Konsultan itu identiknya konsultasi gitu kan? Orang awam pasti mikirnya ke sana. Padahal ga ada yang namanya konsul dijobdesk konsultan perencana itu. Mayoritas kerja konsultan perencana itu di lapangan. Kadang harus survei ke rumah warga buat ambil data primer, kadang juga ke instansi atau dinas-dinas. Yang paling utama sih bikin laporan/dokumen teknis. Biasanya anak-anak yang kuliah di jurusan teknik nih yang ngerti. Kalo kalian pernah denger dokumen AMDAL yang bikin itu biasanya konsultan. 

Emang sih kerja di konsultan itu ga terlalu keliatan gaungnya. Ga kaya kontraktor yang keliatan progressnya lagi bangun jalan atau jembatan. Konsultan perencana lebih underground geraknya. Tapi bukan berarti duitnya kecil. Kantor gue sering banget dapet proyek yang gede nilainya.
konsultan perencana, teknik

Tapi kalo kalian mahasiswa teknik, gue saranin cari kerja di konsultan dulu deh mendingan. Ilmu yang kalian pelajarin waktu kuliah teknik itu bakal kepake banget di kerjaan ini. Kan sayang udah cape belajar 4 tahun terus akhirnya ga kepake ilmunya. Tapi itu sekadar saran, bisa kalian ambil atau ga.

Terlepas dari itu semua, mau kerja dimanapun sebenernya ga masalah. Dan ga usah ngebandingin kerjaan kita sama orang lain. Biarkan aja orang mau ngomong apa sama kerjaan lu, bodo amat aja. Omongan dia itu ga ngurangin sepeserpun dari nikmat yang udah dikasih oleh Tuhan ke lu. Mau dia gajinya lebih gede dari lu atau lebih kecil biarin aja. Toh dia gaji gede juga ga pernah neraktir lu makan kan? Hahahaha.

Selow aja rezeki semua udah ada yang ngatur. Satu hal yang mesti lu tau "Kalo emang itu rezeki itu udah ditakdirkan sama yang punya jadi milik lu, ga akan ada yang bisa ngambil gimanapun caranya". Catat dan ingat baik-baik itu, percaya sama gue.

Apasih Yang Bikin Cowo Mundur Ngedeketin Cewe?

Sebagai cowo, gue dan para cowo di luar sana punya tugas yang lumayan berat. Selain karna harus jadi tulang punggung keluarga, juga harus nyari pasangan yang ga bikin tulang punggung gue makin berat. Berat kuadrat. Apalagi kalo gue salah pilih. Cedera punggung gue jadinya.

Oleh karna itu gue selektif banget nyari calon pendamping hidup. Bukan sombong, tapi kalo salah pilih gue dan dia yang akan menderita karna harus menunggang menanggung beban hidup yang ga seharusnya dihadapi. Gue harus bener-bener tau apakah dia emang cocok hidup bareng-bareng atau cuma sekadar "mampir". Dan buat tau hal kaya gini ga mudah. Perlu proses panjang dan melelahkan buat bisa dapetin 1 orang yang emang bener-bener pas untuk dijadiin pasangan hidup.

Di sisi cewe kerjaannya udah lebih "ringan" daripada kami. Dia cukup memantaskan diri jadi orang yang pantas untuk didapatkan. Tapi bukan berarti tugas dia berakhir sampai di situ. Tidak mudah untuk menjadi orang yang didapatkan. Saingan kalian banyak. Banget. Walaupun kadang kami para cowo terlampau bego untuk tau kami ini lagi diseriusin atau sekadar dibodoh-bodohin, kami juga punya batas untuk bisa menentukan apakah dia ini emang pantas untuk diperjuangkan atau lebih baik mundur.

Dan beberapa hal berikut mungkin ga disadari para cewe udah bikin cowo-cowo yang ngedeketin mereka jadi ilfill. Simak deh siapa tau salah satu diantaranya itu ada di diri kalian:

Manja Berlebihan

Buat para cewe pasti ada kalanya pengen dimanja sama cowo. Pada dasarnya kami emang suka manjain cewe. Tapi kalo manja terus-terusan kan ga mungkin juga. "Seorang anak kecil masih belum bisa ngikat tali sepatunya sendiri waktu pertama kali nyoba, wajar kalo masih diiketin. Tapi kalo anak SMA masih diiketin tali sepatu sama ayahnya, itu mah kelewatan namanya" kata temen gue suatu kali.

Gue setuju sih. Ga selamanya manja itu baik. Manja untuk situasi tertentu emang wajar. Tapi kalo apa-apa ga bisa tanpa ada cowonya itu sih bukan manja, emang beneran ga bisa apa-apa. Kita emang tempatnya buat bermanja-manja, tapi sekali-sekali kita dong yang dimanja bukan kalian terus, hehehe.

