2016 Aku Datang!

resolusi di tahun yang baru

Biasanya ketika ditanya apa resolusi ditahun baru, saya selalu menjawab "Meresolusi resolusi tahun yang lalu". Antara terlalu malas cari jawaban yang lain atau cuma ngeles karena resolusi tahun yang lalu belum rampung hehehe. Tapi seiring berjalannya waktu, begitu banyak pengalaman yang saya dapat selama 1 tahun. Membuat saya sadar bahwa sudah seharusnya tiap tahun ada perbaikan dalam diri sendiri.

Padahal tidak ada keharusan untuk selalu ada resolusi tiap tahun. Tapi kalo kita tidak punya target, untuk apa kita berjuang? Bukankah semua orang berjuang karena mereka punya target dalam hidupnya?

Untuk itu saya bertekad punya target kemajuan tiap tahunnya. Baik itu dalam hal ngeblog, pekerjaan dan lainnya.


Pertama untuk ngeblog dulu. Target saya tahun ini yang utama adalah memperbaiki konten saya. Melihat lagi tulisan-tulisan yang sudah pernah di publish untuk direwrite lebih baik lagi. Untuk memulai tulisan yang baru, saya akan melakukan riset sebelumnya. Saya rasa penting untuk tidak meninggalkan data dan fakta jika ingin menulis suatu konten. Meskipun pada akhirnya data dan fakta itu mungkin akan tak terpakai di dalam hasil akhir tulisan saya.


Untuk memperbaiki kualitas menulis saya juga berusaha untuk rajin membaca. Buat saya tahun lalu seperti tahun malas membaca. Karena tak ada 1 pun judul buku yang selesai saya baca. Biasanya paling tidak ada 1 buku yang tamat dibaca. Untuk itu di tahun ini saya harus bisa lebih rajin lagi. Paling tidak ada 5 buku yang bisa saya tamatkan.


Btw sepertinya saya belum bisa meneruskan hasrat untuk bisa menulis dalam 2 bahasa. Karena kemampuan bahasa Inggris saya ternyata masih cetek hahaha. Untuk itu saya ganti dengan lebih menyempurnakan EYD. Meskipun terkadang lebih suka menggunakan bahasa gaul, tapi ga ada salahnya untuk belajar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Untuk domain blog ini sendiri saya pengen mengubahnya jadi (dot)com tanpa embel-embel blogspot-nya. Untuk itu saya masih perlu saran dari teman-teman sesama blogger gimana baiknya blog saya ini harus dipermak hehehe.


Lalu untuk pekerjaan. Ini mulai serius bahasannya (lah emang daritadi kaga serius, Tong?). Saya masih tetap bermimpi untuk bekerja di instansi pemerintah, meskipun kontrak saya sudah berakhir. Dan saya mungkin akan melanjutkan kontrak saya di perusahaan konsultan tempat saya melamar pertama kali. Sembari menambah pengalaman dan ilmu dari mereka yang senior.


Saya pernah ditanya suatu ketika oleh senior saya di instansi "Kamu kok mau masuk dinas sih? Padahal lebih enak kerja di konsultan, lho". Saya jawab "Mimpi saya kerja di Dinas, Mas" Ya mimpi saya memang bekerja di Dinas yang berhubungan dengan ilmu kuliah saya. Biar ilmu selama di kuliah itu kepake dan ga mubazir hehe.


Saya juga ingin jadi disiplin dalam hal waktu. Karena saya merasa sekali bahwa saya adalah orang yang paling tidak bisa membagi waktu. Mungkin karena kebanyakan malas-malasan jadi kelihatannya seperti tidak ada waktu. Oleh karena itu saya mencoba membuat time schedule saya sendiri. Semoga dengan menaati jadwal yang saya buat, saya bisa berubah jadi pribadi yang lebih disiplin.


Karena seperti yang pernah bang Pandji bilang waktu mampir ke Banjarmasin : Disiplin itu membebaskan. Mungkin diantara kalian bakal mengatakan saya terlambat untuk belajar disiplin. Tapi untuk jadi lebih baik selalu akan mendapatkan tantangan saya rasa wajar saja.

Saya juga kepikiran untuk memperdalam ilmu personal branding. Saya rasa untuk bisa jadi blogger yang profesional personal branding itu adalah hal mutlak. Sebenarnya sudah mulai merintis belajar sekalian praktik di twitter, sih. Sudah sekitar 1 tahunan ini mencoba namun sepertinya masih kurang maksimal.


Untuk itu tahun ini saya menargetkan bisa menguasai setidaknya dasar-dasar ilmu personal branding. Maunya sih ke bagian yang udah advance gitu tapi kayanya terlalu ambisius. Takut otak ga nyampe nerima ilmunya hahaha. Jadi bertahap saja biar lebih mudah dicerna.


Yang mau belajar personal branding, saya dapet trik simpelnya. Trik ini saya dapat dari selebtwit yang sering banget jalan-jalan ke luar negeri koh @aMrazing sewaktu dia bahas masalah personal branding beberapa waktu yang lalu :
Dari twit inilah resolusi 2016 saya bermula. Bukan cuma personal branding dunia maya, tapi juga dunia nyata. Saya ingin mengubah brand image saya menjadi lebih positif. Dari yang awalnya pemalas, suka telat datang kalo janjian menjadi pribadi yang lebih rajin serta disiplin dan tepat waktu. Semoga bisa terwujud dan hasilnya maksimal.

Tahun ini pengen nyari pacar lagi. Siapa tau bisa langsung jadi calon istri hehehe. Aamiin.

Manusia tak ada yang sempurna. Tapi biarlah manusia seperti saya memperbaiki diri untuk jadi manusia yang lebih bermanfaat dan lebih berharga di mata manusia lainnya.

Bagaimana dengan kalian? Apakah sudah punya rencana di tahun 2016 ini melakukan apa saja?

Better Life, Better Joy, Better Love, Better  Me.

2016 aku datang!

Artikel Terkait

2016 Aku Datang!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

8 comments

January 17, 2016 at 10:55 AM delete

Unik juuga ya resolusinya :))
Hmm, gue sendiri kadang suka re-write tulisan-tulisan yang kurang bener.

Pandji hebat ya quotenya :D

Koh Alexander ada betulnya juga. Lah kalo gue bisanya molor kudu ngapain dong? :(

Reply
avatar
January 17, 2016 at 11:37 AM delete

Mungkin lu bisa ngasih tips gimana caranya biar tidur bisa nyenyak, Dev. Atau tips tidur cantik ala Deva hahahah :))

Reply
avatar
January 17, 2016 at 1:30 PM delete

semoga dapet jodohnya tahun ini...

Reply
avatar
January 18, 2016 at 3:07 PM delete

semoga beneeer dapet jodoh tahun ini. :) ihhh pemalas, suka telat dan ga disiplin kayaknya bukan resolusi kamu aja deh. saya juga hahahahaha 2016 semangat harus berubah. minimal dari diri sendiri lah ya

Reply
avatar
January 18, 2016 at 4:49 PM delete

Aamiin. Semoga dikabulkan deh hehee.
Wahahhah ternyata ada yg sepemalasa saya juga
Iya berubah dari diri sendiri dan untuk diri sendiri dulu. Baru untuk orang lain hehe

Reply
avatar
January 20, 2016 at 12:08 AM delete

bang, bagi tips dong bigimana cara makan gorengan yang masih panas tapi ngga kepanasan?

Reply
avatar
January 20, 2016 at 10:30 AM delete

Gorengannya celupin ke teh es manis. Trus minum es teh manisnya #trims

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.