Hal-hal Yang Cuman Ada di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan selalu jadi bulan yang ditunggu semua orang. Ga cuma orang muslim yang nunggu, yang non muslim juga nunggu. Ramadhan berkah buat semua orang. Salah satu faktornya mungkin karena ada hal yang cuman muncul di bulan Ramadhan yang ga ada di bulan lain.

puasa, niat puasa, bulan ramadhan, amalan bulan puasa
Buat gue bulan Ramadhan itu salah satu bulan favorit, setelah bulan kelahiran tentu saja haha. Karna di bulan ramadhan gue bisa ga jajan di siang hari, lumayan buat ngehemat uang jajan selama sebulan. Cuman di bulan Ramadhan gue juga bisa begadang sampe sahur tanpa mesti takut dimarahin sama Emak gue.

Buat sebagian orang, Ramadhan kesempatan buat mereka mendulang rezeki. Banyak banget pedagang musiman nongol pas bulan Ramadhan kaya gini. Bukan cuman pedagang, pengemis musiman juga ada. Dengan modus berbagi berkah mereka coba meminta belas kasihan dari orang-orang yang lagi puasa.


Gue coba nyebutin beberapa hal yang cuman ada waktu bulan Ramadhan. Beberapa diantaranya yang berhasil gue temukan antara lain:

1. Sweeping Warung Yang Buka Siang Hari

puasa, niat puasa, bulan ramadhan, amalan bulan puasa
Cuman di bulan Ramadhan kalian nemuin kejadian yang kaya begini. Ormas yang mengaku dari agama tertentu mencoba bertindak jadi penegak hukum. Ormas yang sebenernya ga punya kewenangan apa-apa buat gelar razia ataupun sweeping itu bisa seenak dengkul ngebongkar warung yang buka pas siang hari di bulan Ramadhan.

Di kota gue sih biasanya emang ada Surat Edaran yang dikeluarin pemerintah setempat. Dan wajar kalo disweeping atau dirazia, tapi bukan ormas juga yang ngelakuin. Harus aparat berwenang. Kalo ga ada peraturan dari pemerintah yang berwenang siapapun ga berhak buat ngerazia ataupun ngehancurin warung-warung yang buka siang hari.

2. Acara TV Live Makin Banyak Pas Sahur

puasa, niat puasa, bulan ramadhan, amalan bulan puasa
Acara TV makin banyak yang siaran live pas sahur. Dulu gue doyan banget nonton OVJ Sahur. Atau yang lebih jadul lagi ada acara Sahur Kita di SCTV. Kalo kalian inget dulu pembawa acaranya Ulfa Dwiyanti sama Eko Patrio. Itu duo kocak abis kalo ditandemin hahaha. Tapi yang ga pernah absen ditayangin pas sahur itu Tafsir Al Misbah-nya DR. Quraisy Shihab. Sekarang gue lebih milih nonton itu dulu sebelum acara-acara lawak pas sahur haha.

Kalo hari-hari biasa paling-paling acara live itu siaran sepak bola atau ga siaran balap motor. Kalo bulan puasa semua acara yang dulunya live pas prime time, seolah-olah "pindah rumah" ke jam sahur. Tiap stasiun tv berlomba-lomba nayangin program unggulan sahur mereka. 

Bagus sih penonton yang lagi sahur punya banyak alternatif tontonan. Dulu sahur gue malah cuman dengerin radio. Radio lokal sini siaran live juga. Dulu yang paling epic itu acaranya mereka nelponin artis-artis terkenal buat mereka kerjain gitu.

3. Jam Masuk Kantor/Sekolah Berubah

puasa, niat puasa, bulan ramadhan, amalan bulan puasa
Karena bergesernya kegiatan pas bulan Ramadhan, jam aktivitas kantor dan sekolahpun bergeser. Kuliah juga, cuman ga semua punya jam masuk tetap. Kaya gue dulu waktu kuliah jam masuknya ga digeser, yaiyalah gue masuk siang, mau digeser ke jam berapa coba? Hahaha.

