Latar Belakang Pendidikan Itu Penting Ga Penting Buat Dunia Kerja

Ada yang bilang ngapain sekolah tinggi-tinggi kalo ujung-ujungnya cuman jadi pengusaha. Bill Gates ga lulus kuliah aja bisa jadi orang tekaya di dunia. Kenapa kalian mesti capek-capek sekolah? Jawabannya simpel: karena kita bukan Bill Gates!


Ada lagi yang bilang, kok ga nerusin sekolah? Kan sayang udah nyampe segitu? Kalo ga sekolah tinggi, nyari kerja bakalan susah. Apalagi zaman sekarang, apa-apa serba susah. Saingan nyari kerja bejibun. Pengangguran banyak, lulusan kuliah makin banyak. Kalo ga sekolah tinggi-tinggi kita bisa kalah saing sama yang lain.

Jadi mestinya gimana!?




Jawabannya: kedua-duanya bener, kok.


Bingung ya?

Mari kita telaah sama-sama, deh. Kita pasti punya temen atau sodara yang kuliahnya jurusan apa terus dapat kerjanya bidang apa. Intinya ga nyambung-lah antara jurusan kuliahnya sama kerjaan yang dia dapat.

Fenomena kayak gini udah lama banget kejadian. Bahkan sebelum kita sekolah udah ada. Sebenernya apa yang bisa nyebabin kayak gitu, sih? 



Kesempatan

Pertama adalah kesempatan. Sewaktu lulus kuliah, pasti banyak yang idealis untuk bisa diterima kerja sesuai sama jurusan yang kita ambil waktu kuliah. Termasuk gue waktu itu. Jadi dengan congkaknya cuman ngelamar ke posisi yang terbuka buat jurusan kuliah, Teknik Lingkungan.


Lama-lama sadar sendiri, susah juga ya nyari kerjaan yang sesuai sama jurusan kuliah. Meskipun ada, pasti bersaing juga sama yang lain. Kalo ga ditambah sama kemampuan lain, gimana kita bisa jadi beda daripada yang lain dan di-notice sama perusahaan/instansi?

Dari situlah gue mulai berpikir untuk masukin lamaran ke perusahaan yang nerima S1 semua jurusan. Tapi gue ngelamarnya juga ke posisi yang emang gue yakin bakal bisa dipegang. Ga mungkin kita ngelamar S1 semua jurusan kalo posisinya calon polwan. Lagian mana ada polwan nerima pembukaan lamaran buat S1?



Adanya kesempatan adalah kuncinya. Nyari kerja zaman sekarang ga semudah dulu. Habis lulus bisa langsung kerja. Gue aja dulu nganggur 6 bulan habis lulus baru dapet kerjaan pertama. Dan begitu ada kesempatan untuk kerja, langsung diamblil! Bukan karena pengen dapet gajih doang, tapi juga mau nyari pengalaman.

Punya Keahlian Lain

Udah bukan zamannya lagi 1 orang cuman bisa 1 keahlian doang. Sayang banget hidup di dunia ini cuman sekali tapi ga nyobain banyak hal. Termasuk menambah keahlian di bidang lain.


1 hal yang mesti kalian tau, kemampuan akademis aja ga cukup kalo mau masuk ke dunia kerja. Harus ditunjang sama kemampuan lain yang mendukung kita di dunia kerja. Misalnya, kalo kita kerja di dunia jurnalistik, bukan cuma kemampuan menulis berita aja yang diperluin. Biar beda sama yang lain, bisa ditambah dengan kemampuan editing video atau teknik fotografi yang mumpuni misalnya.

Semakin banyak keahlian yang kita kuasai, maka semakin gampang buat perusahaan/instansi untuk memakai jasa kita di dunia kerja. Tapi ingat! Kadang ada perusahaan/instansi yang "nakal". Mereka pengen ngerekrut 1 orang dengan berbagai macam keahlian sekaligus.



Contoh sederhana, temen gue pernah nemuin lowongan kerja yang nyari orang ahli software perencanaan, desain grafis, dan jago ngitung, dan paham sama struktur bangunan. Sampe di situ aja? Ga! Ditambah bisa nyetir juga!

Jadi anggapannya mereka nyari desainer grafis, ahli perencanaan, dan jago ngitung plus bisa jadi driver juga! Itu cuman dihandle sama 1 orang, lho! Goks! Kalo gue yang punya semua skill kayak itu, mending buka perusahaan sendiri dah kayaknya wahahah sayangnya gue belum bisa nyetir dan ga jago software perencanaan. Apalagi ahli desain grafis, boro-boro dah!

Passion

Nah yang terakhir ini biasanya jadi faktor penentu kenapa orang bisa kerja di dunia yang beda banget sama latar belakang pendidikannya. Passion atau renjana bisa jadi salah satu kunci sukses kita di dunia kerja.


Karna bisa aja orang yang punya latar pendidikan yang linier sama kerjaan dia renjananya justru ga di sana. Ada banget kayak gitu, banyak pasti dah. Mungkin temen/sahabat kita pernah ngalamin sendiri.

Passion itu datangnya dari hati, jadi ga bisa dipaksain. Semakin dipaksain semakin ga bisa. Jadi ya daripada maksain sesuatu, mending cari yang ga bikin kita kerja ga terpaksa tapi kita seneng ngelakuinnya, ya ga?
* * *
Tulisan ini bukan melarang kalian untuk sekolah setinggi-tingginya. Justru pendidikan itu penting banget! Buat yang masih sekolah atau udah kuliah, targetin kalo bisa minimal itu lulus S1 dengan IPK 3 ke atas. Itu udah standar minimal, lho ya! Jan kaya gue, lulus S1 udah lama IPK masih nanggung juga.



Karna sekarang hampir semua perusahaan (termasuk instansi) udah menaikkan standar mereka buat ngerekrut karyawan baru. Jadi kalian harus bersiap untuk belajar lebih keras lagi demi masa depan yang lebih baik.

Setelah ngeliat uraian di atas tadi, menurut kalian latar belakang pendidikan bakalan punya pengaruh untuk dapetin kerja di masa depan? Kasih tau di kolom komentar, ya!

