PENSIUN

Pagi itu, seperti biasa Mama ngechat gue. Karna gue sekarang ngekos (lagi), jadi kita lebih banyak ngobrol lewat aplikasi chatting. Waktu itu tanggal 17, tiap tanggal itu semua PNS pasti apel resmi pake baju KORPRI. Kebetulan gue lagi kerja di dinas jadi ngeliatin mereka pake baju itu bikin gue inget bapak sendiri.



Waktu gue lagi keinget itu, tiba-tiba Mama ngechat:


 "Abah hari ini nerima SK pensiun"


Anjir.. seketika itu hati gue langsung mencelos. Mau nangis tapi kan lagi di kantor jadi ga mungkin. Ada rasa yang bercampur aduk dalam hati. Sedih, seneng, getir, macam-macam. Akhirnya tiba juga saatnya, kata gue dalam hati.


Sedih karna itu artinya bapak gue udah tua. Dia harusnya udah memasuki masa istirahat dia di rumah. Nemenin Mama yang sering ditinggal keluar kota selama dia kerja. Apalagi gue yang sekarang jarang ada di rumah. Mereka cuman beduaan jadinya.


Sementara gue yang jadi satu-satunya harapan mereka buat menikmati masa tua dengan tenang masih belum bisa memberikan yang terbaik. Kerjaan masih kontrak-kontrak pendek doang. Pengen masuk BUMN tapi persyaratan tinggi badan sama IPK kurang. Harapannya cuman masuk swasta atau dinas tapi belum PNS.


Seneng karna Bapak bakalan bisa santai di rumah setelah beberapa tahun terakhir ngeluh capek karna harus berangkat perjalanan dinas terus. Saking sibuknya dulu itu bahkan sampe 1 bulan 4 kali bolak balik perjalanan dinas doang. Kasian gue sama Mama yang ditinggal terus di rumah. Iya kalo gue ada di rumah, kalo lagi dinas juga ya sendirian dong dia.


Getir karna mikirin gimana bapak bisa ngejalanin hari-hari setelah dia pensiun cuman di rumah aja. Setelah selama berpuluh-puluh tahun terbiasa kerja tiap hari. Yah meskipun dia bisa ngerjain kerajinan tas handmade yang lagi dirintis tapi pasti atmosfirnya ga sama antara kerja kantoran sama kerja di rumah.

Tapi gue percaya Bapak orangnya ga bisa berhenti berkarya gitu aja. Wong lagi kerja aja masih sempet mikirin bikin tas rajut gitu. Dia emang orangnya ga pernah bisa nganggur sih. DIa diemnya cuman waktu tidur doang wahahaha..

Kayaknya gue mewarisi sifat bapak gue yang emang ga bisa diem juga. Rasanya sayang banget kalo ada waktu terbuang cuman buat leyeh-leyeh doang. Mending dipake buat ngelakuin hal yang bikin produktif.



Dengan pensiunnya bapak gue, otomatis penghasilan keluarga juga bakalan berkurang. Artinya udah ga bisa kayak dulu lagi gaya hidupnya. Jelas dari segi pengeluaran harus lebih efisien. Ga bisa lagi seenaknya mau makan di luar atau mau belanja yang lain.

Walaupun begitu gue masih yakin pepatah yang bilang "Akan ada pelangi setelah hujan" Ada banyak kesempatan untuk berkembang buat Bapak. Meskipun udah ga kerja kantoran lagi, Bapak masih tetap bisa berkarya di tempat lain.

Gue pernah bercanda minta Bapak buat maju jadi Calon Legislatif. Dia langsung nolak dengan tegas hahaha.. kalo aja di-iya-in sama dia, bisa jadi proses kampanye bakalan jalan dari sekarang. Hahahaha..

Yah apapun nanti kegiatan Bapak setelah pensiun, gue berharap beliau tetap produktif seperti biasa. Dan ga berdampak sama kesehatan dia. Soalnya Bapak jarang banget olahraga dan ngerokoknya susah distop. Susah banget ngajakin Bapak untuk ngubah ke gaya hidup back to nature.

