Suara Hati Berkata, Aku Harus Healing Bareng Traveloka

Akhir tahun begini, setelah setumpuk pekerjaan menghadang, mikirnya setelah semua kerjaan itu selesai kepengen banget langsung healing. Jalan-jalan keluar kota, keluar provinsi jauh dari hingar bingar kerjaan dan orang-orang yang ada hubungannya sama kerjaan. Uh! Ngebayanginnya aja udah happy banget rasanya, ges!!

Suara Hati Berkata,  Aku Harus Healing Bareng Traveloka

Kalian pasti gitu juga kan? Kalo udah mikirin liburan di antara stressnya bekerja, rasanya pasti hepiiiiii banget!!? Padahal baru ngebayangin loh, apalagi kalo udah kejadian? Makin hepi pasti, kan?


Itulah nikmatnya liburan, dibayangin aja udah bikin hepi, dijalaninnya makin hepi.


Itulah yang saya pikirkan ketika perjalanan pulang dari kost ke rumah. Suara hati saya berkata "kamu perlu healing setelah kerjaan kamu selesai!" Kepikirannya langsung ke 1 tempat yang paling ingin saya datangi lagi.


Healing sekarang akan semakin menantang karena butuh modal lebih banyak. Terlebih tiket pesawat sekarang harganya udah naik sejak pandemi melanda 2 tahun yang lalu. Waktu ngecek harga tiket pesawat di Traveloka, jurusan Banjarmasin-Jakarta one way route aja udah naik 300ribu dari harga biasanya.


Padahal masih banyak tempat di Jakarta yang mau saya datangin. Ga cuman yang belum didatangin doang, yang udah pernah didatangin juga mau saya liat lagi. Saya yakin akan banyak perubahan sejak terakhir kali ke sana. 


Di Jakarta ada 1 wahana liburan yang ingin saya nikmati lagi, yaitu walking tour bersama jktgoodguide. Menurut saya ini salah satu pengalaman liburan paling mengasyikkan dan sayang banget kalo ga dilakuin lagi ketika ke sana. Kenapa mengasyikkan? Karena liburan saya jadi beda dari sebelumnya.


Shout out buat Mba Dian yang mengenalkan dan mengajak saya untuk ikutan walking tour ini. Ga rugi banget pokoknya ikut yang kemaren tu.


Most Extra Ordinary Experience

Jadi, walking tour nya itu ada banyak destinasi yang bisa dikunjungi. Destinasinya selalu berganti di hari-hari tertentu. Yang nentuin destinasinya si tour guide-nya. Tenang aja, meskipun terkesan egois, destinasinya bukan yang abal-abal ataupun membosankan. Setidaknya ada 5-6 spot yang akan kita datangin nantinya.

Jumlah pesertanya biasanya terbatas, kalo ga salah cuman 20 orang per walking tour. Jadi kalo kamu mau ikutan, mesti daftar duluan untuk booking slotnya. Kalo slotnya udah penuh, kamu ga bisa ikut yang hari itu, bisa daftar ikutan hari yang lain yang masih tersedia.


Balik lagi ke yang tadi, waktu saya ikutan jktgoodguide itu, saya kebagian destinasi di sekitar Kota Tua, Patekoan dan lainnya. Ga hapal soalnya udah lama banget. Spot yang didatengin itu, ada pasar, toko obat tradisional Tiong Hoa, Gereja bernuansa Tiong Hoa, Tampekong yang lokasinya deket sama gereja itu dan berakhir di persimpangan pasar yang ada warung gado-gado legendarisnya itu.


Pengalaman tur jalan kaki ini berkesan banget buat saya. Karna ini tur yang berbeda daripada tur wisata kebanyakan. Kalo yang biasanya saya ikutin tu, cuman tur di dalam bis dan turun ketika di lokasi wisata yang bisa dibilang sudah mainstream.

Di jktgoodguide, justru menawarkan sesuatu yang baru buat saya. Metode tur jalan kaki yang baru pertama kali saya rasakan aja udah berbeda daripada tur kebanyakan. Apalagi ditambah dengan lokasi yang menurut saya cukup unik. Seperti gereja, tampekong, tempat meracik obat tradisional, bahkan pasar yang menjual berbagai macam hewan termasuk kodok, juga kami datangi waktu itu.

Tentu untuk mendapatkan pengalaman tur jalan kaki ini saya perlu perencanaan jauh-jauh hari dulu. Karena ga gampang menyesuaikan jadwal saya dengan jadwal walking tour mereka. Terlebih sekarang posisi saya sudah ada pekerjaan. Ga bisa sembarangan mau jalan-jalan.

Itinerary Healing


Kalo dihitung-hitung, kayaknya biayanya akan lebih murah kalo saya memulai perjalanan healing ini lewat Surabaya menggunakan pesawat. Waktu saya cek di Traveloka, harga tiket pesawat dari Banjarmasin ke Surabaya jauh lebih murah daripada Banjarmasin ke Jakarta. Bedanya bisa 300ribuan, lumayan banget buat alokasi budget lainnya.


Lagian bosen juga ke Jakarta naik pesawat terus, ya kan? Sekali-kali kita pake cara yang beda. Ke Jakarta kita naik kereta api aja. Setelah di liat-liat harganya masih masuk kantong saya, nih. Karna udah pernah coba kelas Ekonomi sama Eksekutif, udah tau mana yang enak. Saya kepengen yang enak, ga mau duduknya yang adu lutut begitu.

harga tiket pesawat di traveloka
harga tiket pesawat di traveloka



Beda banget rasanya duduk di kereta ekonomi sama eksekutif. Yah setidaknya kalo belum bisa masuk kelas bisnis di pesawat, minimal udah bisa masuk kereta eksekutif lah ya ehehe!


Begitu nyampe di Surabaya, saya mau jalan-jalan dikit keliling kota Surabaya. Soalnya waktu kemaren di Surabaya tu sekadar numpang mampir buat naik pesawat ke bandaranya. Lagi-lagi karena faktor ekonomi, karna tiket pesawat yang lebih murah kalo berangkat dari Surabaya.

Di Jakarta ngapain? Selain mau ikut walking tour tadi, saya juga mau explore museum-museum yang ada di sana nantinya. Di kawasan Kota Tua ada museum yang belum sempat saya datangi waktu itu. Nah rencananya kalo ke Jakarta, saya mau ke situ juga. Trus juga saya mau explore Perpusnas lagi, kemaren udah sempet ke sana dan ikutan salah satu acaranya gitu diajakin sama Benaaa. Sekarang mau explore semuanya biar puas dan ga penasaran lagi.

harga tiket kereta api di traveloka
harga tiket kereta api di traveloka


Di luar itu semua, tentunya saya mau ketemu sama temen-temen yang udah lama ga ketemu. Selain temen sekolah, temen kuliah ataupun temen kerja, temen sekomunitas juga ada di Surabaya dan Jakarta. Janjian ketemuan sama mereka asik, sih ya kan? Hehehe..


Jarang-jarang bisa ketemu mereka langsung soalnya, makanya kesempatan liburan seperti yang harus dimanfaatkan untuk bisa lama-lama ketemuan sama mereka. Silaturahmi ini juga selalu masuk ke itinerary saya tiap kali travelling kemanapun. Alhamdulillah kebetulan punya temen hampir di seluruh penjuru Indonesia. Meskipun anaknya lumayan jarang bergaul.

Kenapa Harus Jakarta?

