Kelakuan Menyebalkan Para Pengendara

Kegiatan sehari-hari manusia tidak terlepas dari yang namanya kendaraan. Baik itu sepeda motor ataupun mobil. Jika rusak aktivitas kita bisa terhambat. Segala usia bisa menggunakannya. Mulai dari anak-anak sampai kakek nenek. Dan kalo kita melihat, beberapa diantara mereka bisa berkelakuan menyebalkan saat menggunakan kendaraan. Adakah diantara kalian para pembaca blog ini pernah melakukan hal menyebalkan di bawah ini? Cekidot :
kelakuan menyebalkan para pengendara @bukanblogbiasa

1. Modifikasi Knalpot
Ini nyebelin kalo lagi di jalan nih. Ganggu banget ! Udah knalpotnya ganggu, muka orangnya ganggu pula hahaha. Mending mukanya ganteng. Ini muka dibandingin sama knalpot lebih mahal knalpot kayanya. Heran ya kenapa mesti bela-belain modif motor dulu daripada nabung duitnya buat modif muka? Kalo motornya mahal sih gapapa, ini motor udah karuan bunyinya keluaran tahun kapan juga ga tau, mending juga kalo bisa beli motor sendiri nah ini punya orang tua lagi ! Tobat-tobatlah kalian nak. Hidup ga cuman gengsi di motor doang, otak juga.
motor butut pake knalpot racing
sumber
Anggaplah suara knalpot modif kalian itu seperti musik. Maka logikanya adalah tidak semua orang suka musik yang kalian dengarkan. Solusinya agar kalian bisa menikmati musik kalian tanpa harus mengganggu orang lain adalah dengan mendengarkan untuk kalian sendiri oleh karena itu diciptakanlah alat yang bernama headset ! Jadi cuma kalian yang menikmati suara itu. Kami tidak terganggu, kalian senang. Beres.

Dengan teori ini harusnya bisa juga dipake ketika orang main petasan ya. Hahaha. Petasan pake headset. Kebayang ga tuh yang didengerin apaan?

Ngomongin soal knalpot modif dengan suara nyaring, ada Undang-Undangnya loh bahkan. Kalian bisa ditilang gara-gara make knalpot racing yang bukan standar. Baca di sini deh

2. Memainkan Handphone
Pernah kalian melihat mobil / sepeda motornya berjalan lambat ketika mendahuluinya ternyata orang itu sedang menelpon / memainkan handphonenya? Sering pasti. Itu menyebalkan teman-teman. Pemerintah pun sudah menegaskan aturannya bahwa memainkan atau menggunakan handphone saat berkendara itu dilarang. Ada dendanya malah.
menggunakan handphone saat berkendraan
sumber
Ya tetep aja dilanggar. Gini deh, gimana kalo kalian nih yang doyan mainin handphone saat mengendarai motor atau mobil terus kalian ketabrak orang atau mobil kalian lecet kesenggol kalian ga boleh nuntut apa-apa sama orang yang ga sengaja nabrak kalian? Mau ga? Ga mau pasti. Makanya ga usah main handphone di jalan nyet.

Nih kali aja setelah baca berita ini kalian sadar dan ga make handphone lagi waktu mengemudi.

3. Belok dulu baru ngasih tanda
Saya sering banget kaget ngeliat orang tiba-tiba motong jalan buat belok. Yang herannya dia ga ngasih tanda sebelum mau belok, pas belok baru deh lampu kuningnya kedip-kedip. Lagian buat apa juga ngasih tanda belok kalo kamu udah belok? Kan tujuan nyalain lampu yang kuning itu biar orang tau kalo kamu mau ngambil arah mana dan itu dinyalain sebelum belok.

Kalo males nyalain lampu kuning itu ya gapapa deh pake tangan, yang penting ngasih tanda sebelum belok. Kasian orang lain yang di belakang mesti ngehindar buat ga nabrak.

4. Nyelip sembarangan
Kelakuan kaya gini bukan cuma nyebelin tapi juga bahaya buat orang lain. Oknum tukang selip sembarangan ini ga peduli orang lain. Dan saya kira ini bukan soal keadaan kalo mereka main selip sana sini. Tapi semacam kewajiban. Jadi nyelip itu bukan cuma untuk buru-buru tapi buat kepuasan sendiri. Seolah-olah kalo mereka ga nyelip orang di jalan sekali aja mereka horny dan uring-uringan. Kalo nyelipnya sopan sih ga masalah, ini yang ada malah tau-tau nongol aja di samping.

Yang kasian itu orang yang mau belok. Udah ngasih tanda pake lampu kuning kedip-kedip masih ada aja si kampret ga tau diri nongol nyelip di sisi kita mau belok. Kita yang mau belok jadi gugup sendiri. Kalo ga ketabrak sih gapapa, gimana kalo ketabrak? Mau tanggung jawab?

5. Ga pake helm
Kelakuan okum yang ini bikin bingung aja sih sebenernya. Apa yang terlintas dipikiran mereka ketika memutuskan untuk ga make helm saat naik motor? Yang paling sering sih biasanya make alasan gini "Ah deket gini, ga usah pake helm lah" atau "Duh habis mandi nih, rambut masih basah kalo dipasangin helm ntar bau, lain kali aja deh" *kemudian rambut panjang terbang kemana-mana* atau "Ah kepala gue udah SNI, gue ga perlu pake helm sampe kiamat !" tapi kan bahaya tetep ngincar ya? 
helm ga dipake saat lagi di jalan
sumber
Segitu pedenya kah kalian untuk ga make helm karna percaya "jarak dekat" itu ga bakal bikin kecelakaan. Okelah kalo kalian percaya kalo Tuhan ga bakal nyelakain kalian. Tapi gimana kalo seandainya Tuhan lagi 'iseng' ? Pengen negur kalian karna bandel keseringan ga pake helm? Nah lo?

6. Gabungan dari semuanya
Ga ada yang ngalahin lebih nyebelin daripada oknum yang modif knalpot, terus naik motor sambil mainin handphne dan suka belok dulu sebelum ngasih tanda dan nyelip sembarangan ga pake helm. Hidup lagi. Udah hidup nyusahin pula. Hahaha.

