Tips Nyari Kos-Kosan

Oke, setelah sebelumnya saya ngasih tips untuk kamu yang mau masuk kuliah, sekarang saya mau ngasih tips buat kalian yang udah kuliah terus bakal berencana tinggal di kos. Jangan sepelekan tips ini, karena hidup dan mati kalian bakal bergantung bagaimana kalian memanfaatkan sumber daya yang kalian dapat! oke ini lebay,sih. Tapi seengganya dibaca sampai habis ya. hehehe

1. Survei kos sebelum aktivitas perkuliahan di mulai. Ini yang pertama-tama harus kalian lakukan. Penting banget ! Selain agar tidak mengganggu perkuliahan kalian nanti, survei
sebelum tanggal perkuliahan itu harus dilakukan agar engga keduluan MABA (Mahasiswa Baru) yang juga sama-sama nyari kos-kosan. Soalnya kalo kalian nyari kosan sehari atau 2 hari sebelum perkuliahan di mulai, kalian bakal sulit nemuin kos yang sesuai keinginan kalian. Keburu penuh.

2. Cari kos yang lokasinya dekat kampus kalian. Tujuan survei kos sebelum aktivitas kuliah itu adalah ini. Agar kalian bisa dapat kosan yang lokasinya dekat kampus kalian. Kosan yang lokasinya deket sama kampus itu, laku banget ! Makanya mesti cepet-cepetan nyarinya. Memang,sih banyak kos-kosannya, tapi kan belum tentu sesuai sama selera kalian. Selain menghemat biaya transport kalian (siapa tau jalan kaki aja ke kampus bisa nyampe), kosan yang deket sama kampus itu berguna banget kalo kalian lagi kepepet buat ngerjain urusan kampus dan urgent banget mesti selesai dalam beberapa saat. Kalo kos kalian jauh,kan repot mesti bolak-balik lagi. Bisa bikin males juga. Oiya ! perhatikan juga lingkungan kos-kosannya ya, jangan terlalu terpencil entar kaya hidup di hutan, jangan juga terlalu rame kaya banyak motor yang lewat, bisa-bisa kalian bakal terganggu konsentrasinya kalo mau belajar buat UTS, atau final.

3. Punya temen akrab di kos. Kalo kalian MABA, sebaiknya kalian cari kosnya bareng sama temen-temen aja, biar bisa saling bantu kalo ada apa-apa di kos. Tapi kekurangannya adalah banyak temen berarti selera  nge kosnya mereka macam-macam, harus ada yang ngalah. Biar sama-sama enak. Samain dulu visi ngekos kalian yang kaya gimana, biar ke depannya kalian ga berantem gara-gara kos doang. Punya temen akrab di kos juga bisa jadi tempat buat diskusi kalo ada masalah, orang tua kalian juga enak ngejaga kalian karena mereka udah kenal sama temen kalian sendiri. Tapi inget, kalo punya temen akrab jangan kebablasan manfaatin mereka ya. Kalo ga punya duit jangan biasain ngutang sama mereka, kasian, mereka kan juga anak kos, siapa tau mereka juga ga punya uang. apalagi kalo kalian tipe orang yang suka telat bayar utang. Sebisa mungkin hindari ngutang.
tips nyari kos-kosan
Jangan bikin pa Jokowi pusing,ya

4. (Buat cewe) Cari kos-kosan khusus cewe. Penting nih ! Kalo bisa cari kosan yang khusus cewe semua. Kosan campur itu menurut saya terlalu beresiko, walaupun sudah ada peraturannya, tetap aja ga terlalu aman buat kalian. Takut ada yang khilaf. Namanya memang kosan campur, tapi bukan berarti cowo dan cewe kamarnya sama, tetap beda kompleknya, tapi masih dalam satu kawasan juga.