Banyak yang heran dengan keputusan saya ini. "Kenapa harus ke Jakarta, sih?" adalah pertanyaan paling sering saya dapati ketika jalan-jalan dan ketemu temen di sana. Sebagai anak Kalimantan, melihat "kota orang" terutama yang ada di pulau Jawa itu adalah suatu kebanggan tersendiri. Ga ngebosenin dan bener-bener jadi healing therapy terutama untuk saya.



Meskipun banyak yang bilang Jakarta tu macet, sumpek, panas, tapi tetep aja ga menyurutkan niat saya untuk bisa jalan-jalan ke sana. Karena ada banyak alasan untuk balik lagi ke Jakarta, setidaknya buat saya, ya.


Pertama, karena Jakarta menurut saya belum "habis" untuk diexplore. Masih banyak tempat yang belum saya datangi. Ada banyak tempat yang sudah saya datangi, belum selesai saya jelajahi di sana. Wishlist saya masih penuh untuk membuat saya balik lagi ke sana.


Kedua, karena di jktgoodguide itu ada banyak variasi tur yang bisa saya ikuti. Saya penasaran sama jadwal tur lain yang belum saya coba. Tiap jadwal tur pasti beda-beda spot yang didatangin, jadi orang pun ga akan ragu untuk ikut berkali kali sama walking tour ini.


Ketiga, kulinernya yang masih banyak belum saya coba. Sebagai manusia pencinta makan, mencicipi makanan/minuman khas suatu daerah ketika jalan-jalan ke sana adalah sebuah kewajiban. Gultik Blok M tu menurut saya salah 1 kuliner khas, meskipun di tempat lain juga ada, tapi lokasinya yang sering dijadiin tempat nongkrong ini jadi salah satu tempat kulineran yang wajib dicoba, oiya harganya juga cukup murah hehe.


Keempat, why not!? Saya kalo jalan-jalan tu kebanyakan ngikutin insting, kata hati. Bahkan pernah saking randomnya, udah 3 hari di Jakarta ga mau pulang, malah melipir ke Semarang waktu itu hahahha! Kemaren tu kepengen ke Semarang karena belum pernah ke sana aja sebetulnya.


Kenapa ga nyari yang ada pantainya gitu? Karena udah bosan! Di Kalimantan Selatan ini ada beberapa pantai yang cukup sering saya kunjungi. Jadi kalo cuman pantai doang, saya ga perlu jauh-jauh ke Jakarta, di sini pun udah bisa. Saya cari yang ga ada di sini dan ingin merasakan unique experience ketika mengunjungi tempat itu.


Mungkin sehabis dari Jakarta, saya mau mengunjungi satu tempat lagi yang jadi favorit saya. Tapi nanti aja diceritainnya kalo misalnya udah kesampaian mau ke sana. Biar ga dikira halu sama kalian.

Saat Yang Tepat Jalan-Jalan


Pandemi udah berangsur teratasi dengan baik. Asalkan kamu udah vaksin booster saya yakin udah bisa memenuhi syarat perjalanan antar provinsi beda pulau. Saya kalo ngerencanain jalan-jalan selain nyusun itinerary sendiri, dibantu juga sama Traveloka untuk mesanin tiket pesawat, tiket kereta dan hotel yang paling rekomended sesuai sama budget.


Karena menurut saya rencanain liburan bareng Traveloka bikin liburan jadi lebih mudah. Saya terbantu banget ngurus segala macemnya, tinggal pilih mau naik pesawat, naik kereta apa, nginep dimana, beres! Semua ada di dalam genggaman tangan saya. Terlebih saya adalah tipe orang yang suka jalan-jalan random banget. Tau-tau kemana, pengen ke sini, ke sana tanpa direncanain. Tapi Traveloka selalu siap sedia ngebantuin kapanpun dimanapun saya butuh bantuan.



Tagar #LifeYourWay Traveloka tu masuk banget filosofinya ke saya. Hidup berdasarkan kata hati itu adalah jalan ninjaku. Karena mengikuti kata hati itu jauh lebih menyenangkan daripada ngikutin apa kata orang. Ga cuman jalan-jalan aja ya, tapi menurutku di semua aspek kehidupan juga. Hiduplah berdasarkan kata hati kita sendiri, bukan berdasarkan apa kata orang. Akan jauh lebih gampang menuruti ekspektasi diri sendiri daripada menuruti ekspektasi orang.


Kita tau batas diri kita sendiri. Kita tau apa yang kita mampu lakukan dan sejauh apa kita mampu mentolelir kegagalannya. Tapi kalo kita ngikutin kata orang, mereka ga akan mentolelir kegagalan sekecil apapun. Bahkan, mereka ga ngeliat seberapa besar usaha yang sudah kita lakuin. Mereka cuman pengen ngeliat kita gagal doang.


Ngikutin kata orang itu ga akan pernah ada habisnya! Trust me!


Jalani hidupmu, nikmati hidupmu, dengan caramu.

KENAPA ADA FILM YANG BERKUALITAS TAPI PENONTONNYA SEDIKIT

Salah satu pertanyaan yang sering muncul sebagai penikmat film kayak gue adalah "kenapa sih ada film yang bagus tapi yang nonton dikit?" Meskipun bukan urusan gue karna bayar untuk nonton filmnya, tapi pertanyaan ini cukup mengganggu. Soalnya banyak yang kejadian kayak begini.

Ambil contoh yang terbaru adalah film Gatot Kaca yang katanya bagus tapi yang nonton dikit banget. Gue sendiri juga belum nonton sih, nanti kalo udah nonton akan gue review filmnya sekalian.

KENAPA ADA FILM YANG BERKUALITAS TAPI PENONTONNYA SEDIKIT
Sangat disayangkan memang, ketika produksinya udah jor-joran, pemainnya udah mega bintang, jalan ceritanya dipikirin baik-baik, ternyata masih sepi juga. Ada banyak faktor sebetulnya yang mungkin jadi penyebab kenapa sebuah film bisa sepi penontonnya, padahal dibilang berkualitas.

Berikut ini saya coba rangkum hasil dari komen netizen dan juga dari pendapat saya sendiri. Tentu saja tulisan ini bukan merupakan sebuah kesimpulan yang harus diterima, hanya sekadar mencoba menganalisa apa yang terjadi. Siapa tau bisa jadi bahan masukan untuk para produser film Indonesia ke depannya.

Menurut saya, ada beberapa hal yang membuat sebuah film berkualitas bisa sepi penontonnya

1. Promosinya Kurang Maksimal

Promosi ini ga cuman iklan atau pemainnya aja, ya. Tapi juga ke hal-hal teknis seperti pemilihan potongan trailer promosi yang disajikan juga penting. Terkadang, ada film yang secara ga sengaja (atau mungkin sengaja dikasih tau) naro spoiler di trailernya. Padahal banyak yang beranggapan kalo hal ini justru blunder dilakukan.

Penonton jadinya ga penasaran lagi sama isi filmnya karena dari trailer udah dikasih tau duluan. Meskipun tentu saja trailer bukanlah keseluruhan isi cerita filmnya, ya. Tapi tetap aja, biasanya inti cerita dari film itu ada di trailernya. 

Mungkin film-film di Indonesia bisa ngikutin caranya Marvel Studios ketika bikin trailer film. Mereka suka nyelipin 'fake scene' yang ga ada difilm biar nanti ketika udah kelar nonton filmnya, penonton justru ngomongin hal itu dan jadi promosi gratisan buat mereka.

2. Timing-nya Kurang Pas

Ada film yang menunggu momen-momen tertentu untuk dirilis. Entah itu liburan, bulan puasa, atau hari-hari besar Nasional dan lainnya. Mereka tidak bisa "asal" rilis tanpa memperhitungan momentum ini. Namun meskipun sudah diperhitungkan secara matematis, terkadang masih ada aja yang meleset dari perkiraan.

