Perusahaan Ini Udah 79 Tahun Sama Kita. Tapi Kita Ga Sadar!

Pernah ga kalian mikir pabrik atau perusahaan apa yang bikin hidup kalian jadi seperti kaya sekarang? Misalnya waktu sekolah dulu, buku tulis yang paling terkenal apa? Pasti kalian bakal jawab "Sinar Dunia". Tau ga nama perusahaan yang bikin buku tulis itu? Ga tau pasti. Produknya terkenal, tapi yang bikin ga tau siapa.

buku sinar dunia
via sinarmas.com (sebelum diedit)

Padahal perusahaan yang bikin buku Sinar Dunia itu udah ada sejak 79 taun yang lalu. Umurnya bahkan lebih tua daripada kita-kita . Kalo manusia udah jadi kakek-kakek yang nikmatin hidupnya dikelilingin cucu-cucu yang imut. Tapi 79 tahun itu belum cukup ngebikin perusahaan sebesar Sinar Mas ngerasa puas.

Bukannya berhenti berkarya, malah semakin gede jaringannya. Bahkan sekarang Sinar Mas ga cuman fokus di industri kertas aja. Lebih dari itu, Sinar Mas justru ekspansi ke lini bisnis lainnya. Dari bisnis pulp, kertas, agribisnis dan pangan, energi dan infrastruktur dan masih banyak lagi lainnya.

Semua itu dikelola Sinar Mas secara independen dengan sejumlah produk dan layanan. Kegiatan ini ngelibatin lebih dari 380.000 orang karyawan yang semuanya anak bangsa. Udah hampir sama kaya penduduk 1 provinsi! Banyak banget! Goks!

Kontribusi Sinar Mas di Indonesia

Walaupun keliatannya Sinar Mas menguasai hampir seluruh area bisnis di Indonesia, tapi  mereka juga ngaish kontribusi gede buat Indonesia. Selain mempekerjakan anak bangsa di perusahaan-perusahaan mereka, Sinar Mas juga komit sama praktik bisnis berkelanjutan. Contohnya aja kelestarian lingkungan dan kesejahteraan sosial. 

Dari semua pilar bisnis SInar Mas, yang tergambar adalah pengelolaan komodistas serta layanan yang jadi kebutuhan utama masyarakat. Keliatan kan? Udah dari SD kita deket secara ga langsung sama produk-produk mereka. Tapi kitanya aja yang ga tau.

konservasi lingkungan, lahan gambut
via sinarmas.com

Di tahun 2010 salah satu anak perusahaan Sinar Mas, PT SMART membuat keputusan penting. Pada tahun itu mereka sepakat buat nutup perkebunan kelapa sawit mereka yang ada di lahan gambut. Seperti yang kita tau, lahan gambut di Indonesia itu salah satu tempat untuk nyimpan gas emisi biar ga terlepas ke udara. Indonesia jadi yang terbesar dalam hal ini.

5 tahun kemudian, Sinar Mas membentuk Proyek Ekosistem Gambut di PT. Agro Lestari Mandiri (AMNL) di Kalimantan Barat. Tujuan dibentuk itu biar bisa lebih cepat mencegah terjadinya kebakaran gambut di masa depan. Biar kita ga kena "musim kabut" terus tiap kemarau nongol.

Mungkin ini cuman sebagian kecil kontribusi SInar Mas buat indonesia. Tapi kalian bisa langsung kepoin akun-akun sosmed mereka biar tau lebih jelas, Kalo di twitter sama instagram lu pada bisa cek akun @sinar_masid. Atau masih aktif di Facebook bisa Fans Page-nya Sinar Mas di SinarMasID

79 Tahun Sinar Mas dan #SM79

via dianravi.com

Dalam memperingati HUT Sinar Mas yang ke-79 ini, mereka ikutan acara Trade Expo Indonesia 2017 di ICE BSD dari tanggal 11-15 Oktober. FYI aja nih, ICE sama BSD itu juga salah satu pilar bisnisnya Sinar Mas Land loh gaes! Kalian bisa ke sana samperin booth-nya Sinar Mas kalo pengen tau lebih banyak sama perusahaan ini.

Buat kalian yang ga tau, Trade Expo Indonesia atau TEI 2017 ini salah satu ajang pameran dagang tahunan terbesar di Indonesia. Acara ini diselenggarain sama Kementrian Perdagangan Indonesia. Gimana ga? Pesertanya aja ada 300 lebih produk dan jasa yang dipamerin.

300 item tadi terdari dari 7 zona produk unggulan dan potensial Nasional. Dari zona furniture and furnishing, fashion, craft and creative products, premium products, strategic industries, manufacturing products and services, food and beverages, sampe province premium products.

Perusahaan ini ngerayain ultahnya juga di sosial media. Pake tagar (hastag) SM79 (#SM79) yang menandakan inisial dan umur perusahaan kalian bisa cek kemeriahan dan info aja yang ada di sosial media. Siapa tau kalian penasaran sama acara ini tapi ga bisa datang langsung, bisa cek tagar itu aja.

Harapan gue di umur Sinar Mas yang udah menginjak 79 tahun ini, kontribusinya semakin nyata buat Indonesia. Dan kontribusinya bisa bermanfaat untuk rakyat Indonesia secara merata dan menyeluruh. Amiin.

Artikel Terkait

Perusahaan Ini Udah 79 Tahun Sama Kita. Tapi Kita Ga Sadar!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.