Tapi tetep aja ga berasa efeknya buat gue. Selalu ngerasa kurang tidur terus hahaha. Kebanyakan begadang mungkin ya. Temen gue waktu sekolah pernah ga tidur dari habis terawih sampe masuk sekolah, mukanya pucat banget kaya orang sakit. Ngeri liatnya. Yang kaya gitu ga usah diikutin, bikin sakit.

4. Beli Makan Lebih Banyak Daripada Hari Biasa

puasa, niat puasa, bulan ramadhan, amalan bulan puasa
Ini kebiasaan boros yang ga perlu ditiru kalo bulan Ramadhan. Karna ngeliat yang enak-enak pas lagi laper, semuanya mau dibeli. Ujung-ujungnya malah ga kemakan karna keburu kekenyangan. Sayang berlebihan itu ga baik buat badan sama hati.

Gue suka heran sama bokap kalo belanja makanan buat berbuka. Beli kue sampe 2 macam. Lauk buat buka 3 sampe 4 macam. Alasannya sih biar bisa dimakan sampe sahur. Modus doang, dia mah paling icip-icip dikit, ujung-ujungnya gue sama Emak yang mesti ngehabisin hahaha. Laper mata pas beli.

5. Acara Bukber (Buka Puasa Bersama)

puasa, niat puasa, bulan ramadhan, amalan bulan puasa
Kalian pernah buka puasa pake ciuman ga? 

Oke itu intorduksi yang salah. Mari kita ulang.

Semakin banyak koneksi lu, semakin banyak acara bukber. Percaya deh sama Presiden Jokowi. Dia pasti banyak banget agenda bukernya. Bahkan bisa jadi 1 bulan penuh lu ada agenda buka puasa bersama.

Kalian sendiri gimana? Udah ngatur agenda bukber sama temen-temen ga? Bukber temen TK, bukber temen SD, SMP, SMA, kampus, kantor, organisasi, komunitas, keluarga pacar, keluarga mantan, keluarga ayah, keluarga ibu? Pasti banyak banget ya.

Emak gue orang yang ga doyan kalo diajakin bukber. Kata dia nanti pasti bolong terawihnya. Yah maklum aja kadar religiusnya lumayan gede. Ga kaya anaknya masih rada males. Tapi gue memperbaikin diri, kok. Tenang aja.

6. Petasan Makin Merajalela

puasa, niat puasa, bulan ramadhan, amalan bulan puasa
Ini yang gue ga demen dari bulan Ramadhan. Petasan dimana-mana men! Ganggu ketenangan orang beribadah aja. Bukannya ibadah malah maen petasan di jalan. Bikin kaget orang tuh ga baik loh. Gue orangnya kagetan. Dan gue benci dikagetin, bukan berarti gue ga suka dikasih surprise ya, itu beda konteksnya. Jadi denger bunyi petasan aja langsung benci.

Kenapa sih petasan tuh makin menjamur kalo pas bulan Ramadhan doang? Heran deh gue. Ada 11 bulan kenapa milihnya pas bulan Ramadhan? KENAPA? Katanya setan dikurung kalo pas bulan puasa, terus yang mainin petasan pas orang lagi terawih itu siapa? Ga ngerti lagi deh gue.

Padahal udah sering dirazia sama polisi loh yang jualan dan bikin petasan itu. Ya tetep aja masih bisa dijual. Kalo alasannya "Bukan bulan puasa kalo ga ada petasan" itu mah akal-akalan marketing aja. Yang namanya bulan puasa ada ataupun ga ada petasan mah sama aja, yang penting ibadahnya jalan.

**o0o**

Buat gue mau lu puasa duluan, sama kaya pemerintah ataupun belakangan lu tetep temen gue. Tapi kalo lu sampe ganggu ketenangan orang beribadah, gue ga mau ngakuin lu sebagai temen. Males lah punya temen bikin malu kaya gitu.