Entah itu berbarengan dengan suatu hal di luar nonton filmnya, bisa juga berbarengan rilis dengan film-film premium macam Marvel atau box office contender lainnya. Menurut saya, mindset penonton film di Indonesia masih beranggapan kalo film luar itu kualitasnya lebih baik daripada film dalam negeri. Jadinya ketika ada film Indo yang head to head rilisnya dengan film luar yang hypenya udah digodok dari lama, secara jumlah penonton biasanya akan cenderung lebih sepi.

3. Daya Beli Sedang Turun

Ini faktor yang ga bisa diprediksi oleh semua insan film. Meskipun udah diperhitungkan timingnya, momennya, bahkan tanggal weton sekalian primbon-primbonnya, kalo daya beli masyarakat lagi turun ya tetap aja ga bisa dipaksain juga. Okelah 2 taun yang lalu masih bisa pake "alibi" kalo lagi pandemi jadi masyarakat ga bisa nonton.

Tapi meskipun pandemi bisa dikatakan sudah berangsur teratasi, bukan berarti ekonominya puih serta merta juga. Terlebih kalangan menengah, mungkin ada yang kehilangan pekerjaannya selama 2 tahun kebelakang, akhirnya hobi nonton filmnya ga bisa tersalurkan.

Solusinya sih menurut saya adain promo tiket murah atau adain acara nonton gratis tapi sebagai gantinya diminta kasih review di medsos masing-masing. Tentunya promo ini ga bisa banyak-banyak diadain, ya. Bisa rungkat PH kalo kayak gitu terus.

4. Harga Tiket Yang Ga Ngotak

Apakah kalian tau masih ada daerah yang bioskopnya cuman ada satu-satunya? Salah satu daerah ada yang cuman punya 1 bioskop selama 7 tahun lebih. Akhirnya, yang terjadi adalah penentuan harga tiket nonton yang ga ngotak. 

Meskipun mungkin hanya di daerah yang tergolong kecil jumlah peminat filmnya, dan menurutmu ga ngaruh ke jumlah penonton sebuah film. Namun keberadaan bioskop ini cukup membuktikan kalo masyarakat daerah itu punya keinginan untuk nonton film di bioskop.

Apa hubungannya sama antusiasme menonton film? Ada banget hubungannya! Ketika dimonopoli sama 1 bioskop, harga tiketnya bisa seenaknya ditentuin sama mereka. Saya bahkan dapat info kalo harga bioskop tipe biasa di weekend itu sama kayak harga bioskop weekday tipe premiere.

Gue sih ga memungkiri, ya, yang namanya bisnis pasti ujung-ujungnya cari profit. Gue tau kok karna gue juga punya bisnis yang dijalanin. Tapi kalo udah 

Karena harganya tinggi banget ini, daya beli masyarakat ga bisa sepenuhnya bisa ngikutin. Akhirnya hanya mereka yang beneran berduit yang bisa nonton, terlebih di weekend. Ini juga menyebabkan sebuah film bagus akhirnya punya penonton sedikit.

Btw, untuk daerah yang bioskopnya cuman satu tadi, sekitar 4 taunan ke belakang udah punya "saingan" bioskop lainnya. Tapi karna udah keburu tinggi harga tiketnya mereka, tentunya ga bisa diturunin lagi biar bisa bersaing sama kompetitor.

5. Ga Ada Temen Nontonnya

Ada orang yang kalo nonton harus ada temennya. Karna biar ada temen ngobrol sehabis nonton. Itu yang terjadi sama gue. Semenjak pandemi, dan jomblo, udah ga pernah lagi nonton film ke bioskop. Banyak banget film-film bagus yang terlewatkan untuk ditonton di layar lebar.

Mungkin para pengusaha bioskop bisa nyediain kursi yang spesial untuk orang-orang yang nontonnya sendiri, kali ya? Karna ga mungkin kan gue nyaranin pengusaha bioskop nyediain temen nontonnya, entar bisa disalahgunakan jasa beginian.

Kalo yang ini sih kontrolnya ada di penontonnya, ya. Bioskop sama produser mah cuman bisa ngelus dada aja kalo alasannya udah begini, ya. Eh ada kok yang bisa dilakuin mereka: ngedoain yang jomblo kayak gue bisa cepet dapat pasangan lagi biar bisa nonton ke bioskop lagi. Naaah! Itu udah paling bener hahaha!

***
Gue bikin tulisan kayak begini, bukan karena gue benci sama bioskop atau filmnya. Justru gue sayang dan mau sesama pencinta film bisa bersinergi mengembangkan dunia perfilman Indonesia sama-sama. Dunia film Indo ga akan bisa maju kalo cuman 1 pihak aja yang gerak.

Gue pengen banget film-film Indo nantinya akan punya kualitas yang bisa setara sama film luar sana. Meskipun udah ada film Indonesia yang punya kualitas seperti itu, tapi gue pengen lebih banyak lagi film yang berkualitas.

MEMBEDAH TANTANGAN TRANSISI ENERGI DI INDONESIA

Baru-baru ini pemerintah lagi gencar-gencarnya menggalakkan kebijakan konversi energi dari bahan bakar fosil ke bahan bakar non fosil. Karena kebijakan ini ga mungkin langsung diaplikasikan serentak, maka ada namanya "transisi energi". Transisi energi singkatnya adalah upaya untuk mengubah penggunaan bahan bakar tak terbarukan menjadi ke bahan bakar terbarukan.

MEMBEDAH TANTANGAN TRANSISI ENERGI DI INDONESIA


Di gelaran G-20 Bali beberapa waktu lalu, pemerintah Indonesia unjuk gigi dengan memamerkan kendaraan listrik yang digunakan sebagai alat transportasi para delegasi selama berada di sana. Ini salah satu bukti keseriusan pemerintah untuk bisa segera mengkonversi energi di bidang transportasi.

Di sisi masyarakat, pemerintah coba mengatur dengan melemparkan wacana penggantian kompor gas ke kompor listrik. Namun karena menemukan banyak penolakan, terutama masyarakat yang masih kesulitan mendapatkan akses memiliki gas bersubsidi, akhirnya wacana inipun dibatalkan. 

Kemudian beberapa waktu lalu juga sempat ada wacana lebih "gila" lagi. Ada gosip yang beredar kalo pemerintah akan menghapuskan listrik rumah tangga 450 W, jadi semuanya minimal 900 W. Wacana ini mendapatkan lebih banyak tentangan dari masyarakat karena sangat memberatkan kelas menengah bawah.

Pemerintah beralasan kalo produksi listrik saat ini mengalami over supply, biar ga terjadi lagi, maka penggunaan listriknya dinaikkan di masyarakat. Masalahnya, yang over supply di pabriknya, yang disuruh ngabisin konsumennya. Kenapa ga pabriknya aja yang disuruh nyari konsumen lain biar tu supply bisa diserap? Aneh juga mikirnya mereka ini. Untungnya wacana ini dibantah oleh Presiden Jokowi langsung melalui konfirmasi video di instagram beliau.

Itu tadi cuman beberapa contoh aja tantangan transisi energi di Indonesia. Mari kita bedah pelan-pelan tantangan apa saja yang akan dihadapi Indonesia ketika akan melakukan transisi energi ini.

