Tips buat anak SMA yang pengen kuliah

Sebentar lagi ujian nasional untuk SMA tiba. Wah mesti belajar lagi, begadang lagi,nih. Ngerepotin,ya ! Makanya saya ga setuju ujian nasional itu diadain ! baca postingan yang ngebahas tentang UAN deh di blog ini.

Tapi bukan itu yang mau saya bahas sekarang. Saya mau bahas beberapa tips buat kalian yang anak SMA yang rencananya lulus nanti mau lanjutin ke perguruan tinggi.


Silahkan disibak eh.. disimak beberapa tips berikut ini :

1. Harus Bisa Mandiri. 

Mandiri di sini bukan hanya dalam artian bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan sendiri. Namun juga mandiri dalam hal perkuliahan. Bangku kuliah berbeda dengan bangku sekolah. Coba liat bedanya deh :
bangku kuliah
bangku sekolah


Nah keliatan kan bedanya? hahahaha Maksudnya gini.. Dunia perkuliahan itu sama sekali berbeda dengan dunia persekolahan. Atmosfirnya beda, bantuan guru selayaknya di sekolah itu tidak akan kalian temukan di perkuliahan. Dosen hanya memberi ilmu pada saat kuliah, jika kalian masih belum mengerti dengan apa yang dikatakan oleh dosen, kalian harus sering-sering bertanya dengan dosen diluar perkuliahan itu. Kalian jika sudah masuk bangku kuliah harus mengerti, dosen menganggap kalian sudah cukup dewasa untuk bertindak sendiri, jadi kalian lah yang harus punya inisiatif lebih untuk mendapatkan ilmu tambahan.

2. Rajin. 

Dunia perkuliahan itu berlaku hukum rimba. Siapa yang lemah dalam pelajaran, dia akan tertindas. Dunia kuliah itu keras,bro ! Kalo kalian lembek, kalian benyek ! (mohon dicari sendiri arti sepadan dari kata benyek itu). Sering-seringlah ke kampus, biar tau info yang beredar di kampus. Walaupun ada sms sebaran info dari kawan kalian, bukan berarti kalian tau semuanya, konon kabarnya, ada info-info yang hanya kalian dapatkan saat kalian ke kampus.


3. Perbanyak Teman. 

Orang bilang "1 musuh terlalu banyak, 1000 teman terlalu sedikit". Berteman lah dengan banyak orang di lingkungan kampus. Semakin banyak teman, semakin mudah mendapatkan info kampus yang tidak kamu ketahui. Bukan saja teman seangkatan, berteman juga dengan kaka tingkat kalian dan adik tingkat kalian. Berteman dengan kaka tingka tentu bermanfaat, karena dia sudah lebih dulu masuk kuliah, maka pengalamannya lebih banyak, kalian bisa sharing pengalaman dengannya. Bisa juga untuk meminjam tugas-tugas yang sudah pernah dia kerjakan, kaka tingkat juga bisa digunakan untuk mengetahui karakter dosen-dosen kuliah kalian,loh. Mereka tau mana saja dosen yang killer, mana dosen yang jadi idola para mahasiswa. Berteman dengan adik tingkat juga harus, jangan malu untuk berteman dengan mereka, siapa tau salah satu diantaranya bakal jadi jodoh kalian. hehehehe..

4. Kenali Petinggi Kampus. 

Ini memang kadang kurang diperhatikan, namun ini bisa sangat penting untuk kalian kedepannya. Percayalah, semakin akrab dengan salah satu petinggi kampus, semakin mudah kalian mendapatkan info  kampus dari beliau. Apalagi jika kalian ingin menyelenggarakan suatu acara dan membutuhkan dana besar, kalian harus menghadap ke petinggi kampus untuk meminta dana kepada beliau, akan sulit bagi kalian jika sebelumnya tidak pernah bertatap langsung dengan beliau sebelumnya.