* * *
Pesan yang ingin disampaikan adalah berkelakuanlah sewajarnya saat di jalan. Perhatikan keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. Karna bukan cuma kita yang ingin cepat dan selamat sampai tujuan. Kalau ingin cepat sampai dan tidak ingin menggangu keselamatan orang lain buat jalan sendiri saja, jangan pakai jalan negara.

Kalo masih makai jalan negara ya ikuti peraturan yang sudah ditetapkan. Bukankah peraturan ditetapkan untuk ciptakan rasa aman, bukan untuk dilanggar. Ubah paham "peraturan diciptakan untuk dilanggar" itu. Paham seperti itu bukan sesuatu yang pantas untuk dibanggakan. Saya akui saya juga sering langgar peraturan, saya tidak munafik kok. Tapi bukankah kita semua ingin jadi lebih baik? Tidak melanggar peraturan adalah salah satu indikasi kalo kita ingin jadi lebih baik.

Semoga presiden yang akan datang bisa ciptakan atmosfir baru untuk masyarakatnya. Saya selalu mendambakan masyarakat bisa menaati peraturan lalu lintas tanpa harus merasa itu sebuah beban. Bukan menaati karena ditakut takuti. Itu tidak menciptakan keamanan.

Jas Kelulusan

Kemarin teman saya seangkatan baru saja di wisuda. Senang sekali rasanya melihat mereka bisa menyelesaikan kuliahnya. Tak terkecuali dengan para orang tua yang menemani mereka dalam acara wisuda itu. Menyenangkan melihat muka sumringah mereka. Saya iri karena saya belum bisa menyelesaikan kuliah saya bersama teman yang lain, memang masih ada banyak teman saya yang sama-sama masih berjuang untuk menyelesaikan tapi tetap saja minder melihat mereka yang sudah bisa santai setelah kuliahnya selesai.

Bukan cuma itu sih sebenarnya, saya minder karena belum punya pakaian yang pas untuk saya di acara kelulusan nanti. FYI untuk kampus saya tiap mahasiswa laki-laki yang ikut acara kelulusan atau lebih dikenal dengan nama Yudisium itu semuanya harus memakai jas. Dan saya belum punya itu. 

Kemana saya harus mencari jas itu? Setelah beberapa hari, akhirnya saya menemukan tempat yang pas untuk mencari jas itu. Begitu melihat iklan Zalora saya coba klik dan ternyata di sana ada halaman di mana saya bisa melihat koleksi jas baru dari Zalora ini. Berikut saya tampilkan beberapa contoh gambar jas yang diperagakan oleh para model di halaman website belanja online Zalora ini

 
sumber 1 2 3

Gimana? Keren-keren kan? Ga salah saya ngebuka websitenya. Harganya sesuai sama jasnya sih. Tapi saya berencana yudisium beberapa bulan lagi. Jadi masih bisa nabung buat beli jasnya mereka. Hehehe. Eh btw kalian ga cuma bisa nyari jas aja lo di sana, kalian bisa nyari macem-macem, cek aja langsung websitenya. Ada diskonya juga loh !!

Doain saya cepet lulus ya, terus kerja biar ga cuma bisa beli jas dari Zalora ini. Aamiin. :D

A Little Piece Of Heaven

2 tahun lalu kita pernah bersama. 2 tahun yang tak kan terganti lagi. Hari yang tak pernah akan kembali lagi. Waktu yang tak akan terulang lagi. Menyenangkan dan membahagiakan sekali waktu itu. Menyenangkan bisa membagi kisah dengan orang yang paling dikasihi, cerita yang bahkan orang tuaku saja mungkin tidak mengetahuinya. Tapi aku membaginya denganmu.


Melupakanmu memang hal yang tidak mudah. Hal-hal kecil yang selalu kamu lakukan membuatku merindukan saat-saat kita bersama. Kamu ingat 1 kata yang membuatku selalu merindukanmu? atau keluguanmu ketika kamu tidak bisa membedakan yang mana dengkul yang mana lutut? funny little things that i never forgot all this time. Mengingat hal-hal semacam itu membuat semacam reaksi kecil diperutku, mungkin itu yang sering disebut oleh Mocca dengan judul lagunya butterfly in my tummy. Semacam sensasi berputar yang membuat geli.

Kamu datang di saat yang tepat. Ketika aku sudah merasa muak dengan LDR, dan aku terus berdoa kepada Tuhan untuk diberikan pasangan di sini saja, tidak perlu yang jauh-jauh. Maka ketika aku menemukanmu (atau mungkin semesta yang mempertemukan kita?entahlah) aku tak ingin melepaskanmu lagi. Aku merasakan benar-benar berpacaran saat bersama denganmu. Dunia seolah-olah bisa ku genggam saat bersamamu. Semua jadi terasa benderang saat aku melihatmu di sampingku. Seperti kata Kelly Clarkson dalam lagunya Behind This Hazel Eyes

I used to stand so tall
I used to be so strong

Your arms around me tight

Everything, it felt so right

Unbreakable, like nothin' could go wrong


Kamu inspirasiku waktu itu, bahkan ketika dulu masih sering ikut openmic bersama teman-teman Standup Comedy kebanyakan materiku berawal saat aku berdiskusi denganmu. Aku bahkan bisa membuat cerita karangan hanya untuk membuatmu tertawa. Aku saja tidak tau mengapa aku bisa membuat cerita-cerita semacam itu. Muncul begitu saja kadang-kadang. See? Thats why you really inspire me. Menyenangkan bisa membuatmu tertawa. Seperti di surga ketika meliahtmu tertawa seperti itu. Makanya aku sering menyebutmu my little piece of heaven dalam tiap tulisanku.

