Istri Idaman

Sebelumnya saya pernah membahas tentang menikah muda di tulisan sebelumnya. Nah sebelum memutuskan untuk menikah, sebaiknya kita sebagai lelaki harus tau dulu kriteria mertua istri kita seperti apa. Ini agak sulit karena tidak mudah menebak pribadi seseorang. Meskipun kita sudah mengenalnya sekian lama. Tapi menurut saya, ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan untuk mencari kriteria istri idaman. Ini versi saya, bisa saja selera kita berbeda hehehe.

kirteria istri idaman agar masa depan lebih baik


Pertama kita lihat partainya pribadinya dulu, seperti apa pembawaannya apakah dewasa atau masih ada sifat kekanakannya? Dewasa itu salah satu tandanya adalah bijaksana dalam melihat suatu masalah tidak hanya melihat dari satu sisi saja. Ini penting, karena lelaki terlahir dengan ego yang besar, sehingga terkadang mereka hanya mementingkan ego sendiri daripada orang lain. Adanya pasangan yang punya pandangan berbeda dari kita membuat kita lebih mudah memahami situasi dari sebuah masalah.
kedewasaan seorang wanita
via bundaibu.com
Tidak kekanakan juga penting. Jika tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya, bisa-bisa jadi bahan cemoohan orang-orang. Contoh sederhananya, saat mengasuh anak. Umur 5 tahun adalah umur dimana seorang anak sedang nakal-nakalnya menurut saya. Diumur itu dia sangat memerlukan perhatian orang tuanya, namun ketika si anak meminta perhatian orang tuanya dengan bertindak nakal, si orang tua malah asik mengutak atik hp saja, sehingga terpaksa orang lain membiarkan. Ini contoh kasus yang nyata yang ada di sekitar saya. Orang lain pasti sungkan menegur ketika anak kita berbuat nakal dan kita berada di dekatnya sementara kita diam saja tidak bertindak apa-apa.

Yang ke dua : patuh terhadap pasangan. Suami mana yang tidak senang melihat istri cantiknya patuh terhadap apa yang diperintahkan? Kita bisa melihat hal itu dari  sejak pacaran. Kelihatan,kok. Mana pacar yang susah diatur, mana pacar yang gampang diatur. Diaturnya bukan dalam hal yang negatif,ya. Mereka juga pasti ga mau. Hal-hal sederhana saja, misalnya dalam hal berpakaian. Ketika kamu tidak suka melihatnya berpakaian yang tidak sesuai keinginan, katakanlah kalian tidak suka melihat dia memakai baju yang terlalu seksi, lalu kalian tegur secara halus, jika dia mengerti maka selanjutnya dia tidak memakai pakaian seksi lagi, walaupun hanya di depan kamu.  Itu sudah awal yang bagus, apalagi jika dia tidak memakai pakaian seksi saat berada jauh dari kamu, wah itu sih udah nikah-able banget !

Kita nanti akan menjadi kepala keluarga, jika istri saja tidak bisa patuh pada kita, bagaimana nanti saat kita mempunyai anak? Seorang ayah harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya. Jika di rumah saja ayahnya tidak bisa mengontrol kelakuan anggota keluarga lainnya, bisa-bisa si ayah jadi bulan-bulanan. Kepala keluarga harus memegang kendali, bukan berarti harus menjadi seorang yang otoriter.

Ketiga, tidak boros dan pintar mengatur keuangan. Ini unsur krusial dalam kehidupan berumah tangga kalo menurut saya hahaha. Soalnya lelaki tidak begitu mengerti dalam hal mengatur keuangan, jadi kita perlu pasangan yang mengerti betul bagaimana cara mengelola keuangan bersama. Kita jadi lelaki juga bukan berarti lepas tangan terhadap keuangan keluarga, kita bisa jadi kontrol untuk mengetahui pengeluaran apa saja yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari. 

istri yang rajin menabung salah satu ciri istri idaman
via wolipop.detik.com

Jika dari pacaran calon istri kita sudah terbiasa hidup boros bahaya, bisa-bisa keuangan keluarga kita nanti defisit terus tiap bulan. Meski kalian berdua sama-sama bekerja, jika tidak mampu mengontrol pengeluaran sama saja bohong. Dalam berkeluarga harus memberlakukan skala prioritas agar pengeluaran-pengeluaran tidak penting dapat diminimalisir.

Keempat, pintar masak. Ga ada suami yang ga senang dimasakin masakan dari istrinya sendiri. Walaupun ga enak, seengganya istri udah punya niat baik buat masakin suami itu perlu dihargai. Selain menghemat uang keluarga karna ga perlu makan di luar tiap hari, masakan istri juga bisa bikin kangen rumah kalo menurut saya. Maka dari itu buat cewe-cewe yang bakal jadi istri belajar masak-lah dari sekarang, karena seenak-enaknya makanan di luar, lebih enak lagi kalo istri sendiri yang masak. Lebih baik punya istri yang pintar masak daripada punya istri yang pintar ngomel tapi ga bisa masak kan?hehehe

istri yang pintar masak lebih baik daripada istri yang pintar ngomel
via merdeka.com

Menurut saya beberapa unsur itu sudah cukup untuk menjadi calon istri idaman untuk saya hehehe.