Kalo kalian mau lebih produktif lagi bisa gabung ke komunitas Blogger Banjarmasin. Di sana kita belajar jadi blogger dan pegiat sosial media yang baik. Atau kalian bisa juga gabung sebagai penulis keroyokan di website karya anak banua. Biar kita semakin punya banya kegiatan positif lainnya.

Piala Dunia 2018 Dalam Angka

Gelaran Piala Dunia 2018 resmi berakhir. Perancis dengan luar biasa menaklukkan Kroasia dengan skor 4-2 di babak final. Kroasia yang sempat ketinggalan dan kemudian berhasil menyamakan kedudukan dibabak pertama, ga mampu berbuat banyak dibabak kedua. Praktis hampir selama 45 menit babak kedua penguasaan bola ada di Perancis dan terbukti mereka bisa menambah 3 gol lagi.


via makassar.tribunnews.com

Walaupun telah berakhir tapi masih banyak cerita yang bisa dibagikan. Piala Dunia 2018 tidak terlepas dari angka-angka, berikut beberapa fakta menarik Piala Dunia 2018 yang bisa gue rangkum ditulisan kali ini. Enjoy!

Piala Dunia 2018 Dalam AngkaAdalah angka yang pantas untuk seorang Oliver Giroud. Gimana ga? Wong dia itu ga pernah nyetak gol sama sekali di Piala Dunia kali ini. Ga nyetak gol tapi bisa juara dunia. Luar biasa kan? Btw, beliau menyamai rekor Stephen Guivarc'h (yang juga sama-sama kebangsaan Perancis), lho! 
Piala Dunia 2018 Dalam Angka

Super sekali legenda Chelsea ini. Kasian Messi sama Ronaldo yang mati-matian nyetak gol buat timnasnya tapi masih belum bisa juara. Siapa perlu Messi dan Ronaldo kalo udah punya Giroud? 
picture via thesun.co.uk -->


Piala Dunia 2018 Dalam Angka

Cuman 1 pertandingan yang ga pernah ada gol tercipta di Piala Dunia kali ini. Yaitu saat pertandingan Denmark vs Perancis di pertandingan terakhir grup D. Emang sih Piala Dunia kali ini secara jumlah gol lebih baik daripada yang tahun lalu. Mungkin karena sekarang zamannya permainan menyerang, jadi Piala Dunia jadi lebih seru dan menyenangkan untuk ditonton.


Kylian Mbappe adalah pemain termuda ke 2 setelah Pele (Brazil) yang berhasil membawa negaranya juara Piala Dunia. Waktu itu Pele masih berumur 17 tahun. Sementara Mbappe 19 tahun.
Piala Dunia 2018 Dalam Angka
Meskipun Kroasia mendapatkan peringkat ke 2, tetapi gelandang mereka Luca Modric dapat penghargaan pemain terbaik Piala Dunia kali ini. Pengobat luka lara setelah babak belur dihajar Perancis. pict. via bola.net




Belgia menjadi juara ke 3 setelah mengalahkan Inggris dibabak perebutan tempat ke 3. Ada 3 pemain Belgia lain yang dapat penghargaan individual. Seperti Thibaut Courtois (Kiper) yang dapat penghargaan Golden Glove Award. 
Piala Dunia 2018 Dalam Angkavia express.co.uk
Eden Hazard (Gelandang) yang dapat penghargaan Silver Ball Award. Terakhir ada nama Romelu Lukaku (Striker) yang dapet penghargaan Bronze Boot Award dengan raihan 4 gol dan 1 assist-nya.





Meskipun meraih posisi ke 4, perjuangan Timnas Inggris di Piala Dunia 2018 kali ini adalah yang terbaik sejak 20 tahun yang lalu. Terakhir kali Inggris masuk ke babak semifinal adalah tahun 1998. Dan kala itu, juara dunianya juga Timnas Perancis. Apakah Inggris adalah lucky charm-nya Perancis?




