Menonton Di Bioskop

Zaman sekarang siapa yang belum pernah nonton film di bioskop? Tentu saja semuanya pernah. Ada yang menonton bersama pasangan, bersama teman-teman, bersama keluarga, bahkan ada yang menonton sendirian. Tapi, bersama siapapun menonton filmnya itu tidak jadi masalah. Pihak bioskop ga bakal nyuruh kalian pulang, kalo kalian cuman nonton sendirian. Paling-paling mba-mba yang suka nyobekin tiketnya bakal nyegir kuda ngeliatin kalian yang sendirian. hehehe
enak banget ya kursinya kaya gitu. via blogs.rue89.nouvelobs.com
Balik lagi ke topik, menonton di bioskop. Sadarkah kalian sebenarnya peraturan menonton di bioskop itu lebih banyak daripada yang tertera di bioskop itu sendiri? hmm yaa.. ga gitu juga sih sebenernya. Tapi bukan berarti yang tidak tertulis di sana adalah hal yang sah-sah saja dilakukan. Mungkin ini beberapa hal yang semestinya TIDAK kalian lakukan saat menonton di bioskop.

1. Berbicara Terlalu Nyaring

dilarang berbicara nyaring di bioskop
dilarang ngobrol terlalu nyaring ! via kaskushotthreads.blogspot.com
Yang paling sering dilakuin kayanya ini,ya. Ada aja penonton yang kampungan ngobrol saat filmnya udah mulai, dan suara ngalah-ngalahin suara film itu sendiri. Mengganggu. Sudah jelas tidak menghormati orang lain yang sedang nonton di studio itu. Mungkin waktu di sekolah orang-orang macam ini selalu ngobrol saat gurunya menjelaskan pelajaran di depan kelas kali,ya.
Berbicara sewajarnya jika memang ingin berbicara dengan orang lain di bioskop. Tidak perlu berteriak-teriak dan mengganggu orang lain yang sedang asyik menonton. Berbisik saja cukup. Hormati orang lain lebih dulu, jika kamu ingin dihormati mereka. Simpel,kan?

2. Memainkan Handphone
via i.brta.in
Saat film akan dimulai, lampu akan digelapkan oleh pihak bioskop. Agar penonton lebih fokus kepada film itu daripada yang lain. Namun, ada saja penonton yang hobi memainkan handphone di saat film sedang diputar. Menurutnya mungkin tidak mengganggu, asalkan tidak dibunyikan. Tapi itu tetap saja mengganggu. Pertama karena cahaya dari handphone tersebut menyilaukan. Kedua, untuk apa memainkan handphone saat menonton film? Oke, kalo itu penting tidak masalah, kalo hanya untuk update status atau nge tweet mengomentari filmnya itu perbuatan yang sangat sia-sia. Kalian bisa saja melewatkan adegan seru di film itu saat kalian memainkan handphone.

Sesulit itukah menahan diri untuk tidak memainkan handphone selama 2 jam saat menonton film dibioskop? Apa perlu signal jammer dulu biar kalian ga bisa ngapa-ngapain handphone saat di dalam studio? (yang ga tau signal jammer harap googling, jangan males)
Mulai sekarang, STOP MEMAINKAN HANDPHONE saat menonton di bioskop !

3. Menerima Telpon
mengangkat telepon saat menonton film
via petualangunik.blogspot.com
Ini level selanjutnya dari no. 1 dan 2. Sudah pasti dia tidak akan sadar kalo suaranya itu akan lebih keras daripada suara film. Dan pasti akan sangat mengganggu orang lain yang menonton. Jika memang tidak terlalu penting, tidak usah diangkat dan beritahu si penelpon untuk menelponmu lagi nanti. Jika memang harus diangkat, silahkan keluar dari bioskop lebih dulu, dan angkat telpon di luar studio. Selain menyelamatkan muka kalian dari malu, kalian lebih bebas berteriak teriak (jika kalian mau) karena tidak ada yang mengganggu di luar studio.
Saya menemukan berita menarik mengenai penggunaan handphone saat di bioskop ini, silahkan baca di sini. Semoga berita itu membuat kalian sadar,ya, para oknum yang sering memainkan handphone di bioskop.

