Google Adsense Bukan Dewa

Udah jarang gue nulis tentang blog, ya. Bukan males, tapi karna emang masih belum punya ilmu yang cukup soal ini. Daripad dibilang sotoy sama master-master yang lain, gue lebih memilih mendalami dulu.

Walaupun udah hampir 4 tahun ngeblog tapi gue ngerasa dunia blogging ini masih terlalu luas. Masih banyak banget hal yang belum bisa gue kuasai. Misalnya SEO content, content writer, copy writer, ataupun dalam hal monetasi blog pribadi.

google adsense
logo google adsense via seeklogo.net

Meskipun udah sering dijelasin sama mastah-mastah blogger entah langsung atau sekadar sharing online tetep belum ngerti. Gue ga puas sama penjelasan mereka karna masih penasaran. Kaya ada yang ngeganjal di hati gitu. Kalo udah kaya gitu, barti emang belum sepenuhnya gue puas sama jawabannya.

Bicara soal penasaran, gue masih bingung kenapa sampe sekarang masih belum bisa daftar Adsense buat blog favorit ini. Padahal postingan udah banyak, gambar udah dikasih alt text dll dkk, tetep aja ga tembus. Apa yang salah ya? Gue udah tanya ke sana kemari sama mereka yang blognya udah bisa lolos adsense, udah gue lakuin juga apa kata mereka, tetep aja zonk!

Gue pun akhirnya pasrah dan ga berharap terlalu banyak. Lagian kalo blog personal kaya ginikan visitornya juga ga terlalu banyak kaya blog-blog ber-niche spesifik. Udah pasti kalah saing.

Beberapa waktu yang lalu, si Nuka dan gue berinisiatif buat bikin LINE SQUARE blogger. Sebenernya iseng aja bikin karna pas dicari di situ belum ada LINE SQUARE buat blogger. Akhirnya dibikin sama Nuka. Namanya "Blogger Nusantara" kalian bisa cek di sana, membernya masih dikit tapi lumayan buat permulaan.

Setelah sekian lama square itu dibuat mulai banyak member yang masuk. Tapi anehnya yang masuk room chat Blogger Pemula adalah orang-orang yang udah profesional di dunia blogging. Padahal tujuan awal kami bikin LINE SQUARE di situ adalah untuk belajar ngeblog dulu.

Ternyata yang masuk kebanyakan orang-orang yang kemakan "iklan" kalo ngeblog bisa langsung dapat duit, melalui google adsense.

Ini persepsi yang salah! Karna kalo kalian ngeblog, ga serta merta ujug-ujug langsung bisa dapet duit. Tanyain aja sama semua blogger yang udah dapet duit dari hasil ngeblog. Ga ada yang instan. Kalo pun ada udah pasti instan juga ilang duitnya, karna ilegal.

Parahnya lagi, member di situ justru semakin songong dengan ngiming-ngimingin penghasilan mereka yang udah ratusan dollar dari Google Adsense. Padahal bukan itu intinya. Semua uang dan segala hal berbau materialistis itu bermula dari sebuah proses panjang. Apalagi ngeblog, ga ada blog yang baru 1 postingan udah langsung ngehasilin duit, ga ada.

Maksud gue, blogger profesional itu ga usahlah ngasih yang muluk-muluk sama blogger pemula. Pake ngasih tau penghasilan dari Adsense segala macam, ga ada faedahnya. Fokus ke situnya nanti dulu. Ada saatnya tapi bukan sekarang. Mending diajarin gimana caranya bisa bkin blog yang bisa disetujui sama Google Adsense buat jadi partner mereka. Biar lebih berfaedah dikit.

Kalopun mau ngasih yang muluk-muluk juga, ngajarinnya jangan tanggung-tanggung. Langsung turunin ilmunya ke newbie biar mereka dibimbing langsung sama ahlinya. Kalo cuman ngasih tau berapa penghasilan doang mah Valentino Rossi juga bisa kaya gitu.

Sebenarnya banyak cara untuk dapat uang dari blog. Google Adsense itu cuma 1 dari sekian banyak cara nyari uang dari blog. Kalo menurut pemahaman gue, mending fokus di konten aja dulu. Soalnya gue sendiri ga terlalu ngerti konten SEO (Search Engine Optimation).

Terus gimana kalo ga ngerti bikin artikel SEO? Solusinya bikin artikel yang original dan berkualitas! Yang banyak dibaca dan dishare ke sosmed. Google suka artikel kaya begitu, meskipun SEO-nya ga ada, tapi kalo dia ngeliat artikelmu berpotensi passti diangkat ke urutan paling atas. Terlebih lagi ketika ada orang nyari kata kunci yang berhubungan sama artikelmu.