Oke maaf masih kebawa perasaan pas ngebahas petasan tadi hahaha.

Sebenernya masih banyak lagi sih hal-hal yang cuman ada di bulan Ramadhan. Cuman untuk sementara ini dulu deh biar kalian ga cape ngebaca tulisan yang panjang-panjang.

Artikel Terkait

Hal-hal Yang Cuman Ada di Bulan Ramadhan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

10 comments

June 6, 2016 at 11:44 AM delete

Hahaha... semuanya benar nih!

Kata2 yang terakhir gue setuju tuh. Mau duluan atau belakangan puasa tetep teman kita. Tapi klo sampe ganggu orang beribadah, gue males ngakuin temen.

Gue lagi buat untuk postingan kayak gini, sayangnya belum kelar.. hehe

Reply
avatar
June 6, 2016 at 12:29 PM delete

yang dulunya es teh manis kelihatannya biasa-biasa saja dan ketika bulan puasa di siang hari itu kelihatannya sangat luar biasa :D #CumanNambahinAja :D

Reply
avatar
June 6, 2016 at 1:24 PM delete

hahaha keduluan gue dong barti yah? gpp asal ga sama persis aja tulisannya hehe
makasih udah baca :D

Reply
avatar
June 6, 2016 at 1:26 PM delete

Waaah ini boleh nih buat nambahin bahan tulisan selanjutnya..
Makasih mas Robby..

Reply
avatar
June 7, 2016 at 10:42 PM delete

Hahay.... saya setuju kalo petasan emang jd slh satu hal yg plg ngeselin pas bln puasa, apalg buat ibu2 yg punya dua anak cowok kyk sayah, acara ke pasar aja bs dibikin ribet ma anak2 yg nagih beli petasan, mending duitx buat beli bingka barandam kan maknyuzz...

Dan di bulan puasa juga saat2 dimana tabung gas 3 kg terlihat layakx buah kelapa muda, xixixi.....

Reply
avatar
June 8, 2016 at 9:40 AM delete

Hahaha.. kalo bisa jangan dibiasain buat main petasan mba.. bahaya banget kalo ga hati-hati..

Lah iya tabung gas 3 kg bisa jadi kelapa muda ya haahaha

Reply
avatar
June 10, 2016 at 10:53 AM delete

Walaupun petasan suka bikin ngagetin orang & bnyk bahayanya tp itu yg slalu ane denger dr kecil smpe skrng dibln puasa doang.kadang ngangenin klo gak denger bunyi ptasan ramadhan..he..he..

Reply
avatar
June 10, 2016 at 11:10 AM delete

Nanti bikin sound effect khusus petasan ya biar ga kangen sama bunyinya lagi hahaha

Reply
avatar
June 16, 2016 at 9:39 AM delete

Meskipun petasan itu memang bahaya.
Tapi, kangen... dari petasan itulah yang membuat ramadhan makin meriah.
1. Bikin sekampung rame buat maen atau sekedar menonton. Kalau aku sih cukup mendengarkan dari rumah.
2. Persaudaraan makin terjalin karena disela-sela main petasan pasti becanda.
3. Banyak ibu-ibu yg sewot dengan kelakuan anak-anaknya, apalagi sampai lupa tarawih.
4. Banyak bapak-bapak jadi ikut nimbrung main petasan dan cerita-ceritalah akhirnya.

Sayangnya itu semua tinggal kenangan. Sekarang sudah tidak ada lagi main petasan ramai-ramai di kampung.

Reply
avatar
June 16, 2016 at 11:35 AM delete

Boleh juga sih.. Iya sekarang udah Alhamdulillah banget jarang main petasan.
Kemeriahan ramadhan itu bukan cuma suara petasan, tapi juga suara solawat yang bersahutan di mesjid-mesjid dan langgar-langgar. Bikin suasana ramadhan makin religius.

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.