Ciri-Ciri Akun Palsu dan Cara Menghindarinya

Zaman digital ini semua orang gampang banget buat nyari duit. Entah itu dari ngeblog kaya gue dan temen-temen yang lain, atau bikin video di youtube, bikin desain grafis kaya temen-temen yang doyan bikin vector art dan sejenisnya di instagram, atau bahkan nipu.

ciri akun palsu 

Gue mau bahas yang terakhir aja. Karna menurut gue itu hal yang paling beresiko saat ini ada di internet. Selain prostitusi online tentu saja. Itu udah jelas beda konsepnya. Atau kalian mau gue bahasin itu juga? Yang ini aja dulu, ya.

Penipuan online sekarang ini makin marak. Yang paling ringan kaya nipu buat dapat perhatian alias caper. Tapi kadang dari beberapa kasus yang gue liat capernya malah ga tanggung-tanggung. Bisa kaya manusia halu yang berkhayal tingkat tinggi gitu.

Yang sedang misalnya yang pernah dialamin sama Bayu SKAK beberapa waktu lalu. Dia dapet gebetan cantik banget di instagram. Udah kenalan lama tapi belum pernah ketemu. Radit yang curiga langsung investigasi asal muasal cewe itu. Ternyata bener dia pake foto profil orang lain. Dia cuman kurang kasih sayang dan minta diperhatiin sama orang lain. Kalo kata Bayu sih dia ga rugi apa-apa toh dia cuman jadi tempat berkasih sayang itu cewe. Lebih lengkapnya kalian cari aja di youtubenya Bayu SKAK yang judulnya "Hati-Hati di Internet".

Ada lagi yang lain. Penyebar info dan gambar hoax. Menurut gue ini juga penipuan. Tapi mereka ga nyerang finansial orang lain. Dia nyerang ideologi dan kesamaan persepsi negatif terhadap 1 orang/pihak. Orang-orang ini nyebarin info hoax melalui akun-akun dan website-website abal-abal. Menariknya, orang selalu percaya sama berita semacam ini. Padahal kebenarannya belum tentu bisa dipertanggung jawabkan.

Yang paling licik sih penipu yang memanfaatkan orang-orang yang baru melek internet. Mereka tau yang baru melek internet itu punya info yang masih sedikit soal sosial media. Penipu ini memanfaatkan information gap antara orang lugu itu sama dunia internet. Pertama yang ditipu adalah kepercayaan, lalu lama-lama dikuras habis harta bendanya. Bahkan bisa jadi nyawa.

Lalu gimana kita bisa menghindar dari hal-hal semacam ini? Sementara internet itu semacam samudra yang kita ga tau ujungnya ada dimana. Salah arah bisa-bisa kita kebawa arus negatif internet.

Gue coba untuk ngasih beberapa info dan tips yang bisa kalian praktikkan biar kalian makin waspada sama penipu di internet.

Foto Profilnya Pake Muka Cewe Cantik/Sexy

Ini yang paling banyak gue temuin. Bahkan hampir di semua sosmed yang gue pake, ada akun beginian. Penipu online ini tau banget orang-orang yang make sosmed, terutama laki, pasti nyari akun cewe cantik. Dia manfaatin celah itu untuk meraup keuntungan buat diri sendiri. 

Modus yang paling umum itu modusnya buat nyari followers. Biasanya gini: Postingan awal-awal ngasih foto-foto cantik dan sexy dulu. Trus sekitar sebulan kemudian itu akun bakal berubah jadi akun online shop. Lu pasti pernah ngerasa aneh ngeliat akun yang nongol di timeline, padahal sebelumnya lu ga pernah merasa ngefollow itu akun. Nah itu!

Tapi ga semua akun kaya begini modusnya. Emang kadang ada juga yang suka posting foto sexy, tapi itu murni karna dia emang model beneran. Dan emang dia yang punya akun. Banyak kok model-model yang make akun ig-nya buat pos foto-foto pemotretan mereka. Gue yakin sih dia ga nipu.

Cara Menghindarinya:

1. Pastikan kalo foto profile dan akun itu emang punya pemiliknya. Biasanya, sepengetahuan gue, akun penipu itu selalu ambil foto yang paling bening dan jernih buat dipake jadi foto profil. Dan koleksi fotonya rata-rata hasil dari sesi pemotretan/bukan selfie. Liat aja hasil upload an foto/albumnya gimana. Kalo rata-rata koleksinya kaya gitu, patut dicurigain kalo itu akun palsu. Biasanya sih jarang upload foto bareng keluarga atau temen-temennya. Fotonya selalu sendiri.