Mario Mandzukic jadi pemain ke 5 yang nyetak gol di 2 final berbeda. Yaitu final Liga Champions dan final Piala Dunia. Mandzukic sejajar dengan Prancs Puskas, Zoltan Czibor, Gerd Muller, Zinedine Zidane. 
Piala Dunia 2018 Dalam Angkavia english.manorama.online.com
Buat Rafael Marquez Piala Dunia kali ini adalah yang ke 5 kali dia ikut. Goks ni orang ga tua-tua!



Piala Dunia 2018 Dalam Angka

Adalah jumlah gol yang dicetak oleh Harry Kane. Dia jadi top skorer turnamen kali ini. Lengkap banget penghargaan beliau ini. Di level kompetisi Liga Inggris dia juga jadi top skorer. 
Piala Dunia 2018 Dalam Angkavia cnbc.com
Meskipun rada egois karena sampe klubnya sendiri naik banding ke hakim liga untuk bisa mengklaim gol buat Harry Kane sendiri. Dicibir banyak orang sih tapi meskipun begitu dia terbukti mampu jadi top skorer juga di turnamen kali ini.

Workshop dan Pelatihan: Sepele Tapi Punya Pengaruh

Pembaca blog ini ada yang pernah ikutan workshop atau pelatihan ga sih? Atau malah ga pernah ikutan sama sekali? Atau malah pengen ikutan dapet sertifikatnya aja tapi ga mau ikut pelatihannya?

pentingnya workshop dan pelatihan

Buat kalian yang udah pernah/sering ikutan workshop atau pelatihan gitu, menurut kalian kenapa kita mesti ikutan? Apa untungnya buat kita?

Kalo yang ga pernah ikutan itu alasannya kenapa? 


Dan yang cuman pengen dapet sertifikat itu kayaknya gausah ditanyain deh ya. Emang pada males aja dapet ilmunya kayaknya hahaha.

Workshop atau pelatihan itu keliatannya sepele banget. Kayak ga guna buat dipake hari ini. Padahal konsep workshop dan pelatihan itu kan emang dipake buat masa depan. Istilahnya investasi ilmu dan keahlian.


Pelatihan dan workshop itu berguna banget buat kita kalo mau masuk ke dunia kerja, lho! 

Pasti banyak yang ga nyangka

Jadi belajarnya sekarang, dipakenya bisa bulan depan, tahun depan bahkan ga tau kapan. Ya namanya juga investasi, jadi ga instan yang didapatin. Bisa sih kalo emang udah tau jalannya mau kemana dan pengen diapain hasil workshop atau pelatihannya.

Tapi ternyata ga cuman itu aja yang jadi masalah. Workshop dan pelatihan ini kadang ga gratis. Para calon pesertanya harus merogoh uang untuk bisa ikutan acaranya. Meskipun diiming-imingi beragam macam fasilitas, tapi tetap aja ngeluarin uang yang lumayan juga sebagai gantinya.


Kita tau panitia pasti perlu modal untuk ngeadain acara kayak gitu. Dan menurut gue harga yang ditetapin sama mereka juga emang sesuai sama kualitas pemateri yang mampu didatangkan sama panitianya.

TAPI, bukan berarti semua workshop atau pelatihan itu berbayar! Bukan berarti juga yang ga berbayar itu pematerinya ga berkualitas. Jangan salah, lho! Kalo kita ngiranya zaman sekarang ga ada yang cuma-cuma, itu ga sepenuhnya bener. Soalnya sampe sekarang masih banyak komunitas ataupun himpunan ataupun perkumpulan yang bikin workshop/seminar/pelatihan secara gratis buat kita!



Soalnya gue pernah sekali dapat pengalaman berharga ikutan workshop yang fully funded gitu. Kalo kalian baca waktu gue ke Bogor dan drama yang mengikutinya, pasti tau deh! Itu pengalaman berharga banget karena gue baru tau ada promotor yang berani ngadain workshop yang ngebiayain semua pesertanya.