3 Menu Buka Puasa Yang Selalu Ada

Bulan puasa karna cuman 1 kali dalam 1 tahun selalu terasa spesial buat semua orang. Entah itu pakaiannya yang spesial, solatnya sampai ke menu buka puasanya. Bukan bulan puasa namanya kalo ga ada menu istimewa.


Kita pasti selalu punya menu favorit yang cuman ada di bulan puasa. Saking favoritnya kadang sampai ga mau minum/makan menu itu kalo ga bulan puasa. Kayak aneh aja gitu sensasinya.

Gue yakin kita semua punya menu favorit bulan puasa yang beda-beda. Izinkan kali ini gue mau ngasih tau menu favorit di rumah gue yang akan selalu ada di bulan puasa. Dan ini udah berlangsung dari sekian tahun lamanya.

Siapa tau di antara kita juga punya menu yang sama, bisa komen di bawah, ya!

Es Buah/Es Campur/Es Teler


Jujur aja sampe sekarang ga ngerti perbedaan dari ketiga jenis es ini? Kalo ada yang tau coba kasih komen di bawah, ya! Biar terpuaskan rasa penasaran selama ini.

Anyway, es buah jadi menu favorit di bulan puasa karena cendrung praktis untuk dapetin tenaga dari bahan yang manis. Sesuai sama sabda Nabi "Berbukalah dengan yang manis". Es buah jadi salah satu alternatif menu buka puasa yang selalu ada di rumah.



Buat gue pribadi, es buah yang paling favorit biasanya yang pake gula putih biasa. Jarang banget makan es buah yang pake sirup merah gitu. Entah kenapa ga suka minum kalo ada sirup merahnya.

Pepes Belut

via primarasa.co.id

Jarang banget dan bahkan hampir ga pernah makan menu ini kalo ga bulan puasa. Entah kenapa. Padahal di luar bulan puasa juga ada, tapi lumayan susah sih nyarinya.

Di tempat kalian ada juga menu kayak gini ga? Cobain deh! Ga sejijik yang kalian bayangin kok. Dijamin. Ga mungkin orang ngemasak yang ga baik buat orang buka puasa. Tega banget sih kalo emang beneran ada.



Lagian makan belut tuh ga ada ruginya. Banyak manfaat belut dari dagingnya. Setau gue sih daging belut masih halal buat dimakan. Beda sama daging ular yang katanya masih belum halal. CMIIW.

Kolak Pisang

via cookpad.com

Sebenernya di rumah jarang banget bikin kolak pisang waktu bulan puasa. Bahkan beli di luar pun jarang. Karena justru buatan mama lebih enak daripada bikinan di luar, hahaha! Makanya males beli kolak. 

Tapi pasti diantara yang baca tulisan ini selalu sedia kolak pisang di rumahnya kan? Selain sedia es buah, kolak pisang juga menu favorit yang wajib ada waktu buka puasa. Mungkin karena anjuran berbuka dengan yang manis makanya lebih banyak beli yang manis-manis buat berbuka.


*  *  *

Tetap hati-hati, ya gaes! Banyak makan yang manis juga ga bagus buat badan kita. Itulah kenapa kita tambah gendut disaat kita ngira bakalan makin kurus karna puasa. Tubuh kita kebanyakan nyimpen gula dan hasil akhirnya jadi lemak di badan sendiri.

Kalo kalian sendiri menu favorit buat buka puasa apa aja?

Puasa Ya Puasa Aja

Mungkin tulisan kali ini agak nyelekit. Kalo emang mau nerusin baca kita berharap yang baca uidah ngebuka pikiran dan wawasan seluas-luasnya. Karna tulisan kali ini bukan untuk dibaca orang yang berpkiran sempit dan sumbu pendek. Jika udah ngerasa memenuhi syaratnya, silakan lanjutkan membaca.

buka siang hari

Pada awalnya kita ngerasa biasa-biasa aja sama hal ini. Adalah hal lumrah ketika semua orang harus saling menghormati. Protes juga ga banyak, jadi kita pikir semuanya baik-baik aja. Sampai akhirnya kita sadar, ada yang ga beres nih.

Yang mau kita omongin adalah peraturan dan razia warung/resto yang buka siang hari di bulan puasa. Dan razianya sama ormas yang bukan haknya buat ngerazia. 

Ingat. Topiknya itu.


Dikasih peraturan buat ga buka di siang hari pas bulan puasa aja rasanya salah satu tindakan diskriminatif. Walaupun alasannya "biar khusyuk ibadah puasa", alasan kayak gini udah ga make sense lagi. Seberapa signifikan sih pengaruhnya warung yg ditutup siang hari sama puasa kalian?

Kasian sodara-sodara kita yang non muslin dan juga sodara muslim yang emang ga bisa puasa. Gimana mereka mau nyari makan coba? Makan daun? Masalahnya, ga ada solusi buat hal itu. Masa disuruh nahan lapar sampe jam 3 siang baru boleh makan? Sama aja mereka puasa dong. Yang harusnya bisa makan sebelum jam 12, ujung-ujungnya telat. Yang harusnya sakit bisa sembuh lebih cepet, malah makin parah karna telat makan.

Okelah kita apresiasi pemerintah sama pejabat daerah yang ga ngebolehin warung/resto buka kecuali udah lewat jam 3 siang. Tapi, kenapa ada ormas yang songong buat ikutan ngerazia juga sih? Sering banget baca berita ormas itu ngerazia sambil ngerusakin warung yang lagi buka.


Hello? Anda sehat? Itu tempat orang nyari rezeki, loh! Bukan tempat sampah yang bisa diacak-acak seenak hidung kalian. Abis dirusakin dibiarin gitu aja lagi. Kampret. Udah ngerusakin, tanggung jawab kaga mau. Alasannya dia udah ngeganggu ke-khusyukan ibadah puasa umat Islam.

Mari kita berandai-andai dia beneran ganggu, trus emang lu berhak ngehancurin usaha mereka gitu? Enak banget ngomong.

Lagian kalo ganggu, sebelah mananya mereka ganggu? Mereka itu jualan buat orang yang ga puasa. Yang puasa mah ga usah ikut campur. Ngapain kalian yang ribet sih? Heran. Urusan orang lain lu campurin, emang urusan diri sendiri udah beres?