4. Membawa Balita
 
via grosir.kebutuhanbayi.com

Apakah kalian para orang tua bangga membawa anak balita kalian menonton ke bioskop? semoga tidak. Karena memang tidak patut dibanggakan, kalo menurut saya. Balita mana mengerti film-film orang dewasa seperti itu? Yang ada mereka merengek minta pulang dan akhirnya menangis sekeras kerasnya karena orang tuanya tidak menghiraukan rengekannya. Orang tua yang sok gaul seperti ini yang patut kita hindari, karena mengganggu. Bagi ortu yang sadar diri, mereka akan segera bergegas keluar untuk menghentikan tangisan anaknya. Namun, yang merasa tidak peduli dengan orang lain, mereka akan melakukannya di dalam studio ! ya, di dalam studio. Sangat mengganggu bukan?

Semoga para orang tua mengerti, jika ingin menonton ke bioskop, pastikan usia anak anda tidak balita lagi. Dan pastikan film yang ada tonton bergenre SU (Semua Umur), atau BO(Bimbingan Orangtua) atau yang paling aman genre A(Anak-anak). Bukan film D(Dewasa) yang menampilkan adegan ciuman, sensual, dan berdarah-darah yang seharusnya tidak ditonton anak seusia mereka.

5. Meninggalkan Sampah
via kacamatakampret.blogspot.com
Penonton yang baik tidak meninggalkan sampah yang dibawanya ke dalam bioskop. Studio bukan tempat sampah. Jangan hanya rajin membawa makanan ke dalam studio saja, tapi membuangnya malas.

Teman saya pernah ngeluh, di salah satu bioskop di daerah pulau Jawa sana, ada tikusnya ! Mungkin itu salah satunya karena ada oknum penonton yang malas buang sampah dan meninggalkannya di studio. Petugas di studio juga ga bisa terus-terusan cek studio apakah ada sampah yang tersisa di sana, maka jadilah tikus bersarang di studio tersebut. Entah sekarang bagaimana nasib studio tersebut.

Nah, kalo studio kalian tidak ingin dihuni oleh makhluk seperti tikus dkk itu, jaga kebersihan studio, bawa sampah yang kalian hasilkan saat menonton, dan buang di tempat sampah yang ada di luar studio.
Jangan jadi pemalas !


Tambahan

6. Angkat Kaki ke Kursi di Depan
via petualangunik.blogspot.co.id
Ini sih udah ga ketolongan ga sopannya. Pernah liat kelakuan penonton yang kaya gambar di atas? Copot sepatunya, lemparin ke bawah studio, biar dia ambil sendiri. hahahaha kejam banget ya. Ngeselin sih. Orang ga tau sopan santun kaya gitu emang patut dibikin malu. Biar tau gimana tersinggungnya orang. Kamu nonton dibioskop bukan berarti bisa seenaknya. Hargai orang lain, kalo cuman mau enaknya mending nonton di rumah atau bikin bioskop pribadi sendiri aja.

7. Bikin "Film" Sendiri
via tololpedia.wikia.com
Kalo ini sih saya no comment aja lah. Kalo mau melakukan yang esek-esek cari tempat yang lebih elit dikit laa.. Masa di bioskop disempet sempetin sih? Ditahan ya ditahan.


Semoga dengan membaca tulisan ini, kita jadi lebih menghormati penonton yang lain di bioskop. Terimakasih telah membaca sampai habis. Silahkan beri kritik dan saran di kolom komentar. Komentar yang berisi ya. Biar enak dibacanya.