Gue percaya kalo berbagi ilmu itu ga perlu biaya mahal. Semakin banyak yang dibagi, semakin banyak ilmu yang bisa didapat dan kemudian dibagi lagi. Jadi ga ada salahnya bagi-bagi ilmu secara gratis buat mereka yang emang pengen belajar. Siapa tau dipake sampe akhir hayat mereka, kan? Alhamdulillah jadi amal jariyah.

Semenjak saat itu, gue selalu rajin nyari-nyari info workshop gratis lainnya. Tapi masih belum ada yang sreg di hati, dan emang bukan gue banget juga tema workshopnya. Siapa tau tema itu cocok sama kalian, kan? Makanya kalian perlu tau juga informasi berharga kayak gini.


Karena gue liat masih belum ada akun khusus yang share informasi workshop seminar pelatihan ataupun talkshow gratis, jadilah gue bikin akun @infoworkshopgratis di instagram.

Akun itu khusus berbagi informasi workshop gratis yang bisa kalian ikuti di seluruh Indonesia. Dan semua info pamflet atau e-flyer itu gue share secara cuma-cuma, ga ada kerjasama dengan pihak penyelenggara acaranya. Gue rasa sih mereka juga masih belum tau kalo ada akun itu.


Jadi buat kalian yang suka atau tertarik untuk ikutan workshop seminar ataupun talkshow gratis dan punya manfaat, langsung follow aja. Dan kalo kalian punya acara gratis yang ada hubungannya sama workshop dan sejenisnya, bisa langsung tag akun tadi biar bisa di re-share lagi ke follower yang lain.

Informasi gratis sekecil apapun patut untuk dibagi. Apalagi kalo ada hubungannya sama pengembangan bakat atau nambahin keahlian lain. 

Piala Dunia 2018

Tiap 4 tahun sekali, penikmat dan pencinta sepak bola disuguhkan gelaran akbar sepak bola sedunia. Ya namanya aja Piala Dunia, tentu pesertanya dari seluruh dunia, dikumpulin di satu tempat untuk "bertarung" jadi tim nasional terkuat sedunia.

juara dunia 2018

Waktu gue nulis ini, Ronaldo jadi orang ke-4 sepanjang sejarah yang bisa nyetak gol di 4 Piala Dunia berbeda. Kebetulan di pertandingan Portugal - Spanyol unggul cepat di menit ke-3 lewat penalti sang Dewa Cristiano, begitu gue bisa menyebutnya.


Gelaran kali ini diadain di Rusia, dengan maskot bernama Zabivaka. Nama maskot ini sendiri diambil dari bahasa Rusia yang berarti "orang yang mencetak skor". Zabivaka merupakan penggambaran karakter binatang menyerupai serigala namun punya mata ceria dan pemberani, katanya sih gitu.



Sebagai penikmat bola, sebenarnya ajang Piala Dunia ga terlalu menarik minat gue. Lebih menikmati pertandingan antar klub, mungkin karena lebih kenal karakter permainan klubnya daripada timnasnya, ya.


Tapi, karena even ini diadainnya waktu libur pertandingan sepak bola Eropa, ga ada salahnya buat nontonin pertandingan-pertandingannya. Mumpung liburan juga, jadi pas banget lah buat hiburan.



Piala Dunia 2018 kali ini menurut gue lumayan seru untuk diliat beberapa timnasnya.

Timnas Inggris di Piala Dunia 2018

via tirto.id

Salah satu timnas yang menurut gue patut diperhitungkan adalah skuat Timnas Inggris. Skuat yang dibawa Gareth Southgate kali ini cukup menjanjikan dari segi performa di klub masing-masing. Rataan umur 23 pemain yang dibawa ke Piala Dunia 2018 ini termuda ke-3 setelah Perancis dan Nigeria dengan 26 tahun.



Bahkan Trent Alexandre Arnold (Liverpool), merupakan salah satu pemain termuda di Piala Dunia 2018 kali ini. Itulah kenapa banyak optimisme yang menghinggapi skuad ini karena banyak dihuni talenta muda berbakat yang lahir.