1. Sektor Infrastruktur

Hal yang paling kentara ketika melakukan transisi energi di Indonesia sudah pasti infrastrukturnya. Menurut saya, infrastruktur Indonesia masih keteteran ngikutin cepatnya perubahan kebijakan yang dilakukan pemerintah. Contoh paling sederhana adalah ketersediaan infratsuktru jalan. Masih banyak daerah-daerah Indonesia yang bahkan jalannya masih berupa susunan kayu galam. Sangat tidak ramah lingkungan karena cepat sekali membuat ban kendaraan rusak.

MEMBEDAH TANTANGAN TRANSISI ENERGI DI INDONESIA

Ketika meliat pemerintah mengajak semua masyarakat untuk beralih dari kendaraan fosil ke kendaraan listrik, saya langsung melihatnya dari 2 sisi. Di 1 sisi, ini kebijakan yang baik untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan.  

Di sisi lain, kebijakan ini ga akan banyak berpengaruh ke kehidupan jalanan. Apa bedanya mengganti mobil listrik dari mobil BBM saat berada di jalan raya? Ga ada. Jalanan tetap aja akan macet, jalanan tetap aja akan semrawut. Paling bedanya di suara mesinnya doang yang cendrung lebih sepi.

Wacana paling terbaru, dari Menteri Luhut Binsar Pandjaitan dalam sebuah berita bilang, kalo misalnya ada yang mau ganti motor BBM ke motor listrik akan dikasih subsidi 6,5 juta. Saya akui keseriusan pemerintah untuk segera mengkonversi energi ini. Tapi sekali lagi, masih ada hal yang lebih urgent daripada sekadar mengganti kendaraan BBM ke kendaraan listrik.

Satu lagi soal infrastruktur, jangan cuma menambah jalan tol aja, karena itu hanya akan menambah jumlah mobil di jalan raya. Pemerintah juga semestinya memperhitungkan faktor lingkungan yang lebih bersih, misalnya menyediakan alat transportasi yang layak dan berkualitas untuk masyarakat.

2. Sektor Ekonomi (Daya Beli Masyarakat)

Selain itu juga, pemerintah juga perlu memikirkan daya beli masyarakat Indonesia. Mayoritas masyarakat Indo masih berada di kelas rentan dan kelas menengah. Menurut DataBooks, sebanyak 115 juta masyarakat Indonesia bergerak menuju menengah. Kita semua tau, kita juga berada di kelas ini kan? Ngaku aja deh!?

Sektor Ekonomi (Daya Beli Masyarakat)

Mayoritas dari kelas ini, Pertalite naik aja udah misuh-misuh setengah mati. Apalagi disuruh konversi ke listrik. Kendaraan listrik. apalagi mobil yang speknya standar, harganya udah sama kayak mobil mewah BBM.

Pemerintah juga harus memikirkan hal ini sebelum menerapkan kebijakan konversi energi. Harga kendaraan yang mahal menunjukkan kalo spare parts nya juga masih jarang ditemukan/digunakan. Perakitannya juga belum tentu ada di Indonesia, ini juga yang menyebabkan harganya jauh lebih mahal daripada kendaraan BBM.

Lebih luas lagi, pemerintah diharapkan bisa menyediakan lapangan kerja lebih banyak lagi ke depannya. Idealnya, pemerintah yang bisa memaksimalkan serapan tenaga kerja di Indonesia agar daya beli masyarakat semakin meningkat.

3. Sektor Transportasi (Utamanya Transportasi Publik)

Isu tranpostasi publik ini menurut saya harusnya diprioritaskan. Karena akan lebih berdampak positif ke lingkungan sekitar kita. Semakin berkualitas dan luas aksesnya, semakin tertarik masyarakat menggunakannya. Kalo semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi publik, dampaknya bisa sangat bagus. 

Sektor Transportasi (Utamanya Transportasi Publik)

Dampak positif yang paling terasa tentu saja kemacetan di jalan akan berkurang drastis nantinya. Selain mengurangi kemacetan, tentu konsumsi bahan bakar akan lebih jauh berkurang. Masalahnya, transportasi publik yang berkualitas belum banyak tersedia di Indonesia.

Ambil contoh di Banjarmasin saja, sekarang udah ada bus Banjarbakula, yang terintegrasi dengan 3 kabupaten di sekitar Banjarmasin. Tapi saya ngeliat busnya masih kosong, padahal untuk tarifnya awal-awal masih gratis. Padahal fasilitasnya udah cukup bagus menurut saya. Ada fasilitas Full ac, kursinya empuk, ada cctv juga. Mungkin rutenya yang harus ditambah, bisa masuk ke area yang agak dalam di perumahan gitu misalnya.

Saya sangat mengapresiasi usaha pemerintah untuk bisa menyediakan transportasi publik yang layak. Selanjutnya tugas bersama untuk bisa meyakinkan masyarakat bahwa naik transportasi publik itu jauh lebih mudah, murah dan nyaman.

4. Sektor Sumber Daya Manusia

Kita sama-sama tau kalo Indonesia  saat sangat kekurangan orang-orang yang mengerti tentang energi  dan teknologi terbarukan. Waktu ikutan online gathering bareng #EcoBloggerSquad 2022, Mas Faris dari Traction Energy  Asia bilang kalo saat ini sudah banyak institusi pendidikan yang membuka program studi energi terbarukan. 

SEKTOR SUMBER DAYA MANUSIA

Kekurangan sumber daya manusia ini yang bikin pertumbuhan inovasi di bidang energi di Indonesia jadi stagnan. Padahal, negara lain udah mulai menggunakan sumber energi yang lebih ramah lingkungan dan juga terbarukan dengan biaya yang lebih murah. Di Jerman bahkan sudah meninggalkan PLTN mereka di akhir 2022 ini. 

Setidaknya ada 2 universitas yang spesifik memiliki jurusan Teknik Energi Terbarukan. Selain jurusan Teknik, ada juga jurusan yang lain. Kalian bisa cek sendiri ya kalo mau info detailnya, ya. 

***

Sebetulnya masih banyak lagi tantangan transisi energi di Indonesia, cuman kalo ditulisin di sini semua nanti dibilang orang yang pesimis. Saya menuliskan beberapa tantangan ini, agar kita semua menyadari bahwa masalah konversi energi ini ga hanya tanggung jawab pemerintah. 

Ini semua perlu perhatian kita karena ga mungkin pemerintah jalan sendiri tanpa bantuan masyarakat. Kita sebagai masyarakat juga wajib mengawal kebijakan pemerintah. Jangan cuman iya iya aja tanpa pengawasan. Ntar mereka seenaknya sendiri ngatur kebijakan yang ga pro rakyat.

Intinya, transisi energi ini penting untuk masa depan kehidupan Bumi, khususnya di Indonesia. Saya setuju untuk mulai mengkonversi energi ini mulai dari sekarang. Tapi kebijakan ini juga harus dibarengi dengan penyempurnaan aspek-aspek lain contohnya yang saya sebutin di atas.

Mari kita dukung program positif dari pemerintah ini, dan kita juga kawal kebijakannya agar tetap terarah.

INI YANG LEBIH BERBAHAYA DARI SELIMUT TETANGGA

Kamu udah tau dong sama istilah "selimut tetangga"? Istilah ini setau gue dipopulerkan sama salah 1 band Indonesia bernama Repvblik. Mereka punya hit single dengan judul "Selimut Tetangga". Dari sinilah istilah itu terkenal dan masih gue inget sampe sekarang.

Selama ini, gue kira selimut tetangga udah cukup berbahaya jika terjadi di dunia nyata. Ternyata masih ada selimut yang lebih berbahaya daripada itu. Kamu tau ga apa? Gue kasih petunjuknya deh: selimut ini ada hubungannya sama lingkungan.

selimut polusi



Selimut yang lebih berbahaya dari selimut tetangga adalah selimut polusi. Gue yakin masih ada yang belum familiar sama istilah ini. Wajar aja, karena cukup jarang didengar tapi udah sering kita rasakan dampaknya di kehidupan kita sehari-hari.