Artikel Terkait

Menonton Di Bioskop
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

46 komentar

2 April 2014 13.47 delete

hhm banyak juga ya larangan di bioskop, kira2 apa semua penontonnya pada patuh sama larangan itu Rad??? gk blh bawa makanan tp popcorn juga udah ada

Reply
avatar
2 April 2014 16.03 delete

baca postingan diatas gue manggut-manggut, emang bener juga sih..
masalah yang bawa balita, kayaknya terlalu mainstream..
gue kalo nanti punya balita, kayaknya gak bakal pernah ajak ke bioskop..
jelas ribet banget soalnya -___-"
kalo nangis meringis deh bisanya

Reply
avatar
2 April 2014 16.03 delete

Hahaha itu yg sering ngobrol di bioskop saat filmnya dimulai ketahuan banget katronya, biasa nonton sinetron di rumah. Haha xD

Iya gue juga gak sepakat sama orang yg bawa balita buat nonton, kalo yg diputer film kartun si gak apa2, lah kalo film the raid 2. Bisa ditiru tuh. Haha

Reply
avatar
2 April 2014 16.27 delete

Paling ngeselin yang no. 4 sih. Bayi segitu kalo nangis berisiknya nggak kira-kira. Apa lagi ortu-nya kan belom tau balitanya phobia gelap apa nggak -_-

Reply
avatar
2 April 2014 17.33 delete

poin yang pertama yang sering banget gue jumpai setiap nonton di bioskop
apalagi kalo salah satunya udah pernah nonton film yg lagi ditonton
bakal spoiler dah -____-

Reply
avatar
2 April 2014 19.45 delete

ga tau juga sih mba. ini cuman pendapatku aja. suka kesel sih ngeliat orang2 yang suka ngelakuin hal yg diatas itu. mentang2 ga ada peraturannya -_-

Reply
avatar
2 April 2014 19.46 delete

harus bang ! biar ga ngerepotin kita juga.
masa enak2 lagi nonton tau2 anak kita nangis minta pulang?hahaha kan ga banget

Reply
avatar
2 April 2014 19.47 delete

ebuset jangan sampe ada yang bawa bayi buat nonton the raid 2 deh ye -_- bahaya banget itu hahaha

Reply
avatar
2 April 2014 19.56 delete

oh iya bener juga. ada bayi yang takut gelap ya..
pelajaran juga tuh buat ortu yang baru/ mau punya anak

Reply
avatar
2 April 2014 19.57 delete

nah itu kampret banget tuh. ngapain coba udah nonton terus nonton lagi -_-

Reply
avatar
2 April 2014 20.02 delete

tapi emang ada ya orang ngajak balita ke bioskop haha . mungkin itu semua peraturan yang awam orang pasti tau jadi gak perlu ditulis atau disampaikan

Reply
avatar
2 April 2014 20.36 delete

Ada poin yang menurut gue telah lo dilewatkan, nih.
Ini begitu penting terhadap penonton yang nggak sengaja menyaksikannya. Hahaha.
Penonton yang niatnya bukan nonton film, tapi malah bikin film sendiri. U know what I mean lah...^^

Reply
avatar
2 April 2014 20.38 delete

Akhirnya kolom komennya muncul juga. Tadi pagi mampir sini kagak ada kolom komennya.

Setuju banget lah itu sama yang diatas. Semua udah pernah ngerasain. Paling sebel itu kalo ada orang yang tipenya gak bisa diem buat ngomen tiap scene (temenku ada nih kayak gini), sama orang yang suka main hape (SMS pacarnya dll),

Tapi harusnya ada 1 larangan lagi yang perlu dicantumin: JANGAN TARUH KAKI DI SANDARAN KURSI ORANG PLUS JANGAN DIDORONG-DORONG! #curhat :p

Reply
avatar
2 April 2014 20.44 delete

kayaknya lo ini yang punya ioskop yah, haha

gue pernah nemuin orang yang mainan hape saat filmnya berlangsung, dan itu menurut gue sih ngeganggu, soalnya sinar yang ada di hape itu terlalu kontras di antar suasana gelap bioskop. gue jadi merhatiin hapenya -__-