Puasa ya puasa aja.


Mau orang khusyuk kek mau ga kek urus puasa kalian aja. Gausah sok-sok jadi jagoan. Lagian kalo ngerusakin usaha orang gitu puasa kalian bakalan berkah? Tapi ga tau deh ya, Tuhan kan Mahabijaksana. Dia Maha Melihat dan Maha Tahu mana Hamba-Nya yang beneran puasa, mana yang ga. 

Dan jujur aja nih, kita yang puasa ini ga perlu dibantuin buat khusyuk puasa. Sumpah. Kita bisa sendiri kok dan kita yakin sodara-sodara muslim yang lain juga gitu. Ga perlu sampe ngerazia warung yang buka di siang hari. Ormas kaya kalian itu bukan kewajibannya ngurusin begituan. Udah ada Satpol PP sama polisi yang ditugasin. Mau jadi polisi, ya daftar akpol! Bukan ikutan ormas.

Jadi ga usah bawa-bawa "umat Islam" karna kita bukan umat Islam yang lemah imannya dan tergoda ngeliat warung yang buka siang hari pas puasa. Emang bocah SD yang kalo ngeliat air pengen pura-pura kumur-kumur biar ga ketauan nelen airnya? Yaelah ciprik amat.

Atau jangan-jangan yang lemah iman itu sebenernya kalian? Yang ngerazia trus ngehancurin usaha dagangan orang? Ups.

3 Program Sahur Favorit Bulan Puasa Yang Paling Dikangenin

Bulan puasa selalu jadi pembeda dari bulan yang lain karena di sini katanya setiap kebaikan yang dilakuin bakalan dapat ganjaran lebih banyak daripada bulan yang lain. Bahkan tidur aja dapet ganjaran kebaikan, saking penuh berkahnya bulan ini.

program sahur favorit

Ga cuma ibadah aja yang berubah makin rajin. Stasiun tv pun berlomba bikin acara unggulan di bulan puasa. Kalo yang biasanya nyuguhin berita-berita yang menjurus ke ghibah atau gossip, di bulan puasa mereka biasanya "puasa" dulu ngeberitain hal kayak gitu.

Acara unggulan stasiun tv itu pun ikut bergeser. Yang biasanya disuguhin di prime time sekarang dipindahin di jam sahur sama jam buka. Kalo jam buka mungkin orang rada ribet nyiapin menu buka kali, ya. Ratingnya ga terlalu tinggi biasanya. Jadi acara unggulan lebih banyak di jam sahur.

Ada 3 acara bulan puasa yang  dikangenin waktu sahur. 3 acara ini, ganti-gantian nemenin keluarga kita di rumah. Mungkin diantara kita juga ada yang tau acara ini, siapa tau bisa nostalgia bareng-bareng haha..


1. Sahur Kita

Ini acara yang udah ga tayang lagi. Tontonan favorit gue waktu sahur zaman dulu. Anak '90-an pasti tau acara yang ini. Dengan tagline mereka yang khas banget "Sahur Kita? Nyam.. nyam.. nyam.. nyam.." selalu nemenin subuh gue sama keluarga.

Acara ini dulu dipandu sama 2 komedian no.1 waktu itu (Olga sama Billy Syahputra belom lahir kayaknya) Tante Ulfa Dwiyanti sama Om Eko Patrio. Sumpah mereka berdua ini kalo diduetin lucunya ampun-ampunan dah! Sayang banget duo ini harus memilih jalan masing-masing.

sahur kita, lorong waktu
via travel.tribunnews.com

Tante Ulfa udah mulai ga kedengaran lagi kiprahnya di dunia hiburan tanah air. Om Eko yang sekarang jadi anggota DPR RI masih sering sesekali nongol di acara tv produksi PH-nya sendiri. Walaupun udah jarang main bertiga bareng PATRIO grup lawaknya yang dulu.

Di youtube cuman nemu video ini, semoga bisa mengobati rindu kita sama  acara kocak ini

2. Lorong Waktu

Selain nyuguhin acaranya "Sahur Kita" SCTV juga punya program unggulan lain waktu sahur. Sinetron religi yang dikemas ringan tapi tetep ada unsur mendidiknya. Namanya "Lorong Waktu". 

Diperanin sama Deddy Mizwar, Jourast Jourdy sama Ustad Adin (Dicky Chandra). Perihal ustad Adin ini, sering banget diganti-ganti. Jadi ketika udah hapal namanya, eh episode berikutnya udah diganti yang baru lagi. Bingung jadinya yang nonton.

Intinya sih sinetron ini ga ngebosenin. Nyeritain si Zidan sama Pa Ustad Husin yang ngelakuin perjalanan waktu entah itu ke masa lalu ataupun masa depan. Tujuannya cuman satu, mencari solusi atau sekadar ngasih edukasi sama Zidan dan karakter lainnya di sinetron ini melalui sisi agama.




Saking favoritnya sinetron ini, sampe dibikin beberapa season, lho! Kalo kita ingat, pemeran Zidan dan Pa Haji Husien dari Zidannya masih kecil umuran anak SD kali, sampe dia masuk SMP kalo ga salah. Si Pa Haji Husien dari cuma artis sampe di ujung karir keartisannya dia memilih untuk jadi politikus.

Dulu masih sempat ditayangin ulang kalo ga salah di bulan puasa tahun lalu, tapi ga lama kayaknya. Karna begitu ditungguin lagi udah ga tayang lagi. Sayang banget padahal itu tayangan favorit waktu bulan puasa.

Selain ceritanya yang ringan, OST-nya juga ear catching banget waktu itu. Dinyanyiin sama sekumpulan anak-anak dan liriknya juga gampang dihapalin.


3. Tafsir Al Misbah

Acara ini masih tergolong cukup baru. Mungkin udah ada sekitar 6-7 tahun yang lalu kalo ga salah, ya. Metro TV emang ga punya program unggulan sahur di bulan puasa. Tapi entah kenapa dulu sempat ganti-ganti channel tv dan ketemu acara ini.

quraish shihab
via mediaindonesia.com

Yang bikin acara ini favorit adalah narasumbernya yang seorang professor. Quraisy Shihab, ayahanda dari Najwa Shihab. Selain narasumbernya, pembawaan beliau yang santai dan bahasa yang dipake untuk ngejelasin itu sederhana banget jadi orang awam yang nonton pasti bisa langsung paham.