Saya tau tidak ada manusia yang sesempurna seperti kriteria saya itu.


Yang dicari bukan yang paling sempurna, tapi dia yang bisa menyempurnakan hidup bersama-sama.

Artikel Terkait

Istri Idaman
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

28 komentar

15 Juni 2014 09.22 delete

wah..semoga entar dapet calon istri seperti yang diinginkan ya kakak :) aamiin

Reply
avatar
15 Juni 2014 10.00 delete

bagus juga kriteria agan mengisnpirasikan saya kalau mau cari istri harus kaya gini kriteria nya :)

Reply
avatar
15 Juni 2014 10.13 delete

wah semoga saya bisa dapat seperti apa yang ada di artikel ini,,, bijaksana, hemat, patuh, jago masak,,, nikah-able banget tuh,,,
thanks gan buat infonya :)

Reply
avatar
15 Juni 2014 10.23 delete

Poin 1, 2, dan 4 bisalah, tp kalau yg poin 3 belum, kdg masih susah ngatur2 dikit. Yakali kan, suaminya mau membantu. :p

Terus, kakak pengen istri yg bagaimana lagi selain poin di atas?

Reply
avatar
15 Juni 2014 11.59 delete

aamiin.. makasih yunn
semoga yuni juga bisa dapetin suami idaman yuni juga.. aamiin

Reply
avatar
15 Juni 2014 11.59 delete

aamiin.. makasih yunn
semoga yuni juga bisa dapetin suami idaman yuni juga.. aamiin

Reply
avatar
15 Juni 2014 14.57 delete

oke broo.. semoga bisa menemukan istri yang tepat :D

Reply
avatar
15 Juni 2014 15.00 delete

seperti yang gue bilang bro.. ga ada calon istri yang bener2 sempurna kaya yg gue tulis..

Reply
avatar
15 Juni 2014 15.15 delete

sepengetahuan saya nih.. jarang ada cowo yang bisa ngatur uang sehebat cewe, tapi ga ada salahnya juga belajar ngatur uang sama2

selain poin di atas?
pinter dandan, tau mesti dandan kaya gimana di kondisi seperti apa. ga perlu tertutup banget, yang penting sopan dan sesuai hehe
itu sih kayanya

Reply
avatar
15 Juni 2014 17.07 delete

Kriteria saya mah cuma satu sih: dia cewek yg bisa diarahkan bareng-bareng ke arah yg lebih baik. tsah~

Reply
avatar
15 Juni 2014 17.58 delete

Cewek yang bisa diajak mulai dari awal bareng-bareng, ngehargain perjuangan yang sama-sama kita jalin. ceilah. #iniapa

Reply
avatar
15 Juni 2014 18.26 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
16 Juni 2014 00.11 delete

bolehhh.. silahkan broo :)

Reply
avatar
16 Juni 2014 00.11 delete

mantap broo.. semoga ketemu yaa..

Reply
avatar
16 Juni 2014 00.12 delete

aamiin. terimakasih ya :)

Reply
avatar
17 Juni 2014 10.07 delete

Wah Pintar masak ada juga. Sama nih kriterianya :)

Reply
avatar
17 Juni 2014 12.19 delete

gue ngga mau istri kayak gimana pun, karena gue cewe. wkwkw

Reply
avatar
17 Juni 2014 12.33 delete

Buat saya paling penting adalah ta'at :)

Reply
avatar
17 Juni 2014 13.41 delete

amin ya rabb.. semoga apa yang diinginkan terkabul oleh Tuhan yaa.. heheh.. gue jadi mikir nih kriteria calon suami kayak apa yaa...

Reply
avatar
17 Juni 2014 15.10 delete

sipp deh kalo gitu haha.. asal jangan oranya aja yang sama ya :D

Reply
avatar
17 Juni 2014 15.11 delete

ya kalo gitu kriteria suami idaman -_- emang lo ga mau punya suami juga? hahaha

Reply
avatar
17 Juni 2014 15.13 delete

good.. bisa nyari istri di pesantren broo. pasti taatnya ga ketolongan. kalo nyari istri di kota2 besar agak2 susah menurut gue sih. tapi coba aja :)

Reply
avatar
17 Juni 2014 15.15 delete

aamiin ya allah :)
ayo dipikir2 mulai sekarang.. ga ada salahnya juga.. biar ga salah pilih ntar :D

Reply
avatar
17 Juni 2014 22.45 delete

Kriteria gue sih, yang mertuanya baik, kaya dan ceweknya cantik haha

Reply
avatar
18 Juni 2014 03.06 delete

iya. tapi ortu cewe kaya ga bakal nikahin anaknya sama pengangguran juga.
pantaskan diri dulu kalo emang mau dapet kaya gitu

Reply
avatar
25 Juli 2014 15.55 delete

keren euy kriterianya.. semoga bisa dapet :)
bagus ada postingan yg kaya gini, bisa jadi reminder buat para pembaca buat jadi yg lebih baik.. hehe

Reply
avatar
26 Juli 2014 00.13 delete

aamiin.. semoga kamua bisa dapet calon suami idaman mu juga ya :)

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.