5. Cari tempat makan yang murah dan porsinya banyak. Menurut saya kalo udah dapat kosan dan tinggal di sana, kalian mesti cari tempat makan yang kriterianya kaya gini ! Soalnya ini bakal memperpanjang 'nafas' kalian selama nge kos. Tinggal di kos beda dengan tinggal di rumah sendiri. Di kos apa-apa mesti dihemat, termasuk uang saku kalian. Cari tempat makan yang murah dan porsinya banyak adalah salah satu triknya. Cari warung yang sistem pesan makannya ngambil sendiri. Beh !! Itu warung pasti idolanya anak kos,tuh ! Yakin saya. Kalian bebas ngambil sebanyak yang kalian mau, dan bayarnya ga bikin kantong anak kos kempes ! Juara banget. Semoga yang punya warung diberkahi kebaikan yang berlimpah karena banyak menolong anak-anak kos itu. hehehe. Kalo kalian mau repot sedikit, kalian juga bisa bawa rice cooker dan kompor sendiri buat makan di kos. Itu sangat membantu kalo kalian pengen lebih hemat lagi.
tips nyari kos-kosan
Porsi banyak alias porsi Kuli

6. Mie Instan. Ini sih sebenernya alternatif aja. Ga harus dilakukan. Kita orang Indonesia perutnya kebiasaan makan nasi, jadi tetap utamakan makanan utamanya adalah nasi. Mie Instan ini kalo kalian udah bener-bener kepepet gapapa. Cuma jangan terlalu sering dimakan, apalagi dimakan kering. Ga baik buat perut kita. Selagi muda emang ga kerasa, tapi lama-lama bahaya nanti. Oke? Yang perlu diingat, mie itu baru bisa hancur di dalam perut itu kurang lebih 3 hari, nah jadi ingat-ingat waktu terakhir kalian makan mie instan kapan, kalo bisa kasih jarak biar perut kalian bisa 'istirahat'.

7. Amankan kamar kalian. Kalo kalian tipe yang suka sembarangan dalam hal keamanan, sebisa mungkin saat tinggal di kos utamakan keamanan barang-barang berharga kalian. Terutama buat cewe yang bawa perhiasan. Kalo bisa ga usah bawa perhiasan ke kos,deh. Bahaya ! Meskipun kalian ngerasa lingkungan kalian itu aman, jangan pernah sekali-sekali meninggalkan kamar kalian dalam keadaan ga terkunci, walaupun kalian cuman mandi ! Pengalaman saya, kamar temen kos saya dimasukin maling saat mereka tidur gara-gara pintu mereka kebuka luas banget. Karena mereka ngerasa lingkungan kos mereka aman-aman aja. Ingat, kejahatan bisa dilakukan dimana saja, tetap waspada !

8. Kos murah atau kos mahal? Terakhir nih. Tergantung dari kalian masing-masing. Ibu saya sering bilang kaya gini 'Ada rupa ada harga'. Kos murah kekurangannya pasti banyak dan pasti ada kelebihannya, walaupun cuma 'murah'nya itu tadi. hehehe. Kos mahal kekurangan yang pertama jelas, mahal. Tapi mungkin kelebihannya lebih aman, lebih nyaman. Adik pacar saya yang nge kos di Jakarta, cewe, dia pernah nge kos harganya hampir sejuta, cuman buat kosnya. Tapi katanya,sih enak dan nyaman. Nah, sekarang tergantung kalian dan kemampuan orang tua kalian kaya gimana. Kalo orang tua kalian bilang mampu, bukan berarti kalian bisa seenaknya. Tau diri, kalo ada yang lebih murah tapi fasilitasnya kurang lebih dari kos kalian sebelumnya, mending pindah,deh. Kan lumayan ngurangin beban ortu kalian juga.

Kira-kira segitu tips dan trik yang bisa saya bagi buat kalian-kalian yang mau ngekos nanti. Jangan berpaduan pada tips trik di sini aja,ya. Kalian bisa tanya-tanya sama yang udah pernah ngekos di sekitar kalian. Kasih tau juga ke yang lain kali aja masih belum ngerti nge kos itu kaya gimana. Semoga bermanfaat !

