Balada Anak Tunggal: Udah Kerja

Buat yang belum tau, sekarang gue udah kerja. Pas tulisan ini dibikin udah hampir setahun gue kerja. Tapi walaupun kerja, gue kadang suka bingung ngejelasin kerjaan gue kaya gimana. Karna kerjaan gue ini cuman segelintir orang yang ngerti. Jadi cukup sulit buat ngejelasin ke orang awam jobdesk gue.

konsultan perencana, teknik
Gue kerja diperusahaan yang bergerak di jasa konsultan perencana. Dari nama pekerjaannya aja orang udah pasti salah tangkap maksudnya. Ya emang mirip sih tapi ga sesederhana itu pemahaman dan kerjaannya. Dari kata "konsultan" aja orang udah pasti salah ngartiinnya. Bahkan di keluarga gue, banyak yang ga ngerti.

Kalo orang yang kerja di bank mah enak. Gampang tinggal sebut kerja di bank juga orang udah pada tau. Kalo di bank udah jelas mau nabung, mentok-mentok paling ngajuin kredit. Ga jauh-jauh lah penafsirannya. Kalo misalnya kerja di pabrik misalnya di industri tekstil gitu enak tinggal bilang kerja di pabrik baju atau pakaian. Orang udah tau pasti kerjaannya bikin baju atau celana.

Gue cukup kesulitan buat ngejelasin ke orang-orang kaya gimana. Soalnya gue udah berusaha nyari bahasa paling sederhana tetep ga nemu. Kata "konsultan perencana" itu sedikit banget yang ngerti konsepnya. Jadi gue berusaha untuk ngejelasin sepahamnya bahasa orang yang nanya aja.

Di sini ada pekerjaan yang namanya "pemborong". Kalo orang awam dikasih tau kerja di kontraktor, pasti banyak yang bingung. Tapi kalo dibilang "pemborong" pasti tau. Padahal itu maknanya kurang lebih sama. Nah gue masih kebingungan buat nyari padanan kata yang sama biar bisa langsung dimengerti sama orang buat kerjaan konsultan ini.

Konsultan itu identiknya konsultasi gitu kan? Orang awam pasti mikirnya ke sana. Padahal ga ada yang namanya konsul dijobdesk konsultan perencana itu. Mayoritas kerja konsultan perencana itu di lapangan. Kadang harus survei ke rumah warga buat ambil data primer, kadang juga ke instansi atau dinas-dinas. Yang paling utama sih bikin laporan/dokumen teknis. Biasanya anak-anak yang kuliah di jurusan teknik nih yang ngerti. Kalo kalian pernah denger dokumen AMDAL yang bikin itu biasanya konsultan. 

Emang sih kerja di konsultan itu ga terlalu keliatan gaungnya. Ga kaya kontraktor yang keliatan progressnya lagi bangun jalan atau jembatan. Konsultan perencana lebih underground geraknya. Tapi bukan berarti duitnya kecil. Kantor gue sering banget dapet proyek yang gede nilainya.
konsultan perencana, teknik

Tapi kalo kalian mahasiswa teknik, gue saranin cari kerja di konsultan dulu deh mendingan. Ilmu yang kalian pelajarin waktu kuliah teknik itu bakal kepake banget di kerjaan ini. Kan sayang udah cape belajar 4 tahun terus akhirnya ga kepake ilmunya. Tapi itu sekadar saran, bisa kalian ambil atau ga.

Terlepas dari itu semua, mau kerja dimanapun sebenernya ga masalah. Dan ga usah ngebandingin kerjaan kita sama orang lain. Biarkan aja orang mau ngomong apa sama kerjaan lu, bodo amat aja. Omongan dia itu ga ngurangin sepeserpun dari nikmat yang udah dikasih oleh Tuhan ke lu. Mau dia gajinya lebih gede dari lu atau lebih kecil biarin aja. Toh dia gaji gede juga ga pernah neraktir lu makan kan? Hahahaha.

Selow aja rezeki semua udah ada yang ngatur. Satu hal yang mesti lu tau "Kalo emang itu rezeki itu udah ditakdirkan sama yang punya jadi milik lu, ga akan ada yang bisa ngambil gimanapun caranya". Catat dan ingat baik-baik itu, percaya sama gue.

Artikel Terkait

Balada Anak Tunggal: Udah Kerja
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

16 September 2016 15.45 delete

Hati-hati kalau jadi konsultan gitu. Takutnya sih kamu Fool. Tanya BH dulu deh mending..

Reply
avatar
16 September 2016 16.01 delete

Kenapa di postingan gue lu singkat jadi BH bhahahaha.. Banyak anak dibawah umur yang ngebaca njir...
FYI, BH yang dimaksud adalah "Beholder" salah satu role di permainan Werewolf (daripada banyak yang salah kaprah mending dijelasin) -_-

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.