Galau Tak Berkesudahan

Tiap manusia pasti pernah galau. Galau emang nunjukkin kalo kita manusia. Karna sesempurnanya manusia pasti ada aja masalahnya. Galau emang wajar. Dan ga salah kalo kita sering kali meluapkan ke-galau-an kita di socmed. Gue juga sering kok galau di socmed. Sampe dulu pernah dapet julukan "Duta Galau Indonesia" dari temen-temen gue, hahaha. Tapi gue ngegalau karna suka bikin kata-kata puitis aja. Kalo galau beneran mah udah bikin tulisan panjang hahaha.

Galau boleh. Tapi kalo tiap hari galau mulu kayanya aneh juga, ya. Kesannya hidupnya ga bahagia. Sediih mulu. Kita yang dari awalnya kagum karna liat dia bisa bikin kata-kata puitis, ujung-ujungnya malah bikin ilfil. Galau seminggu dua minggu masih bisa ditolelir lah. Kalo udah sebulan dua bulan itu namanya caper. 

Drama Queen

Cowo itu makhluknya simple banget. Pengennya apa-apa cepet selese. Makanya cowo seneng sama cewe yang ga ribet. Kalo pun harus ribet ga perlu yang lebay. Ribet elegan. Gue ga tau juga gimana. Asal tulis aje hahaha. Tapi intinya ga usah ngeribetin cowo deh kalo mau diseriusin.

Cowo paling ga suka dibikin ribet, apalagi cuman karna masalah sepele. Apa-apa diributin. Hal yang seharusnya bisa diselesein dengan santai malah jadi tegang karna dibikin drama sama kalian. Temen gue pernah diputusin cuman gara-gara ga mau masang nama pacarnya di status bbm. Drama banget ga tuh?

Emang sih ada juga cowo yang drama. Gue juga drama sebenernya. Tapi gue simpen buat diri gue sendiri. Jadi gue berantemnya sama alter ego sendiri hahaha. Tapi bukan bipolar loh ya. Kenapa jadi cerita diri sendiri?

Dibanding-bandingkan. Apalagi Sama Mantan Kalian

Semua orang paling ga suka dibanding-bandingin. Terlebih waktu ngedeketin cewe. Trus dibanding-bandingin sama mantan kalian. Kalo kalian niatnya pengen ngebuka halaman baru, jangan membandingkan dengan yang sudah lewat. Sekali dua kali masih bila lah dimaklumin. Kalo udah tiap kali ngobrol yang dibahas mantan melulu, mending kami mundur. Sama aja kami ini ga lebih baik daripada mantan kalian.

Laki itu egonya ganas banget. Udah kaya monster. Kalo kalian ngebandingin kami dengan seseorang di masa lalu kalian, sama aja ngebangunin monster lagi lapar. Ego kami terusik. Kalian kalo lagi sama gebetan mending fokus sama dia aja. Jangan fokus ngebahas mantan nanti kami ilfil dengerinnya hahaha. Fokus untuk mencari kenyamanan bukan membuka luka lama, oke?


Qoerang Piqnique

Kalian kalo lagi bosan atau jenuh sama sesuatu biasanya ngapain? Kalo jawab "Biasanya gue ga ngelakuin hal itu dulu beberapa hari" gue tanya lagi, kalo misalnya hal itu ga bisa dilakuin gimana? Lu mau ga mau harus ngehadapin itu terus. 








Itu yang gue alamin sekarang. Mungkin karna terlalu monoton jadinya jenuh sendiri. Beberapa hari gue ga terlalu produktif. Apalagi nulis di blog. Gue sempet 3 atau 4 hari ga bikin tulisan apa-apa. Entah karna kehabisan ide atau emang lagi males ngetik. Lagi kena writers block.

Gue bingung gimana caranya "melarikan diri" menepi sejenak biar pikiran bisa fresh lagi. Mau liburan ga bisa, kerjaan gue belum kelar. Lagian kalo liburan pasti ga bakal dikasih izin yang jauh-jauh. Apalagi sendirian. Jangan harap bisa deh. Ibu orang yang paling ga bisa ngeliat gue pergi jauh-jauh sendirian. Padahal kan gue pengen gitu ngerasain jalan-jalan sendiri tanpa harus diikutin orang tua. Tapi apa boleh buat namanya juga anak tunggal, mau ga mau mesti nurut. Daripada gue dipasung dalam kamar? Gue yang senewen ntar.

Koerang piqnique (baca: kurang piknik). Gue pengen banget piknik ke Bandung lagi. Rasanya lama banget ga ke sana. Pergi ke Bandung terakhir bulan Desember. Kangen banget sama Bandung. Ga tau juga kenapa.

Padahal gue udah punya rencana ke Bandung bulan ini. Mau ikutan Kopnas-nya Komunitas Blogger Energy. Tapi setelah cek di traveloka.com tiket dari sini ke Bandung sejutaan, langsung ciut gue. Kemahalan. Padahal gue ceknya di bulan Juli. Malah lebih murah dari sini ke Jakarta. Jauh banget.