Seperti yang kita tau, bahasa Al Quran dan kitab suci manapun ga bisa dipahamin cuman melalui apa yang ditulis aja. Karena kebanyakan pake bahasa kiasan, jadi yang bisa menafsirkan pun ga sembarangan orang. Kalo yang baca dan mengartikannya sembarangan, bisa jadi bakal bikin paham yang nyeleneh dan menyesatkan.



Nah, Bapak Quraisy Shihab yang kita tau adalah ahli tafsir. Kita udah tau lah track record beliau kayak gimana. Pernah jadi mantan Menteri Agama di Indonesia juga, lho! Jadi bukan orang sembarangan. Semoga dibulan puasa tahun ini masih bisa nonton beliau di Metro TV. 

* * *

Sekarang acara sahur udah pada ga berkualitas semua. Kadang malah cuman mentingin rating daripada kualitas. Sedih sayap.

Ngemil Ngobrol Ngevlog Sama Belanga Indonesia di Jakarta Creative Hub

Jadi ceritanya gue lagi liburan ke Jakarta bulan februari lalu. Dalam rangka menghabiskan jatah cuti sekalian silaturahmi sama temen-temen blogger di Jakarta juga. Total gue habiskan waktu sekitar 4 hari di sana.

Karna gue pengen efekti liburannya, jadi sebelum berangkat ke sana gue udah ngasih tau duluan sama temen-temen yang di Jakarta, biar bisa luangkan waktu untuk ketemuan. Salahnya, gue cuman ngatur itinerary-nya cuman sehari. Sisanya random ngikut kemana angin berhembus.


belanga indonesia

Sama aja ga efektif jadinya.


Di hari ke-3 gue diajakin sama Benaaa, buat ikut ke acara yang pengen dia datangin. Kebetulan emang free dan temanya sesuai sama apa yang gue gelutin selama ini. Benaaa yang emang suka banget sama kuliner dan travelling, ngajak gue ke acara workshop sosial media yang ga jauh-jauh hubungannya sama kuliner.


Yah, daripada gue mangap doang di penginapan ya kan? Mending gue ikutan, itung-itung ngisi waktu + nambah temen baru lagi.


Ikut, lah, gue ke venue acara workshop-nya. Namanya Jakarta Creative Hub.



Jakarta Creative Hub (JCH) itu semacam sarana yang disediain khusus sama pemerintah kota Jakarta Pusat untuk para entepreneur atau pengusaha muda ataupun komunitas di ibukota sebagai wadah mereka berkegiatan/sekadar ngumpul. Bahkan bisa juga ngadain workshop/seminar/talk show di sini secara GRATIS!


Iya, di JCH komunitas itu bisa ngadain acara secara gratis dengan fasilitas yang lumayan lengkap menurut gue. Udah ada sound system yang bagus, ruang kelas ber-AC dengan tempat duduk yang nyaman, sampai proyektor juga ada.


Yah, standartnya tempat workshop. lah!
 


Tapi daripada ngadain di Banjarmasin? Udah susah nyari tempatnya, harus nyari di cafe doang lagi! Ngadain acaranya, sih, gratis tapi kan penontonnya mesti bayar buat beli makan sama minum di cafenya.


Bukannya ga mau ngadain di cafe, sih. Tapi gimana, ya? Komunitas di Banjarmasin tu kekurangan sarana untuk ngumpul bareng. Pemerintah daerah sini masih belum ngebaca potensi anak muda di sekitar, jadi yang banyak komunitas yang mesti gerak sendiri.


Seandainya ada 1 wadah khusus untuk komunitas yang terdaftar di instansi terkait, bisa gampang mengakses fasilitas tempat itu gratis untuk ngadain workshop dan sejenisnya pasti bagus banget.


Nah di Jakarta udah ada fasilitas kayak gitu. Jakarta Creative Hub dibangun untuk jadi wadah atau hub buat para pengusaha muda dan komunitas untuk berbagi ilmu dan cerita dengan fasilitas yang lumayan lengkap.

Waktu itu gue diajakin sama Travel and Food Blogger kenamaan, si Bernativa ke sini untuk ikutan nonton talkshow yang temanya ga jauh-jauh dari dunia dia, kuliner! Acaranya diadain sama Belanga Indonesia, platform kolaborasi pencinta kuliner untuk sama-sama ngerawat keragaman kuliner di seluruh Indonesia.

belanga indonesia
via belanga.id

Dengan tajuk "Ngemil, Ngorbol, Ngevlog" acara ini semuanya berkisah seputar kulineran. Dari gimana caranya ngejalanin bisnis kuliner online dari awal, terus ada talkshow sama professor-professor ahli pangan dari UGM yang mau launching buku. Sampai ke tips dan trik membangun instagram bisnis ala @tastemadeindonesia dan juga Banana roll.

Acara ini sendiri terdiri dari beberapa kelas. Sayangnya gue sama Benaaa ga bisa masuk semua kelas. Karna jamnya bentrok dan emang temanya juga beda. Gue jadi mata telinganya Benaaa di kelas lain dan dia nonton talkshow di kelas satunya.

Kelas yang gue masukin ada 3. Yang pertama bertema "Star Your Own Culinary Business"


via belanga.id

Pembicaranya dari founder Ngejamu dan perwakilan marketing dari statup kuliner "Kulina". Kalian yang di Jakarta kayaknya udah pada tau deh sama startup yang satu itu. Untuk lebih jelasnya kalian bisa tonton video yang udah rekam waktu nonton acaranya:



Di video itu materi 2 kelas gue gabungin jadi 1. Jadi udah singkat banget deh dan sepadat mungkin gue kasih ke kalian. Yang satu lagi tentang Jajanan Indonesia yang menduinia sayangnya sampai saat ini belum diedit dan gue juga belum tau kapan mau dieditnya hahaha.