Kita bisa berharap kalo skuad Timnas Inggris kali ini dapat berbuat banyak. Terlebih karena kompetisi liga Inggris punya 2 top skorer lokal: Harry Kane dan Jamie Vardy. Publik Inggris tentu berharap banyak karena sebagai negara yang dijuluki tempat lahirnya sepak bola justru jarang merengkuh juara di ajang internasional seperti ini.



Timnas Belgia di Piala Dunia 2018

piala dunia 2018 timnas belgia
via bola.com

Belgia bisa dibilang berada dalam generasi emasnya saat ini. Hampir semua pemain inti mereka bermain di klub besar dunia. Sebut saja, Manc. United, Chelsea, Manc. City, Barcelona bahkan sampai ke Jerman bersama Dortmund.

Waktu main Football Manager 2012, pemain-pemain muda Belgia selalu jadi incaran gue waktu ngelatih klub-klub besar. Lukaku waktu itu masih main sama Anderlecht, Hazard masih belum keliatan skill-nya.

Tapi liat mereka sekarang? Main di klub besar bikin mereka makin berkembang jadi pemain bertalenta luar biasa. Meskipun belum ada pemain mereka yang dapet gelar pemain terbaik dunia, menurut gue karena masih perlu sedikit usaha aja.



Timnas Belgia gue jagokan untuk jadi salah satu kontestan tangguh di Piala Dunia 2018 kali ini. Kita liat sejauh apa anak-anak muda Belgia bisa berbicara di ajang internasional ini. Apakah sama bagusnya seperti permainan mereka sewaktu di klub masing-masing?

Timnas Perancis

piala dunia 2018 timnas perancis
via tirto.id

Bukan hal yang baru kalo Perancis banyak dijagokan orang di tiap gelaran Piala Dunia. Untuk edisi yang kali ini pun ga jauh berbeda. Tren Perancis yang selalu bagus jadi penyebab kenapa timnas ini selalu jadi unggulan. Namun sejauh ini mereka cuman baru nyicip Trofi Jules Rimet 1 kali.

Dengan hadirnya sejumlah talenta baru di timnas Perancis kali ini, tentu masyarakatnya menaruh harapan besar. Apalagi beberapa di antara mereka berjaya di klub masing-masing. Terlebih lagi seorang pemain muda yang baru 19 taun ikut diangkut bersama skuad senior yang lain, Kylian Mbappe.



Dengan dalamnya skuad Perancis di edisi World Cup 2018 kali ini, gue rasa mereka bisa berbicara banyak. Yang penting jarak umur antar pemain ga terlalu jomplang jadi mereka masih punya level stamina yang sama. Karena di acara kayak gini, skill dan stamina adalah faktor penting buat timnas yang bertanding.

Timnas Portugal
timnas portugal piala dunia 2018

Yah ini sih personal banget, ya. Karen gue suka sama Ronaldo jadi berharap lebih sama timnas ini. Walaupun kualitas pemainnya ga merata, ya. Praktis timnas ini cuman bergantung sama kualitas permainan Ronaldo seorang. Kalo Ronaldo lagi ga mood, yaudah angin-anginan deh permainannya.



Tanpa bermaksud mengesampingkan kualitas pemain yang lain, kalo cuman mengandalkan Ronaldo seorang ga akan mampu bersaing sama timnas lain yang kemampuan rata-rata pemainnya hampir setara semuanya.

*

Harus diakui kalo Piala Dunia 2018 kali ini penuh kejutan banget. Ada drama (yang emang selalu ada di tiap pertandingan sepak bola dan dunia nyata), ada ketegangan dan keseruan yang lebih banyak daripada yang tahun kemaren.

Korea Selatan ngalahin Jerman (dan bikin Jerman pulang bareng Korsel juga) aja udah kayak juara piala dunia rasanya. Btw, Jerman cuman dapet poin 1, dan ga bisa lolos babak penyisihan grup bikin mereka jadi tim kesekian yang harus menanggung "kutukan" juara bertahan piala dunia.

Semoga juara dunia tahun ini adalah timnas yang memang sudah seharusnya merasakan gelar juara.