Curhat Blogger Daerah

Beruntunglah kalian para blogger yang dilahirkan di ibukota. Karna masa depan dunia perbloggeran kalian setidaknya lebih jelas daripada blogger di daerah. Karna sepanjang yang gue tau, acara-acara yang ngelibatin blogger itu kebanyakan berpusat di Pulau Jawa. 

blogger daerah

Iri udah pasti. Kenapa kami, blogger-blogger daerah, malah minim perhatian dari mereka yang punya hajat? Padahal, potensi kami ga kalah menjanjikan daripada blogger-blogger ibukota. Memang hype-nya tak senyaring di sana, tapi kami selalu bergerak, kok. Kami hidup dan kami ada.

Kalo di ibukota sebulan bisa 4-5 kali ada acara yang ngundang blogger. Di Banjarmasin (Kalsel) 4-5 kali juga, dalam setahun. Saking jarangnya. Emang sih udah ada yang kenal sama kami, kalo mereka ada acara biasanya langsung ngehubungin. Tapi belum banyak brand yang kaya gitu di sini.

Gue pernah ngediskusiin hal ini ke grup blogger ibukota. Biar ga keliatan promosi, sebut saja depannya Warung belakangnya Blogger. Gue pernah lempar topik ini ke mereka. Dan tanggapannya macam-macam. Seru banget! Kaya diskusi gitu. Padahal iya.

Dari diskusi itu ada beberapa hal yang gue tangkap. Dan emang belum kami lakukan di sini. Di antaranya:

Internal Yang Solid

Sebelum "keluar" untuk promosi sama brand, internal anggotanya harus solid. Sering ngumpul, ada kegiatan off air yang dilakuin dan lainnya. Ga sekadar aktif di sosmed. Harus seimbang antara aktivitas offline dan online. Biar keliatan serius komunitasnya. Ga abal-abal, jadi brand percaya.

Ngumpulin Admin Sosmed/Selebgram/Selebtwit Lokal

Yang ini emang rada ga terorganisir, sih. Kami kenal sama beberapa admin akun berfollower berjibun di sini. Bukan Lambe_Turah, tapi lumayan lah kalo mau bikin "ngebakar timeline". Sayangnya cuman sekadar tau, ga difollow up jadi sumber daya yang baik buat promosi. Padahal kalo mereka ini digabungin, ga kebayang berapa banyak feedback yang bakal diterima sama brand yang diajakin kerjasama.

Buat Akun Sosmed

Sebenernya komunitas blogger Banjarmasin udah punya akun sosmed. Entah itu twitter, instagram, ataupun blog. Lumayan sering dipake buat media promosi acara sendiri atapun kerja sama. Biasanya sih kegiatan kemahasiswaan. Tapi karna terkendala kesibukan masing-masing, jad sekarang akunnya kaya mati suri. Update seperlunya aja. Ini yang gue rasa masih kurang. Padahal kalo bisa dimaksimalin, ga cuma acara sendiri atau yang lain bisa dipromoin tapi juga ngajakin temen-temen lain yang belum gabung ke komunitas.

Konsisten

Ini yang selalu jadi masalah di setiap komunitas. Susah buat konsisten. Termasuk kami. Karna kesibukan yang terus bertambah, kegiatan komunitas jadi sedikit terabaikan. Wajar, sih. Semuanya juga punya kegiatan masing-masing. Tantangannya di sini. Gimana sebuah komunitas bisa bikin anggotanya buat bergerak. Komunitas didirikan bersama-sama. Kalo cuman 1-2 orang yang gerak namanya bukan komunitas. Makanya harus selalu jaga kekompakan biar semangatnya terus terjaga.

* * *

Bukan berarti kami ngeblog karna pengen dapat goodie bag. Tapi kami pengen bisa dikenal kalo komunitas blogger itu bukan cuma ada di ibukota. Tapi ada di daerah juga. Dan kami punya potensi yang sama untuk berkembang.

Mungkin beberapa saran di atas bisa kita praktekin bareng-bareng. Ayo! Temen-temen komunitas blogger daerah yang lain, yang ngerasa senasib kaya kami, bangun sama-sama komunitasnya. Biar semangat ngeblognya selalu terjaga, ga cuman ngeblog karna ada acara aja.