Tapi diantara 3 kelas yang gue masukin itu, kelas yang sejarah kuliner ini yang paling menarik buat gue. Selain karena pembahasannya menggugah rasa kecintaan akan kuliner Indonesia, pematerinya juga lucu banget. Beliau adalah Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito, guru besar ilmu dan teknologi pangan UGM.

Kapan lagi bisa dengerin kuliah dari seorang professor UGM tanpa harus jadi mahasiswanya terlebih dulu, ya kan? Hahaha. Rezeki yang ga akan datang 2 kali.

.belanga indonesia 

Selain materi dan pematerinya yang bagus, acara ini juga punya cemilan dan makan siang yang enak! Yap kalian ga salah baca, di acara ini pesertanya bebas ngambil cemilan yang udah disediain sama panitia. Mulai dari jajanan modern kayak snack Taro, Mie Remez sampai jajanan tradisional kayak Wedang Uwuh  juga ada.

Yang paling penting semuanya itu gratis!

Udah gitu di akhir sesi, semua peserta dikasih goodie bag lagi buat dibawa pulang. Gue juga dapet dong! Akhirnya dijadiin oleh-oleh buat di rumah. Daripada ga ada sama sekali yang dibawa, ya kan? Hehehe..


Seandainya aja kegiatan kayak gini ada juga di Banjarmasin, gue yakin banget bakalan banyak bermunculan komunitas-komunitas lain yang tertarik ngadain acara mereka. Terlebih lagi kalo ada tempat semacam JCH ini. Dan semuanya disediain gratis, jadi ga perlu repot mikirin biaya sewa tempat segala macam.

Semoga aja mimpi ini bakalan segera terwujud biar komunitas di Banjarmasin makin berkembang lagi. Aamiin.

5 Langkah Mudah Ngatasin Ruam Popok

Karna gue ga tau apa itu ruam popok. Mau ga mau gue googling dulu buat nyari tau. Jadi menurut situs alodokter dot com, ternyata ruam popok itu adalah peradangan di kulit bayi yang ketutupan sama popok. Umunya sering terjadi di bokong. Kulit yang kena ruam ini bakalan tampak kemerahan gitu.

tips mengatasi ruam popok

Ruam popok muncul karena reaksi kulit yang terus menerus bersentuhan sama urine dan tinja. Sebagian besar bayi katanya pasti bakal mengalami ruam popok. Ruam kayak gini biasanya sih ga membahayakan. Tapi walaupun ga bahaya biasanya bikin bayi ga nyaman dan jadinya tambah rewel.

Biasanya, buat ngatasin ruam ini, biasanya dipakein krim khusus anti ruam. Tapi pasti bakalan balik lagi karna make diapernya masih dilanjutin.

Kok bisa sih ada ruam popok?


Namanya aja udah ruam popok. Ada kata "popok"nya di sana. Popok cuman dipake bayi (ya walaupun sekarang udah ada popok buat orang dewasa tapi mereka ga masuk itungan dipembahasan kita di sini). Karna popok cuman dipake bayi, bisa disimpulin kalo bayi masih punya kulit yang sensitif. Kulit bayi masih ga punya pelembab alami sebanyak orang dewasa.

Selain itu, kenapa bayi lebih sering kena ruam popok, karena kulit bayi lebih mudah kehilangan cairan daripada orang dewasa. Jadi kulit mereka lebih gampang kena iritasi akibat popok yang dipake itu.

Ada beberapa tips yang bisa klita pake untuk cegah bayi kena ruam popok. Alergi ini bisa dicegah dengan perawatan yang tepat. Selain ngejaga kebersihan dan make produk perawatan yang aman buat bayi, kita mesti perhatikan beberapa hal berikut ini:


1. Bersihkan Daerah Popok Dengan Benar

Kita mesti telaten buat ngebersihin area badan bayi yang sering ketutupan popok. Di daerah alat kelamin, bokong itu area yang paling sering kena alergi ini. Bersihinnya dari arah depan ke belakang, ya gaes! Karena bayi masih belum bisa ngomong buat ngasih tau mana yang mesti dibersihin, jadi ada baiknya kita bersihkan semua area bayi yang emang rawan kena alergi ruam popok.

Ngeringkannya cukup ditepuk-tepuk sama handuk aja ya gaes! Bukan digesekin kayak orang dewasa habis mandi. Malah luka nanti kulit bayinya.

2. Ga Usah Pake Bedak

Banyak yang ngira kalo pake bedak di daerah yang sering ketutupan popok bakal bikin kulit bayi jadi kebal sama alergi. Padahal ga ada pengaruhnya sama sekali. Bahkan justru bahaya, gaes! Bedak yang menggumpal di sekitar area bokong atau genital bayi bisa jadi sarang berkembangnya jamur dan bakteri!



Selain itu, beberapa kulit bayi juga sensitif sama bedak. Bisa jadi kulit mereka iritasi. Dan bukan ga mungkin bedak yang terbang bisa terhirup dan masuk ke paru-paru si bayi dan bikin iritasi paru-parunya.

3. Pakai Produk Perawatan Yang Melembabkan

Kulit bokong bayi yang kering bikin gampang teriritasi. Jadi kita harus cari produk perawatan kulit bayi yang melembabkan. Kita bisa pilih sabun atau baby cream dengan bahan alami. Kita juga bisa pakai krim atau salep pencegah ruam popok, tiap kali gantiin popok bayi kita. Obat oles kayak gitu biasanya punya bahan dasar zinc oxcide.


4. Ga Sering-Sering Pake Popok

Bayi kita ga perlu dipakein popok tiap saat. Selain bakalan boros popok kalo tiap kali pup atau pipis diganti mulu, bayi juga bakal ga nyaman kalo dipakein itu mulu. Kalo emang lagi ga kemana-mana bisa dikasih popok kain aja. Kecuali emang harus pergi bawa bayi, baru deh dipakein popok. Itu pun kalo bisa ga kelamaan dipakenya.

5. Pilih Popok Elastis dan Berdaya Serap Tinggi

Kalo bayi kita udah mulai aktf gerak, gesekan kulit sama popok sering kali bikin kulit bayi iritasi. Usahakan beli popok yang elastis, gaes! Biar bayi lebih nyaman bergerak dan kulit mereka juag ga gampang kena iritasi. Dan yang paling penting sih biar ruam popok ga balik lagi.

