5 Hal Yang Bisa Dilakukan Sehabis Ujian Nasional

5 hal yang bisa dilakukan sehabis ujian nasional

Dulu, waktu gue masih sekolah dan saat itu mau Ujian Nasional (UN) tiap hari selalu deg-degan. Hari menjelang Ujian Nasional itu adalah hari yang paling was-was. Kami harus belajar lebih banyak dari sebelumnya, mendapat tambahan pelajaran dan lebih lama berada di sekolah. Kalo dibolehin, mungkin kami disuruh nginep di sekolah biar bisa dikontrol waktu belajarnya. Untungnya ini Indonesia.

Di rumah pun, gue harus belajar lagi untuk ngelengkapin apa yang udah dipelajarin di sekolah. Sampai-sampai mama rela ga kemana-mana biar bisa ngejagain gue belajar. Gila! Ga cuman muridnya yang stress tapi orang tua juga.

Gue ga pernah setuju sama yang namanya Ujian Nasional. Udah pernah bahas UN itu ga cocok buat diterapin di Indonesia. Untungnya sekarang Ujian Nasional bukan lagi satu-satunya opsi penentu kelulusan murid. Berbahagialah adik-adik, karna zaman kalian Ujian Nasional lebih gampang.

Jadi kalo udah kelar Ujian Nasional ga perlu dirayain berlebihan. Ga usah lebay pake corat-coret baju segala. Mending bajunya disumbangin daripada dibuang sia-sia gitu.

Anyway, karna kalian udah ngelaksanain Ujian Nasional saatnya ngasih tau hal-hal yang bisa kalian lakukan sehabis Ujian Nasional. Semoga bisa ngasih kalian inspirasi.

1. Liburan
5 hal yang bisa dilakukan sehabis ujian nasional
Liburan ke pantai sambil berselancar di atas ombak keren kayanya, ya
Setelah berstress-stress ria karna belajar sampe otak mau meleduk. Inilah saatnya liburan! Lepaskan segala beban pikiran yang ada. Renggangkan urat saraf dan otot yang tegang karna ngerjain soal Ujian Nasional.

Liburan ga mesti jauh-jauh keluar negeri, gaes. Jalan-jalan di kota sendiri juga asyik, kok yang penting unsur refreshing-nya dapet. Percuma mau liburan tapi stress karna mikirin budget liburan yang ga seberapa. Yang ringan-ringan aja ga perlu bikin dompet tipis.

2. Mainkan Games Favorit

Setelah sekian lama meninggalkan games-mu karena harus fokus untuk Ujian Nasional sekarang saatnya memainkan mereka lagi. Tapi ingat, unsur bermainnya harus tetap ada. Esensi main games itu kan hiburan nah kalo abis main malah tambah stress mending ga usah main dari awal. Jadi mainkan games favoritmu yang menghibur.

3. Menentukan Sekolah/Universitas Pilihan

Meskipun belum diumumin kelulusannya ga ada salahnya kalian survei sekolah/universitas mana yang bakal jadi incaran. Penting untuk mlih dari sekarang, biar kalian bisa melihat passing grade jurusan di unversitas yang diincar. 

Semakin cepet tau berapa passing grade diperlukan semakin banyak waktu yang bisa kalian pergunakan untuk belajar memenuhi target itu. Terutama untuk kalian yang mau masuk PTN, memilih jurusan matang-matang itu penting. Biar ga ada kalimat "salah jurusan" pas udah masuk kuliah.

4. Mengunjungi Keluargamu


Habis Ujian Nasional emang waktu yang tepat buat ngumpul bareng keluarga. Apalagi keluarga yang jarang dikunjungin. Mumpung udah kelar Ujian Nasional ga ada salahnya buat ngunjungin mereka, sekalian minta doa biar lulus dengan nilai yang bagus dan cepet dapat jodoh juga.

5. Mempelajari Hal Baru

Belajar ga mesti baca buku pelajaran, ngebaca pikiran gebetan misalnya. Itu juga belajar, kok. Belajar hal yang baru yang positif. Bukan belajar sesuatu yang bisa bikin "positif. Lu bisa belajar masa bareng ibu. Ga cuman cewe kok yang harus bisa masak, laki-laki juga ga ada salahnya belajar. 

Bisa juga belajar mainin alat musik. Atau kaya gue, belajar nge-blog. Modal laptop/handphone  sama koneksi internet udah bisa. Mau belajar ngeblog? Yuk kita belajar bareng-bareng.

