Bisa Masak Adalah Cita-Cita Yang Belum Tercapai

Makan itu salah satu kebutuhan manusia yang wajib banget dipenuhin. Makanya kalo telat makan dikit aja selalu ngerasa ada yang ga beres. Entah itu bunyi sumbang dari dalam perut, atau pedih yang menusuk-nusuk seolah ada belati yang bergerak dalam perut. Oleh karna itu makan adalah salah satu hal fundamental manusia yang diwariskan turun temnurun dari nenek moyang pendahulu kita.

bisa masak

Tujuan diwariskan adalah agar anak dan cucu kita nanti tau makan adalah bagian penting dari hidup kita. Makan adalah budaya, adat istiadat, tanda sebuah bangsa yang beradab. Dari meliat cara dia makan, kita bisa tau dia dari daerah mana.


Kalo dia makannya nasi, pasti dia orang Asia. Kalo dia makannya roti pasti dia orang Eropa. Kalo makannya temen pasti dia bukan orang. Eh orang bukan sih?


Halah mbuh! Gue ga bisa bahasa-bahasa tingkat tinggi kaya gitu. Badan gue kecil, takut ketinggian. Orang juga ga akan percaya kalo gue bisa bikin bahasa kaya begitu. Jadi kita bahasa yang santai aja ya.

Intinya semua orang perlu makan. Semua tanpa terkecuali. Jadi bersyukurlah kalian yang dikaruniai hidup yang ga perlu susah untuk nyari makan. Kalo kalian mungkin ada yang bingung mau makan dimana, saudara kalian yang lain mungkin lagi bingung gimana caranya perut mereka tetap terisi.


Alhamdulillah gue hidup di keluarga yang ga berlebih tapi cukuplah untuk bisa makan sekeluarga. Karna gue hobinya makan kadang suka bosen sama makanan yang itu-itu aja. Pengen berkreasi sendiri tapi ga bisa masak. Aneh ya, hobi makan tapi ga bisa masak. Sama aja hobi tidur tapi begitu bangun berasa kurang tidur mulu.


Mungkin karna faktor kebiasaan dimasakin juga kali, ya. Jatohnya malah jadi males buat belajar masak sendiri. Padahal waktu ngekos itu seharusnya waktu yang paling tepat buat belajar masak. Secara jadi anak kosan harusnya pinter ngirit uang jajan. Tapi ga juga tuh, gue tetep aja makan di luar. Cuman di awal ngekos doang yang masih suka masak di dapur kos.


Anyway, gue punya mimpi bisa punya rumah sendiri. Biar gue setidaknya bisa lepas dari tanggungan orang tua. Setidaknya gue bisa jadi anak yang lebih mandiri lah. Jadi gue punya kesempatan lebih banyak untuk kenal apa yang ada di dalam diri sendiri.


Selama ini gue masih berusaha mencari apa yang paling bisa gue lakuin. Siapa tau dengan punya rumah sendiri gue bisa nemuin hal itu. Entah itu bisa masak atau yang lainnya. Yang jelas gue ngerasa lebih bisa mengeksplor diri sendiri kalo udah lepas dari tanggungan orang tua.


Gue pengen belajar masak, belajar gimana cara menata dapur minimalis. Belajar ngebersihin rumah yang baik. Gimana ngatur jadwal buat beres-beresin rumah. Banyak bangetlah yang masih pengen gue pelajarin.


Balik lagi soal makan tadi.


Dengan bisa masak, gue jadi bisa punya cara lain menghargai sebuah makanan. Apalagi kalo bisa masak makanan yang enak hasil buatan sendiri. Wah pasti surga dunia banget itu. Siapa tau bisa buka warung makan atau malah jadi chef.


Sering liat Raditya Dika yang bisa masak gitu jadi inspirasi gue buat bisa kaya dia. Walaupun dengan skala yang masih sederhana aja. Dia levelnya udah beda coy! Kelas elite mainannya masakan mahal. Gue masih level masakan kampung aja. Maklum lidah masih udik, belum terbiasa sama masakan mahal.

Sejauh ini makanan elite yang pernah gue makan cuman spagetti sama pizza doang. Selebihnya pecel lele sama ayam geprek. Tapi tiap ketemu ayam geprek yang rasa asinnya lebih nendang daripada pedesnya gue langsung ilfil mau makan. Dan lauk andalan gue: Intalu Masak Habang (bahasa banjar: Telur Masak Merah). Apalagi kalo telurnya dimasak agak kehitaman gitu warnanya, wah itu udah juara banget rasanya deh!

Udah ah ngomongin makan mulu jadi laper.

Artikel Terkait

Bisa Masak Adalah Cita-Cita Yang Belum Tercapai
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.