Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh

Bayangkan kalo kalian punya badan yang ga bisa ngasih tanda kalo dia perlu istirahat. Ga ada tanda ngantuk, lapar, atau bahkan sakit. Yang kalian lakukan pasti bakal ngejar apa yang kalian impikan sampai tercapai. Lalu tau-tau badan kalian ga bisa gerak lagi karena ternyata semua sistem di dalam tubuh kalian udah ga ada yang berfungsi lagi, lalu kalian pun mati.

penyebab sakit jantung koroner
Untungnya badan ini diciptakan oleh Sang Maha Pencipta sehingga Dia bisa sedemikian rupa membuat tubuh ini untuk bisa memberi alarm penggunanya kalo dia perlu istirahat. Alarm yang paling sering kita jumpai adalah mengantuk. Kalo kita udah ngantuk, tandanya tubuh kita perlu istirahat. 

Sebetulnya ga boleh dilawan kalo lagi ngantuk. Tapi apa daya kadang pola hidup yang ga teratur menyebabkan kita harus ngantuk di jam kerja. Kalo ga mau dapat SP karna tidur di tempat kerja, mau ga mau harus dilawan.

Pola hidup sehat sangat penting diterapkan agar kita menjadi pribadi yang produktif. Gue sendiri sebenernya punya pola hidup yang ga terlalu sehat. Gue masih sering tidur telat. Masih sering makan-makanan sembarangan. Sering terpapar asap rokok karna ayah gue seorang perokok. Ya meskipun dia sering ngerokok di tempat yang terpisah dari gue dan ibu gue, tapi tetep aja masih sering kena.

Kita harusnya menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh di zaman sekarang. Karena penyakit juga udah mulai menyesuaikan dengan keadaan zaman sekarang. Mereka bermutasi. Itulah kenapa pola hidup sehat perlu diterapkan dengan disiplin yang ketat. Tidak usah menerapkan pola hidup sehat yang terlalu rumit. Kita bisa lakukan pola hidup sehat yang sederhana saja. Misalnya:

Menjaga Pola Makan

Pola makan teratur dengan gizi yang seimbang bisa jadi salah satu pola hidup sehat yang bisa kita terapkan. Dengan kombinasi karbohidrat, protein dan vitamin yang kita makan bisa membuat kita terhindari dari penyakit yang akan menyerang. Jika perlu konsumsi vitamin tambahan agar bisa menutupi kekurangan asupan gizi dari makanan yang kita makan.

Olahraga Teratur

Melakukan olahraga teratur juga bisa menghindarkan tubuh dari serangan penyakit. Tidak perlu yang berat-berat. Jogging keliling komplek rumah juga bisa. Lari adalah olahraga paling murah. Sekarang kan makin banyak olahraga yang bisa dilakukan dalam waktu singkat dan ga memerlukan tempat yang luas. Cari di youtube banyak kok yang kaya gitu.

Mengenali Tanda-Tanda Penyebab Penyakit

Walaupun sudah menerapkan pola hidup sehat, kita mesti tetap waspada terhadap tanda-tanda penyakit yang menyerang tubuh. Seperti yang gue bilang di atas, kalo penyakit sekarang udah mulai beradaptasi terhadap zaman. Kita pun harus begitu, bisa jadi ciri penyakit yang dulu itu udah ga sama lagi kaya zaman sekarang. 

Ambil contoh misalnya kalian mengalami nyeri di bagian dada, lalu ada rasa ga nyaman di bagian belakang bahu. Patut dicurigai itu penyebab sakit jantung. Apalagi kalo kalian suka mengonsumsi makanan yang berlemak, bisa jadi itu penyebab sakit jantung koroner. Segera periksakan diri ke dokter agar bisa mencegah bertambah parah penyakitnya.

Seperti kalo kita punya barang mahal di rumah. Kita pasti menjaganya bisa ga rusak. Kalo perlu dikasih pelindung paling bagus. Begitu pula dengan kesehatan tubuh. Karena kesehatan itu mahal harganya, maka harus bisa menjaganya agar tidak mudah diserang oleh penyakit. Karna kalo udah sakit kita ga akan tau berapa harga yang harus dibayar untuk bisa kembali sehat.

2 comments:

  1. Jangan sampai sakit di waktu muda.. Jangan sampai jadi useless person.

    Stay healthy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya jangan sampai sakit hingga akhir hayat kalo bisa deh. Makanya harus jaga kesehatan baik-baik

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.