Uluran Tangan Sangat Dibutuhkan untuk Korban Banjir di Aceh

Kalian tau ga kalo Indonesia sekarang lagi berduka? Soalnya banyak banget bencana yang terus menerus terjadi di beberapa daerah di Indonesia. kabar terakhir bilang kalo kota Serambi Mekah atau Aceh kena musibah bencana alam banjir bandang. Tercatat udah ada ribuan warga yang udah jadi korban dari musibah ini. Banjir di Aceh ini juga udah bikin kerugian materiil yang ga sedikit di sana.


Banjir di aceh

Bencana banjir luapan sampai banjir bandang sama longsor ini terjadi di 3 kabupaten. Yaitu di Aceh Timur, Aceh Tenggara sampai Aceh Barat. Luapan air sungai udah mengakibatkan 14 desa di 4 kecxamapatn Aceh Barat terendam banjir bikin 6.676 warganya jadi korban. 


Selain itu, ada juga 3 desa di 1 kecamatan Aceh Timur yang mengalami hal yang sama. Dengan jumlah korban sebanyak 208 jiwa. Namun kondisi yang paling parah dialami sama warga Aceh Tenggara dimana udah ada 2.821 warga yang jadi korban. Banjir bandang serta longsor udah memporakporanda pemukiman warga sehingga 14 desa di 2 kecamatan udah rusak. Dari info yang beredar, bencana tersebut udah mencatat sedikitnya 2 orang meninggal. Satu orang tua dan satu balita yang terseret arus banjir.

Diketahui kalo banjir bandang dan juga tanah longsor yang terjadi di Aceh Tenggara karena lemahnya mitigasi bencana di wilayah itu. Maraknya pembalakan liar serta pembukaan lahan di daerah pegunungan jadi faktor yang menyebabkan bencana alam tersebut. Selain itu, ada juga alasan lain mulai dari curah hujan yang tinggi, ilegal logging sampai topografis daerah tersebut.

Berdasarkan data sementara, kerugian yang ada akibat bencana alam ini disinyalir udah mencapai ratusan Miliar lebih. Dihitung berdasarkan dampak serta korban. Misalnya dampak pada sarana dan prasarana hingga korban jiwa. 


Dengan adanya bencana alam ini, tentunya kita semua yang diingatkan lagi untuk bisa selalu menjaga lingkungannya dengan lebih baik. Penanganan dalam hal ini juga diperlukan banget bantuan pemerintah biar nantinya akan semakin lebih baik.

Saat ini warga Aceh yang terkena dampak dari banjir ini udah diungsikan dan beberapa ada yang masih bertahan di dekat lokasi bencana. Kondisi mereka saat ini cukup memprihatikan mengingat butuh banget bantuan mulai dari makanan, pakaian, selimut, dan masih banyak lagi. Sekarang sudah banyak banget lembaga kemanusiaan yang bekerja sama dengan pemerintah untuk bisa ngasih bantuan kepada warga Aceh yang membutuhkan uluran tangan. 


Kalo kalian berniat buat ngasih bantuan, bisa mendonasikan sejumlah uang atau barang bermanfaat semampu kalian sehingga warga Aceh yang terkena bencana tersebut bisa lebih terbantu.

Artikel Terkait

Uluran Tangan Sangat Dibutuhkan untuk Korban Banjir di Aceh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.