Masih ingatkah kamu jalanan yang kita susuri tiap kali kita jalan ber 2? Kita rela panas-panasan di tiap hari sabtu dan minggu mengendarai sepeda motor dari banjarmasin ke banjarbaru hanya untuk berbagi kisah? Bahkan kita pernah ke pantai di siang bolong dan pulangnya kamu bertingkah seperti orang gila yang kehabisan obat, kamu ingat itu? Atau ketika kita kehujanan di tengah jalan dan berteduh tapi melihat di ujung jalan sana ternyata ga hujan lalu nekat menerobos hujan itu untuk meneruskan perjalanan?

Aku masih ingat ketika itu kita di sebuah jembatan dan kamu mengisahkan masa lalumu kepadaku. Thats change my perspective about love aku bukan ingin meninggalkanmu. Malah aku bertekad untuk memperbaiki itu bersama-sama denganmu. Aku ingin membuatmu lebih baik dan tidak terjebak dalam masa lalumu. Kamu tau? Sebelum kamu menceritkan hal itu aku sudah punya firasat sebelumnya. Dan hatiku mengatakan aku harus siap dengan apapun yang akan aku ketahui tentangmu. Karena itu aku tidak kaget ketika aku mendengarkan ceritamu waktu itu.

Itu sebabnya aku tak ingin melepaskan mu, karena aku percaya aku bisa buatmu jadi lebih baik. Dan aku percaya kamu bisa berubah jadi lebih baik. Kepercayaan itu semakin menebal karna untuk pertama kalinya aku melihatmu mengenakan jilbab. Benar-benar sebuah kejutan. Kamu sendiri yang bilang kalo menurutmu kelakuanmu membuatmu masih belum pantas mengenakannya. Alhamdulillah aku bersyukur tiada henti dalam hati bahwa kamu mau mengenakan jilbab, walaupun tidak tiap hari. Di hari itu, aku makin menyayangimu.

Tapi, semuanya lenyap begitu saja saat kamu menginginkan perpisahan. Perpisahan yang sebenarnya tak ku inginkan. Namun apa daya, aku memang merasa dirimu tak bahagia saat bersamaku 6 bulan terakhir sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk berpisah. Sedih memang, namun aku juga tak bisa memaksakan untuk bersamamu terus. Aku memang tidak sempurna, namun dengan adanya dirimu di sisiku, setidaknya aku bisa jadi sempurna untukmu. Orang yang paling ku cintai.

Dan sekarang kamu sudah memliki yang lain. Aku sering bilang padamu kan, kamu itu gampang untuk punya pasangan, banyak yang ngantri untuk bisa jadi pasanganmu. Terbukti. Hanya berselang 2 bulan setelah putus akhirnya kamu memliki yang lain. Tak apa, mungkin kamu memang lebih bahagia jika bersamanya. Selamat menjalani hidup barumu.

Sekarang giliranku untuk memantaskan diriku untuk dapatkan yang lain. Aku percaya tiap wanita diciptakan oleh Tuhan. Aku ingin mencari yang berbeda darimu. Terimakasih untuk segala hal yang pernah kita bagi bersama. Terimakasih untuk meluangkan tenaga waktu dan semuanya yang pernah kamu miliki untuk aku bagi bersamaku selama ini. Semoga kita dipertemukan lagi dalam keadaan yang sama-sama lebih baik dari ini.

Ada 1 lagu khusus untukmu, bukan aku yang buat sih. Tapi anggap saja aku yang menyanyikannya untukmu.



Cerita akan kenangan masa lalu tentang mantan terindah ini diikut sertakan dalam giveaway yang diadakan si @adityaregas dalam blognya di sini kampret lu bikin gue galau lagi gara-gara nginget mantan

aditya regas giveaway


bismillah semoga menang udah total banget ini galaunya sodara sodara
Dan ternyata tulisan ini berhasil menang ! alhamdulillah banget.

Ramadhan Penuh Berkah atau ....

Bulan Ramadhan sebentar lagi. 1 bulan yang paling ditunggu-tunggu bukan saja untuk umat Islam, tapi juga umat agama lain diseluruh dunia. 1 bulan dimana Tuhan memberikan rahmat dan berkah kepada seluruh umatNya secara besar-besaran bagi yang menjalankan ibadah. Tak terkecuali saya. Bulan puasa ini menandakan kalo saya sudah kesekian kalinya menjalani puasa di saat kuliah. Bulan puasa menandakan dimulainya kegiatan Semester Pendek. 
Dan kalo soal kuliah, pasti jauh dari rumah karena mesti tinggal di kos. Masalahnya adalah kalo saya tinggal di kos mau ga mau saya mesti keluar cari makan, karena saya orang yang agak malas untuk bikin makan sendiri dan juga karena memang tidak ada kompor lagi di kos saya semenjak teman saya sudah pindah dari kos ini beberapa bulan yang lalu. Bukan malas atau apa, tapi kalo bulan puasa apalagi malam hari jalanan di daerah tempat saya kos ini seakan akan berubah jadi jalur perang. Suara ledakan di mana-mana. Ga anak kecil ga orang dewasa, semuanya sama aja. Berubah jadi manusia-manusia menakutkan.

FYI saya ini orang yang paling benci dikejutkan. Bukan berarti saya anti dengan surprise, tapi saya tidak suka jika harus jantungan gara-gara dikejutkan oleh orang/benda apapun. Nah salah satu instrumen kejut yang paling menyebalkan itu adalah petasan. Karena suaranya nyaring. Bukan cuma suaranya saja yang menganggu, tetapi juga asap yang dihasilkan setelahnya. Bau sekali.

Dan entah kenapa petasan ini selalu muncul saat bulan puasa. Aneh banget. Kayanya petasan ini semacam alat penyelamatan buat setan deh. Bulan puasa itu berarti puasa juga buat setan untuk ngegodain manusia. Kalo disini suara petasan itu menyebalkan, kalo di akhirat sana seperti sirine adzan magribnya buat para setan. Jadi semacam buka puasa gitu buat mereka. Hahahaha.

Habisnya petasan itu booming pas ramadhan doang. Apa coba kaya gitu? Lagian yang jual ini adaaaa aja terus tiap tahun. Kaya jamur aja gitu, habis dibasmi tumbuh lagi, dibasmi tumbuh lagi. Heran. Kenapa sih mesti jual petasan? Ga ada yang lain yang bisa dijual selain itu?

