Koala Kumal dan Kegalauan Karin Novilda

Gue udah nonton Koala Kumal. Ini adalah film Raditya Dika pertama yang gue tonton di bioskop. Gue emang bukan fans yang teladan. Bukunya baru punya dua. Iya gue emang bukan fans teladan, puas lo semua? Lanjut! Film yang nyeritain tentang patah hati ini membawa gue keingatan masa lalu. Sama mantan. Karna emang ga jauh-jauh dari move on pembahasannya.

Koala Kumal, Karin Novilda, Awkarin, Youtuber, selebgram, vlogger, gaga, awkarin putus
Dari Koala Kumal gue belajar kalo sebenernya patah hati ga perlu segalau itu. Sampe ga bisa nulis setahun. Gue pas patah hati justru melampiaskannya lewat tulisan. Gue abadikan "luka" gue di blog ini. Biar gue bisa mengikhlaskan semua. 

Dan bener kata Dika di Koala Kumal, kalo patah hati seseorang yang paling sakit itu ketika diputusin sama orang, kita bukannya nangis tapi cuma bisa menghirup napas panjang dan menghembuskannya. Udah. Gitu doang.

Itu kejadian sama gue. Waktu putus gue ga ada nangis. Kalo mantan sebelum ini, gue emang nangis. "Seganteng-gantengnya cowo, kalo putus sama pacar pasti nangis" kata Ernest di film Koala Kumal. Dan kalo masih nangis artinya ga sayang-sayang amat sama pacarnya. Sayang... tapi ya gitu deh. Beda lah pokoknya.

Kenapa jadi ga nangis? Ga tau deh gue juga bingung ngejelasinnya. Mungkin terlampau sakit karna ditinggal pas lagi sayang-sayangnya kali, ya. Tapi percuma juga sih nangisin orang yang lebih memilih ninggalin kita untuk bersama orang lain.

Dulu gue mikir kalo dia itu mantan kesayangan gue selama pengalaman gue pacaran. Sampe beberapa dari tulisan gue terinspirasi dari dia. Tapi lama-lama gue jadi sadar, orang yang gue sayang itu harusnya ada di samping gue, bukannya ada di samping orang lain.

Film Koala Kumal membuka mata gue, bahwa seroyal-royalnya kita sama pasangan, kalo emang dia udah ga punya rasa sama kita pasti ujung-ujungnya ditinggal. Sama kaya Awkarin. Dia ngasih hadiah macam-macam sama mantannya eh ujung-ujungnya dia diputusin juga. Galau deh jadinya. Nangis kejer banget. Kasian gue liatnya.

Cewe emang halus perasaannya. Diputusin pas lagi sayang-sayangnya kaya Awkarin gitu sih pasti sakit, lah. Ga ada cara lain selain nangis. Gue ga nyalahin dia nge upload curhatan ke youtube. Sah-sah aja menurut gue, lagian biar viewernya juga tau kalo Awkarin juga bisa patah hati. Awkarin juga manusia.

Koala Kumal, Karin Novilda, Awkarin, Youtuber, selebgram, vlogger, gaga, awkarin putus

Gue ga perlu cewe se-royal Awkarin dalam ngejalanin hubungan. Yang penting bisa setia dan mau diajak komitmen. Seroyal-royalnya pasangan kalo ujung-ujungnya dia bebas jalan sama siapa aja pas lagi pacaran sama gue, ya mending ga usah pacaran sekalian. 

Tapi... uang bisa bikin orang berubah pikiran. Putus sama mantan bikin gue sadar kalo kesetiaan dan cinta doang ga cukup. Apalagi kalo ada orang tua yang punya standar tinggi terhadap calon pendamping anaknya. Semenjak itu gue bertekad buat jadi orang yang lebih giat dan rajin lagi untuk bisa mencapai target para calon mertua di luar sana. Walaupun masih belum keliatan sampe sekarang gimana haslnya hahahaha.

