Ramadhan Penuh Berkah atau ....

Bulan Ramadhan sebentar lagi. 1 bulan yang paling ditunggu-tunggu bukan saja untuk umat Islam, tapi juga umat agama lain diseluruh dunia. 1 bulan dimana Tuhan memberikan rahmat dan berkah kepada seluruh umatNya secara besar-besaran bagi yang menjalankan ibadah. Tak terkecuali saya. Bulan puasa ini menandakan kalo saya sudah kesekian kalinya menjalani puasa di saat kuliah. Bulan puasa menandakan dimulainya kegiatan Semester Pendek. 
Dan kalo soal kuliah, pasti jauh dari rumah karena mesti tinggal di kos. Masalahnya adalah kalo saya tinggal di kos mau ga mau saya mesti keluar cari makan, karena saya orang yang agak malas untuk bikin makan sendiri dan juga karena memang tidak ada kompor lagi di kos saya semenjak teman saya sudah pindah dari kos ini beberapa bulan yang lalu. Bukan malas atau apa, tapi kalo bulan puasa apalagi malam hari jalanan di daerah tempat saya kos ini seakan akan berubah jadi jalur perang. Suara ledakan di mana-mana. Ga anak kecil ga orang dewasa, semuanya sama aja. Berubah jadi manusia-manusia menakutkan.

FYI saya ini orang yang paling benci dikejutkan. Bukan berarti saya anti dengan surprise, tapi saya tidak suka jika harus jantungan gara-gara dikejutkan oleh orang/benda apapun. Nah salah satu instrumen kejut yang paling menyebalkan itu adalah petasan. Karena suaranya nyaring. Bukan cuma suaranya saja yang menganggu, tetapi juga asap yang dihasilkan setelahnya. Bau sekali.

Dan entah kenapa petasan ini selalu muncul saat bulan puasa. Aneh banget. Kayanya petasan ini semacam alat penyelamatan buat setan deh. Bulan puasa itu berarti puasa juga buat setan untuk ngegodain manusia. Kalo disini suara petasan itu menyebalkan, kalo di akhirat sana seperti sirine adzan magribnya buat para setan. Jadi semacam buka puasa gitu buat mereka. Hahahaha.

Habisnya petasan itu booming pas ramadhan doang. Apa coba kaya gitu? Lagian yang jual ini adaaaa aja terus tiap tahun. Kaya jamur aja gitu, habis dibasmi tumbuh lagi, dibasmi tumbuh lagi. Heran. Kenapa sih mesti jual petasan? Ga ada yang lain yang bisa dijual selain itu?

Ngerayain datangnya bulan puasa itu boleh, sah-sah aja. Tapi jangan berlebihan sampe nyalain petasan juga. Ngapain? Tuhan itu ga suka yang berlebihan. Sedang-sedang aja. Dan lagian kenapa juga ngerayainnya pake acara bakar petasan segala? Apa hubungannya? Curiga nih yang sering nyalain petasan pasti anak dugem. Mereka kalo ngerayain sesuatu atau party yang biasanya di club, sekarang ga bisa gara-gara ditutup saat bulan puasa. Jadilah pelampiasannya dengan nyalain petasan. Api ledakannya itu emang mirip sih sama kilau lampu diskotik :))))

Kalo kebakar gimana? Salah lempar misalnya. Saking gugupnya karena baru pertama kali bakar petasan tau-tau yang dilempar ke tanah korek apinya, petasannya masih kepegang. Kan berabe urusannya. Kalo gitu sih namanya bukan ramadhan penuh berkah lagi tapi ramadhan penuh musibah. Ramadhan ga asik lagi gara-gara petasan.

Balik lagi ke pertanyaan tadi, emang ga ada yang lebih bagus dijual selain petasan? Apa kek gitu? Buah yang jarang ada pas hari-hari biasa, jual pas bulan puasa. Laku itu pasti. Atau jualan kolak petasan pisang kek, es buah kek. Apa kek yang lebih bermanfaat selain petasan gitu. Orang rame-rame cari pahala cari berkah eh ini malah ada yang jualan musibah petasan.
sumber

Lagian beli petasan kan pake duit. Kalo abis beli kalian bakar ya namanya sama aja bakar duit kalian dong? Mending duit beli petasan ditabung, buat pergi haji, pergi umroh gitu loh. Lebih bermanfaat. Tuhan pasti seneng. Nah pas lagi umroh atau naik hajinya kalian bakar petasan di sana. Hahahaha. Ngga ngga becanda doang.


