Ulang Tahun (Strong Words)

Gue selalu nyembunyiin hari bahagia gue dari khalayak ramai. Yang paling sering gue sembunyiin adalah hari ulang tahun. Bukan karna gue males nraktir. Tapi gue males aja diucapin. Apalagi kalo sama orang yang perhatian cuman pas ultah doang. Tau-tau nyelametin pas ngeliat notif di facebook, path, atau apalah itu yang lain.

ulang tahun

Gue sengaja nyembunyiin tanggal ultah gue di sosmed itu ada tujuannya:

Pertama, jelas gue pengen tau siapa aja yang peduli sama gue selama ini. Yang perhatian walaupun nyembunyiin ultah gue. Jadi gue tau perhatiannya bukan perhatian yang fana. Sekadar ngucapin dan yaudah terus lewat aja gitu. Kaya lewat depan rumah sapa-sapaan trus ga pernah ketemu lagi selama berabad-abad.

Kedua, gue ga terbiasa diucapin selamat kaya begitu. Canggung. Mungkin karna ga dibiasakan di rumah ngasih ucapan selamat hahaha. Iya rumah gue ga ada tradisi ngucapin selamat ultah kaya gitu. Keluarga yang rada aneh. Tapi waktu kecil ultah gue dirayain kok.

Dan yang terakhir yang paling gue ga suka. Udah ga pernah masuk dalam kehidupan gue, trus karna ngeliat ultah gue di facebook ngucapin dan minta traktiran! Wahahaha. Kalo temen kantor, temen SMA, temen sekomunitas, atau yang udah kenal lama sama gue ya gapapalah gue maklumin. Tapi ini bukan siapa-siapa gitu. Ga tau malu banget hahahaha.

Pengen banget ngebales "iya ayo datang aja ke rumah, ada nih buat kamu, hidangan harga diri dan kaca segede gaban" Kasar banget, ya. Hahahah. Tapi ya gitu kalo gue udah ga suka. Untungnya ga pernah terucap.



Paling ditulis doang. 

Di blog ini. 

Barusan. 

Wahahaha.

Ini kasusnya sama kaya kita lagi jalan-jalan liburan ke luar pulau gitu. Kan sering tuh ada yang sok-sokan minta oleh-oleh. Atau yang lebih parah nitip minta beliin ini-itu tapi uangnya kaga dikasih. Ya kalo murah sih gapapa. Kalo udah kemahalan dan repot bawanya kan aneh.

Makanya kalo gue atau keluarga lagi pergi liburan kemana gitu, ga mau ngasih tau ke banyak orang. Ga enak ga bawa oleh-oleh ntar dikira pelit ga mau ngasih. Padahal mah karna emang udah ga ada duit lagi buat beli macam-macam. Tapi orang kan kadang suka ga mau tau begituan. Jadi ya mending gausah dikasih tau sekalian hehe.

Tiap gue ulang tahun dengan nyembunyiin tanggal ultah gue di sosmed, cuman segelintir doang yang ngucapin. Itupun kalo ga ada yang mulai mungkin ga akan ada yang ngeh kalo gue ultah hahaha. 

Beda banget kalo gue ga nyembunyiin tanggal ultah. Uh! Bejibun yang ngucapin! Ketauan kan yang ngucapin pas dapat notif doang hahaha. Sekarang gue tau, lebih banyak temen musiman daripada yang bener-bener temen.

Gue ngerti maksud mereka baik ngucapin selamat. Artinya umur gue masih panjang dan bisa nyampe angka segitu. Tapi dasar orangnya cuek, walaupun ga diucapin juga gapapa. Toh gue juga ga pernah nodong minta kado kalo lagi ultah. Karna gue juga pernah ngasih kado apa-apa hahaha.

Eh tapi ada sih beberapa yang gue kasih. Tulisan doang tapi.

Soalnya gue bukan orang yang romantis. Jadi yaa kalo ultah dirayainnya sekadar lewat doang. Dan ga pernah juga ngasih kejutan atau apa gitu buat temen deket gue yang ultah. Kecuali diajakin sama yang lain ya gue ikut aja.

Jujur aja gue jarang banget ngucapin ulang tahun ke orang. Kecuali orang-orang yang gue inget banget. Dan kadang ada juga sih yang beberapa gue inget tapi ga gue ucapin. Ya sadar diri aja, gue udah lama banget hilang dari kehidupannya. Mantan salah satunya.

Dan menurut gue ngebuka percakapan baru sama orang yang udah lama ga berhubungan sama kita gara-gara dia ultah itu bukan awal yang baik. Ya ga asik aja manfaatin hari bahagianya buat berhubungan lagi. Siapa tau kita adalah orang terakhir yang dia harapkan buat ngucapin, ya kan? But i'll sent him/her a wish to God when they're birthday.

Mungkin karna di keluarga gue emang ga dibiasain ngerayain ultah. Apalagi sekarang udah segede gini.

Gue minta maaf kalo ada pihak-pihak yang merasa tersinggung karna tulisan ini, ya. Kalo baper dan tersinggung langsung email atau japri gue aja, oke?

Pendapat kalian gimana? Apa gue terlalu egois? Kasih tau di kolom komentar ya.


Dan selamat ulang tahun buat kamu yang jarang diucapin ulang tahun karna ga pernah nampilin tanggal ultah di sosmed. Tenang, kamu ga sendiri kok.

Artikel Terkait

Ulang Tahun (Strong Words)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.