Gue juga baru tau istilah ini ketika ikut online gathering bersama Eco Blogger Squad hari Jumat yang lalu. Waktu itu pematerinya dari tim Pantau Gambut ID yang menjelaskan pentingnya menjaga lahan gambut untuk lingkungan hidup.

Kenapa jadi bahas lahan gambut? Apa hubungannya dengan selimut polusi?

Lahan gambut berdasarkan Permentan No. 14 Tahun 2019 merupakan tanah hasil akumulasi timbunan bahan organik dengan komposisi lebih dari 65% yang terbentuk secara alami dalam jangka waktu ratusan tahun. Intinya lahan gambut adalah lahan basah (wetland) yang materi penyusunnya berupa bahan organik yang miskin hara dengan kondisi tergenang. 

Meskipun dikatakan miskin hara, namun kita ga boleh menyepelekan "bakat terpendam" si gambut ini. Kalo kamu hobinya memendam perasaan sama crush-mu, gambut memiliki "hobi" yang maha penting untuk keberlangsungan hidup di Bumi. Gambut dapat mengikat karbon yang ada di udara dalam jumlah yang sangat banyak!

Lahan gambut bisa memiliki 100-1300% dari berat keringnya. Artinya gambut bisa menyerap air sampai 13 kali bobotnya.  Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki luasan lahan gambut kering terbesar di dunia. Menurut BBSDLP pada tahun 2019, Indonesia memiliki 13,43 juta ha lahan gambut. Dengan luasan lahan ini, diperkirakan lahan gambut di Indonesia dapat menyimpan sampai 57,4 gigaton karbon.

Apa pentingnya menjaga lahan gambut yang bisa menyimpan karbon?

apa itu lahan gambut

1 hal yang paling sering dibagikan oleh pencinta lingkungan, bahwa senyawa karbon merupakan salah 1 senyawa yang menyebabkan efek rumah kaca. Efek inilah yang menyebabkan global warming di Bumi kita. Salah satu dampak global warming yang paling berasa saat ini adalah suhu makin panas dan cuaca jadi ga menentu.

Bahkan, bencana banjir dan tanah longsor juga jadi salah satu akibat dari pemanasan global ini. Maka dari itu, menyimpan carbon itu sangat penting tujuannya agar Bumi kita ini tidak menjadi semakin panas dan meminimalisir dampak dari krisis iklim yang sudah terjadi.

Gambut itu kayak lagu ST12 yang judulnya "1 jam saja". Lagu super galau zaman perkuliahan gue dulu. Salah 1 liriknya bilang begini "1 jam saja ku telah bisa cintai kamu kamu di hatiku, namun bagiku melupakanmu butuh waktuku seumur hidup". Gambut cuman butuh waktu sebentar untuk "dihancurkan" dan butuh waktu hampir selamanya untuk bisa terbentuk kembali.

Efek kehancuran lahan gambut ini sangat membahayakan dan bisa menyebabkan terlepasnya karbon ke udara bebas dan membentuk selimut polusi. "selimut" di sini ga bisa kita liat secara kasat mata. Namun bisa kita rasakan dampaknya. Selimut yang gue maksud adalah berkumpulnya polusi di udara dan menyebabkan cuaca ekstrem dimana-mana. Salah satu akibat dari selimut polusi yang bisa kita lihat/rasakan adalah langit udah ga berwarna biru lagi. 

Gue cukup yakin beberapa dari lu udah jarang ngeliat langit yang "bersih" berwarna biru seperti dulu. Biasanya kalo ga mendung karna mau ujan atau berwarna coklat/kekuningan karena banyaknya polusi yang dihasilkan. Cuaca yang kayak orang habis putus, labil banget, ntar ujan ntar panas,  juga salah 2 dari efek selimut polusi yang terjadi saat ini.

Kalo selimut ini dibiarkan berlama-lama, akan sangat berbahaya bagi kehidupan kita di masa depan. Gue khawatir 10-20 taun lagi kita bakalan sulit ketemu hutan yang alami terbentuknya, karena udah dialihfungsikan menjadi kawasan industri/kawasan tempat tinggal untuk kalangan tertentu. 

Gue khawatir efek berbahaya dari selimut polusi ini bikin kita kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih dan layak konsumsi. Di beberapa negara udah mulai keliatan tuh akses air mulai sulit, meskipun ada, pasti kualitasnya jelek banget. 

Gue jadi takut bencana alam makin menjadi-jadi. Jangan cuman bilang bencana alam ada karena kehendak alam. Itu cuman pembenaran sesaat dan menyesatkan ujung-ujungnya. Menganggap bencana alam terjadi secara alami di zaman dulu, mungkin gue masih bisa terima. Kalo sekarang, gue hampir yakin "penyebab" bencana alam yang terjadi ada campur tangan dari manusia juga.

Meskipun mungkin ga secara langsung terjadi karena ulah manusia, namun krisis iklim yang memantik terjadinya cuaca ekstrim dan bencana alam juga harus diakui penyebab utamanya adalah manusia. Kalo saja manusia memikirkan masa depan lingkungan di sekitarnya, mungkin efek global warming ga akan separah sekarang.

selimut polusi, lahan gambut

Pemerintah Indonesia sendiri sudah memiliki BRGM (Badan Restorasi Gambut dan Mangrove) yang bertindak melakukan memfasilitasi percepatan pelaksanaan restorasi gambut dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pada areal restorasi gambut serta melaksanakan percepatan rehabilitasi mangrove di provinsi target.

Di Indonesia sendiri juga sudah cukup sadar mengenai tentang pentingnya peran lahan gambut untuk dilindungi, dijaga dan direstorasi sejak saat ini. Setidaknya ada 5 Undang-Undang yang mengatur tentang pengelolaan lahan gambut, antara lain:
  • Undang-undang No.5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya
  • Undang-undang No.41 tahun 1999 tentang Kehutanan
  • Undang-undang No.39 tahun 2014 tentang Perkebunan
  • Undang-undang No. 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang
  • Undang-undang No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
Di level Peraturan Pemerintah, ada 8 peraturan yang gue temukan, antaranya:
  • Peraturan Pemerintah No. 68 tahun 1998 tentang Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam
  • Peraturan Pemerintah No. 44 tahun 2004 tentang Perencanaan Kehutanan
  • Peraturan Pemerintah No. 45 tahun 2004 tentang Perlindungan Hutan
  • Peraturan Pemerintah No. 26 tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional
  • Peraturan Pemerintah No. 27 tahun 2012 tentang Izin Lingkungan
  • Peraturan Pemerintah No. 37 tahun 2012 tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai
  • Peraturan Pemerintah No. 73 tahun 2013 tentang Rawa
  • Peraturan Pemerintah No. 71 tahun 2014 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut
Selain itu juga ada Inpres/PerMen yang gue temukan tentang pengelolaan lahan gambut di Indonesia, antaranya adalah:
  • Keputusan Presiden No. 32 tahun 1990 tentang Pengelolaan Kawasan Lindung
  • Keputusan Presiden No. 82 tahun 1995 tentang Pengembangan Lahan Gambut untuk Pertanian Tanaman Pangan di Kalimantan Tengah
  • Keputusan Presiden No. 80 tahun 1990 tentang Pedoman Umum Perencanaan dan Pengelolaan Kawasan Pengembangan Lahan Gambut di Kalimantan Tengah
  • Instruksi Presiden No. 2 tahun 2007 tentang Percepatan Rehabilitasi dan Revitalisasi Kawasan Pengembangan Lahan Gambut di Kalimantan Tengah
  • Peraturan Menteri Pertanian No. 14 tahun 2009 tentang Pedoman Pemanfaatan Lahan Gambut untuk Budidaya Kelapa Sawit
  • Instruksi Presiden No. 10 tahun 2011 dan No. 6 tahun 2013 tentang Penundaan Pemberian Izin Baru dan Penyempurnaan Tata Kelola Hutan Alam Primer dan Lahan Gambut
  • Peraturan Menteri Kehutanan No. 41 tahun 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kehutanan No. 32 tahun 2010 tentang Tukar Menukar Kawasan
  • Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 10 tahun 2012 tentang Mekanisme Pencegahan dan/atau Kerusakan Lingkungan Hidup yang berkaitan dengan Kebakaran Hutan dan/atau Lahan.
peraturan melindungi lahan gambut