Semoga 5 tips mengatasi ruam popok ini bikin cara ngurus bayi jadi makin gampang ya. Orang tuanya juga ga jadi stress karena ruam popok.

Supaya Acara Bakti Sosial Bulan Puasa Tepat Sasaran dan Manfaatnya

Bulan puasa kata orang bulan yang paling ditungguin sama semua orang. Karna amal dan perbuatan baik yang dilakuin di bulan itu bakal dihitung lebih banyak daripada bulan yang lain. Ga cuman yang muslim, yang non muslim pun nungguin bulan puasa, karna biasanya banyak promo hadir di bulan puasa.



Dengan terbatasnya waktu, orang-orang udah duluan "ngebooking" panti asuhan yang emang udah sering jadi langganan buat acara bakti sosial buat bulan puasa. Bahkan bisa berbulan-bulan sebelumnya. Karna panti yang udah terkenal itu biasanya ga bisa dipesan kalo udah bulan puasa.

Nah di sinilah masalahnya.

Bakti sosial di bulan ramadhan itu (apalagi yang komunitas) fokusnya cuman di tempat yang udah gede dan donaturnya banyak. Bahkan kalo yang di daerah ibukota, nyari yang udah sering didatangin sama artis-artis!

Kita pengen nyari enaknya doang, sih. Karna kalo panti asuhan gede udah pasti punya aula gede dan bisa nampung orang banyak. Kalo yang kecil mah boro-boro punya aula gede. Buat nampung mereka aja udah syukur bisa muat.


Padahal, panti yang kayak gini yang harusnya kita bener-bener bantuin. Di panti asuhan kecil kita bisa beneran berbakti sosial. Bantu panti asuhan mereka jadi makin berkembang, punya fasilitas yang lebih bagus, dan juga ngasih sedikit bantuan sama pengurusnya.

Kalo yang udah gede, sih, kayaknya, udah pasti banyak donatur tetapnya di sana. Bisa jadi pengurusnya udah dapat gaji bulanan dari ngurus pantinya.

Panti asuhan kecil belum tentu kayak gitu. Bisa jadi pengurusnya masih ngebantuin secara sukarela. Mereka juga masih ngarep sumbangan dari donatur yang kadang ada kadang ga ada. Kondisi yang kayak gini seharusnya uluran tangan kita diperlukan.

Kita ga ngelarang orang untuk ngasih bantuan ke panti asuhan yang udah gede. Tapi, alangkah baiknya, kalo bantuan yang udah kita kumpulin itu dikasih sama yang bener-bener memerlukan. Bukan yang keliatannya dari luar memerlukan tapi di dalam udah lebih dari cukup.

panti asuhan

Ciri panti asuhannya gimana? Well, ini bukan ciri yang mesti kita pukul rata semua. Tapi bisa kita jadiin patokan lah ya.


Jumlah Anak Asuhnya Ga Terlalu Banyak

Ciri pertama bisa kalian liat di jumlah anak asuhnya. Kalo misalnya udah bisa nampung ratusan anak, itu udah bisa diyakinkan kalo panti asuhannya punya donatur tetap. Meskipun ga sia-sia juga ngasih sumbangan ke sana, tapi alangkah baiknya kita cari ke panti asuhan yang lebih membutuhkan.

Biasanya panti asuhan yang baru itu anak asuhnya masih sedikit. Bisa dibilang jumlahnya paling cuma 20 - 30 orang aja. Kalo yang kayak gini kita wajib banget bantu mereka. Meskipun bantuan kita ga banyak minimal udah ngurangi beban operasional pantinya.

Kelengkapan Fasilitasnya Masih Minim


Ciri kedua yang bisa kita liat: fasilitas. Kalo yang udah "mapan" biasanya udah jadi bangunan permanen kayak sekolah asrama atau gedung pesantren. 

Nah kalo bangunannya masih kayu atau pun sekadar rumah kecil (kayak yang ada di deket rumah gue) wajib untuk kita bantuin, gaes. Kalo bantuan kita masih ada lebihnya, bisa mereka pake untuk bikin fasilitas yang lebih bagus dan lengkap buat anak asuhnya. Dengan begitu, uang yang kita sumbangin bakalan terus "ada" di sana sampai kapanpun.

Sekecil apapun bantuan yang kita kisah sama mereka, asalkan didasari niat tulus ikhlas insha allah bakalan jadi berkah yang baik buat semuanya. 

Tulisan ini dibuat karna gelisah ngeliat orang-orang pada rame ngasih santunan ke panti asuhan mainstream. Padahal masih banyak panti yang lebih memerlukan bantuan kita. Tujuannya biar bakti sosial yang kita adakan itu berjalan lebih efektif dan efisien buat semua. Dan biar manfaatnya terasa juga buat yang nerima bantuan.

Semoga bulan puasa tahun ini kita dapat banyak rezeki dan berkah biar bisa dibagi sama orang lain, ya gaes! Aamiin!

Harga Skuter Listrik

Zaman sekarang masyarakat mulai banyak yang memulai gaya hidup sehat dan ramah lingkungan. Dari yang sederhana kayak makai angkutan umum untuk pergi ke kantor/sekolah, sampai yang ekstrem kayak bikin rumah hemat energi.



Salah satu hal yang bisa kita lakuin di zaman sekarang adalah pelan-pelan berpindah dari sumber energi fosil ke sumber energi terbarukan. Contohnya sumber energi listrik. Banyak orang, terutama di luar negeri, udah nyiptain barang yang sumber tenaganya adalah energi terbarukan. Di Indonesia sendiri implementasinya masih jarang, karena terbentur hal klasik: biaya.

Jadi jangan salahkan kalo harga skuter listrik di sini lumayan mahal dibandingkan dengan di luar negeri. Kita pikir dengan harga 15-17 juta-an untuk 1 skuter listrik itu mahal. Tapi kalo dihitung-hitung, sebetulnya kita ga rugi-rugi banget. Karena bahan bakar yang digunakan itu cuman listrik, bukan bahan bakar fosil.