Ngerayain datangnya bulan puasa itu boleh, sah-sah aja. Tapi jangan berlebihan sampe nyalain petasan juga. Ngapain? Tuhan itu ga suka yang berlebihan. Sedang-sedang aja. Dan lagian kenapa juga ngerayainnya pake acara bakar petasan segala? Apa hubungannya? Curiga nih yang sering nyalain petasan pasti anak dugem. Mereka kalo ngerayain sesuatu atau party yang biasanya di club, sekarang ga bisa gara-gara ditutup saat bulan puasa. Jadilah pelampiasannya dengan nyalain petasan. Api ledakannya itu emang mirip sih sama kilau lampu diskotik :))))

Kalo kebakar gimana? Salah lempar misalnya. Saking gugupnya karena baru pertama kali bakar petasan tau-tau yang dilempar ke tanah korek apinya, petasannya masih kepegang. Kan berabe urusannya. Kalo gitu sih namanya bukan ramadhan penuh berkah lagi tapi ramadhan penuh musibah. Ramadhan ga asik lagi gara-gara petasan.

Balik lagi ke pertanyaan tadi, emang ga ada yang lebih bagus dijual selain petasan? Apa kek gitu? Buah yang jarang ada pas hari-hari biasa, jual pas bulan puasa. Laku itu pasti. Atau jualan kolak petasan pisang kek, es buah kek. Apa kek yang lebih bermanfaat selain petasan gitu. Orang rame-rame cari pahala cari berkah eh ini malah ada yang jualan musibah petasan.
sumber

Lagian beli petasan kan pake duit. Kalo abis beli kalian bakar ya namanya sama aja bakar duit kalian dong? Mending duit beli petasan ditabung, buat pergi haji, pergi umroh gitu loh. Lebih bermanfaat. Tuhan pasti seneng. Nah pas lagi umroh atau naik hajinya kalian bakar petasan di sana. Hahahaha. Ngga ngga becanda doang.


Ga kasian apa sama orang-orang yang kaya saya? Yang jadi takut keluar rumah gara-gara banyak yang beli petasan dari kalian? Kalian tau ga sih petasan itu kalo meledak ngeluarin bunyi yang nyaring dan sangat mengganggu mereka yang ada di dekatnya? Tau kan ya? Kali aja ga tau gitu.
ramadhan bulan penuh musibah
sumber
Ramadhan itu bulan di mana semua orang berlomba-lomba buat nyari pahala. Orang-orang pada rame pergi ke mesjid. Kalian ga malu diliatin mereka yang pergi ke mesjid sementara kalian malah jualan petasan. Orang yang beli petasan kalian itu kadang juga suka main di sekitar mesjid. Ganggu orang yang mau ibadah, bukan cuma orang yang beli dapet dosa, kalian yang jualan juga. Kalian ga cuma jualan musibah, jualan dosa juga. Kalian mau kaya gitu?
Ini ada berita yang menurut saya agak konyol mengenai petasan. Udah lama sih tapi ga ada salahnya kalian baca. Mengenai petasan yang berhasil disita kepolisian lalu dimusnahkan dengan cara DIBAKAR. Iya DIBAKAR ! baca sendiri deh di sini. Lucu sih kalo menurut saya, petasan dimusnahkan kan tujuannya buat meminimalisir potensi keributan, nah kalo dimusnahkannya dengan cara dibakar berarti malah bikin keributan dong? Hahahaha. 

Demokrasi Gundulmu !

demokrasi kita belum sepenuhnya diterapkan

Banyak yang bilang bahwa negara Indonesia ini adalah negara demokrasi. Masa sih? Emang iya? Perasaan ga gitu deh? Memangnya kalian udah tau demokrasi itu apa? mari kita simak arti demokrasi yang saya ambil dari wikipedia berikut ini

pengertian demokrasi menurut wikipedia

Jadi intinya demokrasi itu adalah kebebasan memilih bagi setiap individu. Memilih apa saja, memilih sikap politik, memilih agama, memilih pekerjaan, memilih kamu.. iya kamu. Kamu yang selalu nyuekin aku (maap.. maap keterusan).

Lalu sudahkah kita melaksanakan Demokrasi secara benar dan sesuai hakikatnya? Menurut saya belum. Masih banyak tuh dimana-mana yang malah menghianati demokrasi itu sendiri. Terutama yang mayoritas.

Contoh paling terbaru adalah saya sendiri yang mengalaminya.
Debat capres kemarin, saya coba ngetweet bahwa saya akan menonton debat yang ke 2 capresnya ga akan saya pilih nanti (buat yang pengen tau kenapa saya ga milih mereka ber 2, bisa baca di sini). Sebenarnya itu tweet pancingan aja, pengen tau masih ada ga sih yang pikirannya masih kaya anak TK. Selama jalannya debat, saya ngomen macam-macam di linimasa saya, begitupun follower saya yang lain. Eh, ternyata ada 1 orang yang maki-maki secara ga langsung dan ngatain bahwa cuman yang punya pilihan aja yang berhak ngasih komen dan ngejelek-jelekin capres lain. Memang sih dia nulisnya pakai no mention gitu tapi tetep aja saya ikutan kesindir karena saya mendeklarasikan kalo saya netral.

Inikan aneh ya. Seolah-olah dia yang punya pilihan ini merasa calonnya paling benar, paling pantas. Hahahaha konyol. Ga semua nganggap calonmu itu pantas dipilih nak. Jadi yang netral ini ga dianggap lagi sebagai warga negara Indonesia gitu? Malu saya punya temen kaya gitu. Pemikirannya masih dangkal begitu. 

Gini deh, emang kalo udah punya capres pilihan itu otomatis dapat hak buat ngejelekin capres lain dan nginjek-nginjek yang ga milih gitu? Demokrasi macam apa yang ada dipikiran kalian? Berarti tandanya kalian belum dewasa. Masih perlu banyak ngebuka pikiran dari mana-mana, jangan cuman bacot.

