Tips Anti Nganggur

biar nganggur tetap produktif

Buat kalian yang baru aja pengumuman kelulusan sekolah atau kuliah, pasti bakalan punya banyak waktu senggang. Kecuali buat mereka yang sebelum lulus sekolah/kuliah udah dapat kerja duluan. Kalian akan merasakan sensasi yang tidak biasa. Sensasi tidak biasa ini sering disebut NGANGGUR. Ya, nganggur adalah sebuah kondisi dimana kita cuman melakukan aktivitas yang sekadarnya karena ga punya kesibukan lagi. 

Nganggur itu adalah ketika dimana kamu lebih banyak bengongnya daripada ngelakuin hal positif. Walaupun kamu lagi di cafe, tapi kalo bengong ga ngapa-ngapain, nganggur juga namanya. Cuman lebih boros aja nganggurnya. Kalo nganggur tuh usahakan berhemat karna kita ga punya pemasukan apa-apa.


Saya aja dulu waktu nganggur nonton film cuman 2 minggu sekali, sekarang? Sama aja, cuman hati lebih tenang karna ga terlalu galau masalah keuangan lagi hehe. Jadi nganggur saya lebih banyak saya habiskan di rumah daripada di luar. Karna kalo keluar rumah pasti keluar biaya macam-macam, duit kaga ada, mau jajan apa ntar? Hahaha


Buat kalian yang masih nganggur sampai sekarang, ga usah malu. Santai aja. Ga perlu merasa rendah diri karna belum kerja. Karna rezeki itu bakal datang dari tempat yang ga bakal diduga. Asal kalian percaya. Sehabis saya lulus kuliah, saya nganggur 6 bulan! Uring-uringan sebenernya, tapi emang belum ketemu rezekinya gimana dong? 


So, buat kalian yang bingung mau ngapain di kala nganggur saya coba berikan beberapa tips yang mungkin bisa menginspirasi kalian untuk memanfaatkan nganggur menjadi hal yang positif.

Nganggur = Kesempatan Mencoba Hal Baru

Mungkin sewaktu sekolah/kuliah dulu kalian pengen mencoba sesuatu tapi karna keterbatasan kesempatan kalian menunda keinginan itu. Nah, sekarang waktunya memanfaatkan waktu nganggur kalian untuk mencoba hal baru. Misalnya kalian pengen belajar gitar. Coba ikuti les gitar private di kota kesayangan kalian. Atau minta ajarin temen yang bisa, biar lebih hemat. Kan nganggur harus hemat, hehehe.

Buat para cewe, pengen belajar make up misalnya. (well ini sih lumayan menguras kantong) BIsa coba-coba beli atau pinjem (boleh ga sih?) alat make up dan bahan make upnya dari teman atau ibu kalian. Mulai dari yang simple aja dulu. Ga usah langsung nyukur alis kalian, ya, kalo belum lihai bikinnya, hahaha.

Nganggur = Back To Hobby Time!

Karena kegiatanmu yang super padat, kamu jadi ga bisa meluangkan waktu untuk menekuni hobimu. Yang doyan ngeblog pasti postingannya udah jarang, bahkan blognya dicuekin. "berdebu" saking lamanya ga ditengokin. Kaya hatinya para jomblo. 

Nganggur adalah solusi untuk kembali ke hobby kamu yang lama

Sebenernya ga nganggur pun bisa ngeblog, kok. Buktinya banyak temen saya yang kegiatannya banyak tetep bisa update blog. Kalo saya sih ga bisa kaya gitu. Yang ada jatohnya saya jadi ga fokus. Salut buat temen-temen yang bisa ngerjain banyak hal dalam waktu bersamaan.

Oh, kalo kalian hobinya ngomongin orang mending ga usah balik deh. Lebih bagus ga dilakuin kalo yang 1 ini, mah. Sama yang hobby ngutang juga, ya. DIjauh-jauhin dari hoby yang kaya gitu. Iya kalo bisa bayar, kalo ga? Bayar pake apa? Dengkul?

Nganggur = Family Time!

Karena kesibukanmu kamu jadi jarang ketemu sama keluarga terdekatmu. Bukan cuma karna jarak, tapi juga waktu yang terbatas. Walaupun sebenernya ga ngaruh juga sama mereka mau dikujungin sama kamu atau ga, paling tidak kamu ngunjungin mereka. Orang tuh seneng dikunjungin. Tapi ga tiap hari juga. Sekali-sekali masih wajar.

Ayah ibu kamu juga pasti kekurangan waktu sama kamu karna kamu lebih sibuk main sama temen-temen daripada sama mereka. Nganggur adalah saat yang tepat untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin sama ortu. Ga usah jalan-jalan, cukup ngobrol santai aja sama mereka di rumah. Saya pernah baca, katanya ngobrol santai bareng ibu itu bisa mengeluarkan hormon yang sama ketika dipeuk sama ibu. Jadi kalo malu dipeluk sama ibu karna udah gede, luangkan waktu buat ngobrol sama dia aja, ya!