Meskipun lahan gambut sudah dilindungi dengan UU dan Peraturan sebanyak ini, menurut gue ini pun masih kurang. Gue masih yakin di luar sana ada aja yang ngerusak lahan gambut untuk kepentingan pribadi atau perusahaannya tanpa tau akibatnya. Oleh karena itu gue akan coba berikan rekomendasi untuk bisa memberikan perlindungan yang lebih baik kepada lahan gambut di Indonesia.

1. Menganjurkan kepada semua industri yang mengharuskan mereka membuka lahan untuk memperbanyak kapasitas produknya untuk membangun/membuat ulang lahan yang baru yang kondisinya serupa dengan lahan yang sudah dibuka.

2. Meminta kepada pemerintah untuk bisa memperbanyak dan memperketat pengawasan terhadap penegakan peraturan mengenai penggunaan lahan gambut ini.

3. Mengajak masyarakat untuk menjaga lahan gambut di sekitar lingkungannya agar tidak disalahgunakan/dimanfaatkan secara sepihak oleh orang-orang yang tidak memiliki kepentingan di daerah itu.

4. Laporkan kegiatan-kegiatan mencurigakan di daerah lahan gambut potensial, seperti membakar/membabat/memotong pohon yang dilakukan oleh orang tidak dikenal/tanpa memiliki izin melakukan kegiatan di daerah tersebut.

5. Melakukan boikot kepada perusahaan/individu yang melakukan tindakan semena-mena terhadap masyarakat yang melindungi/menjaga sekitar lahan gambut.

6. Memaksa pemerintah Indonesia untuk bisa lebih tegas, disiplin, dan tanpa pandang bulu menegakkan aturan demi menjaga kelestarian lahan gambut di Indonesia.

7. Memperbarui aturan-aturan yang sudah kadaluarsa/tidak relevan lagi dengan keadaan sekarang. Agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk bisa menjalankan kegiatan ilegalnya terhadap lahan gambut.

Tentu gue berharap rekomendasi ini bisa dijalankan oleh semua pihak yang disebutkan. Jangan cuman "iya iya" doang tapi ga ada aksi konkritnya di lapangan. Janganlah mengorbankan kelestarian lingkungan hanya demi kepentingan segelintir orang saja. Coba pikirkan dampaknya di masa depan seperti apa.

QUIET QUITTING

Beberapa minggu yang lalu, gue sempat membaca sebuah konten di instagramnya TirtoID. Di konten itu ngebahas tentang masalah pekerjaan/karyawan yang sedang bekerja. Dijelaskan bahwa kalo sekarang tu lagi ngetrend yang namanya"quite quitting"

quite quitting itu sering dibilang ga produktif


Singkatnya, quite quitting itu adalah bekerja seadanya. Itu menurut penjelasan dari artikel yang ada di TirtoID mengenai quite quitting ini, ya. Menurut gue, quite quitting itu bukan bekerja seadanya. Kalo seadanya tuh kayak, males ga pengen maju/berkembang di kantor gitu loh jatohnya. Jadi kayak ga produktif aja di kantor, padahal ga kayak gitu.

Menurut gue, quite quitting itu justru sebuah pilihan hidup yang tepat. Terlebih untuk orang-orang kayak gue, yang memang tidak suka neko-neko dan juga menjilat atasan di kantor. Kerja ya kerja aja gitu, ga haus jabatan lah intinya. Tapi kalo ada kesempatan untuk bisa level up, gue akan mengubah mode jadi kompetitif.

Quite quitting bagi gue bukan bekerja seadanya, Lebih ke, bekerja yang efektif dan efisien aja gitu. Gue ga mau buang-buang waktu berharga untuk mengerjakan sesuatu yang bukan tanggung jawab utama/kewajiban gue di kantor. Terlebih ketika atasan kita ga mengerti kalo kita udah punya tanggung jawab duluan sebelum dapetin tugas sampingan yang baru.




Mau pake alasan apapun, gue ga akan bisa terima. Kecuali 1, kerjaan utama gue, dia yang backup in. Baru gue mau. Kalo kerjaan utama tetep harus gue-gue juga yang ngerjain, ntar dulu deh! Mending gue fokus ngerjain yang utama dulu.

Ibarat main game nih, ada yang namanya main mission dan juga side mission. Kalo kita ngerjain main mission digame, kita akan dapat hadiah biasanya. Kalo ga duit di dalam gamenya, skill point, atau apalah itu lah ya. Intinya kalo ngerjain main mission tu bayarannya gede lah!

Sementara kalo kita ngerjain side mission, tetap ada hadiahnya juga, tapi ga seberapa dibandingkan main mission. Nah, ini yang seru, meskipun kita ngerjain side mission sebanyak apapun, main mission kita ga akan ilang/digantiin sama player lain. Kita harus tetap ngerjain juga.

Kalo kita masukin ke dalam konteks bekerja sebagai/karyawan/bawahan, main mission adalah kerjaan utama kita di kantor. Sedangkan side mission adalah tugas tambahan yang bukan kerjaan utama kita. Paham kan maksudnya kalo udah begini?

Meskipun dijanjikan hal yang manis-manis di awal ketika ditawarin side mission, gue rasa sih ga akan terlalu banyak pengaruhnya di kerjaan kita. Terlebih ketika main mission kita tetap "ada" di sana. Karna ga ada yang bisa gantiin kita ngerjain hal itu.

Kecuali kalo misalnya lu emang jiwanya caper/menjilat ke atasan, yaudah gapapa kerjain aja tuh side mission sampe berbusa. Asalkan lu bisa handle semua dengan baik sih, bos lu juga lama-lama akan notice lu, sebagai karyawan yang bisa dimanfaatkan terus-terusan. hahahaha!!

Okey bad example, sorry about that.

Tapi, dalam kultur kantor yang toxic, yang mana gue rasa sih mayoritas dunia kerja di Indonesia seperti ini, kita ga bisa secara "sukarela" melakukan sesuatu yang ada di luar tanggung jawab kita. Karena, bukannya berharap dapat apresiasi dari atasan, bisa jadi lu justru dimanfaatin sama mereka.

Kalo lu yakin sama kultur kantor lu yang suportif dan positif, silakan dikerjain ya. Karna gue yakin rekan kerja lu akan bantuin kok. Tapi jarang banget ada atmosifr kantor yang sesempurna itu. Biasanya sih akan selalu ada aja manusia-manusia yang haus jabatan, cari muka sama atasan dan orang-orang yang iri dengan pencapaian kita.