Saya menghormati kalian yang sudah punya capres pilihan. Artinya kalian memang punya visi dan misi yang sama dengan capres yang di wakilkan. Bagus. Nah mestinya kalian juga bisa menghormati orang-orang yang netral seperti saya ini. Masa gitu aja ga bisa? Emang sulit? Kami netral bukan karena kami tidak mau memilih. Kami netral yang karena memang tidak calon yang sesuai dengan keinginan kami. Salah kah kami seperti itu?

democrazy di indonesia

Katakanlah kami salah, terus apa? Kalo toh nantinya capres kalian melakukan kesalahan artinya itu buah dari hasil yang anda tanam selama ini juga. Artinya kalian salah juga. Ya jatuhnya sama-sama salah juga. Jadi yaudahlah kita sama-sama saling menghormati aja. Lebih adem lebih enak dan ga buang-buang tenaga.

Hal yang sederhana seperti ini saja tidak bisa kalian terima, gimana hal-hal yang lebih besar nanti? Demokrasi demokrasi, demokrasi apanya? Demokrasi gundulmu !

Kalian yang pikirannya masih belum dewasa ini janganlah memalukan calon kalian. Calon kalian itu semuanya menghimbau untuk tidak saling menjelekkan satu sama lain. Kenapa kalian malah begitu?

Tenang, saya cukup fair kok orangnya. Kalo memang diantara ke 2 capres kalian ada yang bagus saya puji. Dan kalo emang mereka jelek ya saya caci maki. Saya dukung kebijakan yang bagus dan saya protes kebijakan yang cuman ngasal. Cukup fair kan? Hehehehe.

Itu contoh pertama. Soal kebebasan memilih sikap politik. Contoh lain juga ada.

Baru-baru ini telah terjadi perusakan sebuah rumah warga di daerah Jawa sana, saya lupa di mana. Kenapa rumah warga itu dirusak? Ternyata rumahnya digunakan untuk melaksanakan ibadah. Dan ketahuan oleh ormas sekitar rumahnya dirusak, dan pemiliknya yang waktu itu ada di sana dihajar dan dipukuli oleh orang-orang itu. Alasannya simpel, mereka tidak mau ada orang yang melaksanakan ibadah itu di daerah mereka. Alasan macam apa itu coba?

Ini salah satu oknum mayoritas yang belagu nih. Orang ga salah apa-apa tau-tau rumahnya dirusak dihancurin, yang punya dipukulin sampai bedarah-darah gitu. Terus ditinggal gitu aja lagi.

Emang salah kalo orang mau ibadah di rumah sendiri? Lu aja kalo solat jamaah di rumah sendiri yang lain ga pernah nyerbu terus nyuruh berhenti solat kan? Kenapa yang agamanya beda lu gituin? Malu-maluin lu.

Rumah ibadah orang lu ancurin. Walaupun itu agama sesat, lu ga berhak main hakim sendiri. Paling ga lapor polisi dulu, kalo emang polisinya cuman diem baru deh ditindak sendiri.

Itu contoh di Jawa. Di daerah saya juga pernah kejadian. Saya juga ga tau kalo ibu saya ga cerita.

Katanya di daerah rumah saya dulu itu ada yang mau bangun gereja gitu. Emang sih bukan di komplek saya, jaraknya agak jauh dari rumah. Nah saat mau bangun gereja itu aja udah ditolak sama warga sekitar. Pokoknya diprotes abis-abisan deh. Katanya ga boleh lah, ini lah itu lah. Banyak banget alasannya. Sampai pakai tanda tangan petisi gitu katanya. Mayoritas belagu.

Waktu itu saya masih kecil jadi saya belum terlalu ngikutin kejadian yang itu. Akhirnya memang ga jadi dibangun katanya. Mungkin karena terlalu banyak penolakan atau apa saya ga tau juga.

Ini bukti bahwa sebenarnya negara kita belum toleran-toleran amat terhadap yang minoritas. Itu sebabnya gelar "Presiden dengan negara paling toleran" atau apalah itu namanya yang diberikan kepada Pak SBY itu tidak cocok diberikan kepada beliau.

Bangsa ini perlu sosok pemimpin yang dapat menyatukan perbedaan. Bukan yang memecah persatuan. Bangsa ini perlu bersatu untuk jadi lebih maju. Masyarakat dengan pemikiran seperti beberapa contoh di atas tadi bisa jadi penghambat untuk membuat Indonesia jadi lebih baik.

Seperti yang pernah saya tulis di blog ini sebelumnya, "orang orang di luar sana sudah sibuk mengurusi masalah teknologi robot dan berbagai macam teknologi super canggih lainnya. Sementara di Indonesia masih sibuk mempermasalahkan agama, kepercayaan dan paham politik yang dianut"

Semoga ke depannya Indonesia punya pemimpin yang mampu merubah paham toleransi kita menjadi lebih baik. Sehingga kejadian seperti ini tidak terulang lagi.
siapapun pilihan capresnya kita tetaplah teman
via twitter.com

Istri Idaman

Sebelumnya saya pernah membahas tentang menikah muda di tulisan sebelumnya. Nah sebelum memutuskan untuk menikah, sebaiknya kita sebagai lelaki harus tau dulu kriteria mertua istri kita seperti apa. Ini agak sulit karena tidak mudah menebak pribadi seseorang. Meskipun kita sudah mengenalnya sekian lama. Tapi menurut saya, ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan untuk mencari kriteria istri idaman. Ini versi saya, bisa saja selera kita berbeda hehehe.

kirteria istri idaman agar masa depan lebih baik


Pertama kita lihat partainya pribadinya dulu, seperti apa pembawaannya apakah dewasa atau masih ada sifat kekanakannya? Dewasa itu salah satu tandanya adalah bijaksana dalam melihat suatu masalah tidak hanya melihat dari satu sisi saja. Ini penting, karena lelaki terlahir dengan ego yang besar, sehingga terkadang mereka hanya mementingkan ego sendiri daripada orang lain. Adanya pasangan yang punya pandangan berbeda dari kita membuat kita lebih mudah memahami situasi dari sebuah masalah.
kedewasaan seorang wanita
via bundaibu.com
Tidak kekanakan juga penting. Jika tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya, bisa-bisa jadi bahan cemoohan orang-orang. Contoh sederhananya, saat mengasuh anak. Umur 5 tahun adalah umur dimana seorang anak sedang nakal-nakalnya menurut saya. Diumur itu dia sangat memerlukan perhatian orang tuanya, namun ketika si anak meminta perhatian orang tuanya dengan bertindak nakal, si orang tua malah asik mengutak atik hp saja, sehingga terpaksa orang lain membiarkan. Ini contoh kasus yang nyata yang ada di sekitar saya. Orang lain pasti sungkan menegur ketika anak kita berbuat nakal dan kita berada di dekatnya sementara kita diam saja tidak bertindak apa-apa.

