"Bertamu" ke Rumah Belajar Samsung

peresmiaan rumah belajar samsung
Selama jadi pengangguran ini, saya merasa kurang punya pengalaman berinteraksi dengan orang di luar lingkup keluarga dan teman-teman saya. Rasa-rasanya quote "Mainmu kurang jauh, pulangmu kurang pagi" cocok untuk saya. Kurang pergaulan karna kebanyakan bepatak (red :berdiam diri) di rumah kata orang Banjar. Makanya saya pilih jalan-jalan ke luar rumah yaiyalah masa sih di dalam rumah?  biar punya inspirasi buat nulis + nyari temen baru.

Ketika ditawari untuk menghadiri undangan pembukaan Rumah Belajar Samsung (RBS) di SMK YPT saya langsung mengiyakan. Kapan lagi ikutan acaranya Samsung, ya kan? Jarang-jarang brand gede sekelas Samsung ngundang blogger di Banjarmasin. Kami sebagai blogger merasa terhormat bisa disandingkan dengan kawan-kawan dari media cetak dan elektronik lainnya.

Rumah Belajar Samsung di Banjarmasin

Saya setuju dengan konsep Rumah Belajar Samsung ini, dengan adanya RBS maka remaja usia produktif yang belum memiliki keterampilan kerja bisa mendapatkan pelatihan/pendidikan di bidang elektronika. Dengan demikian remaja usia produktif dapat bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Apalagi menghadapi MEA di awal tahun 2016 nanti, persaingan pasti semakin ketat. Termasuk untuk saya juga, sih, sebenarnya. Soalnya sampai sekarang masih belum punya pekerjaan (iya ini curhat).

Acara ini dihadiri oleh beberapa petinggi baik dari Samsung maupun dari pihak terkait. Diantaranya ada Bapak Agum Gumelar selaku Samsung Indonesia Advisor beserta istri, juga ada Vice President Samsung Indonesia Kang Hyun Lee, Ketua YCAB, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Staff Ahli Gubernur (mewakili Gubernur dan Wakil Gubernur yang berhalangan hadir) serta tentu saja Kepala Sekolah SMK YPT.

Acara pembukaan RBS ini diawali dengan tari Radap Rahayu yang dibawakan oleh siswi-siswi SMK YPT dilanjutkan dengan sambutan berurutan dari Kepsek SMK YPT, Staff Ahli Gubernur Kalsel, Ketua YCAB (Yayasan Cinta Anak Bangsa), hingga vice-president Samsung Indonesia.  Acara puncak pembukaan ditandai dengan pemukulan gong bersama-sama oleh Staff Ahli Gubernur dan Bapak Agum Gumelar didampingi Vice President Samsung Indonesia.
Rumah Belajar Samsung di Banjarmasin
Pemukulan Gong tanda dibukanya RBS di Banjarmasin

Setelah itu para tamu termasuk media diajak berkeliling melihat fasilitas yang tersedia di Rumah Belajar Samsung ini. Samsung telah menyediakan 20 buah Tablet Samsung untuk menunjang aktivitas belajar para siswa. Ibu Linda Amaliasari Agum Gumelar berkesempatan untuk berbincang sejenak dengan para siswa dan guru terhadap proses belajar di RBS ini. 


tanya jawab pembukaan rumah belajar samsung
Sesi tanya jawab dengan media

Sesi selanjutnya ada tanya jawab dengan media. Baik media cetak maupun elektronik serta para blogger dipersilahkan menggali info lebih dalam tentang RBS dan hal-hal terkait. Selain tanya jawab dengan pihak terkait, ada juga pemaparan dari Dery salah satu siswa lulusan RBS yang berasal dari Jakarta. Dery memaparkan bagaimana RBS bisa membuatnya jadi seseorang yang bisa memiliki keahlian yang lebih baik sehingga bisa membuka bengkel AC sendiri di daerah Cilacap. RBS memang berhasil menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan keahlian di bidang elektronik.

Rumah Belajar Samsung di Banjarmasin ini merupakan RBS ke-6 yang dibuka oleh Samsung. Sejak berdiri tahun 2012-2014 bekerjasama dengan YCAB dan partner setempat, total 832 lulusan dimana 51%-nya tercatat sudah mendapatkan pekerjaan di beberapa bidang yang berhubungan dengan industri elektronika dan 35% lainnya meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga dengan adanya Rumah Belajar Samsung ini dapat mengurangi angka pengangguran di Banjarmasin. Karena menurut data BPS tahun 2015 terdapat 99.953 pengangguran di Kalimantan Selatan. Harapan yang sama juga diutarakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin agar RBS ini nantinya bisa menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di dunia kerja.

Kami para blogger pun berharap kontribusi kami dalam mempromosikan event-event lokal melalui tulisan lebih diperhatikan. Terimakasih kepada Samsung atas kesempatan yang diberikan kepada kami semoga bukan cuma kali ini blogger dapat bekerjasama dengan anda. Dan juga semoga brand-brand yang lain dapat mengikuti jejak Samsung yang bisa memberdayakan blogger lokal untuk mempromosikan produk atau event mereka.

Foto-foto lainnya dari event ini :
Rumah Belajar Samsung di Banjarmasin
Tarian Radap Rahayu dibawakan oleh siswi-siswi SMK YPT

Rumah Belajar Samsung di Banjarmasin
Sambutan para pihak terkait


Rumah Belajar Samsung di Banjarmasin
Pemandatanganan prasasti oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Ketua YCAB, VP Samsung Indonesia.
Rumah Belajar Samsung di Banjarmasin
Ibu Linda Gumelar berbincang dengan salah 1 pengajar Rumah Belajar Samsung
Rumah Belajar Samsung di Banjarmasin
Pemaparan dari Deri salah 1 lulusan Rumah Belajar Samsung

Artikel Terkait

"Bertamu" ke Rumah Belajar Samsung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 comments

June 11, 2015 at 3:37 PM delete

asik juga tuh kak., ajak-ajak kapan-kapan,

Reply
avatar
June 12, 2015 at 11:43 AM delete

Dari 20, satu lahhh.. boleh gratisin ke aku hehehe..
Keren ya, acara begini bagus deh. Asal entar dipakainya bener-bener untuk edukasi.

Reply
avatar
June 12, 2015 at 11:15 PM delete

Yah jangankan lu, gue juga mau kaleee hahaha
Iya semoga bisa digunakan dengan maksimal dan efisien :D

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.