Artikel Terkait

Curhat Blogger Daerah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

26 komentar

1 Mei 2017 20.50 delete

Setuju Mas, siapa saja berhak menjadi blogger, berkembang dan maju bersama :)
Aku sendiri kalau di rumah agak susah koneksi kalau ngeblog Mas. Terkadang untuk post aja susah, tapi kalau lagi di perantaun alhamdulilah bisa berbagi cerita :)

Reply
avatar
2 Mei 2017 14.55 delete

Kalo sinyal susah kaya gitu, solusinya nyetok draft aja banyak-banyak. Jadi bisa tetep update walaupun sinyal susah. Hehehe..

Reply
avatar
2 Mei 2017 16.21 delete

"Kalo di ibukota sebulan bisa 4-5 kali ada acara yang ngundang blogger"

beh ini bukan cuma di ibu kota, gue ikut komunitas blogger Jogja (KBJ) juga gitu, dan ini bener-bener menguntungkan di materi, mrka itu itu udah besar amanya jadi banyak banget brand brand gede yang minta kerja sama, dampak positifnya adalah para anggotanya kecipratan enaknya hehe, dari brand asuransi, makanan, butik bahkan pernah waktu itu dari MPR RI ngajakin semcam kopdar gitu, ini enak banget sumpah, acaranya di hotel bintang 4, dua hari dan kita nginep disitu (padahal rumah gue deket), dikasi makan berkali", terus pulang dikasi amplop yang duitnya bisa buat beli smaprtphone android sebiji, dan lo bayangin ada 200 orng yang hadir dan semuanya dpt amplop pas pulang, udah pasti itu acara yg gede bgnt kan?

Kenapa KBJ bisa ngadain acara gede kaya gitu? dapet tawaran kerja sama bejibun? krn manajemen internalnya bagus, pool, maksimal, anggota bejibun di grup FB walaupun kalo kumpul rutin tap minggu engga sampe 30 org, setau gue yg ngurusin acara segede itu cuma 3/4 org lho, beberapanya paling bantu pas hari H. Gue aja ga pernah ikut kumpul rutin, tapi alo KBJ ngadain acara gitu, gue daftar dan selalu kepilih hadir wkkw. point lain, Mereka juga open banget sama blogger yang even blogger itu engga ikut umpul rutin. maksudnya kalo mereka diajak bikin event sama brand mana gitu, mereka bakal umumin di grup fb dan semua orang berpotensi untuk ikutan,

yang penting menurut gue, internalnya harus solid dulu, itu penting banget, dan harus berani kerja, harus punya komitmen, karna lo kebayang ga event gede yang kopdar bareng MPR itu yg ngurusin cuma 3 orng, doang, tapi akhirnay jadi toh? nah anak muda sekarang banyakan kebalikannya , misalkan ngurus event lalu ngerasa kerja sendiri, ngerasa engga ada yg mau kerja, lalu dia ikut-ikutan engga mau kerja, lah akhirnay kaya gitu apa? yang lain mundur masa kita iktu mundur? engga ada yg maju maju dong, if you know what i mean rad hahaha. semangattt yaaa, blogger daerah juga bisalah majuuuuu

Reply
avatar
2 Mei 2017 16.22 delete

eh buset gue baru liat, ko koment gue panjang bngt, udah kaya bikin postingan aja kwkwk

Reply
avatar
3 Mei 2017 09.10 delete

Beruntunglah kalian wahai blogger yang pernah diajak brand2 untuk sebuah acara. Apalah daya gue yang masih blogger newbie. Hehe :D

Semoga kedepan bukan jawa sentris aja sih, gue juga berharap begitu. Mangat!

Reply
avatar
3 Mei 2017 09.20 delete

Goks! Barti ga cuman di Ibukota, ya. Jogja pun kecipratan.
Setuju, sih. Harus punya komitmen dan kesolidan dlu sebelum brand percaya mau kerjasama ke kita.

Tapi keren sih bisa kerjsama bareng MPR-RI gitu. Ga dapet duit gue juga mau itu mah. Kapan lagi ya kan? Jarang-jarang eksekutif merhatiin komunitas kaya kita.