Yang ke dua : patuh terhadap pasangan. Suami mana yang tidak senang melihat istri cantiknya patuh terhadap apa yang diperintahkan? Kita bisa melihat hal itu dari  sejak pacaran. Kelihatan,kok. Mana pacar yang susah diatur, mana pacar yang gampang diatur. Diaturnya bukan dalam hal yang negatif,ya. Mereka juga pasti ga mau. Hal-hal sederhana saja, misalnya dalam hal berpakaian. Ketika kamu tidak suka melihatnya berpakaian yang tidak sesuai keinginan, katakanlah kalian tidak suka melihat dia memakai baju yang terlalu seksi, lalu kalian tegur secara halus, jika dia mengerti maka selanjutnya dia tidak memakai pakaian seksi lagi, walaupun hanya di depan kamu.  Itu sudah awal yang bagus, apalagi jika dia tidak memakai pakaian seksi saat berada jauh dari kamu, wah itu sih udah nikah-able banget !

Kita nanti akan menjadi kepala keluarga, jika istri saja tidak bisa patuh pada kita, bagaimana nanti saat kita mempunyai anak? Seorang ayah harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya. Jika di rumah saja ayahnya tidak bisa mengontrol kelakuan anggota keluarga lainnya, bisa-bisa si ayah jadi bulan-bulanan. Kepala keluarga harus memegang kendali, bukan berarti harus menjadi seorang yang otoriter.

Ketiga, tidak boros dan pintar mengatur keuangan. Ini unsur krusial dalam kehidupan berumah tangga kalo menurut saya hahaha. Soalnya lelaki tidak begitu mengerti dalam hal mengatur keuangan, jadi kita perlu pasangan yang mengerti betul bagaimana cara mengelola keuangan bersama. Kita jadi lelaki juga bukan berarti lepas tangan terhadap keuangan keluarga, kita bisa jadi kontrol untuk mengetahui pengeluaran apa saja yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari. 

istri yang rajin menabung salah satu ciri istri idaman
via wolipop.detik.com

Jika dari pacaran calon istri kita sudah terbiasa hidup boros bahaya, bisa-bisa keuangan keluarga kita nanti defisit terus tiap bulan. Meski kalian berdua sama-sama bekerja, jika tidak mampu mengontrol pengeluaran sama saja bohong. Dalam berkeluarga harus memberlakukan skala prioritas agar pengeluaran-pengeluaran tidak penting dapat diminimalisir.

Keempat, pintar masak. Ga ada suami yang ga senang dimasakin masakan dari istrinya sendiri. Walaupun ga enak, seengganya istri udah punya niat baik buat masakin suami itu perlu dihargai. Selain menghemat uang keluarga karna ga perlu makan di luar tiap hari, masakan istri juga bisa bikin kangen rumah kalo menurut saya. Maka dari itu buat cewe-cewe yang bakal jadi istri belajar masak-lah dari sekarang, karena seenak-enaknya makanan di luar, lebih enak lagi kalo istri sendiri yang masak. Lebih baik punya istri yang pintar masak daripada punya istri yang pintar ngomel tapi ga bisa masak kan?hehehe

istri yang pintar masak lebih baik daripada istri yang pintar ngomel
via merdeka.com

Menurut saya beberapa unsur itu sudah cukup untuk menjadi calon istri idaman untuk saya hehehe.

Saya tau tidak ada manusia yang sesempurna seperti kriteria saya itu.


Yang dicari bukan yang paling sempurna, tapi dia yang bisa menyempurnakan hidup bersama-sama.

Siap Menyambut Presiden Baru

4 Juni adalah hari pertama kampanye yang diperbolehkan oleh KPU kepada capres dan cawapres. Kampanye ini dilaksanakan hingga tanggal 5 Juli. Pertanyaannya, apa cukup? 

Gue rasa cukup kalo kampanye yang dilakukan efektif. Masalahnya definisi "kampanye" ini macam-macam. Ada yang mengartikan kampanye sebagai upaya untuk mengajak masyarakat memilih dirinya. Itu pandangan yang umumnya. Namun terkadang ada aja yang lihai mengaburkan defini ini. 

Contohnya iklan di televisi. Berapa banyak iklan tentang capres dan cawapres yang kita lihat dalam sehari di televisi? Banyak sekali. Iklannya memang tidak mengajak orang untuk memilih, tetapi mana ada sih iklan yang ga ngarep?

via bandung.bisnis.com
Kalau dilakukannya dalam masa kampanye seperti ini sah-sah saja. Tapi faktanya iklan ini jauh-jauh hari sebelum masa kampanye dimulai sudah ada. Bahkan bukan cuma iklan, di twitter pun banyak sekali berseliwiran kicauan-kicauan tersirat yang ngajak orang lain untuk memilih pasangan capres. Lalu muncullah dugaan bermacam-macam. Hingga ujung-ujungnya melakukan negative campaign atau kampanye negatif. Sudah tau apa bedanya antara negative campaign dan black campaign?

