Mikirin Masa Depan Dari Sekarang

Pernah kebayang ga? Jadi apa diri kalian di masa depan nanti? Bisa sukses ga dalam waktu 20 tahun lagi? Punya pasangan ga 10 taun lagi? Ngebayangin masa depan rasanya ngeri-ngeri sedap. Seandainya ada mesin waktu, atau komputer canggih macam Gideon di Legends Of Tomorrow sama The Flash mungkin kita bakal tenang.


Bicara masa depan itu kaya ngomongin lukisan yang belum jadi. Kita ga akan tau gimana hasilnya kalo kita ga ngejalanin, bener ga? Masa depan itu misterius, semisterius kamu waktu awal-awal pedekate. Karna sesuatu yang misterius ini kita jadi parno trus mikir "ah yaudahlah jalanin aja yang sekarang. Gimana-gimananya kita itu urusan belakangan".

Masa depan yang digantung kaya gitu ga enak. Sama kaya hubungan, kelamaan digantung makin lama makin ga jelas. 

Padahal,kalo kita coba ubah mindset kita soal masa depan kita bakal lebih siap menghadapinya. Dari yang awalnya "Gimana kita" kemudian jadi "Kita gimana". Agak nakutin ya kalo mikirnya kaya gitu. Tapi wajar sih, ketakutan bikin kita jadi lebih waspada. Dan karna waspada kita harus mempersiapkan diri untuk kemungkinan yang terjadi.

Nah gimana caranya kita mempersiapkan kemungkinan di masa depan itu? Yang pasti harus dimulai dari #SekarangAja

Sebenernya ada banyak cara, sih. Gue coba sebutkan beberapa aja. Ntar lu keenakan lagi gue sebutin semua.

INSYAF

Semua manusia pernah berbuat kesalahan. Entah itu dalam hal perbuatan, menggunakan uang, dan kesadaran akan memikirkan masa depan. Nah mulai sekarang udah saatnya lu, kita, kalian semua yang baca untuk segera INSYAF. 

Seiring dengan kenaikan harga kebutuhan pokok yang makin tahun semakin semena-mena naiknya, kita mesti sadar diri. Sudah saatnya kita membenahi gaya hidup. Kalo dulu lu mungkin masih bisa beli nasi goreng 5000 udah dapet sebungkus. Sekarang lu mesti bayar 15000 buat dapetin sebungkus nasi goreng. Iya kalo lu punya kenaikan gaji tiap tahun mungkin ga bakal terlalu berasa. Nah yang lain kan belum tentu dapet kenaikan gaji berkala. 

Gimana menurut lu? Semena-mena banget kan harga barang sekarang?

Makanya lu harus sadar akan hal ini. Karna ga mungkin selamanya lu bisa kerja dan dapat gaji. Dan harga barang ga peduli lu mau dapet gaji atau ga, mereka bakal terus-terusan naik. Yakin ga mau mikirin masa depan dari sekarang?

IRIT

Mulai sekarang lu harus ngirit pengeluaran lu, mblo. Selain buat nambahin modal buat ngehalalin anak orang, ngirit juga biar lu bisa punya modal buat masa depan lu. Kalo cuman modal buat nikah doang ntar habis nikah lu ga punya apa-apa lagi ntar. Mau ngerepotin orang lain lagi?

Mulai dari sekarang lu harus tau mana barang yang lu pengen beli karna INGIN mana yang lu beli karna BUTUH. Bedain! Kalo cuma "ingin" tu artinya lu cuman ngikutin hawa nafsu aja. Tapi kalo udah "BUTUH" meskipu lu ga ada duit, lu pasti harus beli karna perlu.

Sama kaya pacaran. Lu cuma pengen pacaran atau lu perlu pacaran. Kalo lu cuman "pengen" mending gausah pacaran, deh. Percuma. Pasti bentar doang juga putus.

Belilah barang yang lu butuhkan bukan yang cuma lu ingingkan

INVEST

Lu pernah mikir ga untuk ngebelanjain duit lu buat usaha? Kalo lu mikirnya usaha itu semacam ngediriin warung tenda/cafe, lu salah. Usaha sekarang bisa dimana aja, mblo. Salah satuny adalah investasi.

Belum tau apa investasi? Investasi adalah memberdayakan dana yang kita punya sehingga bisa berkembang dan menguntungkan secara signifikan. Beda kaya tabungan yang menjanjikan bunga besar kalo nabung di tempat mereka. Coba simak deh infografis berikut

Manulife, klikmami, sekarangaja
via photobucket.com

Nah pertanyaan selanjutnya bakal muncul. Terus gue harus berinvestasi dimana? Yang pasti sih lu mesti investasi ke perusahaan yang udah bener-bener pengalaman ngurusin hal kaya gini. Istilahnya, udah "jadi makanan sehari-hari".

Gue rekomendasiin lu coba investasi ke Manulife. Perusahaan ini udah 130 tahun berpengalaman ngurusin investasi di Amerika sono. Salah satu produk yang mereka tawarkan adalah Reksa Dana Manulife  

Apa itu Reksa Dana?

Reksa Dana adalah ketika ada orang yang namanya Dana ditanyain sama temennya "dipereksa apa dana?"

Bukan. Salah. 

Reksa Dana adalah jenis investasi yang terdivertifikasi (ditempatkan pada beragam instrumen dan kelas aset). Jadi resikonya cendrung lebih kecil dan terkendali. Investasi pake produk ini lebih terjangkau biayanya. Cuman 100 rebu lu udah punya Reksa Dana sendiri. 

Yang lebih asyik lagi, lu ga perlu ikutan terlibat terlalu jauh dalam usaha ini. Setelah lu tau mau invest di produk yang mana, semuanya akan ditangani sama ahlinya, dalam hal ini adalah Manager Investasi. 

Daftarin diripun ga perlu susah-susah. Manulife udah punya sistem online yang namanya #KlikMAMI. Emang agak ambigu namanya, tapi ga seperti yang kalian bayangkan, kok. Dengan sistem online ini kalian para investor pemula bisa langsung cobain gimana rasanya berinvestasi bersama Manulife.

manulife, klikMAMI, sekaranaja
via photobucket.com

Artikel Terkait

Mikirin Masa Depan Dari Sekarang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.