Penginapan Murah di Jogjakarta Tuh Dimana Aja?

Penginapan murah selalu jadi hal utama setelah nyari tiket pesawat murah. Selalu gitu kalo ada rencana ke luar pulau. Ongkos penginapan jadi salah satu faktor berapa lama kita bakal ada di sana.

Penginapan Murah di Jogjakarta

Itulah kenapa penginapan murah selalu jadi incaran turis lokal ataupun mancanegara. Termasuk gue dan temen-temen waktu liburan ke Jogja beberapa waktu yang lalu. Gue ga terlalu khawatir sama urusan penginapan, karna banyak temen-temen yang udah tau penginapan mana aja yang murah di sana.

Tapi karna kegeblekan mereka, akhirnya cuman bisa bentaran doang ngerasain penginapan murah kualitas bagus. Mereka santai banget ga bilang perpanjang nginep, tau-tau pas mau perpanjang malah ga bisa lagi.

Yang kaya gini jangan ditiru, ya.

Pastiin dulu mau nginepnya berapa malam. Karna ini penginapan murah, pasti banyak peminatnya. Telat dikit aja, udah full book ga bisa perpanjang. Kalopun terpaksa harus pindah, kaya kami, cari tempat yang harganya ga jauh beda tapi tetep berkualitas.

Waktu kami ke Jogja. Well, tepatnya temen-temen gue, karna waktu mereka nyari tempat penginapan gue masih di Jakarta. Ada beberapa tempat yang mereka liatin waktu itu. Mungkin bisa jadi referensi penginapan juga buat kalian kalo mau ke Jogja.

1. Edu Hostel

Tempat pertama yang mereka datangin Edu Hostel. Mereka sempet nginep di sini tapi cuman semalam. Ya itu yang gue bilang tadi, karna kegeblekan mereka. Padahal tempatnya udah nyaman buanget! 1 kamar isinya 6 kasur, bertingkat 2 belas gitu. Kebetulan mereka ber-5. Kalo gue ikut, udah pas itu sekamar ber 6.

Penginapan Murah di Jogjakarta
via tripadvisor.co.id

Enak banget fasilitasnya lengkap, dapat sarapan, ada kolam renang, dan yang paling penting: murah buanget! Asli gue masih kesel sama mereka karna cuman gue doang yang belum sempet ngerasain nginep di sini. Kampret banget.

2. Rumah Nenek HomeStay

Penginapan Murah di Jogjakarta
via tripadvisor.co.id

Kalo yang ini kata mereka rumahnya elit banget. Emang beneran rumah gitu wujudnya. Ga ada kaya Hotel atau Hostel kaya EDU tadi. Suasananya juga enak banget. Di perumahan gitu. Kamarnya banyak, suka pilih, Rumah Nenek bisa muat sampe 7 orang. Kalo gue sama temen-temen nginep di sini masih bisa nampung 1 orang lagi. Gede banget sih emang.

3. Mashbrow Hostel

Diliat dari depan bukan kaya penginapan. Soalnya pintu masuknya kecil kaya pintu rumah biasa. Tapi pas udah masuk ke dalam baru deh keliatan aslinya. Banyak pintu-pintu kamar berjejer dari bawah ke atas. Tapi asik, sih. Kalo udah ngeliat ke dalam kamarnya, ga terlalu luas tapi tetep enak buat istirahat.

Penginapan Murah di Jogjakarta
via bedandbreakfast.eu

Lagian siapa juga yang perlu kamar luas? Kalo intinya cuman buat tidur sama naro barang dan pakaian doang? Segede kamar hostel ini gue rasa cukup banget. Menariknya di sini kita bisa nyewa sepeda yang bisa kita pake buat keliling kota. Ga perlu repot nyari ke tempat lain lagi.

4. Losmen 105

Namanya, sih losmen. Tapi jangan dikira losmen yang ini penginapan yang ecek-ecek. Untuk ukuran losmen, fasilitas yang ditawarkan udah kaya hotel berkelas, lho! Mereka punya kamar ber AC yang bisa ditempatin 3-6 orang dengan biaya kaya 1 kamar hotel yang cuman bisa ditempatin maksimal 2 orang. Murah banget!

Penginapan Murah di Jogjakarta
via tripadvisor.co.id

Dengan tempat tidur model bunk kaya gitu, kamar yang sempit ga akan jadi masalah. Yang penting masih muat buat naro barang dan pakaian, ya kan?

5. Selo Homestay

Kalo pengen penginapan ala-ala kos-kosan temen-temen gue nyaranin ke sini aja. Selain aroma kos-kosannya kentara banget, karna kamar mandinya di luar, harganya juga murah banget. Kalian bisa pilih kamar yang fasilitasnya AC atau cuman kipas angin. Sesuaikan sama budget kalian selama di Jogja.

6. Pop Hotel

Penginapan Murah di Jogjakarta
via traveloka.com

Temen gue juga sempet ke POP Hotel. Kebetulan banget waktu di Jakarta gue nginepnya di POP Hotel ini. Gue rasa sih POP Hotel di Jogja ga jauh beda. Fasilitas, harga dan kualitas layanannya pasti setara. Namanya aja udah sama. Pelayanannya juga harus sama, dong! 

Gue yang pernah nginep di POP Hotel Jakarta pertama kali ngeliat aja langsung suka. Kaya ngeliat gebetan pertama kalinya semenjak akrab chatting-an. Kamarnya ga terlalu luas tapi udah pake AC, TV-nya layar datar dan kamar mandinya cakep!

7. Asrama Mahasiswa

Kalian tau, kan, kalo jagoan dalam film-film selalu nongon belakangan? Dan menang di bagian akhir cerita. Ya inilah yang terjadi. Setelah keliling-keliling Jogja, ujung-ujungnya mereka milih asrama mahasiswa untuk nginap. Asrama Mahasiswa jadi "pahlawan" bagi kami yang udah bingung milih tempat nginep.

Namanya emang buat mahasiswa, tapi kadang suka juga dipake nginep sama turis-turis lokal. Ya kaya kami-kami ini. Harganya murah, apalagi kalo dipake rame-rame, tambah murah bayarnya. Karna ongkosnya dibagi-bagi. Kamarnya ga terlalu gede, jadi jangan coba-coba tidur ber 6 dalam 1 kamar kaya kami, hahaha.

Jadi begitulah cerita kami nyari penginapan murah di Yogyakarta. Semoga perjalanan kami ini bisa memberi inspirasi sama kalian semua, bahwa kalo nginep di penginapan murah cepet-cepet extend nginepnya sebelum semua kamar udah full booked. Trims!

Artikel Terkait

Penginapan Murah di Jogjakarta Tuh Dimana Aja?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

30 Maret 2017 22.52 delete

Yang terkahir tuh ntap banget. Kata lo itu, pahlawan. Haha

Reply
avatar
31 Maret 2017 10.03 delete

Hahaha begitulah adanya. Penyelamat kami daripada ga ada sama sekali ya kan

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.