Tips Memilih Jurusan Kuliah

Karna udah lulus kuliah, sekarang baru berani bikin postingan kaya begini. Ntar dikira songong ngasih tips milih jurusan kuliah tapi yang bikin aja belum lulus hahaha. Anyway, menentukan jurusan kuliah itu penting banget loh, guys biar kalian bisa memaksimalkan potensi yang kalian punya (sengaja pake "guys" biar mirip gaya hostnya Breakout, Sherryl Skandinavia).

Memilih jurusan matang-matang itu penting biar ga ada kalimat "Salah jurusan". Memilih jurusan kuliah itu sama kaya mlih pacar, kalo salah pilih jadi serba salah dipaksain ga muat (apa ini?), diputusin kasian sama dia.

Kalian ga mau kan ngejalanin hubungan yang terpaksa kaya gitu. Biar ga salah pilih pacar, eh, jurusan kuliah, ga ada salahnya untuk baca tulisan ini sampai habis.

Kenali Kemampuan Dirimu

Hal yang paling utama adalah kamu tau kemampuanmu sendiri. Penting banget nih, biar bisa memaksimalkan potensi yang kamu miliki. Kamu bisa tanya diri sendiri tertarik di mata pelajaran apa aja, atau minat kamu kemana. Kalo misalnya kamu suka banget (dan emang nilai kamu bagus) di mata pelajaran Bahasa Inggris kamu bisa ambil jurusan FKIP Bahasa Inggris atau Sastra Inggris. Salah jurusan kalo kamu ga bisa gambar dan ga terlalu kreatif tapi pengen masuk ke jurusan Arsitektur atau Desain Grafis. Kenali potensi diri kamu dari sekarang sebelum terlambat... Waspadahal! Waspadahal!

Tapi belum tentu juga jurusan yang ga kamu sukai itu ga baik buat kamu. Bisa aja masa depanmu ada di situ, Agak-agak tricky sih sebenernya, jadi kamu mesti telaah diri kamu sendiri, maunya gimana dan seperti apa.

Diskusi Dengan Orang Tua
Kalo kamu masih bingung nentuin kemampuanmu dimana, kamu bisa diskusi sama orang tua kamu. Mereka yang ngedidik kamu dari kecil pasti tau kelebihan dan kekuranganmu dimana. Lagian, kan, mereka juga yang nantinya bakal ngebiayain kuliah kamu. Kalo kamu mintanya muluk-muluk tapi orang tua kamu ga sanggup menuhin permintaan kamu gimana? 

Diskusi sama orang tua itu bertujuan kalo kamu mentok milih jurusan yang mana, ortu kamu bisa bantuin cari solusinya. Bukan kamu yang mesti ngotot milih jurusan yang ortu kamu ga sanggup ngebiayain. Ortu juga ga boleh nuntut anaknya untuk masuk ke jurusan pilihan sendiri. Kasian anaknya cape kuliah tapi ga ngerti bikin boros biaya kuliah juga.

Ga Perlu Ikut-ikutan Temen
Kuliah ini bukan ajang main-main lagi kaya sekolah. Karna kuliah ini menentukan masa depan kalian. Sering banget denger jawaban dari pertanyaan "Kenapa milih jurusan ini, sih?" "Sebenernya cuman ikutan temen, soalnya udah bingung milih jurusan apa, eh taunya lulus" Kalo mau punya masa depan yang cerah mesti ada yang dikorbankan. Gapapa, kok, misah sementara sama temen-temen lama. Kalian kan berpisah untuk bertemu dalam keadaan sama-sama sukses (caelah bahasanya).

Kalopun mau ngikutin pilihan jurusan kuliah kaya temen, coba baca no. 1 deh. Kamu harus tau kemampuan kamu dulu. Walaupun nilai kamu beda tipis sama temen kamu, tapi belum tentu kamu bisa menguasai jurusan yang temen kamu pilih itu. Kemampuan tiap orang itu beda-beda, lho. Kalo kamu ga yakin untuk ikutan pilihan temen kamu, mending cari jurusan yang lain aja, ya.

- - -

Semoga 3 poin di atas bisa memberi inspirasi buat kalian untuk menentukan jurusan kuliah nanti. Memang tidak mutlak tiga-tiganya harus dikerjain, kalo kalian punya pertimbangan sendiri silahkan saja. Tulisan ini sekadar menambah info kalian yang mau melanjutkan ke Universitas.

Artikel Terkait

Tips Memilih Jurusan Kuliah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

May 9, 2015 at 9:18 PM delete

Yg pasti, jurusan kuliahmu nggak menjamin kamu bakal kerja di bidang itu nantinya.

Reply
avatar
May 11, 2015 at 5:12 PM delete

Bener juga.. Yg penting mah kerja dulu.

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.