Mari kita baca tweet dari bang @pandji berikut ini :
tweet pandji tentang black campign dan negative campaign
via akun twitter@pandji
Paham kan? Intinya black campaign itu menyebarkan fitnah dan tidak sesuai dengan fakta yang ada dan negative campaign adalah memberitahukan fakta yang sebenarnya ada tapi tidak dipublikasikan. Nah saya kurang tau apakah di Indonesia ini boleh atau ga untuk melakukan negative campaign, setau saya di Amerika kampanye semacam ini diperbolehkan. Dan menurut saya negative campaign sangat bagus jika diterapkan di Indonesia, jadi kita tidak hanya tau sisi positifnya saja namun sisi negatif capres juga. Semua orang itu tidak ada yang sempurna, kesempurnaan itu hanya milik Tuhan jadi tidak usah merasa paling sempurna dan paling pantas memimpin negeri ini bapak-bapak sekalian, biarkan kami yang menilai bagaimana anda sebenarnya.

Sekarang masuk ke inti dari tulisan ini sebenarnya. Ini murni pilihan saya dan tidak dipengaruhi oleh siapapun. Mohon dibaca dengan pikiran yang terbuka dan tidak menghakimi.

Pilpres kali ini saya putuskan untuk bersikap netral, dalam arti saya tidak mendukung prabowo-hatta dan saya tidak akan memilih jokowi-JK. Alasannya sederhana, saya tidak punya pilihan yang sesuai dengan visi saya. Memang di beberapa tulisan yang lalu saya mendeklarasikan diri saya untuk mendukung pa Anies Baswedan menjadi capres dari Partai Demokrat. Nyatanya sekarang beliau jadi jurkam capres no. 2. Meskipun begitu, itu tidak membuat keputusan saya berubah.  Karena bukan beliau yang jadi capres. Itu alasan pertama, alasan kedua saya karena ada pa JK, saya baru tau ternyata pa JK lah yang pertama kali menggagaskan UAN itu ada di Indonesia, dan itu membuat saya sangat tidak simpatik dengan beliau. Kalian yang pernah membaca tulisan saya soal UATN pasti tau kenapa.

Saya tidak mendukung capres no 1 karena sudah jelas alasannya, ada kasus hukum yang masih mengganjal dalam diri Prabowo. Tentu kalian ingat tragedi mei 1998 yang membuat Indonesia begitu mencekam waktu itu. Dan ternyata ada 13 orang yang masih hilang saat tragedi itu terjadi, bahkan sampai sekarang ke 13 orang itu tidak diketahui dimana keberadaannya. Kalian tau dalangnya siapa? Capres no. 1. Sebaik apapun cawapres yang mendampinginya, saya tidak akan memilih dia. 

Namun saya sudah berkomitmen dengan diri saya sendiri. Karena saya tidak memilih siapapun diantara kedua pasangan capres-cawapres tersebut, maka konsekuensinya saya harus siap menyambut dan mendukung capres pilihan masyarakat nanti. Seburuk apapun hasilnya, saya akan mendukung beliau. Dengan cara saya sendiri tentunya. Jika kebijakan yang diambil masuk akal menurut saya, akan saya dukung. Namun jika sudah berlebihan dan tidak masuk akal, ada baiknya diprotes.

Buat kalian yang sudah jelas akan mendukung siapa, silahkan dukung pasangan kalian sekuat tenaga. Dan dukunglah calon kalian secara baik dan dewasa. Dukung dengan mengumbar keunggulan visi dan misi mereka, bukan dengan mengumbar keburukan lawan masing-masing. Apalagi sampai melakukan black campaign. Kalo disuruh bertanggung jawab membuktikannya bagaimana? Apa yang kalian perbuat?

Semoga kita diberikan pemimpin yang bisa membawa kita lebih baik lagi untuk 5 tahun ke depan dan seterusnya. Dan saya harap yang terpilih adalah pemimpin yang didukung oleh semua lapisan masyarakat. Semoga semua pemilih Indonesia punya kedewasaan untuk menerima hasil akhir dari pesta demokrasi ini. Saya tidak ingin lagi mendengar ada orang yang mengatakan "Ah, ngapain ngedukung kebijakan dia, aku aja ga milih dia pemilu kemarin". 
via twitter.com

Blog ini Berhasil dapat The Liebster Award

Kejadiannya di kampus saat itu lagi nongkrong tiba-tiba notifikasi ada email masuk berbunyi di hp saya, setelah saya lihat ternyata blog saya habis dikomentari sama si @uwedz_. Katanya saya menang The Liebster Award, kaget soalnya saya ngerasa tulisan saya ini masih belum bagus kaya yang dibikin sama temen-temen yang lain kok bisa-bisanya dapat award? diburu oleh rasa penasaran, saya buka link yang disertakan uwed di kolom komentar itu dan barulah saya tau kalo The Liebster Award itu seperti apa. Hahahaha
blog ini mendapatkan the liebster award

Idenya bagus banget untuk mempererat tali silaturahmi antar blogger seluruh Indonesia. Ujung-ujungnya sih soal menambah backlink juga, tapi dibuat sedemikian rupa biar ga terbebani buat blogger yang lain. Jadilah dibuat award semacam ini. Itu sih yang saya tangkap konsep dari The Liebster Award ini. Lumayan buat nambah-nambahin tulisan diblog daripada blognya nganggur karena ga ada ide buat nulis.

Lalu apa saja kriteria biar bisa dapat The Liebster Award ini?

1. Publikasikan tentang award ini di blog.
2. Ucapkan terima kasih kepada blogger yang memberikan award ini dengan menyertakan backlink ke blognya.
3. Ceritakan 11 hal tentang diri sendiri.
4. Jawab 11 pertanyaan yang diberikan.
5. Pilih 11 blogger lain dan berikan mereka 11 pertanyaan bebas tentang apapun yang ingin diketahui dari mereka.

Mudah bukan? 

