5 hal yang bisa dilakukan sambil nunggu Buka Puasa

Bulan puasa telah tiba. Bulan dimana tidak ada lagi yang namanya makan siang seperti biasa. Hanya boleh makan saat waktu berbuka sampai menjelang subuh. Dan dibulan puasa biasanya kegiatan sekolah atau kuliah diliburkan. Tapi tergantung kebijakan sekolah atau kampusnya sih sekarang. Ada yang pengen libur ada yang masuk 2 minggu aja, macam-macam.

Nah saat libur bulan puasa kadang buat kita males untuk kemana-mana. Takut kecapean dan ga sanggup nahan ga minum sampai buka nanti. Terus kalo ga bisa jalan-jalan apa sih yang bisa kita lakukan sambil nunggu buka puasa? Saya kasih 5 hal yang bisa kalian lakukan sambil nunggu buka puasa. SIlahkan disimak.

1. Internetan
Buat yang punya akses internet melalui laptop atau komputer enak nih. Kalo internetan itu kadang bisa lupa waktu sendiri. Apalagi kalo lagi nemu topik menarik di internet. Tapi awas hati-hati jangan sampai kebablasan online nya. Ntar malah keliat hal-hal yang bisa ngebatalin puasa. 

Kalian juga bisa internetan buat nyari menu buka puasa. Di internet banyak kok resep-resep masakan yang bisa kalian coba di dapur. Lumayan kan puasa ga cuma buat dapat pahala tapi juga dapat koleksi menu baru buat masak. Atau kalian yang cewe juga bisa nyari referensi memakai hijab / jilbab yang baru. Biasanya kan banyak tuh yang tren-tren baru apalagi kalo udah bulan puasa gini.

Banyak hal lain yang bisa dilakuin kalo bisa internetan. Baca tulisan di blog ini juga bagus. Banyak tulisan yang bermanfaat untuk kalian baca. Dan kalo bisa menginspirasi itu lebih bagus sih. Hehehe.

2. Nge-Game
Favorit saya dulu sebelum punya akses internet sendiri biasanya nge game sambil nunggu buka puasa. Ini bener-bener nge game dari abis subuh sampai jelang buka puasa. Segitu lamanya tuh. Hahaha. Saking seringnya kaya gitu sampe-sampe ditegur ibu saya. Katanya puasa saya ga bakal bermanfaat kalo cuman nge game. Bener juga sih tapi daripada saya kemana-mana terus ngeliat yang engga-engga gimana? Hehehe ngeles aje kaya bajaj !

Nah soal game yang sering saya mainin kalo bulan puasa itu ada 2. Yang pertama judulnya "Final Fantasy Tactic Advance" ini game dari konsol gameboy advance, tapi karena ga punya konsol beneran, jadi mainnya di komputer pake emulator hahaha. Tapi menyenangkan kok. Satu bulan penuh selama puasa saya mainin, saya bisa namatin ini game. Terus yang kedua "Football Manager 2012" kalo ngeliat dari namanya udah tau sendiri lah ya ini game soal jadi manajer tim sepak bola gitu. Milih FM 2012 ya karena laptop saya bisanya cuman spek game yang ini, kalo ketinggian takut laptopnya ga nahan kerendahan ga asik juga.

3. Nonton TV
Kalo udah bosan online atau main game, biasanya nonton tv sih. Tapi saya milih-milih nontonnya. Males juga nontonin berita politik tiap hari. Apalagi puasa ini bertepatan sama ajang kampanye Capres Cawapres. Yang ada bukan nambah pahala puasa jadinya malah bikin kurang gara-gara ngomel-ngomel sama stasiun tv yang ga netral.

Nonton tv yang muter film-film liburan aja. Atau film kartun sekalian. Seengganya bikin ketawa lebih enak daripada bikin ngomel-ngomel iya ga? Hahahah

4. Jalan-jalan
Opsi selanjutnya jalan-jalan. Kalo emang udah sumpek di rumah dan perlu hiburan lain coba aja jalan-jalan keliling kota kamu. Kamu bisa ngebandingin suasana kota saat bulan puasa dan saat ga bulan puasa. Pasti beda. Kalo di kota saya nih biasanya ada yang namanya Pasar Wadai. Arti harfiahnya sih 'Pasar Kue' tapi bukan cuma kue yang dijual di sana. Macem-macem, dari kue, sayur masak, ikan bakar, ayam goreng, es kelapa, es campur, macem-macem. Makanan semua tuh isinya. Dan pemerintah kota biasanya nyebar pasar wadai ini di beberapa titik biar massanya ga terkonsentrasi di situ-situ aja.

Atau kalo kalian mau bisa jalan-jalan ke toko buku. Baca-baca buku gratis hehehe. Saya paling seneng kalo ke toko buku itu nyari majalah National Geographic. Yang udah kebuka aja biar bisa dibaca di sana. Maklum ga mampu beli majalahnya. Di situ banyak banget pengetahuan baru yang saya dapetin. Atau suka-suka kalian lah mau baca buku apa. Sambil ngeluangin waktu aja daripada ga kerjaan di rumah hehehe.

5. Tidur
Sengaja ditaro paling terakhir karena ini ga terlalu bagus buat dijadiin pilihan nunggu buka puasa. Masalahnya gini, terkadang kita memanfaatkan tidur di bulan puasa ini bukan cuma buat istirahat tapi buat skip waktu yang banyak. Hahaha. Itu ga boleh tuh. Saya kalo kelamaan tidur di rumah pas bulan puasa udah diomelin sama ibu saya.

Memang dikatakan bahwa tidurnya orang berpuasa di bulan ramadhan itu ibadah. Karena menghindarkan dari perbuatan yang bisa membatalkan puasa. Nah masalahnya saat siang kalo kebanyakan tidur daripada bangunnya itu juga ngurangin pahala puasa. Masa tidur mulu? Emang ga solat?


* * *

Ya udah deh segitu aja dulu yah. Selamat menunaikan ibadah puasa buat kalian. Semoga puasa kita memang benar-benar puasa keseluruhan. Bukan cuma nahan lapar dan haus aja. Aamiin.

Pesan saya buat kalian yang berpuasa :


Berbukalah dengan yang setia, karena yang manis belum tentu setia.
Bye :D

Artikel Terkait

5 hal yang bisa dilakukan sambil nunggu Buka Puasa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

8 komentar

6 Juli 2014 21.49 delete

lebih ke tidur aja sih, kalo jalan-jalan takut kalap duit abis

Reply
avatar
7 Juli 2014 07.46 delete

kalo gue sih internetan aja kak :v

Reply
avatar
7 Juli 2014 16.35 delete

perasaan gue nulisnya cuman jalan2 bukan belanja deh -_-

Reply
avatar
7 Juli 2014 16.46 delete

asik apa gila nih? jangan bingung :))

Reply
avatar
9 Juli 2014 02.07 delete

Kalo gue sendiri sebelum buka suka banget dengerin radio streaming. Apalagi biasanya kalo lagi puasa itu suka ada segmen-segmen yang nggak biasa. Hihi.

Reply
avatar
9 Juli 2014 02.49 delete

wah asik juga tuh.. sayang koneksi internet gue kadang ngambekan jadi susah buat streaming radio hahaha

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.