BAPANDIRAN BLOG EXTENDED VERSION

Alhamdulillah akhirnya selesai sudah acara Bapandiran Blog tahun ini. Bapandiran Blog yang pertama di tahun 2017. Bertepatan dengan peringatan Hari Blogger Nasional, yang sebetulnya dirayakan pada 27 Oktober 2017 ini.



Pada tanggal itu pula Komunitas Blogger Banjarmasin, Pena Blogger Banua merayakan hari jadinya yang ke- 4. Sebagai ketua yang baru, bukan hal yang gampang untuk membawa komunitas ini untuk terus bergerak. Perlu perjuangan bersama untuk bisa terus maju dan berkembang.


Anggaplah tulisan ini sebagai ucapan terimakasih saya dan evaluasi acara ini dari sudut pandang saya.

Paparan Materi

Salah satunya adalah menyelenggarakan acara Bapandiran Blog ini. Dengan menyelenggarakan acara ini, secara tidak langsung akan sekaligus meningkatkan kepopuleran komunitas ini dalam skala lokal. Setidaknya bisa diliat dari teman-teman yang datang kebanyakan adalah muka-muka baru.


pemateri
via dokumentasi Bapandiran Blog 2017

Untuk saya sendiri tentu masih merasa banyak kekurangan dalam acara ini. Terutama dalam hal penyampaian materi. Seperti kata teman-teman yang ngeliat cara saya menyampaikan materi, temponya masih terlalu cepat. Saya juga ngerasanya gitu sih. Masih ada beberapa penyampaian materi yang masih kurang padat.

Apalagi pendalaman soal tema pada acara masih kurang begitu detail pembahasannya. Untungnya ada Rima Anjani yang bisa menambahkan lebih banyak soal tema di acara itu, Bijak Bersosial Media.


Di dalam materi saya juga masih ada beberapa hal yang tertinggal untuk disampaikan. Misalnya masalah etika ngeblog yang seharusnya di sana ada membahas tentang copy paste artikel orang tanpa izin, dan juga pendalaman pada poin "Menjunjung tinggi kebebasan dalam menulis tetapi tetap menghormati hak orang lain".


Hak orang lain seperti apa yang dimaksud? Kalo menurut saya sih misalnya saja ada orang yang sedang mencari suatu info, kemudian dia ketemu dan ternyata ga sesuai faktanya. Itu udah mencederai hak orang lain, dalam hal ini adalah untuk mendapatkan informasi yang benar dan sesuai dengan fakta.


Dalam konteksnya bjiak bersosial media maka orang lain berhak mendapatkan informasi/tulisan yang bukan fitnah atau hoax. Setiap orang punya hak yang sama untuk mendapatkan kebenaran sesuai dengan faktanya.



Afiliasi Dengan Blogger Banua


1 hal krusial yang terlupa dari saya adalah untuk menjelaskan bahwa Pena Blogger Banua (untuk selanjutnya akan disingkat PBB) masih 1 payung dengan Blogger Banua (untuk selanjutnya akan disingkat BB). Harusnya penjelasan ini dimasukkan ketika saya memaparkan komunitas blogger di Banjarmasin.


blogger banjarmasin


Sayangnya justru kelupaan saat menjelaskan hal lain. Yang terjelaskan hanya perbedaan blogger banua dan pena blogger banua. Dan sebenarnya, ada juga anggota BB yang termasuk ke dalam anggota PBB. Sementara yang cukup jarang terjadi adalah anggota PBB yang ikut menjadi anggota BB.

Mohon maaf sekali kepada anggota BB yang berhadir pada acara tersebut. Bukan berarti mengecilkan peran BB sebagai induk komunitas PBB, tetapi ini murni kekhilafan saya sebagai penyaji materi yang lupa menyampaikan hal ini.

Seremonial Ultah

Ini rada awkward sih. Seharusnya perayaan ultah ini dirayain internal aja. Tapi kami pengen untuk dirayain sama-sama peserta plus undangan yang datang di acara Bapandiran Blog ini. Pengennya dirayain sama Ketua Blogger Banua, Founder PBB, Pimred Badangsanak.com, perwakilan dari duta damai, undangan + perwakilan dari peserta yang datang.


via dokumentasi acara

Tujuannya agar terjalin keakraban antara komunitas dan antar sesama pegiat sosmed yang hadir di acara itu. Pada eksekusinya hanya saya yang ada di tengah-tengah bersama dengan nasi tumpeng yang bingung hendak dibagikan kepada siapa potongan pertamanya. Awkward sekali hahaha.

Mungkin kedepannya konsep seremonial ini akan lebih kami matangkan lagi. Agar kawan-kawan semua yang hadir turut lebih merasakan menjadi bagian dari komunitas blogger Banjarmasin. 

Sinergi Antar Sesama Komunitas Blogger

Walaupun komunitas Blogger Banjarmasin ada 3 pemain utama, bukan berarti semuanya bersaing untuk jadi yang terbaik. Harapan kami adalah ke 3 pemain ini bisa bersinergi untuk berkembang ke arah yang lebih baik bersama-sama.

komunitas blogger
via dokumentasi acara 

Dan bukan berarti jika sudah bergabung di komunitas yang satu lalu kemudian tidak boleh bergabung ke yang lain. PBB membebaskan anggotanya untuk menjadi anggota komunitas blogger yang lain. Hal ini dalam rangka membantu mereka untuk semakin berkembang.

Karena memang pada awalnya anggota PBB pun berasal dari anggota BB. Jadi akan sangat aneh ketika kami melarang anggota PBB untuk bergabung dengan komunitas yang lain. Sementara asal muasal PBB sendiri adalah dari komunitas yang lain juga.

Dengan bergabungnya anggota PBB di komunitas yang lain, kami yang di PBB bisa belajar juga dari mereka. Siapa tau ada teknik atau ilmu kepenulisan yang belum kami dapat justru ada di komunitas yang lain. Jejaring sesama blogger di Banjarmasin juga akan semakin meluas dengan adanya sinergi seperti ini.

* * *
Dengan berbagai evaluasi ini saya harap ke depannya acara Bapandiran Blog semakin sempurna dan semakin berkualitas dari segi materi. Jika ada saran atau kritik untuk acara ini dipersilakan bagi kawan-kawan yang pengen bersuara. Ga perlu ragu karna ini demi kemajuan komunitas bersama.

Selain itu, semoga saja Pena Blogger Banua bisa berkolaburasi dengan komunitas lain untuk membuat sebuah event atau karya positif bertemakan anak muda. Akan lebih baik lagi jika karya yang dibuat bertema lokal dan bisa diterima oleh skala nasional. 

Terakhir, harapan saya pribadi adalah agar komunitas PBB bisa menjadi salah 1 komunitas yang bisa diperhitungkan keberadaannya di kota Banjarmasin dan khususnya di Kalimantan. Tentunya tak lepas dari dukungan kawan-kawan semua agar bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Terimakasih.
Salah khilafnya mohon maaf.
Assalamualaikum.

Artikel Terkait

BAPANDIRAN BLOG EXTENDED VERSION
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.