Jadi kesimpulan gue Awkarin itu sebenernya ga sayang-sayang banget sama Gaga. Kalo sayang, dia ga bakalan nangis kejer kaya gitu. Biarpun dia bilang kalo Gaga itu patah hati terhebat dia, persis kaya Trisna sama mantan pacarnya di Koala Kumal, gue rasa dia belum nemu yang lain aja ngomong begitu. Kalo udah nemu, gue yakin dia cuman bisa narik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya. Dengan disertai keikhlasan dan kerelaan buat ngelepas dia.

ikhlas menerima kenyataan kalo takdir berkehendak lain.

Rela beranjak dari kehidupan yang lama ke kehidupan yang baru tanpa ada dirinya lagi.

Tenang aja, Rin. Film Koala Kumal ngajarin kita gimana caranya biar bisa jadi orang yang kuat setelah patah hati. Karna biar gimana pun juga, sehebat-hebatnya patah hati kamu, kita semua mesti tetep harus move on. Ingat video yang di tonton Trisna sama Dika Koala Kumal itu? "Sesayang-sayangnya kita waktu lagi pisah sama orang, jangan benci orangnya. Tapi benci perpisahannya"

Koala Kumal dan Karin Novilda ngajarin gue kalo patah hati bisa dibikin sebuah karya. Kalo galau bisa dijadiin hal yang bisa dinikmati oleh orang lain.

Terimakasih mantan.
Terimakasih Karin Novilda.
Terimakasih Raditya Dika.
Terimakasih Koala Kumal.

Artikel Terkait

Koala Kumal dan Kegalauan Karin Novilda
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

10 comments

July 23, 2016 at 1:07 PM delete

Jeger!!
Gue baru denger awkarin pas rame di twitter. Sampe gue search via google dan mengatakan klo si awkarin ini seleb sosial media. Cupu bgt gue baru tau... wkwkwk

Reply
avatar
July 23, 2016 at 5:14 PM delete

Hahaha bukan cuman lo yang baru tau... gue juga kok.
Temen gue malah duluan kenal Awkarin dari ig, katanya fotonya bagus-bagus

Reply
avatar
August 5, 2016 at 10:54 AM delete

Jadi awkarin jomblo kan? Lo gak ada niatan mau nyamber gitu?

Reply
avatar
August 5, 2016 at 11:44 AM delete

Pengen sih tapi kayanya level Awkarin jauh banget di atas gue bhahaha

Reply
avatar
August 7, 2016 at 3:55 PM delete

Berarti ka Radh bisa tuh gantiin gaga buat awkarin ya, haha.

Ulun tau awkarin dari insta jua :D

Bujur banar itu ka, galau itu bisa jadi karya. Apalagi galaunya penulis kalo sudah tersalurkan beuh keren banget deh....:D

Reply
avatar
August 7, 2016 at 4:01 PM delete

Bisaaa.. Tapi kayanya Awkarinnya yang ga mau deh hahaha

Dasar bujur pang.. Kegalauan tu modal utama gasan penulis. Banyak karya lahir dari sebuah kegalauan

Reply
avatar
August 21, 2016 at 1:22 PM delete

Wah, kalo saya justru pas lg galau nyesek bin patah hatilah yg membuat jd pbh produktif, jd lbh sering nulis, curhat, nyampah ampe bikin puisi. Kalo hidup sedang tenang justru gak ada yg bs dituliskn.

Agakx pepatah lama ini memang benar; seorg penyair/penulis hanya membutuhkan pena, hujan dan patah hati.

Reply
avatar
August 21, 2016 at 1:24 PM delete

Btw, tentang Awkarin. Itu kekinian bgt ya..... #parasanya

Reply
avatar
August 21, 2016 at 1:32 PM delete

Iya bener juga. Kalo tenang justru ga ada bahan buat ditulis hahaha.. Ironis ya..

Pepatahnya bagus itu.. Emang ga jauh-jauh dari hujan sama patah hati.

Reply
avatar
August 21, 2016 at 1:33 PM delete

Kekinian bagi cabe-cabean masa kini, Mba ai. Hahaha.

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.