5 Hal Yang Bisa Dilakukan Sehabis Ujian Nasional

5 hal yang bisa dilakukan sehabis ujian nasional

Dulu, waktu gue masih sekolah dan saat itu mau Ujian Nasional (UN) tiap hari selalu deg-degan. Hari menjelang Ujian Nasional itu adalah hari yang paling was-was. Kami harus belajar lebih banyak dari sebelumnya, mendapat tambahan pelajaran dan lebih lama berada di sekolah. Kalo dibolehin, mungkin kami disuruh nginep di sekolah biar bisa dikontrol waktu belajarnya. Untungnya ini Indonesia.

Di rumah pun, gue harus belajar lagi untuk ngelengkapin apa yang udah dipelajarin di sekolah. Sampai-sampai mama rela ga kemana-mana biar bisa ngejagain gue belajar. Gila! Ga cuman muridnya yang stress tapi orang tua juga.

Gue ga pernah setuju sama yang namanya Ujian Nasional. Udah pernah bahas UN itu ga cocok buat diterapin di Indonesia. Untungnya sekarang Ujian Nasional bukan lagi satu-satunya opsi penentu kelulusan murid. Berbahagialah adik-adik, karna zaman kalian Ujian Nasional lebih gampang.

Jadi kalo udah kelar Ujian Nasional ga perlu dirayain berlebihan. Ga usah lebay pake corat-coret baju segala. Mending bajunya disumbangin daripada dibuang sia-sia gitu.

Anyway, karna kalian udah ngelaksanain Ujian Nasional saatnya ngasih tau hal-hal yang bisa kalian lakukan sehabis Ujian Nasional. Semoga bisa ngasih kalian inspirasi.

1. Liburan
5 hal yang bisa dilakukan sehabis ujian nasional
Liburan ke pantai sambil berselancar di atas ombak keren kayanya, ya
Setelah berstress-stress ria karna belajar sampe otak mau meleduk. Inilah saatnya liburan! Lepaskan segala beban pikiran yang ada. Renggangkan urat saraf dan otot yang tegang karna ngerjain soal Ujian Nasional.

Liburan ga mesti jauh-jauh keluar negeri, gaes. Jalan-jalan di kota sendiri juga asyik, kok yang penting unsur refreshing-nya dapet. Percuma mau liburan tapi stress karna mikirin budget liburan yang ga seberapa. Yang ringan-ringan aja ga perlu bikin dompet tipis.

2. Mainkan Games Favorit

Setelah sekian lama meninggalkan games-mu karena harus fokus untuk Ujian Nasional sekarang saatnya memainkan mereka lagi. Tapi ingat, unsur bermainnya harus tetap ada. Esensi main games itu kan hiburan nah kalo abis main malah tambah stress mending ga usah main dari awal. Jadi mainkan games favoritmu yang menghibur.

3. Menentukan Sekolah/Universitas Pilihan

Meskipun belum diumumin kelulusannya ga ada salahnya kalian survei sekolah/universitas mana yang bakal jadi incaran. Penting untuk mlih dari sekarang, biar kalian bisa melihat passing grade jurusan di unversitas yang diincar. 

Semakin cepet tau berapa passing grade diperlukan semakin banyak waktu yang bisa kalian pergunakan untuk belajar memenuhi target itu. Terutama untuk kalian yang mau masuk PTN, memilih jurusan matang-matang itu penting. Biar ga ada kalimat "salah jurusan" pas udah masuk kuliah.

4. Mengunjungi Keluargamu


Habis Ujian Nasional emang waktu yang tepat buat ngumpul bareng keluarga. Apalagi keluarga yang jarang dikunjungin. Mumpung udah kelar Ujian Nasional ga ada salahnya buat ngunjungin mereka, sekalian minta doa biar lulus dengan nilai yang bagus dan cepet dapat jodoh juga.

5. Mempelajari Hal Baru

Belajar ga mesti baca buku pelajaran, ngebaca pikiran gebetan misalnya. Itu juga belajar, kok. Belajar hal yang baru yang positif. Bukan belajar sesuatu yang bisa bikin "positif. Lu bisa belajar masa bareng ibu. Ga cuman cewe kok yang harus bisa masak, laki-laki juga ga ada salahnya belajar. 

Bisa juga belajar mainin alat musik. Atau kaya gue, belajar nge-blog. Modal laptop/handphone  sama koneksi internet udah bisa. Mau belajar ngeblog? Yuk kita belajar bareng-bareng.