29 comments:

  1. SETUJUUUUU sama semuanya hehehe soalnya sudah ngalamin ngekost selama setengah tahun di kota tetangga nih. Dan yang paling penting adalah: Jangan pernah ngekost sama temen yang nggak modal. Apa-apa pinjem. Duh, awalnya iya enakan, tapi lama-lama kesel jugaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahah asli,mba. susah kalo punya temen apa2 minjem. tapi yang minjem kaya ga ngerasa nyusahin gitu aneh banget ya :))

      Delete
  2. Keren, buat ntar diterapin kalo nge kos :D

    ReplyDelete
  3. gua sendiri belum kepikiran buat yang nama nya ngekos ya, semoga aja kalo udah kepikiran tips ini bisa kepake, mungkin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya terserah,sih.. gue gamaksain buat diterapin juga kok.

      Delete
  4. The Power of Mie Instan.
    Mau rencananya dipake buat kepepet juga kayaknya bisa jadi makanan sehari-hari (dalam beberapa kasus tertentu yang terlihat di sekitar saya) :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bisa jangan dijadiin makanan sehari-hari,sih.. konsumsi dalam batas aman aja.. hehe

      Delete
  5. Haha biasanya, gara-gara sekolah yg jauh atau kerja yg jauh haha

    ReplyDelete
  6. iyaa bener, cari kosan yang ga cuma murah tpi akses kemana2 mudah.
    usahain cari yang ibu kosnya ramah juga hehe
    nice post beroo. aku ada postingan tentang anak kosan nih :D http://sirajuddinabraham.wordpress.com/2014/03/10/perjuangan-anak-kos-di-tanggal-tua-buat-makan/ mirip2 lah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibu kos juga salah satu faktor,ya. biar kalo bayarnya telat ga perlu dimarah-marahin hahaha :D

      Delete
  7. saat ini sih nggak ada kepikiran ngekos tapi postingannya lengkap juga bisa jadi referensi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip dehh.. entar mampir aja ke sini lg buat baca2 ulang tips2nya hehe

      Delete
  8. gue anak kost nih bro, kenyamanan dulu yang di lihat sekeliling, akses dan air bersih dan juga jangan lupa suka banjir gak tuh tempat kost heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener banget ! sip bro ntar ditambahin. makasih :D

      Delete
  9. Hai ..
    Tulisan yang menarik
    Yuk gabung di Tanyain.com
    Disana kamu bisa buat tulisan yang menarik dan juga promosi blog kamu
    Selain itu, kamu juga bisa bebas berinteraksi dengan sesama pengguna layaknya di jejaring sosial :)

    ReplyDelete
  10. Tetep yang paling dipilih ya tempat makan yang paling murah dan banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas. kita orang indo suka yang banyak2 soalnya hahaha

      Delete
  11. Waini bisa jadi referensi. Lg punya pikiran ngekos sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sip deh kalo berguna :D selamat jadi anak kos :))

      Delete
  12. gua cuma pengen ngekost biar ada temen aja hahah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi lu ga punya temen gitu maksudnya?hahaha

      Delete
  13. Makasih nih tipsnya bang! Bermanfaat buat gue yang mau nyari tempat kos besok buat kuliah haha. Daaan ya menanggapi kos campuran, itu resiko dan bahayanya lebih ngeri emang. Ngeri dalam banyak hal XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 :D hehehe..
      gue sebenernya pengen juga ngekos di kos campur gitu. cuman ga terbuka pilihannya hahaha :))

      Delete
  14. yang no.5 bener bgt tuh, sebagai kebutuhan premier nomor.1 gw selalu mentingin tempat kos yang strategis buat cari makan klo bisa yang bisa bayarnya akhir bulan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gue ga langganan warung bulanan sih. tapi triknya oke juga :D

      Delete
  15. Manfaat banget nih tips, semoga keterima di universitas luar jakarta, supaya ini tips berguna. aamiiiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. semoga diterima di universitas yang kamu inginka ya :)

      Delete
  16. Yang penting supel sama temen kos dan wajib dikunci kamar kos kalo keluar. Hidup anak kos haaaaa

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.