Banyak yang memandang negatif dengan orang yang menerapkan quite quitting ini. Karena dianggap menjadi tidak produktif di tempat kerja. Mereka dianggap bekerja seadanya di kantor dan tidak ingin memberikan sesuatu yang lebih. 

Gue pribadi memandang quite quitting sebagai sebuah prinsip work life balance yang baik. Karena sebelum gue tau istilah ini, gue udah menjalankan hal ini duluan. Waktu gue pertama kali dapat kerjaan, gue udah bertekad untuk ga lembur di kantor dan ga bawa kerjaan kantor ke rumah. 

Gue menerapkan prinsip ini, agar gue bisa manage waktu kerja dengan efektif dan efisien di kantor. Selama kurang lebih 8 jam di kantor, akan gue manfaatkan semaksimal mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Kalo bisa langsung selesai ya bagus, kalo ga yaudah yang penting harus bisa selesai sebelum deadline yang sudah ditentuin.

Lembur pun gue jarang banget, bahkan bisa dihitung dengan jari tangan. Meskipun kerjaan hari itu ga selesai, gue tetep ga mau lembur kalo memang belum terlalu urgent. Bahkan bawa pulang kerjaanpun bisa dibilang ga pernah.

Kalo Kerja Ya Di Kantor, Di Rumah Ya Beda Lagi

Analogi sederhananya gini, anggaplah sebuah tugas itu seperti baju yang lu pake. Ketika lu bertugas jadi seorang karyawan/pegawai kantor, lu pake baju karyawan. Ketika udah jam pulang, artinya tugas lu udah selesai jadi seorang karyawan di hari itu. Karena tugas lu udah selesai, lu ganti baju lagi dong. Jadi seorang anak/seseorang yang punya hobi tertentu.

Kayak gue deh ambil contoh, ketika udah pulang kantor, gue pake "baju" content creator. Ga lagi tuh gue ngerjain hal-hal berbau kantor lagi kalo udah keluar dari kantor, kalo ga ada urgensinya. Bukan urusan kantor ga penting, tapi ya karena emang udah beda jadwalnya aja gitu.

Itu sebabnya ketika ada yang bilang quite quitting itu menurunkan produktivitas, gue langsung ga setuju. Mungkin orang-orang yang bilang menurunkan produktivitas ini menganggap kalo menjadi produktif itu hanya bisa dilakukan di dalam urusan kantor aja. Padahal, dunia ini ga melulu tentang pekerjaan kantor semata.

Kita juga punya kehidupan lain, keluarga, temen, sahabat, pasangan, dll dkk. 

Justru dengan menerapkan quite quitting ini, hidup gue jadi lebih seimbang antara urusan kantor dan di luar kantor. Gue tetap bisa ngerjain kerjaan kantor sebagaimana mestinya, ketika pulang kantor, gue juga bisa jadi content creator. Ini keseimbangan hidup yang gue cari.

Ketika ada yang bilang produktif hanya bisa di kantor doang, mungkin dirinya lupa kalo ngelakuin hobi yang kita suka itu juga produktif. Ga jarang, orang-orang di kantor itu hanya buka game zuma/solitaire karena gabut. Masa itu bisa dibilang produktif sih?

Mungkin juga dia bingung mendefinisikan produktif dengan sibuk. Kalo produktif menurut gue, mengerjakan sesuatu yang memang seharusnya lu kerjakan semaksimal mungkin. Sibuk menurut gue, keliatannya banyak yang dikerjain tapi semuanya ga ada yang selesai.

Kalo lu nerapin quite quitting versi gue atau lu punya sikap sendiri untuk kerjaan kantor dan di luar kantor? Ceritain dong!

BIG MOUTH REVIEW BAHASA INDONESIA

Awalnya gue mengira kalo Big Mouth ini ga lebih dari drakor standar yang sering ditonton sama para penggemar drakor selama ini. Percintaan menye-menye romantis, scene kiss berhamburan. Ternyata gue salah! Setelah melihat twit-twit dari netizen di twitter gue akhirnya penasaran sama series ini.


big mouth kdrama review

Dari cover posternya sih seakan-akan menceritakan 2 sejoli yang dipisahkan sesuatu begitu. Ada benernya juga sih, tapi inti dari serial ini tuh sebetulnya lebih kompleks daripada yang terlihat. Pastinya berbeda dengan drakor kebanyakan yang ceritanya hanya berputar cinta-cintaan begitu. 

ALUR CERITA BIG MOUTH

REVIEW SERIES BIG MOUTH



Aeries Big Mouth/Big Mouse mengisahkan seorang pengacara amatir bernama Park Changho (Lee Jung Suk) yang baru saja meniti karir di dunia advokat. Dibiayai pacar yang kemudian menjadi istrinya, Ko Miho (Lim Yoon A), Park akhirnya bisa lulus kuliah jurusan hukum dan membuka kantor pengacaranya sendiri dengan biaya hutang kepada rentenir.

Karena dia masih baru, tentu saja pendapatannya masih belum stabil. Akibatnya, hutangnya tidak terbayarkan sementara kebutuhan hidupnya harus tetap jalan. Akhirnya, Park dan keluarganya terjerat hutang dan Park sebagai kepala keluarga berusaha mencari cara apapun untuk bisa melunasi hutang rentenir ini.

Singkat cerita, Park dipertemukan dengan Choi Doha (Kim Joo Hun) yang merupakan walikota dari tempat tinggalnya, Gucheon. Entah darimana sumbernya, Choi Doha tau kalo Park lagi BU (Butuh Uang) banget. Walikota ini menawarkan pekerjaan kotor dengan nominal uang yang cukup untuk melunasi hutang Park.

Karena faktor BU tadi, mau tak mau Park pun menerima pekerjaan "aneh" ini. Aneh karena Park sebagai pengacara dari 3 tersangka pembunuhan seorang dokter di RS Gucheon dan harus membela mereka tanpa perlu "keluar keringat".  Park hanya perlu mengikuti skenario yang sudah disiapkan sebelumnya, untuk membebaskan para tersangka.

Btw, tersangka pembunuhan ini adalah 3 manager yang menjabat di RS Gucheon dan diberikan fasilitas khusus di penjara. Karena mereka kaya, makanya bisa dapat perlakuan khusus di penjara dengan menyuap para sipir dan kepala penjaranya. Bisa dibilang "penjara" yang disebutkan di sini sebetulnya lebih layak disebut aula pertemuan karena tempatnya sangat luas dan memiliki fasilitas layaknya di ruang direktur.

Park Changho diperankan Lee Jung Suk

Dari sinilah awal mula Park mengetahui hal kotor yang dekat dengan dunia yang dicintainya ini. Karena persidangan yang sudah terencana ini bertentangan dengan prinsip Park, dia mencoba untuk berkhianat dari Choi Doha. Bukannya mengikuti perintah Doha, Park malah berubah memanfaatkan keadaan untuk bisa menjatuhkan Doha berbekal bukti kotor yang dimlikinya.

Tapi karena masih pemula, tentu saja Park dengan mudah bisa dikalahkan oleh mafia ini. Akhirnya Park dimasukkan ke penjara karena difitnah menggunakan narkoba saat berkendara. Padahal aslinya, Park dikasih minuman beracun agar bisa disingkirkan dan tidak menjadi beban masa depan para mafia.

Sayangnya, penulis Big Mouse tentu ga mau Park mati begitu saja. Makanya dia tetap hidup dan didakwa menggunakan narkoba saat berkendara. Park dijebloskan ke penjara yang sama dengan 3 tersangka pembunuhan itu. Tentu saja di ruangan yang berbeda. Bukan hanya itu, Park juga diduga sebagai seorang "Big Mouse" yang merupakan salah 1 penjahat paling dicari di Gucheon karena telah melakukan berbagai tindakan kejahatan namun tidak pernah tertangkap.