Nganggur = Banyak Teman

Dulu semasa kuliah cuman punya temen sekampus doang. Atau pas sekolah punya temen 1 sekolah doang. Sekarang saatnya untuk membuka diri memperluas wawasan. Kalo kamu nyoba hal baru, kamu mesti gabung juga sama komunitasnya. Biar lebih cepet belajar. BIsa sih ga gabung ke komunitas, tapi kamu ga akan tau apakah kemampuan kamu berkembang apa ga. Susah.

Dengan gabung ke komunitas, kamu bisa belajar sama temen-temen baru. Karna mereka orang baru, suasananya pasti baru juga. Pasti belajar hal baru jadi lebih mudah. Saat nganggur manfaatkan keberadaanmu di komunitas dan teman baru dengan maksimal. Karna dengan gabung ke komunitas, bukan cuma hal baru yang kita dapat. Tapi juga teman baru yang bakal bikin pergaulan dan hubungan kita makin luas. Penting banget buat kamu ke depannya nanti. Makanya kalo bisa ga boleh putus hubungan sama temen-temen komunitas.

Nganggur = Istirahat

Setelah sekian lama bergelut dengan semua aktivitas yang melelahkan, saatnya kamu memberikan tubuhmu "hadiah". Tidur atau sekadar bersantai di rumah tanpa melakukan hal berat itu hadiah buat tubuh kita yang udah ngerjain semua hal yang melelahkan.

Istirahat itu ga cuman tidur, kok gaes. Yang penting ga ngeluarin banyak tenaga tapi badan tetep seger. Bukan tidur seharian ga pake mandi gitu. Bisa sih tapi pasti risih deh nanti hahaha. Ingat, walaupun nganggur mesti tetep kece. Karna nganggur adalah pilihan, tapi kece itu mutlak.


*  *  *
Semoga tips anti nganggur ini bisa bermanfaat buat kalian. Karna senganggur-nganggurnya kalian, bukan sebuah alasan untuk jadi malas-malasan. Justru kalian bisa memanfaatkan waktu yang banyak untuk bisa mengembangkan potensi dalam diri. Kalian punya waktu untuk menata masa depan yang baik.

Artikel Terkait

Tips Anti Nganggur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

14 comments

April 8, 2016 at 11:08 PM delete

Boleh juga ni. Tapi ada gak nganggur produktif tapi ngehasilin duit? Hayoo.

Reply
avatar
April 8, 2016 at 11:55 PM delete

ada banyak kok. blogger-blogger yang menghasilkan duit dr blog doang banyak. nganggur itu di rumah doang haha

Reply
avatar
April 9, 2016 at 10:43 PM delete

Kalo aku sih nganggur untuk menyayangi seorang wanita dulu. Gimana? Masuk gak?

btw, baru masuk kesini nih. Aku akan dapat manfaat apa? :')

Reply
avatar
April 10, 2016 at 4:35 AM delete

Gagal paham gue. Maksudnya jomblo ya? Kayanya ga nyambung deh mz sama bahasan gue di atas hahaha tapi terserah deh..

Makasih udah mampir yaa :D

Reply
avatar
April 11, 2016 at 2:06 PM delete

Nganggur : Molor

haha kalo lagi weekend yang paling ditunggu adalah momen tidur siang. alamaaaak mahal banget harganya..

Reply
avatar
April 11, 2016 at 2:53 PM delete

Iyaa bener banget.
Tidur siang itu emang mewah banget deh. Kalo nganggur sih enak bisa tidur siang mulu.
Kalo udah kerja wahhh susahhh! Hhahah

Reply
avatar
April 12, 2016 at 2:28 PM delete

Nganggur jadi lebih banyak waktu senggang dan mencoba hal-hal baru sih tapi keseringan bosan yang ada xoxoxo

Reply
avatar
April 12, 2016 at 3:06 PM delete

Kalo menurut gue justru sebaliknya. Karna ngerjain hal baru malah makin semangat. Tapi tergantung orangnya juga sih. Mau keluar dari zona nyaman ga? Hahah

Reply
avatar
April 14, 2016 at 12:52 AM delete

Nganggur merah yang selalu memabukkan diriku kuanggap belum seberapaa a a a a ...


Dahsyatnya.

Reply
avatar
May 16, 2016 at 9:52 PM delete

Kalau saya dulu pas nganggur buat jalan jalan :D

Reply
avatar
May 16, 2016 at 9:56 PM delete

Situ nganggur kan punya tabungan, yang sini nganggur tabungannya masih 0 hahahha :))

Reply
avatar
May 18, 2016 at 7:53 PM delete

Banyak yang bisa dilakukan ketika nganggur. :D

Reply
avatar
May 18, 2016 at 11:02 PM delete

Iya banyak hehe blogwalking dan ngasih komentar yang panjang juga salah satunya

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.