Reply
avatar
2 April 2014 23.30 delete

ada bro. gue pernah liat dengan mata kepala gue sendiri. dan itu ganggu banget, sumpah -_-

Reply
avatar
2 April 2014 23.32 delete

BWAHAHAHAHA.. ini mesti gue masukin nih. thanks bro sarannya. :)))))))))))

Reply
avatar
2 April 2014 23.33 delete

yah kamu kenapa ga lapor sihh?? untung td mba lia yang ngasih tau haha :D

wah iya ya.. itu kayanya perlu gue masukin juga tuh. makasih sarannya :D

Reply
avatar
2 April 2014 23.35 delete

gue ga punya bioskop mas. gue punya biodata doang haha

bener kan? kita jadi fokus ke hapenya gara2 ada yang mainin hape. kampret banget tuh

Reply
avatar
3 April 2014 00.54 delete

wah bermanfaat banget nih buat menyadarkan kelakuan-kelakuan para penonton bioskop yang kelakuannya biasanya ga menghormati banget.

gue paling sering kalo nonton bareng temen-temen gue, selalu saja ada yang main hp pas filmnya udah mulai. ini nonton film bukan nongkrong. gue kadang heran sama mereka.
kalo untuk yang nomor 5 itu emang harus kesadaran dari masing-masing individu. kalo hanya membawa sampah keluar terus di buang ketempatnya saja apa susahnya sih. lagian itu kan juga sampah kalian sendiri

Reply
avatar
3 April 2014 04.49 delete

nah mestinya sadar kalo udah baca tulisan ini. jadi ga buang sampah di dalam bioskop lagi :)

Reply
avatar
3 April 2014 08.10 delete

semuanya itu nyebelin klo ad yg lakuinnya pas di bioskop. tp bwa balita...emg ad ortu yg nnton d bioskop bawa balita? sy blum prnah lihat soalnya.

tp pling sebel sm org kalo pas film smntra brlngsung dan slalu komen di setiap adegan...jd nda fokus nih nontonnya.

Reply
avatar
3 April 2014 13.42 delete

Bener banget, ada aja tuch org2 macem begitu. Kayanya ada tambahan tuh gan "org egois yg maenin/nendang2in kaki ke kursi di depannya" sumpah itu nyebelin bgt

Reply
avatar
3 April 2014 14.48 delete

aku emang jarang nonton di bioskop. tapi pas kebetulan nonton, ada orang yang balita -_- ngeselin banget. mereka nangis2 dalam studio. jadi ga konsen nontonnya

Reply
avatar
3 April 2014 14.49 delete

wah iya itu belum saya masukin. nanti saya edit tulisannya. makasih sarannya :D

Reply
avatar
3 April 2014 22.10 delete

Whahaha yang main hp, aku lakuin kalo pas kebetulan diajak nonton dan aku ga suka filmnya :|
Pernah juga disorakin sama satu bioskop gegara debat sama temen soal minuman. Haduh itu memalukan sekali -_-

Reply
avatar
4 April 2014 07.35 delete

nah kalo udah baca tulisan ini saya harap kamu ga mainin hp lagi kalo nonton di bioskop ya :)
sampe disorakin gitu pula hahahaha.. parah banget :D

Reply
avatar
5 April 2014 15.53 delete

Paling sebel kalo ada yang nendang-nendang kursi dan komentarin film dengan berlebihan. Sayangnya seringkali mereka nggak sadar ngelakuin hal-hal mengganggu kayak gitu :|

Reply
avatar
5 April 2014 18.45 delete

mungkin sadar. tapi emang ga peduli sama orang lain :D

Reply
avatar
6 April 2014 16.48 delete

suka kesel kalo ada yang ketawanya besar udah itu jelek lagi suaranya. bisa menyebabkan gangguan telinga -__-

Reply
avatar
6 April 2014 16.54 delete

makanya jangan duduk disebelahnya broo :)))

Reply
avatar
6 April 2014 19.41 delete

kalo gue sih biasanya main hp, ngecheck ada notif apa enggak

Reply
avatar
7 April 2014 06.46 delete

Paling males kalo ke bioskop pas ada orang norak gini "Ah pasti bentar lagi filmnya bakal begini, nah kan nah kan benerr". Berasa jadi pendengar komentator aja.

