Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

Tahukah ibu? Salah mengkonsumsi makanan bisa bikin ibu kekurangan nutrisi, bahkan bisa ngebahayain kesehatan ibu dan juga calon buah hati. Ga semua makanan boleh dikonsumsi sama ibu yang sedang hamil.

makanan ibu hamil 

Kehamilan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu. Sampai urusan makanan pun harus diatur. Ada beberapa daftar makanan yang wajib dikonsumsi sama ibu hamil. Makanan sehat buat ibu hamil ini penting banget, secara ada 2 nyawa yang mesti dipenuhin asupan gizinya.

Makanan buat ibu hamil muda atau enam bulan pertama ( trimester pertama dan kedua), sebaiknya mengandung sekitar 2.000 kalori per hari. Untuk jenis makanan, wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 10% kalori dari protein, 35% kalori dari lemak, dan 55% sumber kalori lainnya dari karbohidrat. 


Disamping makanan Ibu hamil, harus diperhatiin juga sumber kalori dari makanan sehat untuk Ibu menyusui. Makanan tersebut juga harus mengandung lebih banyak zat besi, kalsium, vitamin A, B dan C, folat, magnesium, selenium (yang diperlukan untuk kelenjar tiroid) dan seng. Semua nutrisi ini bisa ditemuin dalam produk segar dan protein.

Makanan yang baik buat ibu hamil trimester pertama yaitu pisang, kacang-kacangan dan sayuran. Pisang baik dikonsumsi buat ibu hamil timester pertama karena bisa ngurangin mual yang biasanya dialamin ibu hamil muda tiga bulan pertama. Pisang adalah sumber vitamin B6 yang tinggi (membantu mengatasi morning sickness). Selain itu pisang juga ada serat, vitamin C, asam folat dan potasium. 


Sebagian besar dari kita tau kalo kacang-kacangan itu sumber protein dan serat, oleh karena itu kacang selama kehamilan bakal ngebantu ngatasin sembelit. Hampir 40 persen wanita hamil bakal jadi sembelit selama kehamilan. Penyebabnya meliputi tekanan rahim yang semakin besar, hormon progesteron yang bikin lambat gerak pencernaan, dan suplemen zat besi. Kacang juga salah 1 sumber makanan yang kaya akan asam folat dan zat besi. 

Bayam, sayuran hijau yang satu ini baik buat dijadiin makanan ibu hamil muda karena banyak mengandung asam folat. Asam Folat yang memadai diperluin buat awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang). Selain itu Bayam juga punya serat, mangan, besi, vitamin A, C dan K. Habis ngelahirin nanti, jangan lupakan cara diet yang baik buat tubuh yang selalu sehat.

Artikel Terkait

Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.