Terimakasih buat @uwedz_ yang sudah memberikan penghargaan kepada blog saya, meskipun masih banyak kekurangannya. Semoga blog kamu semakin rame dan tulisan di dalamnya semakin berkualitas untuk dibaca. Yang terpenting, Alexa ranknya bisa naik terus. Aamiin :D

Sekarang saatnya menceritakan 11 hal tentang saya, kali aja yang mau ngelamar jadi calon mempelai anak perempuannya :))) :
1. Punya badan yang ga terlalu tinggi, tapi bukan berarti pikirannya pendek.
2. Suka belajar sesuatu yang baru yang menurut saya menarik untuk dipelajari, termasuk kamu.. iya kamu..
3. Sekarang berstatus "single bermatabat" alias ga punya pacar.
4. Lebih suka menatap layar laptop daripada layar televisi soalnya tv sekarang udah ga asik lagi, kecuali KompasTV dan Net.
5. Anak tunggal.
6. Hobi olahraga juga, kalo disuruh karaoke atau futsal, saya milih tidur. Hahaha ga lah.. saya milih futsal. Lebih menyehatkan badan dan pikiran.
7. Penyuka nasi pecel (meskipun saya sama sekali bukan orang jawa) lele goreng, soto babat, nasi goreng.
8. Lebih memilih tidur kalo udah bosan natap layar laptop atau layar tv. Tidur dapat memulihkan stamina kata temen saya.
9. Pengen banget kerja karena iri sama temen-temen yang lain bisa beli barang sendiri pakai uang sendiri.
10. Selalu mendambakan punya pasangan yang berhijab, pintar masak, pembawaannya dewasa dan ga boros. Itu nikah-able banget buat saya.
11. Lelaki penyayang kedua orang tuanya.

Kira-kira itulah 11 hal yang bisa mendeskripsikan saya, kalo masih penasaran silahkan tanya aja langsung ke saya ga usah malu-malu, siapa tau kita cocok? (khusus cewe)
Saatnya menjawab pertanyaan dari si uwed :

1. Suka kucing atau enggak? Berikan alasannya.
Wah suka banget ! Saya punya 6 ekor kucing di rumah, kebayang ga tuh ramenya? Hahahaha. Karena mereka itu hewan yang bisa dipiara dan pada dasarnya saya suka ga tegaan kalo ngeliat hewan. Apalagi kalo mereka dibuang. Tapi ga berani juga ngangkut ke rumah, yang 6 ekor ini aja udah kewalahan ngurusnya.

2. Pernah mengalami kejadian lucu atau menarik saat masih kecil?
Pernah. Ini lebih tepatnya memalukan sih. Dulu waktu kelas 4 SD pernah berak di celana. Di sekolah. Saat jam pelajaran. Hari Sabtu. Dan itu 2 kali kejadiannya, harinya sama pula Sabtu. Kaya ada alarm nya gitu.

3. Kalo pernah main PS1, permainan apa sih yang paling disuka?
Harvest Moon !! Dulu ga pernah punya PS1, sampe sekarang sih. Jadi kalo mau main mesti ke rental PS dulu, mainnya Harvest Moon. Sampe punya fotokopian walkthrough nya segala hahaha.

4. Nge-blog paling enak ditemenin siapa sih?
Kalo saya justru nge-blog itu enakan sendiri. Soalnya kalo nulis itu saya mesti konsentrasi dan fokus. Kalo diganggu sama orang lain konsentrasi saya buyar dan ga bakal selesai tulisannya.

5. Suka risih nggak ketemu blog yang ada iklannya? Walaupun itu satu iklan?
Ga juga. Tergantung iklannya sedege apa dulu. Kalo nutupin selayar laptop ya risih banget pasti. Tapi kalo iklannya cuman secuil dan itu dipojokan ya ga masalah. Prinsip saya : selama situ ga ganggu, kita juga ga bakal ganggu.

6. Suka klub favorit sepak bola apa? Luar dan dalam negeri kalo bisa ya..
Klub Luar Neger : Chelsea.
Klub Dalam Negeri : Barito Putera.

7. Pernah mandi hujan?
Pernah, waktu kecil. Itu yang disengaja mandi hujannya. Kalo yang ga disengaja sering, waktu di jalan mau pulang karna tanggung yang udah basahin aja sekalian hahaha.

8. Laptop/Komputer yang biasa kamu pake untuk nge-blog mereknya apa?
Laptop saya merknya Acer Aspire 4736z. Jadul. Udah di pake kurang lebih 4 tahun sama saya.

9. Rasanya ngoding gimana sih?
Ngoding itu apa? Singkatan dari NGOlak DINGin ? ga pernah makan kolak pas udah dingin sih. Kolak itu enaknya dimakan pas masih panas.

10. Pernah dapet gebetan dari Blog nggak?
Wah belum pernah tuh. Kira-kira eneng-eneng yang baca blog saya ada yang mau mencalonkan diri?

11. Lebih suka baca buku yang bergenre apa?
Saya ga tentu genrenya. Kadang suka novel romantis, kadang suka yang komedi. Kadang yang ada kisah inspiratifnya gitu. Pokonya yang menurut saya menarik, saya baca.

Nah, sekarang ke bagian yang mendebarkan, saatnya saya memberikan award ini kepada 11 blog yang beruntung.. Ini dia mereka :

Selamat kepada kalian yang dapet award itu. Ada beberapa yang blog nya udah lama ga diupdate. Jadi sengaja dikasih award ini biar nulis lagi. Hihihi. Sekarang saatnya ketahap terakhir, saya bakal ngasih 11 pertanyaan ke kalian ber 11,ya. Terserah mau jawabnya serius, becanda, sambil ngangkang, salto, kayang, ngangkang salto, ngangkang kayang, terserah.

1. Umur sekarang? dalam 5 tahun ke depan apa yang ingin dicapai?
2. Pertama kali nge-blog kapan?
3. Kasih pendapat soal nikah muda itu gimana?
4. Suka dengerin lagu,kan? Paling suka lagu yang judulnya apa? 1 aja.
5. Dapat inspirasi nulis di blog darimana?
6. Motto hidupmu apa?
7. Film favorit apa? Biasanya kalo nonton film itu ngeliat genrenya, judulnya atau pemainnya?
8. Lebih suka pantai, gunung atau hutan? Berikan alasannya
9. Kalo boleh peliharan hewan, pengen pelihara hewan apa?
10. Udah punya mantan berapa sampai sekarang? (mohon kejujurannya dalam menjawab soal ini) *maksa
11. Sudah berapa lama sahabatan sama sahabat yang sekarang?