Dengan bahan bakar listrik kayak gini, berarti ga ada yang namanya asap knalpot dan bau dari asap yang bakal ngeganggu kita di jalan nantinya. Kalo ga ada asap, udah bisa dipastikan kadar polusi udara di lingkungan sekitar kita bakalan berkurang. Kita udah berkontribusi terhadap kebersihan lingkungan udara di tempat kita.


Apalagi kalo kita tinggal di kota besar kayak Jakarta misalnya. Polusi udaranya udah ga terkontrol lagi. Asap motor dimana-mana, belum lagi bus-bus yang udah tua tapi masih beroperasi, asap dari knalpotnya yang hitamnya tebel banget, kebayang seberapa gede kotoran yang dilepasin ke udara. 

Kalo ditanya: kapan waktu yang tepat buat kita beralih ke teknologi ramah lingkungan? jawabannya ya sekarang. Karena semakin cepet kita berganti ke sumber energi terbarukan, maka semakin cepat pula kita ngebantu untuk melestarikan lingkungan sekitar.

Ga ada kata terlambat untuk mengubah gaya hidup jadi lebih sehat. Selama ada kemauan pasti ada jalan. Mengganti bahan bakar bermotor dari premium ke pertalite atau pertamax juga salah satu gaya hidup sehat. Ya meskipun masih tetep bahan baka fosil juga, tapi minimal kita udah berkontribusi untuk ga bikin polusi udara jadi tambah parah.


Kata Menristekdikti, Mohammad Nasir, kendaraan bermotor itu nyedot 35% dari total konsumsi energi nasional. Gila itu angkanya gede banget! Kalo aja kita bisa ngurangin konsumsinya 5% aja pasti udah punya dampak yang signifikan banget.

Kita berharap dengan adanya motor/skuter listrik masuk ke Indonesia adalah tanda perubahan ke arah gaya hidup sehat akan segera datang. Minimal dengan adanya produk ini, produsen ngeliat potensi pasar yang gede di Indonesia. Dan kita berharap masyarakat udah pada cerdas untuk semakin menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

Karena udah pasti kita ga bisa mengonsumsi bahan bakar fosil terus. Suatu saat kita pasti bakalan bergeser ke energi alternatif. Kenapa ga dimulai dari sekarang aja, ya kan?


1 hal yang kita prediksi bakalan menghambat pertumbuhan kendaraan bertenaga listrik ini adalah karena mindset orang-orangnya. Mereka mikirnya masih tertutup dan selalu menilai sesuatu hanya untuk jangka pendek.

Jarang banget ada yang liat dari sisi jangka panjangnya. Harga skuter yang 15-17 juta-an kalo dilliat dari sisi investasi itu sesuatu yang menguntungkan lho! Walaupun bukan uang yang langsung keliatan didapatkan, tapi minimal kita udah ngurangin tingkat polusi udara.

Ya namanya juga investasi, mana ada langsung instan dapetin hasilnya. Kalo emang niatnya baik untuk melestarikan lingkungan pasti deh nanti kita dapat manfaatnya sama-sama.

Liburan di Jakarta Yang Berfaedah

Alhamdulillah tahun ini bisa ngerasain piknik lagi. Setelah sekian lama melanglang buana ke hampir seluruh wilayah Kalsel karna tuntutan kerja. Tahun ini, gue udah ga ada pekerjaan lagi dan memungkinkan banget untuk bisa ngambil cuti di kantor.

kota tua jakarta

Berdasarkan pengalaman cuti tahun lalu, gue ga mau rugi lagi. Tahun ini berapapun jatah cuti di kantor, akan gue habiskan semuanya. Kebetulan jatah cuti gue tahun tersisa sekitar 4 hari. Setelah ngeliat-liat jadwal di kantor yang emang rada longgar kalo awal tahun, gue memutuskan cuti di akhir bulan Februari.

Kalo cuti di rumah aja rasanya sayang banget, ya. Jadilah gue memutuskan untuk liburan yang jauh sekalian. Kemana lagi kalo bukan ke Jakarta? Wahahaha. Tempat tujuan andalan kalo mau liburan.


Banyak yang menyayangkan kenapa gue milih Jakarta sebagai tempat liburan. "Apa yang bisa dilihat di Jakarta?" kata mereka.

Ya mungkin buat mereka yang tinggal di sana pemandangan kota besar kaya gitu bukan hal yang baru lagi. Tapi buat gue yang anak kampung, ngeliat Jakarta itu berasa dunia yang lain. Selalu ada hawa yang baru kalo mampir ke sana. Mungkin karna gue jarang ngeliat, makanya kayak gitu.

Selain itu, di Jakarta masih banyak yang belum gue samperin. Hubungan gue sama kota ini tuh kaya mantan yang habis putus tapi masih ngerasa ada urusan yang belum kelar. Gue selalu ngerasa belum selesai kalo ngomongin Jakarta. Soalnya tiap kali ke sini (apalagi kalo sama ortu), selalu kepentingannya belanja. Gue udah pernah cerita di sini, kalo kalian pernah baca.


Lagian di Jakarta temen gue lumayan banyak! Jadi bisa sekalian ketemu sama mereka juga. Liburan sekalian ngejalin silaturahmi. Berfaedah banget liburan gue. Selain bisa diajakin ketemuan, gue juga bisa tanya-tanya mereka perihal angkutan umum yang murah meriah hahaha. Gue mengandalkan mereka kalo mau kemana-mana. Ga salah emang kalo punya banyak temen.

Karna emang ga hobi belanja, jadi destinasi gue selama di Jakarta ga ada ke tempat perbelanjaan. Makanya gue males ngasih tau temen-temen kalo pergi liburan. Bukannya apa-apa, gue ga pernah bawa oleh-oleh karna emang ga pernah pergi belanja kalo liburan. Jadi ya harap maklum, ya, hehe.

Gue tuh pengennya kalo liburan ada hal/pengalaman baru yang didapat. Jakarta menawarkan alternatif destinasi wisata yang belum pernah gue coba. Dan yang pasti ga ngeluarin biaya yang banyak. Dufan atau TMII bukan prioritas buat gue datangin. Selain karna udah pernah, juga karna tiket masuknya mahal.