Gemparlah 1 Gucheon karena Big Mouse akhirnya ditangkap. Lengkap dengan bukti-bukti yang mengarahkan kalo Park ini memang Big Mouse sebenarnya. Semakin besarlah niat Park untuk membalaskan dendamnya terhadap mafia-mafia ini. Selain karena difitnah, dia juga harus menanggung beban sebagai orang yang paling dicari di Gucheon, padahal dia ga tau apa-apa.

Choi Do Ha diperankan oleh Kim Joo Hun

Sejak dari episode 3 seingat gue, series ini berfokus mencari siapa Big Mouse yang sebenarnya. Karena kita semua tau kalo Park bukanlah Big Mouse yang sebenarnya. Semua karakter di series ini berusaha mencari Big Mouse dengan segala cara mereka. 

Park berusaha membongkar identitas Big Mouse dari dalam penjara, sementara istri dan pengacaranya mencoba mencari info dari luar penjara. Di series ini juga sudah diperlihatkan villain utama dari Big Mouse, yaitu Kang. Orang tua veteran tentara yang memiliki berbagai macam perusahaan Gucheon. Bahkan bisa dibilang dia adalah presiden seumur hidupnya Gucheon.

Diceritakan Kang membangun Gucheon dari tanah tandus sampai menjadi kota modern seperti sekarang. Namun layaknya pemilik banyak perusahaan, dia juga tidak terlepas dari tangan kotor untuk menjadi seorang pemimpin. Sehingga, bisa dibilang Kang juga sama jahatanya dengan Big Mouse. Namun terlihat "lebih bersih" karena bukan dia sendiri yang melakukan pekerjaan "kotor" itu.

REVIEW BIG MOUTH

Menurut gue, Big Mouth jadi sangat ramai diributkan sama netizen karena penuh dengan hal misterius. Orang-orang suka  dibikin penasaran dan nungguin banget rasa penasarannya itu bisa terjawab di series ini. Jujur gue juga awalnya ga niat nonton series ini, tapi karena netizen ribut menebak-nebak, gue jadi kepo dan akhirnya ikut nonton juga sampai tamat.

Gue pribadi suka series ini karena ga banyak drama percintaan yang ditampilkan. Karena memang aslinya series ini kan bergenre crime mistery gitu kan. Jadi gue nyaman banget untuk nontonnya.

Ko Mi Ho vibes istri mafia

Kita juga belajar bahwa ternyata politik itu ga cuman terjadi di pemerintahan aja, tapi juga di segala lini kehidupan. Kita ga bisa terlepas dari hal yang berbau politik. Jadilah orang yang punya previlage lebih untuk bisa punya kekuatan politik yang mumpuni, niscaya hidup akan lebih mudah.

Pengembangan karakternya pun keren banget menurut gue. Park yang awalnya hanya seorang pengacara cupu yang ga pernah menang dipersidangan, akhirnya bisa menjadi seorang pengacara paling terkenal dengan bayaran termahal setelah keluar dari penjara.

Mungkin kalo ada karakter pendukung yang patut diapresiasi menurut gue adalah si Gong Ji Hoon yang diperankan sama Yang Kyung Won. Difitnah jadi orang yang menjarain Park, dikucilkan dari lingkaran orang-orang kepercayaan Kang, sampai hampir kehilangan jabatan di perusahaannya sendiri. 

Tapi karena di detik terakhir dia memilih sisi yang benar, dia kecipratan berkahnya juga. Saingannya hancur, dan dia jadi CEO di perusahaan warisan Kang. Memang benar orang bilang kalo sabar itu awalnya pahit, tapi diakhirnya akan terasa manis.

Meskipun ada 1 plot hole yang menurut gue ga dibahas di series Big Mouth ini, tapi ga mengurangi inti cerita perjalanan Park dan koleganya. Tapi, andai saja plot hole ini dibahas, mungkin akan ada hukuman yang lebih setimpal lagi untuk pelakunya. Sayangnya hanya Mi Ho (Lim YoonA) yang ngeh 1 karakter ini ga ada.

Bahkan anehnya, kawanan Big Mouth sendiri ga tau keberadaannya. Cukup membingungkan kalo dipikir-pikir. Sayang aja gitu, 1 karakter ini akhirnya jadi karakter yang agak terpinggirkan. Padahal di awal episode dia yang ngebantu Park Changho untuk mengungkap kasus para manager korup itu.

Gong Ji Hoon diperankan oleh Yang Kyung Won

1 lagi yang menurut gue agak kurang. Penggambaran karakter Big Mouse yang cukup inkonsisten di tiap episodenya. Di 1 episode digambarkan Big Mouse adalah "seseorang" penjahat kriminal. Di lain episode digambarkan sebagai "organisasi kriminal". 

Gue yang nonton cukup kebingungan, tapi kalo make logika sederhana aja, harusnya kita tau kalo Big Mouse ini lebih cocok dibilang sebagai organisasi kriminal. Karena ga mungkin cuman 1 orang aja yang bisa ngejalanin semua hal yang terjadi di series ini.

Big Mouse memiliki 16 episode dengan durasi 1 jam tiap episodenya. Cukup panjang jika dibandingan dengan series lain. Squiad Game saja cuman 45 menit per epsiode. Tapi meskipun memiliki durasi yang cukup panjang, Big Mouse tetap nyaman untuk ditonton.

TEORI KONSPIRASI

Karena series ini banyak sekali memancing rasa penasaran penontonnya, ada saja yang mengembangkan teori konspirasi tentang siapa sebenarnya Big Mouse di series ini. Kalo kamu nonton seriesnya sih gue rasa pasti akan melakukan hal yang sama. 

teori-konspirasi-big-mouse



Terlebih lagi untuk kamu yang suka melakukan deduksi melalui teori konspirasi ataupun teori cocoklogi. Mengumpulkan fakta dari adegan-adegan yang ada di series ini meskipun hanya dalam beberapa episode, kemudian menyimpulkannya.

Tapi kayaknya sih ga ada yang bisa jawab dengan tepat siapa sosok pemimpin Big Mouse sebenarnya, sampai akhir epsisode ya hehe. Gue sendiripun ga menyangka kalo ternyata beliau lah orangnya.

Yah namanya juga teori konspirasi ya kan? Tujuannya buat seru-seruan aja, biar tambah rame tontonannya. Jadi ga perlu harus tepat juga tebak-tebakannya. 

SEASON 2?

perlukah season 2 big mouse diadakan?

Meskipun menurut gue ada plot hole yang cukup mengganggu, tapi menurut gue season 2 ga perlu diadain deh kayaknya. Karena semuanya udah terjelaskan dengan tuntas sampai akhir episode. Kalo pun mau dilanjutin lagi, mau nyeritain tentang apa lagi? Kayak ga ada yang perlu diceritain lagi gitu loh.

Bahkan penulisnya sendiri bilang kalo terlalu dini ngomongin season 2. Mungkin karena dia belum kepikiran mau ngelanjutin kayak gimana lagi. Bisa jadi juga karena dia ngerahasiain proyek berikutnya dari Big Mouse.

Mumpung series Big Mouse udah tamat dan masih belum ada kejelasan tentang season 2-nya, mending kamu nonton dulu deh. Karena episode series ini cukup panjang, 16 episode dengan durasi 1 jam. Jadi mungkin bisa siapkan konsumsis cemilan sambil menikmati tayangan ini di Disney Plus Hotstar yes!