Semakin sering artikelmu nongol di halaman depan pencarian Google, semakin banyak orang yang bakal berkunjung ke web/blogmu. Meskipun artikelmu cuman punya 1 kata kunci yang dicari, tapi karna kualitas artikelmu lebih baik daripada yang lain, Google lebih memprioritaskan artikelmu.

Jadi seiring dengan makin banyaknya orang yang berkunjung ke blogmu, otomatis traffic blogmu juga bakal meningkat. Nah dari situ aja udah bisa dimonetasi sebenernya. Meskipun masih ada proses lain yang harus dijalani.

Kalo udah bisa konsisten bikin artikel berkualitas kaya gitu, baru deh sedikit-sedikit belajar monetasi blog kalian. Tapi ingat! Sebelum memonetasi pastiin blog kalian bukan blog yang melanggar aturan dan ketentuan yang udah ditentuin sama Google. Perlu diingat Google ketat banget nyeleksi blog yang bakal jadi partner iklan mereka. Sekarang daftar Google Adsense ga segampang dulu. Jadi kesempatan buat diterimanya lebih kecil.

Tapi menurut gue konsistensi aja belum cukup. Mesti disiplin juga. Kalo emang pengen blognya kalian pengen dikunjungin balik sama orang, barti kalian harus rutin update dong? Ya ga? Ga mesti update tiap hari juga, seminggu sekali udah cukup. Kuncinya itu rutin update. Gimana caranya? Ya disiplin nulis, ga ada cara lain. 

Ingat kata kuncinya: disiplin itu membebaskan

Trus gimana dong kalo ga diterima Google Adsense?

duit dari blog

Gaes.. namanya nyari duit dari blog itu ga cuman pake Google Adsense. Lagian gue suka heran deh sama manusia yang mendewakan Google Adsense sebagai jalan satu-satunya nyari uang di blog. Padahal selain Google Adsense itu masih banyak yang lain.

Blogger-blogger senior yang gue kenal ga selamanya ngerekomendasiin Google Adsense kok buat nyari duit dari blog. Karna mereka sendiri juga punya jalan lain buat nyari blog, ga sekadar mengharapkan Adsense. Apalagi konversi klik adsense buat negara Indonesia itu kecil. Ga kaya konversi di luar negeri.

Sepemahaman gue yang awam ini, kalo niche blog personal jarang bisa dapat duit dari Google Adsense. Kemungkinan diterima pasti ada kok, tapi tingkat konversinya yang rendah. Secara kalo blog personal kan jarang ada yang tertarget pengunjungnya. Dan jarang jualan juga sih. Google Adsense itu cocoknya buat blog yang nichenya lebih speisifik. Travel blog atau tekno blog misalnya.

Masih banyak kok cara lain, misalnya ikutan program afiliasi. Banyak brand-brand luar negeri yang ngebuka kerja sama afiliasi dengan blogger. Gue sih belum pernah ikutan, karna sadar diri aja, blogger personal kaya blog favoritmu ini belum tentu semua orang bakal mampir.

Tapi dari beberapa cerita orang-orang yang pernah ikutan afiliasi ini, uangnya ga sedikit lho! Artinya cukup menjanjikan juga asalkan kalian tau gimana cara memasarkannya. Tanya aja sama temen kalian yang blognya dipasangin link afiliasi ke brand luar, gimana pendapatannya.

Ada lagi cara ngehasilin duit dari blog selain Google Adsense, yang namanya Job Review. Sistemnya kaya tulisan berbayar. Kalian akan disuruh client nulis sesuai tema yang mereka minta/nulis artikel bebas tapi masukin keyword yang diminta sama client. Bagian paling asyiknya: kalian dibayar!

Jadi sama aja kaya nulis di blog pada umumnya, tapi tinggal tambahin keyword (kata kunci) sama link eksternal ke website yang ditarget. Udah deh, beres! Tulisan dapet, duit dapet. Gampang banget kan?

Mau yang lebih gampang lagi? Ada! Namanya job content placement. Artikelnya udah disediain sama client. Kalian tinggal edit seperlunya nyesuaikan sama gaya bahasa di blog masing-masing. Terus publish deh di blog kalian sebelum tenggat waktu yang ditentukan. 

Masih mau bilang kalo duit dari blog cuman Google Adsense? 3 contoh di atas itu semuanya kalian bisa dapatin kalo kalian konsisten bikin konten yang bagus dan berkualitas. Dengan sendirinya duit bakal "datang" ke kalian. Percaya deh, setidaknya gue udah ngerasain 2 diantara 3 cara itu.

Semoga kalian bisa cepet nyobain juga, ya. Dan ga perlu ngerasa beban kalo harus nulis tiap hari. Yang penting konsisten aja.

Ciao!

Artikel Terkait

Google Adsense Bukan Dewa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.