Gue doain semoga kalian bisa lulus dengan nilai yang bagus, dan bisa masuk ke sekolah/PTN yang kalian cita-citakan. Ingat, konvoi rame-rame ga bikin kalian lulus 100%, corat-coret baju ga bikin kalian ditepuk tanganin sama orang. Apalagi sampe pesta bikini segala, ngapain? Kerja juga belom main pesta-pesta aje kaya orang udah kerja.  Ga usah selebrasi berlebihan. Tuhan ga suka sama manusia yang berlebihan.

Artikel Terkait

5 Hal Yang Bisa Dilakukan Sehabis Ujian Nasional
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

14 comments

April 25, 2015 at 3:09 PM delete

4 sama 5 kurang sih kalo aku, yang paling sering sih itu, maen game sampe tengah malem, terus tidur sebentar terus main game lagi

Reply
avatar
April 25, 2015 at 7:51 PM delete

Liburnya panjang banget ya, habis UN. Dan ngga berasa, pula. Saya sih diem aja di rumah nenek sambil sekali kali ke Dufan pakai Annual Pass, puas tuh mainnya xD
Hahaha
Mempelajari hal baru sih emang ya niat banget kayak belajar nyetir dll tapi kenyataannya kalau udah libur dan di rumah nenek rasanya males banget :')
Coba nanti libur semesteran dicoba ah belajar hal baru :))

Reply
avatar
April 25, 2015 at 7:58 PM delete

boleh sih main game, tapi jangan berlebihan juga, kalo main game sampe bego ntar mabok game hahahah

Reply
avatar
April 25, 2015 at 8:06 PM delete

iya bener banget, liburnya ampe bego pokoknya hahahaha
cari yang ga bikin males aja belajarnya. belejar masak atau apa gitu..

Reply
avatar
April 25, 2015 at 9:13 PM delete

Kayaknya habis UN ga bisa santai juga bang. Harus siap-siap lagi buat ujian SNMPTN dan yang daftar SNMPTN banyak banget. Pepatah paling cocok "HABIS UN TERBITLAH SNMPTN" :D

Reply
avatar
April 25, 2015 at 9:57 PM delete

santai sejenak aja.. kalo santainya kebablasan mah jangan juga.. ntar ga bisa masuk ke PTN yang kamu incar haha
Pepatahnya bagus tuh hahahaha

Reply
avatar
April 28, 2015 at 10:40 AM delete

Soal kelar UN emang banyak banget hal yang bisa kita lakukan. 5 hal yang lu ceritain juga, emang bener2 banyak yang ngelakuin.

Cuman, gue dulu kelar UN gak sampe liburan. Gue lebih suka nyari duit (baca : kerja) untuk sekolah selanjutnya..

Reply
avatar
April 28, 2015 at 10:58 AM delete

wih keren lu bro udah nyari duit pas masih sekolah. gue pengen banget dulu kaya gitu tapi ga bisa2.. heran sendiri..

Reply
avatar
April 28, 2015 at 2:29 PM delete

Bukannya untuk mendaftar SNMPTN sekarang juga harus dilengkapi dengan SKHU, kan? Dan nilai di SKHU juga murni nilai UN, kan percuma lulus sekolah tapi gak lulus SNMPTN. Benar gak sih?

Setelah UN itu nikmatnya dibawa bersantai, main game habis-habisan tapi jangan habisin uang, dan tidur sepuasnya. Heheh.


-H2O-

Reply
avatar
April 28, 2015 at 3:12 PM delete

Wah gitu ya? Jadi ga jauh beda dong kaya zaman saya dulu? Hahahaha
Yah setidaknya lulus sekolah dulu lah.. Kalo SNMPTN itu urusan lain lagi hehehe

Reply
avatar
April 28, 2015 at 6:43 PM delete

sejujurnya gue gak jauh beda sama sebelum un.. pas un aja serius pas berangkat doang, pulangnya langsung main ps haha

Reply
avatar
April 28, 2015 at 10:39 PM delete

Yaelahhhh hahaha,, kalo gue udah ditabok emak gue ketauan main PS pas pulang UN :)))

Reply
avatar
May 2, 2015 at 2:01 AM delete

Lah, ini topiknya sama kayak si blog ane yah. Cuman point-pointnya beda banget.

Reply
avatar
May 2, 2015 at 7:55 AM delete

topik boleh sama. isinya jelas beda haha

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.