Eh kenapa bikin 'film sendiri' dilarang? Padahal asik loh :D

Reply
avatar
7 April 2014 11.58 delete

kalo bikinnya di bioskop ya jangan lah bro.. kaya ga ada tempat yg lain aja -_-

Reply
avatar
7 April 2014 12.48 delete

bikin film sendiri hahaha.. salah yang merhatiin aja kurang kerjaan :D

Reply
avatar
7 April 2014 14.30 delete

Soal yg bawa balita itu, Lia juga pernah tuh ngalamin. Ceritanya Lia nonton film horror sama mama, taunya ada yg bawa balita. Baru filmnya mulai langsung nangis tuh, dan itu amat sangatlah menganggu. Oh, ayolah. Please deh. Kayaknya gak usah bawa-bawa balita ke bioskop kalau emang tontonannya buat orang gede -___-

Reply
avatar
7 April 2014 16.32 delete

Gua sering banget tuh ngeliat yg nonton bioskop tapi malah bikin film sendiri, tapi org yg ngeliatinnya itu udah jelas jomblo yang nggak ada kerjaan.... Gua gitu soalnya..

Reply
avatar
7 April 2014 16.40 delete

nahh kann? ada yang sama kaya gue hahaha..
emang ganggu sih. apalagi ortunya ga peduli sama yang lain. anaknya nangis tapi ga keluar studio buat nenangin anaknya

Reply
avatar
7 April 2014 16.42 delete

mau promosi kalo jomblo yee?hahahaha
lain kali kalo mau nonton bawa temen ya hihihi

Reply
avatar
7 April 2014 16.58 delete

kalo gue kesel kalo udah ada yang nonton film itu eh dia nyeritain ulang, kan kita yg lg nonton jadi gak seru gitu kalo diceritain lagi aaarrgghhh!!!

Reply
avatar
7 April 2014 17.32 delete

hahaha kayanya tipe makhluk bioskop yang kaya gini mesti gue masukin nih. banyak yang ngalamin :D

Reply
avatar
17 April 2014 17.26 delete

Sering banget nemuin yang kayak disebutkan di atas, terus apalagi kalau udah enak nonton, terus ada suara orang ketawa kencang banget --"
Tapi, itu yg buat film sendiri, ngeri ya. Gelap2 gitu. wkwkwk.

Reply
avatar
30 April 2014 05.37 delete

ejustru yang gelap-gelapan gitu yang enak tau ! ga banyak yang liat. hwahahahaha

Reply
avatar
14 Juni 2014 11.24 delete

Yang ngobrol sendiri sering ngeselin..pernah ni lagi nonton, film lagi seru2 ada yang cekikikan.. dah di kodin pake ssssssstt.. gak berubah.. orang sebelah batuk2 ttp mereka ribut.. akhirnya gw tendang kursinya dr belakang.. langsung diem gak bersuara.. hehehe #curcol
Main ke blog ku gan

Reply
avatar
14 Juni 2014 21.23 delete

nah bagus banget tuh.. kalo ga ditegur ga tau dia itu salah..
kalo perlu gebuk aje kursinya hwahahaha

Reply
avatar
15 Juni 2014 05.47 delete

jadi inget ada suara orang ketawa pas dulu nonton bajakan film AADC. jaman dulu kan booming banget film itu, eh ada suara orang ketawa. haha. ya, emang lebih enak nonton sendiri di rumah, sewa vcd kalo pengen ga ada gangguan semacam itu ya.

Reply
avatar
15 Juni 2014 06.26 delete

bener banget. etapi gue dulu ga pernah nonton aadc di bioskop. lagian di banjarmasin bioskop baru ada sekitar 5 taun kebelakang kalo gue ga salah inget :|

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.