Ga kasian apa sama orang-orang yang kaya saya? Yang jadi takut keluar rumah gara-gara banyak yang beli petasan dari kalian? Kalian tau ga sih petasan itu kalo meledak ngeluarin bunyi yang nyaring dan sangat mengganggu mereka yang ada di dekatnya? Tau kan ya? Kali aja ga tau gitu.
ramadhan bulan penuh musibah
sumber
Ramadhan itu bulan di mana semua orang berlomba-lomba buat nyari pahala. Orang-orang pada rame pergi ke mesjid. Kalian ga malu diliatin mereka yang pergi ke mesjid sementara kalian malah jualan petasan. Orang yang beli petasan kalian itu kadang juga suka main di sekitar mesjid. Ganggu orang yang mau ibadah, bukan cuma orang yang beli dapet dosa, kalian yang jualan juga. Kalian ga cuma jualan musibah, jualan dosa juga. Kalian mau kaya gitu?
Ini ada berita yang menurut saya agak konyol mengenai petasan. Udah lama sih tapi ga ada salahnya kalian baca. Mengenai petasan yang berhasil disita kepolisian lalu dimusnahkan dengan cara DIBAKAR. Iya DIBAKAR ! baca sendiri deh di sini. Lucu sih kalo menurut saya, petasan dimusnahkan kan tujuannya buat meminimalisir potensi keributan, nah kalo dimusnahkannya dengan cara dibakar berarti malah bikin keributan dong? Hahahaha. 

Artikel Terkait

Ramadhan Penuh Berkah atau ....
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

14 comments

June 21, 2014 at 7:45 AM delete

tulisannya menyilaukan :D
betul itu, mending ngisi waktu luang dengan baca al Qur'an

Reply
avatar
June 21, 2014 at 9:21 AM delete

ealah silau ya? hahaha diganti deh ntar..

Reply
avatar
June 21, 2014 at 9:24 AM delete

pas ngekos , yang paling malas adalah cari makan buat sahur, bangun jam 02.30 buat ngantri di warung :D

kalau soal petasan tahun kemarin rumah saya jadi korban, harusnya kalau main, enggak usah dilempar dong. dipegang biar kerasa... :(

Reply
avatar
June 21, 2014 at 9:29 AM delete

nah sarannya bisa diikutin tuh. biar tau rasanya kena petasan sendiri. biar kapok.
turut berduka bro rumahnya jadi korban petasan. semoga tahun ini petasan udah disita sama polisi

Reply
avatar
June 21, 2014 at 4:34 PM delete

SETUJU BANGET!! #maapganyantei

Iya aku sepikiran nih, daripada pas Ramadhan main petasan-yang entah tujuannya apa-mending baca qur'an atau ngelakuin hal positif lainnya misalnya perbanyak dzikir.

Reply
avatar
June 21, 2014 at 5:08 PM delete

iya itu lebih baik. kalo emang males juga buat baca quran paling ga jangan jualan petasan deh. kalo mau bikin dosa ga usah ngajak2 orang haha

Reply
avatar
June 21, 2014 at 7:28 PM delete

Petasan? haha. Keluarga gua pernah jualan petasan, tapi ya setelah buka puasa, langsung ditutup toko nya, tapi menurut gua kalo dia pasang petasan di depan masjid itu jelas bukan salah penjual, gua bukan membela, tapi bener, coba deh biasanya kan yg kayak gitu anak kecil, yang engga tau waktu main petasan itu kapan, walaupun awal nya petasan itu ada karena si penjual tapi kesalahan ke-2 yg bener-bener salah ya pada pembeli. Jelas dong, setelah berang dibeli, hak milik bahkan hukum ada sepenuh nya di pembeli, bener ga sih?. kalo mengganggu ibadah keluarga gua, sama sekali engga ganggu jualan petasan ini.

Reply
avatar
June 21, 2014 at 8:18 PM delete

jualan petasan aja udah salah. meskipun bukan elu yg nyuruh buat main di sana. kan belinya dari orang yg jual petasan -_-
secara hukum emang bukan milik si penjual lagi. tp mestinya tau secara moral baik pembeli sama si penjual sama2 bertangung jawab udah ganggu orang lain

ya jelas ga ganggu lah. kan yg beli ga cuma orang2 yg ada di dekat elo doang. yg gue maksud itu ganggu orang lain ibadah. ngerti ga sih?-_- ga baca bener2 kayanya

Reply
avatar
June 22, 2014 at 3:51 PM delete

Yah kayak nggak pernah ngerasain aja bro.... Gue malah kangen masa itu bro, masa yang gak akan ane lupakan

Reply
avatar
June 22, 2014 at 5:30 PM delete

paling berasa bulan ramadhan klo lagi tugas di luar kota, ga ada yang bangunin sahur :(
haduh hari gini masih main petasan aja...

Reply
avatar
June 22, 2014 at 7:32 PM delete

emang ga pernah dan ga akan mau. ngapain bulan puasa ribut2 ganggu ketenangan orang ibadah pake main petasan segala? bukan dapet pahala yg ada dapet dosa sama makian orang -_-

Reply
avatar
June 22, 2014 at 7:35 PM delete

wah itu tandanya disuruh cepet2 punya pasangan bro hahahah :))

Reply
avatar
June 29, 2014 at 10:23 AM delete

Hahaha setuju nih, tapi tahun ini Ramadhan gakayak tahun sebelumnya. Sekarang gaterlalu heboh, karena adanya capres dan world cup. :v

Reply
avatar
June 29, 2014 at 10:50 PM delete

kalo aku malah semangat ada bulan puasa. jadi bisa nonton bola subuh2 tanpa harus dimarahin hahaha

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.