2. Trus liat timeline/feeds/recent updatenya, kalo di fb liat kapan pertama kali dia bikin akun itu. Atau liat sebanyak apa status yang dia buat. Kalo akunnya baru aja di bikin atau umurnya baru beberapa bulan, patut dicurigain kalo itu akun palsu. Kalo udah mulai pasang status "perlu duit" atau "need pulsa" alah! Udah tinggalin aja. Udah pasti penipu itu gue yakin. Masa perawatan muka cantik bisa tapi beli pulsa ga bisa? Yang bener aja?

Pakai Foto Selebgram

Biasanya foto cewe-cewe cakep lagi yang jadi korban. Dan emang mau narget cowo-cowo lugu yang punya nafsu tinggi di sosmed. Yang paling sering gue liat penipu online ini make foto selebgram @winnyputrilubis.

winnyputrilubis dipakai menjadi akun palsu

Emang sih si Winny itu cantik, tapi kentara banget mau nipunya itu lho. Followernya Winny itu 2,1 juta orang (per 11 agustus 2017) walaupun ga tau itu follower organik atau beli, ya. Kok mau sih make foto dia? Resiko ketauan nipunya gede loh! Kalo mau nipu ya cerdas dikit dong.

Cara Menghindarinya:

1. Semakin lama kalian masuk di dunia sosmed pasti kebaca kok polanya. Foto-foto di akun Winny itu udah seribuan lebih, jadi wajar aja banyak yang ngambil fotonya yang jadul-jadul dijadiin modal buat nipu orang lain. Jadi sering-seringlah ikuti perkembangan sosmed biar ga jadi orang yang lugu-lugu banget di dunia maya.

Yang ini rada di luar topik penulisan, sih. Tapi masih nyambung kok.

Seringkali gue nemuin akun temen-temen cewe di LINE ataupun aplikasi chat lainnya yang ngepos chatan temen laki yang baru dia kenal terus udah ngechat mesum. Lumayan banyak yang kaya gitu. Bikin malu kaum lelaki aja. Di sini gue coba kasih tau gimana cirinya dan gimana bikin jera makhluk-makhluk kaya gini.

SKSD

Biasanya mereka langsung SKSD begitu diconfirm sama cewe yang ditargetnya. Jadi kalian patut curiga sama makhluk kaya gini. Kalo kalian udah keliatan "ngeladenin" keramahan mereka, biasanya mulai pelan-pelan dimintain yang aneh-aneh. Tapi, modus kaya gini juga ga selamanya dilakuin. Kadang ada juga yang emang udah nafsunya sampe ubun-ubun terus pengen langsung ngajakin yang mesum-mesum. Tergantung kemampuan makhluk itu nahan nafsunya sampe mana.

Cara Menghindarinya:

Kalo udah ketauan gelagatnya ga baik, kalian bisa langsung blokir akunnya. Trus yang paling ampuh gue rasa sih pos aja status/timeline sosmed. Biar yang lain bisa waspada kalo ada akun mesum kaya gitu. Soalnya akun yang kaya gitu kalo menurut gue sih ga sedikit. Setidaknya itu yang gue liat selama main sosmed sejauh ini.

Kalian juga bisa gabung komunitas yang 1 hobi sama kalian. Biar bisa sharing pengalaman siapa tau ada yang digituin juga dan punya solusi ampuh. Karna bisa aja trik dari gue ini ga mempan buat sebagian makhluk mesum di luar sana. Jadi kalian mesti tetep waspada sama modus-modusnya.


* * *

Menurut gue ada baiknya kalo kalian gabung dikomunitas yang bermula dari komunitas online. Misalnya aja kaya Komunitas Blogger Banjarmasin. Walaupun kalian bukan asli Banjarmasin, tapi kalo domisili di sini dan hobi nulis bisa gabung juga. Komunitas ini juga punya website keroyokan, isi webnya itu ga jauh-jauh dari anak muda zaman sekarang. Website karya anak banua itu umurnya udah setaun lebih, udah banyak artikel tentang anak muda di sana, kalian bisa cek langsung.

Tulisan ini diikut sertakan dalam:


Artikel Terkait

Ciri-Ciri Akun Palsu dan Cara Menghindarinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

August 25, 2017 at 5:05 PM delete

Aku tunggu artikel yang ngebahas khusus prostitusi onlen-nya ya, Rad :3

Reply
avatar
August 25, 2017 at 10:26 PM delete

Anjeeeer hahahaha
Semacam menguasai dunia kaytu ih aku nih hahah kampret!

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.