Gue doain semoga kalian bisa lulus dengan nilai yang bagus, dan bisa masuk ke sekolah/PTN yang kalian cita-citakan. Ingat, konvoi rame-rame ga bikin kalian lulus 100%, corat-coret baju ga bikin kalian ditepuk tanganin sama orang. Apalagi sampe pesta bikini segala, ngapain? Kerja juga belom main pesta-pesta aje kaya orang udah kerja.  Ga usah selebrasi berlebihan. Tuhan ga suka sama manusia yang berlebihan.

Review Film : Filosofi Kopi

Sebenernya rada males waktu diajakin nonton Filosofi Kopi bareng temen saya. Bukan karna ini film Indonesia, tapi karna minggu kemarinnya saya udah nonton film. Tiket nonton di Banjarmasin ini mahalnya minta ampun, masa harga tiket nonton dari hari Senin-Kamis 40ribu? Sementara di Pulau Jawa sana temen saya bisa dapet tiket 15ribu kalo hari Senin. Tapi ya karna ini temen yang udah jarang ngumpul gapapa deh nonton film 2 kali dalam sebulan. 

Filosofi Kopi menceritakan pershabatan 2 orang Ben (Chiko Jericho) dan Jodhi (Rio Dewanto) dalam berjuang mempertahankan eksistensi kedai kopi bernama "Filosofi Kopi". Kita akan melihat perdebatan 2 orang ini hampir di seluruh film. Ben yang terlalu idealis berlawanan dengan Jodhi yang sangat bussiness oriented.


Review Film Filosofi Kopi

Ceritanya Filosofi Kopi udah terkenal di Jakarta. Kemudian dalam perjalanannya 2 orang ini ditantang oleh seseorang untuk membuat racikan kopi terbaik di dunia. Jika berhasil akan diberi hadiah. Selain 2 orang itu kita juga akan melihat El (Julie Estelle) beradu akting. Apakah peran El disini? Nonton aja filmnya hahaha. 

Dialog di Filosofi Kopi seolah-olah mengalir secara natural. Terkadang serius namun diantaranya terselip komedi-komedi ringan. Jadi nontonnnya ga tegang-tegang amat. Temen saya ngakak banget ngeliat kelakuan Ben kalo udah mulai ngelakuin hal nyeleneh abis diomelin Jodhi.
Film Filosofi Kopi

Filosofi Kopi film yang cocok untuk mereka yang sudah pernah baca novelnya untuk bisa memvisualkan sosok yang ada di novel. Saya sendiri belum membaca novelnya hehehe tapi saya yakin filmnya akan sebagus novelnya. Adegan favorit saya : waktu si El nulis sesuatu di lobby penginapan. Cantik banget itu sumpah hahaha.

Udah deh nanti kebanyakan spoilernya, ga nonton lagi deh kalian. Ayo nonton film Indonesia dong! Kalo bukan kita sendiri yang nonton siapa lagi?

Nge-Blog Makin Nyaman Dengan ASUSPRO BU201LA

Sebagai seorang blogger pemula, mencari inspirasi adalah suatu keharusan agar bisa menulis sesuatu yang menarik untuk dibaca. Saya sering menuliskan apapun yang membuat saya gelisah. Terlihat dalam tulisan-tulisan yang ada di blog saya, campur aduk kategorinya. Nah masalahnya inspirasi itu kadang males muncul kalo cuma nongkrong di dalam kamar.

Saya perlu mencari suasana baru untuk bisa dapatkan inspirasi yang lebih segar. Tapi kalo mesti nulis blog lewat handphone kayanya ga banget, deh. Saya tipe orang yang ga suka nulis blog pake hp. Oleh karena itu, saya perlu gadget yang sesuai yang lebih gampang dan nyaman buat nge-blog.

Laptop atau bahasa kerennya sekarang itu notebook adalah solusi yang pas buat saya. Tapi laptop yang saya punya sekarang ga bisa dibawa kemana-mana. Maklum laptop jadul, masih pake disket (ketauan deh umur berapa hahaha). Saya memerlukan laptop yang batrainya tahan lama dan juga yang ringan jadi ga ribet bawanya.

Nah kebetulan waktu lagi asik browsing laptop ketemu sama si ASUS. Ternyata lagi ada produk baru yang dirilis sama mereka. Namanya ASUSPRO BU201LA, spesifikasinya pas banget buat saya. Beratnya cuman 1,27 kg dan dimensinya tipis banget! Beda sama laptop jadul saya, udah tebal, berat dibawa, batrainya udah ga bisa dipake lagi. Saya kira laptop ringan bahannya juga ringan alias rapuh. Kalo jatoh langsung retak gitu, ternyata ga loh! Casing ASUSPRO BU201LA terbuat dari bahan material carbon UD yang nyaman dan enak buat ditenteng kemana-mana.

