Agustus

Akhir-akhir ini otak lagi ga bisa diajak kerja sama buat nulis di blog. Mungkin udah diporsir nulis 2 bulan beruntun. Gue publish 17 artikel dalam 2 bulan. Di 1 sisi produktif banget buat gue. Soalnya rata-rata sebulan paling cuman publish 4 atau 5 artikel. Tapi di sisi lain hampir separo artikel yang gue publish itu artikel berbayar. Ya ambil positifnya aja lah, artinya gue udah bisa produktif walaupun masih harus dimotivasi dulu hehe.

Gue juga perlu saran dan kritik dari kalian nih kira-kira biar konten gue lebih berisi dan ga cuma sekadar placement atau cerita tentang diri gue sendiri, bagusnya gue tulis apa ya? Soalnya kalo gue mau nulis hal-hal yang terlalu berbobot, rasanya pengalaman gue masih belum banyak aja gitu. Yang ada ntar gue malah kena bully karna terlalu sotoy ngasih konten.

Gue nulis sebebas-bebasnya di sini juga sebenernya ada alasan. Kerjaan gue di kantor pada dasarnya adalah nulis. Tapi nulisnya di sini pake bahasa yang baku dan teknis. Bukan cuma itu, gue mesti nulis dengan bahasa baku dan teknis tapi orang awam yang baca tulisan itu juga bisa ngerti dan ga kebingungan. Yang bikin keder adalah hasil tulisan gue itu bakal dijadiin dokumen acuan buat instansi. Jadi tanggung jawabnya lumayan gede, kalo gue asal nulis bisa-bisa gue kena semprot bos dan orang dinas.

Emang bukan hal yang baru sih buat gue, karna skripsi pun juga kaya gini formatnya. Bedanya gue ngerjain tulisan ini tiap hari. Jadi lumayan nyita pikiran. Jadilah gue "melampiaskan" keterkekangan menulis gue di blog. Nulis di blog kan bahasanya bisa lebih bebas. Gue bisa "akrobat" ke sana kemari nulisnya hahaha. Etdah bahasanye. Pokoknya gitu lah.

Tapi yang bikin gue seneng adalah target namatin buku per tahun gue udah melampaui estimasi yang gue tulis di awal tahun. Tahun lalu, gue masih males banget buat baca. Gue itung cuman 3 atau 4 buku yang bisa gue tamatin tahun 2015. Sementara tahun ini, sampai akhir Juli tadi gue udah bisa namatin 7 judul buku. Terimakasih, Tongfang.

Terakhir. Bulan Agustus ini mantan gue ulang tahun. Kira-kira ucapan ultahnya kaya gimana yang anti mainstream, ya? Kalian bisa bantuin gue ga? Tulis di kolom komen kira-kira ucapan ultah yang anti mainstream itu kaya gimana sih?

Semoga bisa konsisten nulis dan baca buku sampe akhir tahun nanti. Biar referensi gue soal nulis makin banyak dan konten gue pelan-pelan bisa jadi tambah berkualitas. Dan rezeki gue dari ngeblog makin banyak lagi. Aamiin. Dan aamiin buat kalian yang juga punya harapan kaya gue.

Artikel Terkait

Agustus
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

12 komentar

8 Agustus 2016 20.24 delete

Waduh.... Mulai berat ni, Ian. Gue harus ngejelasinnya dari mana. Soalnya, pengalaman lo soal dunia tulis menulis jelas lebih banyak, jadinya gue saran ke hal-hal yang mungkin bisa jadi acuan.

Pertama : Perihal diri lo itu harus menerima konsekuensi pekerjaan dan tentunya itu adalah hal yang menurut gue agak ambigu.

Iya, soalnya kalo dijadikan alasan gak ngepost. Kenapa lo dulu ngambil resiko buat blog kalo emang gak mau diisi? Kan gitu.

Tapi, memang terkadang (sering, sih) orang lupa sama ke mana dia harus melangkah untuk bisa kembali semangat lagi. Saran gue, untuk urusan gak bisa ngepost lagi, mungkin lo coba tenangkan diri dulu.

Tulis di sebuah kertas tentang lo pengennya apa. Setelah kelar, tarok kertas di tempat yg sering lo lihat. Mudah-mudahan bisa membantu.

Kedua Perihal konten. Sebenarnya nulis konten sama nulis skripsi itu sama-sama nulis, sih Ian. Cuman, konteksnya saja yang harus dibedakan.

Nah, karena konteks yang beda. Saran gue, coba aja tulis apa yang lo suka. Gak melulu soal cerita keseharian. Misalnya lo hobby bola.

Kemudian hobi lo satu ini, bisa lo jadikan materi untuk blog. Ya, misalnya lo membahas apa komentar lo terhadap pertandingan Team A dan B minggu lalu. Atau kemaren malam.

Intinya, tulis konten yang emang lo suka dan ngerti. Jangan telalu memaksakan untuk ikut trend. TEmukan gaya lo sendiri

Ketiga Ucapan yang gak biasa buat mantan. Apa ya?

Gimana kalo lo bilang gini :

Dear mantan,

Terimakasih sudah pernah menjadi pemeran utama dalam drama hidupku. Tapi maaf, kontrakmu tak selamanya di dalam drama hidupku.

Salam, Rian. Pemuda tak muda lagi.


Semoga membantu.

