Tips Agar Blog Ramai Dikunjungi

tips supaya blog ramai dikunjungi
Sebagai seorang blogger tentu berharap ada yang mengunjungi blog kita. Yah walaupun tulisannya hanya sekadar curhatan sehari-hari setidaknya ada yang membaca. Paling tidak teman kita sendiri. Temen saya si Ayub pernah bilang "Kamu kan hobi nulis, coba sesekali ngirim tulisan ke koran-koran. Bahas tentang isu lingkungan, walikota kita (yang dulu) kan perhatian sama lingkungan". Saya pikir ada benarnya juga, tapi waktu itu saya belum bisa menulis secara formal dan sesuai EYD. Sampai sekarang sih sebenernya. "Ya paling ga kamu belajar biar ga "onani" menulis" sambung dia. 

Sangar juga dia bilang begitu, hahaha. Maksudnya biar tulisan kita itu ga dibaca sama sendiri. Orang lain bisa baca juga. Pada akhirnya saya ga pernah ngirim tulisan ke koran. Tapi saya tetap mencoba konsisten untuk ngeblog walaupun sibuk. 

Dari pengalaman saya beberapa tahun ngeblog, saya mencoba berbagi TIps Agar Blog Ramai Dikunjungi buat kalian yang bingung gimana caranya blog kalian bisa ramai dikunjungi. Cekidot!

1. Buat tulisan yang menarik


Tips pertama agar blog ramai dikunjungi adalah membuat tulisan yang menarik. Kalian bisa buat tulisan yang menginspirasi atau yang punya pesan moral atau sekadar tips. Terserah, kalian boleh pilih mana yang kalian suka.

Misalnya kalian suka belanja di supermarket, kalian bisa tuh bikin tips belanja dengan budget tipis. Atau karna kalian bisa bikin kue, kalian bisa juga nulis tutorial membuat kue. Awali dari hoby kalian aja dulu. Atau kalian suka memikirkan isu-isu lingkungan yang lagi hangat, kalian bisa juga bahas di blog. Tips menghemat penggunaan listrik, misalnya. Atau tutorial membuat tas cantik dari sampah plastik.

2. Promosikan Tulisan Kalian

Ga usah malu untuk mempromosikan tulisan yang kalian buat. Kalo terlalu mikir "tulisanku jelek malu dibaca orang" wah ga bakal ke posting, yakin deh! Karna siapapun yang mencoba menulis pertama kali, pasti jelek. Jadi ngapain takut jelek? Hahaha.

Tujuan kita promo postingan itu ga cuman nyari orang yang baca. Tapi juga nyari orang untuk ngasih masukan dan saran. Kalo ga pernah dikritik gimana kita tau itu salah? Ga usah takut salah. Ga perlu malu karna salah, sebab kalo ga salah kita ga belajar.

3. Konsisten Menulis

Tips ketiga agar blog ramai dikunjungi kalian mesti konsisten menulis. Kalo bisa update tiap hari itu bagus banget. Tapi misalnya sibuk seminggu sekali atau 2 minggu sekali gapapa. Atau misalnya kalo lagi sempet aja nge-update blognya, ya gapapa juga.

Yang penting kamu nulisnya konsisten. Apalagi kalo blog kamu udah punya tema sendiri. Misalnya kamu suka fashion dan bikin blog khusus ngebahas tentang fashion. Maka kamu adalah seorang fashion blogger. Karna sesuai temanya, maka usahakan ga ngebahas yang lain di luar dari tema itu di blog. Ntar kaya blog ini, blog gado-gado, hahaha.


4. Buat Tulisan Yang Berhubungan Dengan Orang Terkenal


Kalo kamu hobby nulis tentang review film kaya saya, kamu bisa manfaatin untuk bikin blog kamu ramai dikunjungi. Saat promoin tulisan (terutama di twitter) tentang review film, kamu bisa mention pemerannya atau sutradaranya biar mereka liat. Dan kalo mereka baik, pasti tweet kalian di retweet sama mereka. Kan lumayan tuh dapat promosi dari artisnya langsung. 

Contohnya bulan lalu. Saya pernah ngereview film A Copy Of My Mind-nya om Joko Anwar. Pas promo postingan di twitter saya mention akun om Joko Anwar eh ternyata di retweet lagi sama dia. Traffic ke blog langsung melesat! Hahaha. Ga usah malu buat mention artisnya, kalo menurut dia tulisanmu bagus pasti dipromoin, kok.


5. Bikin Giveaway


Tips ampuh yang bikin blog ramai dikunjungi tuh ya bikin giveaway. Kata temen-temen saya yang pernah (dan sering) ngadain giveaway sih gitu. Bikin giveaway tuh ga perlu modal banyak kok. Kalo kamu punya koleksi buku yang udah ga kebaca lagi, daripada kotor dan berdebu mending dihadiahkan sama temen-temen yang belum punya aja. Caranya adain aja giveaway.

Saya sendiri belum pernah ngadain giveaway. Padahal udah lumayan lama ngeblognya. Selain karena bingung mikirin hadiahnya, saya juga bingung tema giveaway yang pas tuh gimana, hahaha. Atau mungkin ada yang mau join ngadain giveaway gitu sama saya? Dengan senang hati saya membuka peluang, hehehe.


*  *  *

Semoga tips agar blog ramai dikunjungi dari saya ini bisa membantu para blogger yang masih bingung gimana biar postingannya dibaca sama orang. Tips ini ga mutlak semua harus dilakukan. Kreasikan blog dan konten kalian sedemikian rupa biar orang-orang tertarik berkunjung ke blog kalian, meskipun promo kalian ga maksimal.

Artikel Terkait

Tips Agar Blog Ramai Dikunjungi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

6 comments

April 1, 2016 at 10:52 PM delete

Punya karakter khusus yg menonjol dan ngak pasaran itu juga penting

Reply
avatar
April 2, 2016 at 2:55 PM delete

nah iya betul juga ya. blog yang berkarakter itu juga penting.
kaya kata Radit, jangan berusaha untuk meniru, tapi berusaha untuk jadi beda.

Reply
avatar
April 10, 2016 at 11:05 PM delete

Dari sekian banyak tips, konsisten menulis menurut saya adalah yang paling penting. Percuma udah otak - atik sana sini kalo menulispun masih sangat jarang. Tipsnya sangat menarik, terimakasih sudah berbagi :).
Baru pertama kali mampir disini nih, salam kenal ya :)

Reply
avatar
April 10, 2016 at 11:35 PM delete

Kalau aku nulis seperti kata Raditya Dika "menulis karna keresahan" gak mungkin dong kita gak punya kerehasahan, jadikan karya aja itu keresahan biar resahnya produktif.

Eh nomor 5 adain please, aku mau ikut :p

Reply
avatar
April 10, 2016 at 11:59 PM delete

hallo mas okky..
iya betul yang penting konsisten nulis. biar kemampuan makin terasah. dan jangan lupa untuk selalu membaca biar perbendaharaan kosakata kita ikut nambah
salam kenal juga :D

Reply
avatar
April 11, 2016 at 12:01 AM delete

setuju. keresahan itu emang paling gampang untuk diungkapkan. semakin resah biasanya akan semakin bagus tulisannya. tinggal melatih kepekaan buat ngeliat sekitar aja sih.

nanti ya kalo buat no 5. aku juga bingung sebenernya mau bikin GA kaya gimana. tapi kalo kamu pengen ikutan GA coba cek akun twitter @Warung_Blogger, di sana banyak info-info soal blog. Termasuk GA.

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.