5. Berteman dengan Dosen. 

Teman di sini bukan dalam artian negatif ya. Maksudnya akrab. Jika akrab dengan dosen, kemungkinan untuk menegosiasikan mata kuliah beliau untuk setidaknya 'menolong' nilai kalian jadi lebih mudah. Berteman dengan dosen juga membuat kalian mengetahui karakter dari dosen itu sendiri. Biasanya dosen yang freindly lebih mudah membaur dengan mahasiswa. Sedikit trik buat kalian, jika kalian menemukan dosen yang baru, duluan mengakrabinya akan lebih mudah, karena kalian bisa memberikan pengaruh kepada dosen baru itu. Setidaknya dia bakalan respect dengan kalian. hehehe..

Tambahan

Ikut Bergabung dengan Organisasi Kampus. 

Ini penting juga. Dengan bergabung ke dalam organisasi kampus, bukan cuma pengalaman organisasi yang didapat, tapi juga keuntungan-keuntungan lainnya. Di kampus saya, mahasiswa yang jadi anggota BEM, itu dapat jatah untuk mendapatkan beasiswa dari Universitas. Itu salah satu keuntungan yang bisa kalian dapatkan. Masih banyak lagi yang lain. Kalo bisa kalian minimal gabung di 1 organisasi kampus, jangan ga gabung sama sekali, rugi ga ngerasin gimana caranya berorganisasi, lumayan bisa nambah-nambahin pengalaman organisasi di daftar riwayat hidup. Tapi jangan sampai kebablasan ya. Mesti tetap diingat, kalian fokuskan pada kuliahnya, bukan organisasinya. hehe

Nah, itulah beberapa tips dari saya yang bisa saya bagikan untuk kalian yang ingin meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ingat, tips ini tidak sepenuhnya mutlak, jika kalian punya cara lain yang menurut kalian lebih efektif silahkan gunakan. Membaginya kepada saya akan lebih bagus, jadi saya bisa menerapkannya juga jika memang bagus. :D

Artikel Terkait

Tips buat anak SMA yang pengen kuliah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

10 komentar

6 Maret 2014 12.43 delete

bener banget dan berguna banget infonya nih. kalo boleh saran, tambahin satu lagi, aktif di organisasi dan kepanitiaan jurusan, fakultas, atau universitas. membantu banget untuk menambah pengalaman dan menambah relasi.
main main juga ya ke siregarkhairunnisa.wordpress.com
thanks

Reply
avatar
6 Maret 2014 15.28 delete

Kuliah itu banyakin link (teman) aja.. sering ikut organisasi gitu juga bagus asal jangan terbengkalai kuliahnya hehe

Reply
avatar
6 Maret 2014 16.37 delete

nah itu boleh juga. nanti saya tambahkan.. makasih sudah mampir mba :)

Reply
avatar
6 Maret 2014 16.38 delete

setujuu.. kadang ada aja yang suka ga fokus. organisasinya yg di bela2in. kuliah terbengkalai

Reply
avatar
6 Maret 2014 17.38 delete

bagus nih tipsnya, gue share ke temen-temen gue ya bro

Reply
avatar
6 Maret 2014 17.52 delete

silahkan.. jangan lupa taro link blog ini ya hehehe

Reply
avatar
6 Maret 2014 18.05 delete

Gue masih kelas 2 SMA, bentar lagi naek 3 SMA. Makasih dapet tips yang kayak beginian. Tinggal dapetin tips mental aja di kuliah itu begimana. :D

Reply
avatar
6 Maret 2014 18.18 delete

nice info, oh ya jangan lupa untuk kunjungan balik dan koment balik ya http://ane-aldi.blogspot.com/2014/03/tempat-magang-dengan-gaji-besar.html

Reply
avatar
6 Maret 2014 18.41 delete

wah ide bagus tuh.. kalo lagi senggang gue coba tulis haha. makasih masukannya

Reply
avatar
6 Maret 2014 18.56 delete

wah tips nya berguna kali :D

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.