Tahun Baru Lagi Resolusi Lagi & Caranya Biar Tercapai!

Gitu aja terus sampai Justin Bieber bikin album religi featuring Opick. Ddah berapa kali resolusi tahun baru kalian gagal? Itu resolusi apa cicilan motor kok ga kelar-kelar?
Resolusi asal katanya adalah solusi. Arti solusi menurut KBBI adalah penyelesaian, pemecahan masalah, jalan keluar. Masalah lu apa, solusinya gimana? Apa yang mesti lu lakukan sehingga masalah itu bisa kelar. Gitu kan seharusnya?

resolusi

Kalo masalah lu sendiri aja ga kelar-kelar artinya apa? Ya pikirin sendiri lah.


Ada 2 kemungkinan. Pertama resolusi lu kurang  spesifik tindakannya, jadi apa yang lu lakuin ngambang dan ga fokus. Yang seharusnya lu pecahin masalah A ternyata eksekusinya malah justru mecahin masalah C. Masalah A tetap ada, padahal justru itu yang perlu cepat dikelarin. Salah siapa?


Kedua, solusinya udah spesifik tapi lu kurang konsisten dan disiplin. Ngelarin masalah ga bisa sekali eksekusi langsung selesai. Emangnya perut laper? Habis dikasih makan kelar urusannye? Ga gitu. Ada masalah yang kompleks banget yang mesti lebih dari sekali buat ngelarinnya.


Misalnya lu punya masalah di berat badan. Ga mungkin kan sekali olahraga langsung kurus langsing? Pasti perlu berkali-kali olahraga, fitness, makan-makanan yang ga berlemak dan lain-lainnya juga. Ade Rai jadi berotot sampe sekarang juga ga sekali dua kali kok usahanya.


Nah kalo lu ga konsisten sama solusi sendiri ya masalah lu ga akan cepet kelar.

Itu baru satu masalah. Ga mungkin manusia itu cuman punya 1 masalah. Semakin tua hidupnya, biasanya masalahnya bakal makin bertambah. Kalo ga gerak cepat, lama-lama kita yang bakal dikerjain sama masalah sendiri.

Jadi, resolusi apa yang tepat buat kita semua di tahun 2018 ini?

Menurut gue ada 3 hal yang bisa bikin resolusi kita berhasil di tahun depan.

Fokus dan Detail!


Tentukan dan tulis di kertas target-target resolusi apa aja yang pengen lu capai taun depan. Semakin spesifik semakin bagus. Misalnya lu pengen beli rumah. Tulis sedetail-detailnya, tipe berapa, kamarnya ada berapa, dimana lokasinya, harga berapa. Gitu-gitulah pokoknya.

Kenapa harus spesifik? Biar tujuan lo jelas, tegas dan bikin lu tau fokusnya mau kemana. Gue yakin lu ga akan punya pikiran bercabang lagi kalo udah tau mau fokus kemana. CEO di dunia juga nyaranin kita buat fokus kalo mau sukses. Ikutin aja, nasihat dari orang-orang terbaik itu ga ada salahnya. Karna usaha mereka untuk jadi yang terbaik itu ga main-main.

Disiplin


Dibeberapa tulisan gue selalu nulis tentang disiplin. Bahkan di kehidupan sehari-hari gue selalu pengen disiplin. Tapi nyatanya, untuk jadi manusia disiplin itu sulit banget, gaes! Berat dan harus istiqomah. Karna dengan jadi disiplin kita mesti keluar dari zona nyaman kita. Banyak orang yang ga mau kaya gitu.

Untuk bisa ngelakuin resolusi lu dan cepet kelarnya, disiplin adalah hal yang mutlak. Ga ada cara instan, harus sabar. Disiplin itu adalah melawan diri sendiri bukan orang lain.


Padahal, disiplin itu ga mengekang. Justru disiplin itu membebaskan kita. Misalnya, kalian disiplin nulis. Ada jadwal yang udah kalian bikin selama sebulan. Kalo bisa disiplin ngelakuin hal itu selama 3 bulan, kalian bakal terbebas dari kemalasan. Percaya sama gue, karna udah ngebuktiin sendiri.

Konsisten


Apalagi yang lebih berat dari disiplin? Konsisten. Ngejalanin disiplin 1 hari aja ga cukup. Harus konsisten harus istiqomah. Kalo cuman sehari dua hari sih bukan disiplin namanya, tapi rajin.

Apa yang bisa bikin kita konsisten untuk bisa ngejalanin resolusi taun depan? Balik lagi ke awal, target yang udah kalian tulis. Kalo mau mencapai target itu apa aja yang harus kalian lakuin. Lakukan hal itu secara konsisten dan disiplin maka target yang tadinya keliatan sulit akan jadi gampang banget. Insha Allah.


*   *   *
Tulisan ini dibikin karna gue dan temen-temen dari komunitas Blogger Banjarmasin ngadain yang namanya "Arisan Blog". Dimana arisan blog itu diikutin sama blogger-blogger yang pengen dapet "sumbangan" link dari temen-temen sesama peserta arisan. Tiap bulan akan diundi siapa pemenang arisan blog dan kemudian link blognya akan dipasang di semua blog peserta arisan.

Komunitas blogger banjarmasin juga punya produk digital bertajuk website karya anak banua. Isi webnya adalah tema-tema yang kekinian sesuai dengan target pembaca usia sekitar 18-30 tahun. Klik aja linknya kalo mau tau lebih banyak!

Artikel Terkait

Tahun Baru Lagi Resolusi Lagi & Caranya Biar Tercapai!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 comments

December 20, 2017 at 1:00 PM delete

Bener juga yah, mungkin resolusi saya dari tahun ke tahun gak ada yang bener karena gak serius di benerin hahah...

Reply
avatar
December 20, 2017 at 1:09 PM delete

Naaah ayo sekarang diseriusin dulu resolusinya hahah

Reply
avatar
December 29, 2017 at 10:18 PM delete

So, buat sesimpel mungkin yang kiranya dapat dicapai. Buat jadi nyata... salam, adipraa dot com

Reply
avatar
January 2, 2018 at 9:47 AM delete

Terlalu simple juga bisa bikin ga fokus.. harus detail biar tau tujuanny. Kalo saya sih gitu hehe

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.