Alhamdulillah liburan gue ke Jakarta ini bisa ngalamin hal baru. Gue ikutan walking tour-nya @jktgoodguide. Ketemu si Adit (temen dari TK) yang sekarang kerja di tv tapi sekarang udah resign. Sampe ikutan kelas workshop di Jakarta Creativ Hub. Berfaedah banget liburan gue!!

ngemil ngobrol ngevlog


Iya segitu aja gue udah seneng banget liburannya. Ga perlu harus belanja barang-barang mahal atau keliling Tanah Abang dari bawah ke atas, kaya yang emak gue lakuin. Liburan gue ga mahal-mahal (kecuali pesen tiket pesawat plat merah).

Emang bener apa kata orang, ibukota itu selalu menawarkan sesuatu buat merantau. Dan buat gue, 4 hari di sana itu ga cukup. Gue pengen lebih lama lagi tinggal di sana. Bukan sekadar liburan, tapi sekalian nyari mata pencaharian.

Banyak Keuntungan Bawa Anak Liburan, Bisa Manfaatkan Harga Tiket Pesawat Murah Lho

Ga cuman orang dewasa aja yang butuh piknik alias liburan buat ngelepas penat dari kesibukan sehari-hari. Tapi anak-anak juga membutuhkan waktu liburan untuk ngebantu tumbuh kembang mereka. Kita sebagai orang tua bisa cari harga tiket pesawat murah untuk bawa mereka terbang ke tempat-tempat liburan yang ramah anak.


Banyak Keuntungan Bawa Anak Liburan, Bisa Manfaatkan Harga Tiket Pesawat Murah Lho 
via balkantravelservices.com

Ngebawa anak-anak liburan ternyata banyak banget manfaatnya buat mereka. Apalagi pergi bareng keluarga bakal jadi kenangan tersendiri yang bakalan diingat terus sama anak sampe mereka dewasa nantinya. Berikut ini kita simak sama-sama manfaat liburan buat anak.

Membantu Perkembangan Otak

Bawa anak-anak liburan bakalan ngebantu banget buat perkembangan otak mereka. Ada bagian otak yang perkembangannya ga bisa dilatih kalo anak kita cuman di dalam rumah aja. 

Dengan bawa anak ke luar rumah, mereka bisa ngelakuin banyak aktivitas outdoor. Ngelakuin berbagai kegiatan yang seru ini, kadar dopamine dalam otak mereka juga bertambah jadi bakal ngurangin tingkat stress anak kita.

Banyak Keuntungan Bawa Anak Liburan, Bisa Manfaatkan Harga Tiket Pesawat Murah Lho
via Huffingtonpost.ca

Pergi ke tempat baru juga ngebantu anak kita semakin fokus sama hal yang dikerjakannya. Waktu kita dapat harga tiket pesawat murah, terus datang ke bandara bisa jadi pengalaman pertama buat anak. Mereka bakalan penasaran banget sama bandara yang didatangi itu. Anakpun bakalan belajar untuk fokus sama dirinya dan keluarga biar ga terpisah selama di perjalanan mereka. Biar ga kejadian kayak di film Home Alone.

Ngajakin anak-anak ngedatangin tempat liburan alam, bisa ngelatih konsentrasi anak jadi makin tajam. Karena suasana alam yang menenangkan akan membuat mereka rileks dan ga sadar konsentrasi untuk main bakalan jauh lebih lama daripada di rumah.

 Menambah Kepercayaan Diri Anak

Banyak Keuntungan Bawa Anak Liburan, Bisa Manfaatkan Harga Tiket Pesawat Murah Lho
via trueparenting.co.id

Ngebawa mereka untuk pergi liburan ke berbagai tempat baru bakalan ngebantu banget numbuhin rasa percaya diri mereka. Dengan ketemu orang-orang asing yang ga dikenal, anak bakalan berlatih untuk bertahan di antara mereka. Ngurangin rasa canggung dan menumbuhkan keberanian. Kalo anak kita berani nyari teman baru waktu liburan, kita mesti bangga sama keberanian mereka.

Belajar Banyak Hal Baru


Banyak Keuntungan Bawa Anak Liburan, Bisa Manfaatkan Harga Tiket Pesawat Murah Lho
via mormonchannel.org

Waktu anak diajak datang ke tempat baru, mereka bakalan secara ga langsung belajar banyak hal baru. Dengan harga tiket pesawat yang murah, ngajakin si kecil untuk liiburan ke luar negeri bukan hal yang mustahil. Kalian bisa ajakin anak datang ke negara tetangga misalnya, di sana anak bakalan tau kalau suasana di tempat tinggalnya beda banget sama negara yang didatangi itu. 

Anak juga bakalan sadar kalau bahasa yang digunakan juga berbeda, mata uang yang digunakan juga berbeda. Hal-hal kecil kayak gini bisa jadi hal biasa menurut orang dewasa, tapi buat anak-anak usia 6-10 tahun yang kayak gitu merupakan hal yang luar biasa. Dengan ngebiarin mereka dapetin banyak hal baru, rasa ingin tahu  mereka tentunya jadi makin berkembang. Secara ga langsung, tingkat pengamatan dan kecerdasan anak juga ikut bertambah. 

Menambah Bonding Keluarga


Banyak Keuntungan Bawa Anak Liburan, Bisa Manfaatkan Harga Tiket Pesawat Murah Lho
via pixabay.com - Suedelbien

Liburan buat anak emang penting sebagai salah satu cara mereka untuk bertumbuh dan berkembang secara baik. Kita bisa mulai cari harga tiket pesawat murah di https://www.traveloka.com/tiket-pesawat untuk liburan bareng anak dengan biaya yang tetap sesuai sama budget. Ajakin anak dalam perencanaan liburan, ini juga bisa menambah bonding keluarga. Selama liburanpun, anak-anak bisa jadi makin dekat sama orangtua, mereka juga bakalan lebih terbuka sama momen-momen family time.

Segitu banyaknya manfaat liburan buat anak, kita tentu ga perlu khawatir kalo bawa anak liburan, dong? Justru bakalan jadi sarana mereka buat ngurangin stress. Rencanain dengan matang perjalanan kita biar bisa jadi liburan terindah.