Reply
avatar
3 Mei 2017 09.20 delete

Panjangin lagi juga gapapa kok. Asal sanggup ngetiknya aja hahahaha

Reply
avatar
3 Mei 2017 09.22 delete

Kalo elu mah pro mengaku newbie. Diajarin siapa lu kaya gitu hah? Hahahaha

Gabung sama komunitas blogger di sana, dong. Biar bisa kecipratan juga. Kalo belum ada, bikin sendiri. Jangan nunggu yang lain ngebangun.

Reply
avatar
3 Mei 2017 22.05 delete

wiiii keren sih, kalo sering kumpul bisa dapet banyak konten

Reply
avatar
4 Mei 2017 17.12 delete

Nah ini.. justru kalo kami ngumpul jarang banget ngebahas masalah konten. Sekali-sekali aja, sih. Tapi boleh juga tuh dicoba nanti pas ngumpul santai gitu ngebahas konten yang mau ditulis.

Reply
avatar
4 Mei 2017 18.10 delete

sebagai blogger ibukota, gue memang harus banyak bersyukur karena event2 blogger itu sudah menjamur. Tapi sayangnya gue belum pernah ikut kopdar atau event2 yang diselenggarakan gratis, padahal blogger2 di daerah itu pingin banget ya..

Reply
avatar
4 Mei 2017 22.56 delete

Loh katanya blogger ibukota? Kok ga pernah ikutan eventnya sama sekali? Trus apa bedanya sama blogger di daerah klo gitu?

Reply
avatar
6 Mei 2017 20.06 delete

setuju mas, saya pun termasuk golongan blogger daerah. Tapi alhamdulillah semenjak berdiri 10 tahunyang lalu, komunitas blogger makassar, sudah mulai banyak dilirik oleh beberapa media bahkan brand. Memang fokus kami 2 tahun yang lalu adalah menggaungkan kegiatan offair dan hasilnya setahun kemudian hampir tiap bulan kita selalu dapat undangan dari berbagai kalangan.

yah benar sekali intinya adalah bagaimana membangun komunitas didaerah menjadi sesuatu yang bermanfaat. blogger pun bukan hanya sekedar bercerita tapi bagaimana dengan cerita itu bisa setidaknya mengangkat nama daerah sendiri. Untuk mas,tetap semangat membangun komunitas blogger daerahnya.

Reply
avatar
8 Mei 2017 10.48 delete

Wah mantap Makassar! Kayanya regional Kalimantan juga harus kaya gini, nih.
Barti hampir 3 tahun buat ngebangun kepercayaan brand ya. Lumayan lama juga. Tapi kalo diseriusin sih insha allah bisa aja.

Makasih udah berbagi kisahnya, Mas.
Salam kenal dari Blogger Banjarmasin :D

Reply
avatar
13 Mei 2017 15.57 delete

Mantap calon ketua ini! Top dah lanjutkan! :D

Reply
avatar
13 Mei 2017 16.01 delete

Kok komennya bikin ngiri sih Mba Reski Prancis, huhu :'v

Reply
avatar
14 Mei 2017 22.45 delete

Anjer Riski Prancis nghahahaha :))

Reply
avatar
14 Mei 2017 22.48 delete

Raja ambungan calon ketua nih!

Reply
avatar
2 Juni 2017 14.50 delete

salam kenal sesama blogger banua

Reply
avatar
3 Juni 2017 14.50 delete

mpat betakun mastah, buan komunitas penabloggerbanua lawan badangsanakdotcom rancak ja kumpul2 lah mastah?

Reply
avatar
3 Juni 2017 22.18 delete

Waduh kada usah dikiyau mastah.. hahahaha ketinggian ilmunya. Kada sampai lg hahaha

lumayan rancak ngumpul kami. Kalo handak tau agenda PBB bisa cek di akun ig @penabloggerbanua atau @badangsanak

Reply
avatar
4 Juni 2017 01.35 delete

Ngaleh banar mancari kakawanan di banua ne sasama blogger 😂, tpi bila ny ada acara perkumpulan hubungi z,

Reply
avatar
4 Juni 2017 15.32 delete

Follow aja @penabloogerbanua lawan @badangsanak kena insha allah ada ja dishare agendaa bekumpulan

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.