Cara Mudah Membuat Ruang Bermain untuk Anak di Rumah

Anak-anak emang ga bisa jauh dari yang namanya dunia bermain. Di usianya yang masih muda gitu, anak-anak bakal enjoy banget main sama keluarga, teman-teman atau bahkan main sendiri sama mainan yang mereka punya. Kaya dulu gue waktu kecil sering banget main sendiri. Bikin ruang bermain buat anak di rumah jadi salah satu solusi yang tepat buat kalian yang pengen ngeliat tumbuh kembang anak makin pintar dan cerdas tiap harinya. Ga dipungkiri cara belajar anak yang paling bagus adalah dengan bermain. Lewat bermain anak bisa mempelajari sesuatu yang baru.



Bikin ruang bermain yang menyenangkan buat anak punya fungsi tersendiri buat pertumbuhan anak. Bikin aja ruang bermain yang ga cuma dipake buat sarana main, tapi juga jadi sarana untuk belajar. Selain itu, area bermain ini juga bisa dipake buat tempat ngumpul keluarga biar keharmonisan tetap terjaga. Nah kan? Jadi tau pentingnya bikin ruang khusus buat main di dalam rumah. Berikut beberapa cara gampang bikin ruang bermain untuk anak di rumah sederhana kalian.

Memilih ruangan

Kalo pengen bikin area bermain buat anak di rumah, perhatiin ruangan yang bakal kalian pilih. Ada dua pilihan yang cocok buat bikin area bermain ini. Kalo kalian punya rumah yang ukurannya luas, bikin aja ruangan khusus buat main anak. Ini bisa jadi pilihan yang tepat buat kalian. Pilh aja ruangan yang ada di sisi ruang keluarga. Biar kalian gampang buat ngeliat langsung dan juga lebih gampang ngawasinnya ketika mereka lagi main.

Alternatif lainnya bisa dengan ngegabung area bermain sama kamar tidur anak. Selain bisa menghemat ruangan di dalam rumah, kalian jadi lebih gampang ngontrol anak kalo lagi main di kamar. Fokus utama kalian adalah anak kalo arena bermain dibikin di dalam kamar. Selain itu, anak bisa langsung istirahat kalo udah cape main mulu. Gampang banget, kalian tinggal gendong dia ke tempat tidurnya.

Memilih desain interior yang tepat

Kalo udah milih ruangan yang tepat buat area bermain, selanjutnya tinggal nentuin desain interior ruang mainnya. Ini tahap paling dasar sekaligus paling penting buat ngedesain interior ruang bermain. Bikin desain dengan warna-warna cerah dan dekorasi yang nunjukkin kesan ceria dan menyenangkan di ruangan itu. Kalian bisa nambahin beberapa aksesoris kaya karpet bongkar pasang dan sebagainya. Hindari ngeletakkin aksesoris yang pecah belah. Gunakan hiasan atau hasil karya anak kalian untuk menghias ruang bermain itu.

Bisa juga pake tema kartun atau tokoh mainan yang disukain sama mereka, biar selalu ngerasa ceria waktu main sama kalian. Milih konsep desain interior di ruang bermain anak itu hal yang penting. Pilih desain yang sesuai sama kriteria anak kalian. Kalo anak kalian cowo pilih tokoh-tokoh superhero kaya Superman, Batman dan sebagainya. Atau pake aksesoris mobil-mobilan atau robot-robotan. Sebaliknya juga, pilih tema atau konsep princess kalo anak kalian perempuan.

Pilih mainan yang aman

Ngelengkapin mainan di ruang bermain anak tentu langkah yang bagus, karena bisa bikin anak ngerasa senang dan ceria. Tapi kalian harus jeli milih mainan yang bakal dibeli. Sebaiknya hindari mainan yang materialnya keras atau mainan yang berpotensi membahayakan. Biar bisa antisipasi anak kalian mainnya tetap aman.

Gunakan tempat penyimpanan mainan

Pake tempat penyimpanan mainan di area bermain anak kalian. Hal ini biar gampang ngatur mainan biar ga berantakan di lantai. Hindari menggunakan lemari yang ukurannya tinggi dan besar. Hal ini tentu akan mempersulit anak Anda untuk merapihkan atau mengambil mainannya. Kalo area bermain nyatu sama kamar tidur, jangan satuin lemari pakaian sama lemari mainan. Biar pakaian ga berantakan waktu anak ngambil mainannya. Ajarin anak untuk bisa nyimpen dan ngambil mainannya sendiri, dengan begitu ngelatih mereka jadi lebih mandiri.


Itu tadi beberapa tips mudah bikin ruang bermain dalam rumah sederhana kalian gaes! Utamakan selalu keselamatan dan kenyamanan anak saat main di rumah. Semoga bermanfaat buat kalian dan keluarga!

Artikel Terkait

Cara Mudah Membuat Ruang Bermain untuk Anak di Rumah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.