Reply
avatar
8 Agustus 2016 23.29 delete

Keren banget lah, 2 bulan bisa terbit 17 postingan itu konsisten banget. meskipun harus ada pendongkrak konten berbayar dulu yang bisa membangkitkan semangat nulis diblog hehe.

wahh, ternyata kerja yang juga dibidang nulis yaa, pasti seru tuh karena sesuai passion. eh, tapi tanggung jawabnya juga besar banget ya. udah tanggung jawab tingkat istansi gitu.

semoga kedepannya nanti bisa lebih konsisten ngeblognya. saran konten bagus sih mungkin bisa nulis tutorial atau apa gitu hehe.

Reply
avatar
9 Agustus 2016 01.16 delete

Seneng banget gue kalo dikomentarin sama Pange ni, pasti panjang-panjang...

Thanks banget sarannya, Nge. Ngebuka pikiran ku lagi soal writer's block.

Makasih, Pange udah ngasih ucapan ultah buat mantan gue. Sekalipun dia ga baca ini gapapa lah. Dan kalo pun baca mestinya dia bahagia bisa diucapin sama penulis keren macam lu ahaha :D

Reply
avatar
9 Agustus 2016 01.18 delete

Iya kerjaannya ga jauh-jauh dari nulis juga. Tepatnya bikin dokumen teknis gitu. Gue juga bingung gimana ngejelasinnya sih. Soalnya kerjaan kaya gini emang cuma dikerjain sama orang-orang teknik aja. Jadi rada susah ngejelasinnya ke orang awam

Reply
avatar
10 Agustus 2016 13.29 delete

Nulis postingan sebanyak 17 buah dalam waktu segitu tuh hebat banget! Aku aja kadang males-malesan kalau nulis buat blog, yang tergantung mood lah, kerjaan lah, capek lah, ada aja.

btw mau mengucapkan selamat ulang tahun buat mantannya, semoga langgeng dengan pacar atau mungkin suaminya yah, jangan baper kalau mantanya ngasih ucapan pibrestdey

Reply
avatar
10 Agustus 2016 17.03 delete

Harusnya sih nulis itu ga tergantung mood. Nulis itu mesti dipaksa, walaupun cuman dapat sepagraf. Katanya Radit: mending nulis 1 paragraf jelek daripada ga nulis sama sekali. Gitu.

Wah makasih ya ucapannya. Semoga dia (dan gue juga) ga baper. Aamiin.

Reply
avatar
11 Agustus 2016 00.15 delete

Kadang gitu sih bang bro, kalo kita tinggalin blog misalnya seminggu aja, gak nulis-nulis apapun, serasa otak ini ngeblank mau nulis apa, writer block bahasa kerennya. Gue juga sering begitu dan alhamdulillah bisa gue atasi, walaupun harus ekstra keras mengembalikan pikiran buat menulis ria lagi, tetapi itulah senangnya nge-blog :D

Kata pange betul tuh, tulis apa aja yang kita suka, tulis sebebas-bebasnya, jangan dipaksakan, toh kalo hasilnya belum maksimal yang penting tulisan sendiri. Lambat laun pasti akan membaik.

Reply
avatar
11 Agustus 2016 09.24 delete

Iya lagi ngalamin writers block nih..
Kalo lu ngatasinnya gimana?

Iya semoga ada perbaikan deh, bisa bikin konten blog yang berkualitas.

Reply
avatar
12 Agustus 2016 19.27 delete

bagi tipsnya broo... biar bisa bikin artikel dalam waktu singkat kaya gitu, kalo aku mentok dalam satu bulan cuma bisa bikin 4 artikel, belum pernah bisa lebih dari itu, biasanya karena udah mentok nggak ada ide lagi hehehe. Soal buku ya untuk tahun ini aku juga udah baca hampir 8-7 judul buku, ternyata baca itu asyik loh, semoga aja bisa banyak baca buku di tahun ini yaa

Reply
avatar
12 Agustus 2016 22.51 delete

Lah aku juga bingung broo hahaha..
Baru kali ini nulis sampe 17 biji sih soalnya..
Iya emang baca buku mengenyangkan.. Eh menyenangkan.. Hahaha

Reply
avatar
14 Agustus 2016 13.45 delete

Kalo masalah absen ngeblog sih aku nggak bisa bantu, soalnya aku juga sering absen ngeblog :( Duh, ini gara-gara punya sifat malesan.

Tapi keren banget bang, sebulan nulis 17 tulisan. Sungguh pencapaian yang keren banget. Nah, bisa tuh nginget-nginget apa yang dulu bikin semangat pas nulis 17 tulisan dalam sebulan. Inget-inget lagi dan terapin di bulan ini.

Semoga bisa konsisten nulis lagi. Dan kerjaannya juga nggak ditinggalkan.

Kalo masalah ngucapin ulang tahun ke mantan. Mungkin bisa gini:

Dear mantan,

Salam buat pacarmu sekarang ya, bilang ke dia, 'jaga mantanku baik-baik ya, kalo nggak bisa jagain dia, mending titipin ke aku aja.'

Reply
avatar
15 Agustus 2016 09.00 delete

Ralat. Bukan sebulan, tapi 2 bulan 17 tulisan. Hahaha.
Nah itu dia, gue inget kok kenapa bisa nulis sampe sebanyak itu. Karna ada bayarannya hahaha. Masalahnya sekarang belum ada job nulis artikel lagi.

Bhahahah...
Makasih loh doa ultahnya buat mantan gue. Semoga pacarnya baca.

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.