Bahasa Indonesia: Favorit dan Tersulit

Ada kutipan yang suka terngiang-ngiang di kepala gue. 1 kalimat tapi menohok "Dia yang kita cintai adalah yang paling sering menyakiti". Mungkin beberapa di antara kalian pasti pernah denger juga. Mencintai dan menyakiti itu kaya 2 sisi mata uang. Ga bisa dipisahin dan akan selalu ada.

bahasa indonesia


Itulah yang terjadi ketika tau kalo ternyata pelajaran Bahasa Indonesia itu adalah salah satu yang paling gue cintai. Karna pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dulu itu gue tertarik sama dunia tulis menulis. Tapi sakit ketika tau ternyata aturan ber-Bahasa Indonesia itu ribet banget.

Mungkin karna dulu gurunya Ibu Fuji Hijriati. Guru Bahasa Indonesia gue yang terfavorit di SMA. Karna dari beliau gue bisa ngerti bahasa Indonesia dan aturan-aturannya. saking banyaknya gue bahkan sampe ketuker-tuker ngikutin aturan itu. Bahkan sampe sekarang gue masih ngelanggar, liat aja tulisan-tulisan gue di blog favoritmu ini.

Selain karna Ibu Fuji, gue juga punya tentor favorit semasa ikut bimbel SMP dulu. Namanya Pak Supian. Orangnya (waktu itu) masih muda, ganteng, putih, tinggi, gagah. Idaman cewe-cewe bangetlah! Dan ngajarnya asyik banget! Pertama kalinya gue suka pelajaran Bahasa Indonesia waktu SMP itu karna dia yang ngajarin.


Karna nama belakangnya ada "Ian"-nya di kalangan murid-murid sering nyebut beliau Pak Ian. Dan dulu lagi booming band Radja, jadilah kami ngasih sebutan "Ian Kasela" buat beliau. Tapi ga pernah nyampe disebut beneran ke Bapaknya, sih hehehe.

Menurut gue bagian tersulit dari memahami bahasa Indonesia adalah aturannya yang kadang ribet dan suka ketuker. Yang paling gampang dan paling sering salah adalah penulisan preposisi "di-". Alhamdulillah sekarang udah bisa ngerti penempatannya. Walau kadang masih suka ragu "Ini bener ga, ya?"

Pemahaman berbahasa itu penting banget dilakuin sejak dini. Karna otak anak kecil yang masih berkembang itu bakal nerima informasi dengan cepat dan bakal lebih cepet dimengerti sama mereka.

Untuk ngebantu perkembangan bahasa anak kalo bisa sih sejak bayi udah diajarin dwibahasa. Biar gedenya bisa punya kemampuan berbahasa yang beragam. Oiya, ngajarin anak dwibahasa itu menurut gue bukan sekadar buat sirkus anak. Tapi juga buat tumbuh kembang mereka juga.

Karna menurut penelitian anak yang diajari dwibahasa sejak dini itu bakal lebih cepet nerima informasi dan ilmu pengetahuan di sekitarnya. Dalam pergaulan mereka juga lebih responsif sama lingkungan daripada anak yang cuma diajarin ekabahasa. 1 lagi yang paling penting nih menurut gue, anak yang diajarin dwibahasa sejak dini itu lebih toleran terhadap perbedaan di sekitar dia.

Gue setuju sih pendidikan dwibahasa dimulai dari anak usia dini. Sekali lagi, bukan untuk "sirkus anak" tapi buat perkembangan kecerdasan dia juga. Gue percaya ilmu itu luas banget dan cara ngedapetinnya itu macem-macem. Salah satunya adalah belajar dari negara lain.

Nah,gimana caranya biar bisa ambil ilmu dari negara lain? Ya belajar bahasa negara itu dong? Ya ga? Jadi menjelang sekolah anak udah bisa Bahasa Indonesia sama Bahasa Inggris. 2 bahasa itu udah cukup la gue rasa. Malah sekarang ada yang bilang katanya perlu ditambahin sama Bahasa Mandarin juga. 

Menurut para ahli katanya sekarang ada 2 Bahasa paling sering digunain di dunia. Kalo ga bahasa Inggris ya Mandarin. Akan lebih baik lagi kalo bisa 3 atau 4. Inget ga dulu ada anak Indonesia yang bisa berbagai macam bahasa itu? Sampe diundang ke acara KICK ANDY buat diwawancarain.

Terus kan katanya direkrut sama BIN buat dilatih. Ga berapa lama setelah latian ternyata dia dinyatakan tewas karna sakit apa gitu. Sayang banget ya. Padahal itu aset negara kalo umurnya panjang. Paling ga minimal buat spionase gitu. 

Hahaha gue kebanyakan nonton film mata-mata kayanya.

Artikel Terkait

Bahasa Indonesia: Favorit dan Tersulit
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.