Pake diuji jatuh segala lagi! Hahahah mantap! Saya kira cuman handphone yang diuji jatuh. Laptop ini punya pengamanan yang keren juga, karna udah dites jatuh maka hardwarenya dilengkapi dengan teknologi anti guncangan dan G sensor untuk meminimalisir guncangan yang bisa mengakibatkan bergesernya kompnen di dalam laptop. Teknologi anti guncangan kaya gini cocok banget buat saya yang kemana-mana sering pake sepeda motor yang lebih sering kena guncangan daripada pakai mobil.

Ternyata ASUSPRO BU201LA pake processor Intel Core i7 juga. Gokil nih! Ini bukan laptop lagi namanya, tapi udah ultrabook!. Tipis, ringan, cepet lagi. 

Senjata seorang blogger pastinya adalah keyboard. Saya perlu keyboard yang nyaman dipake dan ga bikin tangan sama jari cepat lelah ketika lama digunakan. Keyboard  ASUSPRO BU201LA ini kece banget! Pas banget buat blogger kaya saya yang doyan ngetik cepet dan stabil. Jarang-jarang ada keyboard yang pake backlight kaya ASUSPRO BU201LA ini. Saya ga perlu lagi khawatir typo nulis di blog kalo lagi gelap-gelapan hehehe. Sama satu lagi, saya suka banget sama keyboard yang ga "ribut" kalo lagi dipake. Kan sering tuh biasanya ada keyboard yang berisik banget kalo lagi ngetik, ganggu banget.


Saya seringnya nongkrong di cafe bareng temen-temen, biasanya beberapa dari mereka ada yang bawa laptop. Nah kadang mereka suka naro minuman di deket laptop, sebenernya kan bahaya banget. Kalo tumpah gimana? Laptop kan ga semuanya tahan air. Yang asik dari keyboardnya ASUSPRO BU201LA justru ga masalah kalo ketumpahan air, karna udah dilengkapi sama yang namanya spill resistant keyboard fitur ini memungkinkan untuk mencegah air masuk ke dalam keyboard sehingga aman banget untuk kalian para blogger yang sering nongkrong di cafe nyari inspirasi sambil minum di sana.

Terimakasih ASUS karna udah mengeluarkan produk baru ASUSPRO BU201LA. Produk yang bisa mendukung passion saya untuk menjadi blogger terbaik. Karena kenyamanan dalam nge-blog adalah hal yang utama, dan itu saya dapatkan dari ASUSPRO BU201LA.


*semua gambar yang ada ditulisan ini diambil dari website resmi asus

Untuk Perempuanku

Untuk Perempuanku

Untuk perempuanku,

Aku memang berbeda dari mereka yang pernah menyayangimu.

Aku memang bukan dari kalangan berdompet tebal seperti mereka.

Bukan pula orang yang romantis. Yang bisa membawamu ke tempat-tempat mahal dan mewah itu.

Perempuanku, aku orang yang tidak akan pernah sempurna.

Bahkan ketika aku kaya dan bisa membelikan apapun yang kamu minta.

Andai saja aku bisa membeli kesempurnaan itu.

Untuk perempuanku, dimanapun kamu saat ini.

Teruslah berdoa kepadaNya. Memintalah kepadaNya.

Mohon kepadaNya agar kita dipertemukan dalam kebaikan.

Pertemukan dalam keindahan.

Pertemukan dalam kepantasan.

Pertemukan dalam kesederhanaan.

Untuk perempuanku,

Jadilah dirimu saat ini ketika sudah waktunya kita bertemu

Aku ingin mencintaimu dengan semua keindahanmu

Mencintai semua masa lalumu

Mencintai sukamu, mencintai dukamu.

Perempuanku, aku akan memantaskan diri untuk bisa bertemu denganmu

Terima semua kekuranganku seolah aku tak ada cacatnya untukmu

Perempuanku,

Siapapun dirimu nanti, ku harap setia adalah kebiasaanmu

Sabar adalah hobbymu

Pengertian adalah kawanmu

Perempuanku,

Ku harap kamu bisa menjaga diri dan kelakuanmu selagi kita belum bertemu

Bersabarlah, karena kita akan segera dipertemukan

Lalu semua akan indah pada waktunya.