Tapi ternyata Tuhan berkehendak lain. Deadline kerjaan gue semuanya numpuk di bulan ini. Jadilah rencana temu kangen gue sama kota Bandung harus ditunda. Kalo kalian tanya kenapa gue suka banget sama Bandung gue juga bingung ngejelasinnya gimana. Sama kaya orang jatuh cinta, ga tau alasannya kenapa, pokoknya cinta aja. Tanpa kenapa tanpa tapi.

Sebenernya kalo mau nyari hiburan gampang. Cukup nonton fillm sendirian juga hiburan. Atau pergi ke pantai bareng temen-temen juga alternatif yang menarik. Sayang kedua-duanya bukan opsi yang pas. Gue baru aja nonton premiere Suicide Squad. Trus ke pantai juga perlu waktu khusus karna dari rumah ke pantai itu lumayan jauh jaraknya.

Temen gue sampe curiga gue punya gebetan di Bandung. Padahal ga ada siapa-siapa di sana. Temen sih banyak, tapi belum tentu mau digebet juga hahaha. Kecurigaan temen gue wajar sih karna emang ngebet banget pengen ke Bandung. Entah kenapa ngerasa rezeki gue yang lebih gede ada di sana. Yah kalo emang bener kan lumayan kerja di Bandung. Siapa tau bisa dapet jodoh orang Bandung juga, terus gue bawa pulang ke sini hahaha. Aamiin. Mumpung berkhayal masih gratis jadi dipuas-puasin dulu.


Intinya gue kangen Bandung. Udah.

Agustus

Akhir-akhir ini otak lagi ga bisa diajak kerja sama buat nulis di blog. Mungkin udah diporsir nulis 2 bulan beruntun. Gue publish 17 artikel dalam 2 bulan. Di 1 sisi produktif banget buat gue. Soalnya rata-rata sebulan paling cuman publish 4 atau 5 artikel. Tapi di sisi lain hampir separo artikel yang gue publish itu artikel berbayar. Ya ambil positifnya aja lah, artinya gue udah bisa produktif walaupun masih harus dimotivasi dulu hehe.

Gue juga perlu saran dan kritik dari kalian nih kira-kira biar konten gue lebih berisi dan ga cuma sekadar placement atau cerita tentang diri gue sendiri, bagusnya gue tulis apa ya? Soalnya kalo gue mau nulis hal-hal yang terlalu berbobot, rasanya pengalaman gue masih belum banyak aja gitu. Yang ada ntar gue malah kena bully karna terlalu sotoy ngasih konten.

Gue nulis sebebas-bebasnya di sini juga sebenernya ada alasan. Kerjaan gue di kantor pada dasarnya adalah nulis. Tapi nulisnya di sini pake bahasa yang baku dan teknis. Bukan cuma itu, gue mesti nulis dengan bahasa baku dan teknis tapi orang awam yang baca tulisan itu juga bisa ngerti dan ga kebingungan. Yang bikin keder adalah hasil tulisan gue itu bakal dijadiin dokumen acuan buat instansi. Jadi tanggung jawabnya lumayan gede, kalo gue asal nulis bisa-bisa gue kena semprot bos dan orang dinas.

Emang bukan hal yang baru sih buat gue, karna skripsi pun juga kaya gini formatnya. Bedanya gue ngerjain tulisan ini tiap hari. Jadi lumayan nyita pikiran. Jadilah gue "melampiaskan" keterkekangan menulis gue di blog. Nulis di blog kan bahasanya bisa lebih bebas. Gue bisa "akrobat" ke sana kemari nulisnya hahaha. Etdah bahasanye. Pokoknya gitu lah.

Tapi yang bikin gue seneng adalah target namatin buku per tahun gue udah melampaui estimasi yang gue tulis di awal tahun. Tahun lalu, gue masih males banget buat baca. Gue itung cuman 3 atau 4 buku yang bisa gue tamatin tahun 2015. Sementara tahun ini, sampai akhir Juli tadi gue udah bisa namatin 7 judul buku. Terimakasih, Tongfang.

Terakhir. Bulan Agustus ini mantan gue ulang tahun. Kira-kira ucapan ultahnya kaya gimana yang anti mainstream, ya? Kalian bisa bantuin gue ga? Tulis di kolom komen kira-kira ucapan ultah yang anti mainstream itu kaya gimana sih?

Semoga bisa konsisten nulis dan baca buku sampe akhir tahun nanti. Biar referensi gue soal nulis makin banyak dan konten gue pelan-pelan bisa jadi tambah berkualitas. Dan rezeki gue dari ngeblog makin banyak lagi. Aamiin. Dan aamiin buat kalian yang juga punya harapan kaya gue.