Konten Positif

Gue haus akan ilmu, karna itu setiap ada kesempatan untuk dapetin ilmu baru selalu dicoba ikut. Karna pada dasarnya gue selalu tertarik sama hal-hal baru. Tapi gue harus suka dan minat sama hal itu. Baru gue bisa tertarik buat mendalami sesuatu.

Beberapa waktu yang lalu gue sempet ikutan interview untuk rekrutmen pelatihan Duta Damai Dunia Maya dari BNPT. Kenapa gue mau ikutan? Alasannya sederhana aja: penasaran. Kebetulan karna gue minatnya di sosial media dan dunia maya, adanya acara ini bisa jadi batu loncatan gue untuk punya ilmu yang lebih banyak soal dunia maya.

konten positif, duta damai dunia maya


Mas Yoga (kalo ga salah) yang nge-interview gue ngasih tau tujuan dibentuknya acara Duta Damai Dunia Maya ini. Mungkin buat kalian yang udah pernah ikutan ga asing lagi ya. Tapi buat gue acara ini awam banget. Dijelasinlah panjang lebar sama Mas Yoga.

Sebenernya penjelasan ini udah dikasih tau waktu sosialisasi di jam-jam awal interview. Karna jam interviewnya bentrok sama jam kerja gue, jadilah datang ke venue pas udah mau abis jam interviewnya . Untung masih sempet datang.

Jadi singkatnya Duta Damai Dunia Maya itu dibentuk sama BNPT untuk mengimbangi konten negatif yang tersebar di dunia maya. Bukan meng-counter ya. Percuma di counter pasti diserang balik sama "serdadunya". Wong udah terbukti kok kalo ada sindikat pembuat konten negatif.


Nah DDDM ini tugasnya adalah ngimbangin konten negatif tadi sama konten-konten positif. DDDM akan "membanjiri" dunia maya sama konten-konten positif, biar konten negatifnya ketindih dan ga terangkat ke permukaan lagi. Bagus banget kan misinya?

Perlu dicatat kalo gue ngomong konten negatif barti udah mencakup semua hal. Entah itu postingan/gambar hoax, ujaran kebencian, radikalisme, SARA dan hal-hal negatif lainnya.

Misi DDDM ini sesuai banget sama tujuan gue selama ini. Gue pengen banget memerangi persebaran konten-konten negatif. Gue ga cuman benci sama hal kaya gini, tapi takut juga kalo-kalo keluarga terdekat yang ikut jadi korban. Kalo kalian baca tulisan gue sebelumnya pasti tau mama pernah jadi korban postingan hoax kaya gitu.

Menurut pehamanan gue konten positif itu ga cuma postingan yang berbobot dan bermanfaat. Konten positif juga termasuk tulisan yang ga sekadar "nyampah" di dunia maya. Bisa jadi beberapa atau mungkin banyak tulisan di blog favorit ini isinya sampah. Tapi menurut gue sih dijadiin pelajaran aja dan juga biar tau proses blogging selama ini udah sejauh apa.

duta damai dunia maya, konten positif
logo via dutadamai.id

Membentengi diri sendiri sama konten negatif itu perlu. Tapi gimana caranya meyakinkan keluarga terdekat kita untuk punya sugesti yang sama? Pasti sulit kan? Nah daripada capek-capek ngejelasin sampe mulut berbusa, mending langsung beraksi aja.

Gue pernah baca kutipan entah dimana lupa. Kalo ga mau nambahin masalah, setidaknya gausah jadi bagian dari masalah. Tapi menurut gue lebih baik bertindak untuk nyelesein masalah daripada sekadar menghindar. Kaya yang pernah gue tulis soal bosen nonton dan pengen masuk dunia broadcasting

Sebenernya tugas yang kaya gini ga cuman kerjaan DDDM aja. Semua orang yang terlibat di dunia maya harusnya tau dan ngerti untuk selalu nyebarin konten-konten yang berfaedah. Kalo cuman ngandelin DDDM gue rasa ga akan sanggup juga.

Semakin banyak konten positif yang disebar diharapkan bisa meredam laju persebaran konten negatif itu. 

Sebenernya cara ini udah gue lakuin semenjak tau sosial media dan nulis di blog ini. Setidaknya berhati-hati sama konten-konten yang ada di internet. Kadang gue juga kasih info melalui tulisan di blog tentang bahaya info hoax dan tips menghindari konten hoax. Karna ga semuanya bisa dipercaya. 

Dari kuliah udah diajarin sama dosen gue untuk ga langsung percaya sama apa yang lo liat, baca atau denger. Lu harus ngebiasain diri untuk mencari tau kebenarannya sendiri. Atau minimal lu punya 2 sumber dari apa yang lu liat/baca/denger tadi. Ternyata punya rasa curiga itu ga selamanya merugikan, ya.Gue jadi lebih waspada sama apa yang diliat, baca, dan denger di sekitar.

Biasakan untuk selalu nyebarin info yang bisa dipertanggung jawabkan. Lu ga mau kan kalo ada yang ngelaporin postingan lu atas tuduan penyebaran fitnah dan pencemaran nama baik. Amankan diri sebelum tercyduk!

Oleh karna itu doain gue dan temen-temen lainnya bisa lolos di seleksi untuk Duta Damai Dunia Maya 2017 kali ini. Karna kalo lolos dan bisa ikut pelatihan artinya kami akan punya banyak kesempatan untuk bisa bikin konten positif lebih baik lagi. Dan biar kalian di luar sana yang juga takut sama konten negatif ga terganggu lagi sama postingan yang aneh-aneh.

Artikel Terkait

Konten Positif
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.